jadwal acara Biologi Keselebar XII ini keluar perkembangan dan pertumbuhan di ~ hewan.

Anda sedang menonton: Proses pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik pada hewan tinggi

--

Halo! Sebelumnmemiliki kamu sudah belajar modern tentang di mana pertumbuhan dan development diatas tumbuhan? Nah, kamu knows nggak gimana cara hewan dapat ditanam dan berkembang? Kira-kira kemiripannya nggak sih caranya? Yuk, kakak jelaskan!

setiap orang alam hidup mengbawaan masa pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan diatas hewan ditandai dari bertambahnya ukuran, kemudian tinggi, berat, panjang serta bentuk tubuh yanew york sifatnmemiliki militer dan irreversible (tidak dapat menggoreng usai kapak semula). Misalnya, sebagai kupu-kupu dewasa, nggak akan sanggup bagian belakang menmemanggang kepompong. Sedangmodern perkembangan yamenyertainya proses perujernih bentuk organ-organ yangai mengdirection di ~ kedewasaan, contohnya pemarumbai sel-sel riak sehingga dapat bereproduksi. Hmm, menarik ya?

Secara umum, pertumbuhan dan development di ~ hewan nggak beda kurang sopan nih sama pertumbuhan dan development manusia. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan termemanggang pada seluruh potongan tubuhnya, diawali dari prostape fertilisasi, yaitu prospita pengukur terjadinmemiliki pembuahan sel telur mencapai sel sperma. Oh iya, pertumbuhan dan perkembangan diatas hewan dibagi menjadi dua fase utama, yaakun itu melangkah embrionik dan melangkah pasca-embrionik. itupenggunaan mulai dari fase embrionik dulu, yuk!

*

phase embrionik merumemberi makan panggung yangi dimulailah dari terbentuknmemiliki zigot sampai berkembang menjadi embrio. Nah, di ~ tahap ini zigot yang terbentuk dari prospita pengukur fertilisasi antara pembicara dan sel telur mengbawaan pertambahan jumlah sel sebenarnya menetapkan sechara mitosis.

Jadi, zigot akan melakukan menetapkan sel (cleavage) laluís membentuk organ-organ hingga menenim sendiri yangai utuh. Eitts, tfire ada beberwhat tahapan yang harus zigot lewati nih! apa aja tahapannya? Mari itupenggunaan simak.

TAHAP MORULA

di atas tahap ini, zigot ini adalah mengalami divisi mitosis berulang kali menenim 2, 4, 8, sampai 64 sel. Sel-sel yang terbentuk ini dinamini adalah blastomer. Saat berjumlah 64, blastomer tadi berkumpul dan membentuk nol sel yangai noël berongga kemudian buah arbei dan dinammenjadi morula. Sst.. Nama menyertainya ditake dari bahasa Latin lho, yaitu.. morum yang berkonotasi arbei. Keren kan?

TAHAP BLASTULA

Selanjutnya, sel-sel morula terus membelah diri dan terbatas membentuk suatu ball sel belubang yangai berisi cairan dan kita knows seperti tahap blastula. Nah, lubang di ~ bagian sentral blastula dinambecome blastosol, sedangdimodernkan tahap berpendidikan blastula disebut blastulasi.

TAHAP GASTRULA

Tahap gastrula ini bentuk lanjutan dari blastula ya. Di atas tahap ini, ditandai mencapai pelekumodernkan riak yangi seincreasingly nyata, lalouis menguat lapisan dinding sikap embrio serta lubang berbadan (gastrosol). Nah, prostape ini kita sebut gastrulasi. Lubangi ruang angkasa pelekukan akun itu kelak ini adalah berkembangai menjadi anus yangai dipanggilan blastopor. Oh iya, diatas tahap ini, janin telah terbentuk dan mengmenghasilkan tiga lapisan embrionik, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm.

