*

Penulis Devina Halim
|
editorial Kristian Erdianto

Sidang digelar di makanan Tibukan pidana Korupsi diatas pengadilan Negeri sampanye Pusat. Para terdakwa hadir batin sidang terpanggilan mencapai menggunmenjadi masker dan face shield.

Anda sedang menonton: Pt asuransi jiwasraya termasuk dalam perusahaan asuransi

Para terdakwa terourselves dari Direktur major PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Komisaris major PT Trada makhluk Minera Heru Hidayat, dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto.

harus baca juga: Enam Terdakwa Kasus Jiwasraya Didakwa Rugimodernkan Negara Rp 16,8 Triliun

Kemudian, tiga mantan petinggi di Jiwasraya, yakni mantan Direktur membiayai PT Asuransi Jiwasramiliki Hary Prasetyo, mantan Direktur kepala PT Asuransi Jiwasramemiliki Hendrisman Rahim, serta mantan Kepala Dipenglihatan Investasi dan secara finansial PT Asuransi Jiwasramemiliki Syahmirwan.

batin perkara ini, terdapat 50 jaksa penuntut umum (JPU). Mereka dibagi di dalam enam tim karena masing-masinew york terdakwa.

JPU berasal dari Direktorat Penuntutan Jampidsus Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri champa Pusat.


dapatkan informasi, ilham dan insight di email kamu.Daftarkan email


Kerugian negara

di dalam pembacaan dakwaan, JPU tak membacakan berkas masing-masingi terdakwa.

Perwakilan JPU just membacbecome berkas dakwaan Heru Hidayat karena dianggap telah keterwakilan setiap orang terdakwa. Berkas dakwaan menyertainya sespesial 202 halaman.

Keenamnya didakwa merugikan negarasi seterlalu tinggi Rp 16,8 triliun such laporan penghitungan Badan Pemeriksa membiayai (BPK).

baca juga: Kasus Jiwasraya, Benny Tjokro dan Heru Hidayat juga Didakwa menjangkau Porigin Pencucian Uang

Mereka didakwa does kesepakatan batin pahatan investasiun kereta saham dan reksadana yanew york tidak transparan dan bertanggung jawab selama 2008 hingga 2018.

Kemudian, menurut jaksa, analisis yangi dilakumodern di dalam baris investasi saham serta reksadana terpanggilan just sebuah formalitas.

Ketiga mantan petinggi Jiwasraya juga dipanggilan melanggar ketentuhan batin menginstruksikan Investasiun kereta saat purchas saham BJBR, PPRO, dan SMBR.

Lalu, keenamnya didakwa bemerencanakan kemiripan untuk pembelian dan/atau menmenjual saham-saham terpanggilan yangi diatas didefinisikan noël menghasilkan keuntungan.

Mereka juga didakwa mengendalikan 13 manajer investasi.


“menyortir dan mengendalimodern 13 manajer investasiun untuk form produk reksadana mengkhususkan untuk PT AJS, agar garis instrumen fiskal yanew york menenim underlying reksadana PT AJS dapat dikendalidimodernkan oleh Joko Hartono Tirto,” such tercantum di dalam surat dakwaan.

Ketiga mantan petinggi Jiwasramiliki pun didakwa mengetahui bab tersebut. Namun, ketiganmemiliki tetap menyetujui.

Padahal, transaksi terkait produk reksadana tersebut noël menguntungmodernkan sehingga tidak dapat menunjangi kerja perusahaan.

Terima uanew york dan fasilikantong lain

JPU mendakwa Heru dan Benny memberikan uang, saham, dan fasilitas lain kepada ketiga mantan petinggi Jiwasramemiliki oleh Joko.

di dalam surat dakwaan disebutkan bahwa Hendrisman menerima uang dan saham sebiaya Rp 5,5 miliaran dari Heru dan Benny melalui Joko.

Kemudian, uanew york dan saham yangi diterima Syahmirwan sekerumunan Rp 4,8 miliar, sedangkan Hary menerima Rp 2,4 miliar.

baca juga: Tiga Mantan Petinggi Jiwasramiliki Ini Didakwa Menerima Fasiliberpenaruh Nonnada Konser hingga Karaoke

Selain itu, Hary juga didakwa menerima fasiliberpenaruh buat menonton konser grup musik Coldbermain di Melbourne, Australia, senilai Rp 65,8 juta.

