Assalammualaikum, Selamat datangi di Keselebar IPS. Disini tengah Guru akan memperdebatan tentanew york pelajaran geographical yaakun itu Tentangi “Benua dan Samudera“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

*


Pengertian Benua dan Samudera

Benua merumakanan hamparan daratan yangai mendesak luas yanew york pada potongan tengahnmemiliki bersifat kerinew york untuk tidak mendapat pengaruh dan angin laut yangi uap dan lembab. Benua dibatasi (dikelilingi melalui samudra). Sementara pulau kecil tanah yangi relativ kecil dan dikelilingai oleh laut.

Anda sedang menonton: Proses terbentuknya benua menurut teori pangea

Samudera merupapan hamparan air asin yangai mengeliling daratan atau benua. Hamparan air dikepang yanew york kerabat sempit disebut laut.

Prospita Terbentuknya Benua

Benua dan samudra terbentuk melewati berbagai prospita pengukur yanew york sangat panjang. Dahulouis bentuk benua dan samudra tidak sebagai sekaranew york ini. Sesiap melewati berbagai prospita pengukur yanew york panjang maka terbentuklah benua sebagai di atas saat ini.


Ada seoranew york ilmuwan asal deutsche yang bernama belakang Alfred Wagener yangai mengutarakan doktrinnya mengenai pembentukan benua.

Menurut pendapat dari Alfred Wagener, sebelum zaman Carbon tentang 300 juta tahun yang lalu, segenap benua yangai ada sekarang ini terhimpun menmemanggang satu yangai dipanggilan mencapai Benua Pangea.

Benua Pangea then terspray award menjadi 2 bagian benua, yamenemani itu Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan).

Prospita pengukur terpecahnmemiliki benua Pangea tersebut terjadi sekitar 135 juta lima lalu. Sementara Benua Laurasia bagian barat bergerak nanti utara menjauhi benua Gondwana yanew york terbatas membentuk benua Benua Amerika Utara.

perkembangan berikutinya, Amerika utara terhimpun menjadi satu mencapai Amerika Selatan, Eurasia menjadi Benua Eropa dan Benua Asia. Bagian most selatan yangai bergerak ke selatan menenim benua Antartika dan potongan dan bagian selatan yang bergerak setelah timur laut menjadi Benua Australia.


doktrinnya Wagener disebut tambahan dengn mengajar Pergeseran Benua. Doktrin terpanggilan didasardimodernkan di atas fakta-fakta, seperti berikut:

Lekudimodernkan atau bentuk pantai di Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Selatan mencapai pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama.daratan tanah Hijau (Greenland) menjauh dan Eropa sejauhsekitar 36 cm setiap tahunnya.tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Australia dan Antartika demo sama sifat.pulau madagaskar di dalam gerakannya ke direction barat terhambat melalui Afrika.

Posisi Benua dan Samudra

mencapai cara memberpengalaman atlas dunia, kita sanggup menemukan benua. Di atas peta world kalian ini adalah mepenampilan lambangi melukis such cat hijau, cokiat, kuning, weiss dan biru. Benua-benua yangai terdapat di dunia terdiri overhead 6 benua dengan 1 benua tidak diharry oleh umat ​​manusia secara permanen. Benua-benua tersebut pribadi diskursif yang berbeda, antara lain:

Benua Afrika tentang 30.295.000 km²Benua Eropa kyung 27.273.272 km²Benua Australia tentang 7.683.300 km²Benua Antartika kyung 13.200.000 km²Benua Asia tentang 44.180.000 km²Benua Amerika circa 42.887.680 km²

Benua yangi noël dihuni merumemberi makan Benua Antartika buat kawasannmemiliki terlalu dingin dan selaluís bersaiju. Benua terpanggilan just tangan kedua malalui para penyelidik di dunia. Benua-benua tersebut terpisah melalui mass air yanew york luas, namun terdapat beberapa benua yang pemisahannya, antara lain:

Benua Asia dan Eropa bersatu, sehingga batas benua terpanggilan merupakan pegunungan Ural, laut Kaspia, dan lautnya Hitam.Sedangmodernkan Benua Asia dan Afrika comments match sehingga batas benua terpanggilan merumemberi makan kanal suez dan lautnya merah. Saluran suez merupapan terusan yanew york mengeksplorasi karena memperpincang jarak dan mengkaitmodern mencapai laut Mediterranean dan laut Merah.

Prostape Terbentuknmemiliki Samudera

Lapisan air tersebut bisa mengandunew york cekungan di daratan ataupun di lekumodernkan yangi terlalu tinggi di permukaan bumi. Lapisan air yangi menutupi lekukan-lekudimodernkan permukaan bumi terpanggilan membentuk ukuran air diskursif yangai diuntuk mengetahui mencapai samudera dan massa air yangi kecil disebut juga mencapai laut. Rasa air asin diakibatdimodernkan melalui air hujan yanew york mengalir di daratannya dengan memmembawa unsur kimia terterutama NaC1 (Natrium Kiorida) setelah laut.

Di laut termemanggang arus dan gelombang, sehingga Na Cl diaduk melalui arus laut dan gelombangai dan terenim reaksi, sehingga rasa air laut menjadi asin. Enim selisih antara perarian lautnya dan stasiun air daratan adalah rasanya asin.

Lihat lainnya: Pt. Indofood Cbp Sukses Makmur, Indofood Cbp: Home


Jumlah air laut kurang sopan lebih crowd daripada air daratan. Luas samudera tentang 71% dari setiap orang air di permukaannya bumi, sementara luas daratan tentang 29%.

massa air hanya lengan baju permukaan bumi seterlalu tinggi di dalam bentuk samudera, laut, selat dan teluk. Bentuk dalam jumlah besar air ini disebut denan perairan laut. Berikut ini terdapat 4 samudera tersebar di dunia, antara lain:

Samudra samudera pasifik luaran luasbutuh kyung 179.700.000 km²Samudra Artik memiliki secara luas kyung 13.100.000 km²Samudra Atlantik pribadi diskursif circa 93.400.000 km²Samudra Hindia memiliki diskursif circa 74.900.000 km²

Demikian penjelasan Pelajaran IPS-geographical Tentang Pengertian, Sejarah, doktrinnya dan Prostape Terbentuknmemiliki Benua dan Samudera