*

TAHAP ORGANOGENESIS

Yeay! didefinisikan itupenggunaan sampai di tahap terakhir. Tahap organogenesis merupakan prospita pembentukan berbagai organ berbadan yangi berkembanew york dari tiga lapisan gastrula.

1. Lapisan Ektoderm

Lapisan ektoderm merupakan lapisan terluar. Lapisan ini berkembang menenim rambut, kulit, asetnya saraf, dan indra.

2. Lapisan Mesoderm

Lapisan mesoderm berada diatas lapisan sentral yanew york berkembangi menenim otot, rangka, tool reproduksi, alat peredaran darah, dan alat ekskresi.

3. Lapisan Endoderm

Nah, lapisan ini adalah lapisan terdalam. Lapisan ini berkembangi menenim tool pencernaan dan tool pernapasan ya!

Gimana? Lanjut? Agar lebih mudah mengmengingat tahapan melangkah embrionik, kamu mungkin menggunbecome rumus: Zidan – Makan – Bakso – Gratis – Oenak tenan. Z yangai berkonotasi zigot, M adalah morula, B untuk blastula, G untuk Gastrula dan O untuk Organogenesis. Sekarang, kita lanjut di ~ phase pasca-embrionik.

*

*

melangkah pasca-embrionik dimulailah since hewan terjejas ataukah menetas. di ~ panggung ini, perbandingan pertumbuhan dan perkembangan setiap anggotaenam sikap noël sama. Pertumbuhan ini tambahan noel berlangsungai terus-menerus, mungkin organisasi nanti mencapai dewasa. Sementara itu, evolusi dimulai selama alat-alat seks sudah mampu meremembuat sel-sel seks (gamet).

deviasi satu contoh panggung pasca-embrionik adalah metamorfosis. Metamorfosis yaitu proses perubahan bentuk sechara bertahap dari larva hingga menenim dewasa. Metamorfosis pada hewan dibagi menenim metamorfosis sempurna dan noel sempurna.

METAMORFOSIS SEMPURNA (HOLOMETABOLA)

Kamu untuk mengetahui nggak? di ~ metamorfosis sempurna, bentuk hewan bocah sangat perbedaan dari bentuk hewan dewasa, lho. Metamorfosis sempurna ditandai mencapai adanya phase pupa ataukah kepompong. Contoh hewan yangi menginnate metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, lalat, tawon, dan lebah.

*

METAMORFOSIS noel SEMPURNA (HEMIMETABOLA)

Metamorfosis noël sempurna atau hemimetaball adalah perubahan bentuk yangai noel mengbawaan phase pupa. Jadi, di atas panggung ini hewan anak laki-laki memiliki bentuk yangi noël kurang sopan various dengan hewan dewasa, just saja dalam jumlah besar dan kemagroep organ reproduksinya berbeda. That’s why, hewan bocah disebut nimfa, bukan larva ya, guys. Contoh hewan yangi metamorfosisnmemiliki tidak sempurna apa, ya? Ya, betul! kecoak, capung, jangkrik dan belalang.

*

Nah, memanggang kupu-kupu dan belalang pribadi cara tertanam yangi various ya. Tfire mereka punya satu sama, serupa lho, yamenemani itu sama-kemiripannya mmenjadi nasi, kalo malam meningkatkan susu, hehehe nggak deh, bercanda.

Lihat lainnya: Jelaskan Pertumbuhan Dan Perkembangan Nasionalisme Di Indonesia Halaman All

Yippi! Gimana nih? Sekarangai kamu siap kenal kan di mana fase dan tahap-tahap pertumbuhan dan evolusi di atas hewan. Tidak terlaluís sulit, bukan? By the way, kami untuk mengetahui nggak sih kalau kupu-kupu akun itu penyimpangan satu serangga yangai malang hidupnya. Kenapa? Soalnya.. Telur, telur, ulet, ulet, kepompong, kupu-kupu, kasian deh lu~ hehehe.