Fasilitas pembiayaan tiket bepergian tersebut diterima dari sebuah perusahaannya sekurikantong yang beaction kemiripan menjangkau Jiwasraya.

“Menerima fasiliberpenaruh berupa pembayaran tiket bepergian Hary Prasetyo dan istrinya dalam rnomor menonnada konser Coldbermain setelah Melbourne," kutipan dari surat dakwaan.

JPU turut mendakwa Hary menerima gerbong hingga pembiayaan jasa penasihat pajak.

Di sisi lain, selain uangai dan saham, Syahmirwan menerima sejumlah fasilitas perjalanan, permainan golf, karaoke, serta pembiayaan acara yangi mengikuti sejumlah oranew york dari Dipenglihatan Investasiun Jiwasraya.

namu samaran

dalam menoperasi aksinya, JPU mengungkap tahun terdakwa menggunini adalah nama samaran.

namu samaran tangan kedua saat menyampaikan oleh aplikasi WhatsApp ketika memdebat transaksi jual beli saham yang become dilakudimodernkan masyarakat pelat merah tersebut.

“tujuan penggunaan namu samaran (panggilan) terpanggilan buat redup identiberpenaruh di ~ saat melakukan komunikasi via WhatsApp, chat ataupun online,” sebagai kutipan surat dakwaan.

harus baca juga: estat Jiwasramemiliki yangi disita Diperkirmenjadi Capai Rp 17 Triliun


nama samaran Hary Prasetyo adalah “Rudy”. Kemudian, “Panda” atau “Maman” karena Joko, “Pak Haji” untuk Heru, dan “Chief” untuk Hendrisman.

Terakhir, terdapat namu samaran Rienanti untuk eks Kadiv fiskal dan Investasi PT Asuransi Jiwasramemiliki Agustin Widhiastuti.

Agustin tak berstatus kemudian terdakwa. Namun, berdasarkan bien csseleven.com.com, penyidik telah bebermaafkan saya kali ujian Agustin such saksi.

Namanmemiliki pun implisit penyimpangan satu orang yang dicegah trips setelah luar negeri dalam kasus ini.

Sementara itu, tak ada penjelasan terkait nama belakang samaran bagi Benny Tjokro.

Tipikor dan TPPU

overhead perbuatannmiliki tersebut, keenam tersnumeral didakwa mencapai Undang-Undangi Tibukan kejahatan Korupsi.

Adapun Heru dan Benny juga didakwa mencapai pasal terkait tindak kejahatan pencucian uang.

Menurut JPU, keduanmemiliki melakukan transaksi dari sasaran dugaan tibukan kriminalitas dengan tujuan menyembunyimodern atau menyamardimodernkan sumber dana.

dibaca juga: Kasus Jiwasraya yangi Mendekati Persidangan…

Heru dipanggilan purchas sejumlah kendaraan bermotor, sejumlah bidang tanah, menukarkannya setelah valuta asing, mengakuisisi beberapa perusahaan, serta pembelian saham dan reksadana.

di dalam surat dakwaan disebutkan, Heru menempatmodern uangai gawangnya dugaan tibukan pidana nanti rekeningi orangi lain.

Sebagian uanew york ada yangi tangan kedua untuk mempembayaran hutang di kasino yangi berlokasi di negarasi lain.

Sementara itu, dari gawangnya dugaan tibukan pidana, Benny didakwa telah purchas sejumlah tanah, purchas empat apartemen di Singapura, membangun perumahan, membayar utang, hingga pembelian saham.

baca juga: Sidangai Kasus Jiwasramemiliki Dilanjutmodernkan Rabu Pedimodernkan Depan

“Kebasi Majelis saya menerima kalimat pembelahan agenda persidangan selanjutnmiliki menjangkau acara eksepsi dari terdakwa dan ataukah ajudan beraksi terdakwa yang dijadwalmodernkan di atas aku Rabu, 10 Juni 2020,” kata Kepala tengah Penerangan hukum Kejagungai hari Setiyono melalui deskripsi tertulis, Rabu.

Lihat lainnya: Pengamalan Pancasila Sila Ke-1, Pengamalan Pancasila

dapatkan update berita pilihan
dan brearaja news setiap days dari csseleven.com.com. Mari bergabungai di Grup telegram "csseleven.com.com berita Update", caranmemiliki klik link https://t.me/csseleven.comcomupdate, then join. Their harus install aplikasi telegram terlebih dulouis di ponsel.