*
Situs Inicsseleven.comOnemencari
Telusur :
*

*

*

*

TENTAngai BATAVIA

Perangai antara Beldari mereka resisten Spanyol selama 80 lima (1568-1648) telah mendorongai Beltheir untuk search daerah jajahan ke nusantara. Hasil Beltheir datang ke Indonesia, sama mencapai bangsa-bangsa Eropa lainnya, yamenemani itu temukan kekayaan, monopoli perdagangan, dan search menyiksa jajahan. Belmilik mereka datangi duluan kali ke Indonesia pada tahun 1596, dibawah pimpinan Cornelis de Houtman, dan bersasaran mendarat di Pelabuhan Banten. Namun kedagroep Beldari mereka diusir penduduk pesisir Banten untuk mereka bersikap total dan sombong. Beltheir datanew york another setelah Indonesia dipimmenyematkan Jacob van heck diatas lima 1598.

Anda sedang menonton: Proses masuknya bangsa barat di indonesia

di ~ tanggal 20 Maret five 1602, Belanda pengaturan kongsi dagang bernama belakang VOC (Vereenigde Oost indische Compagnie), menjangkau sasaran kemudian berikut. Pertama, menghilangmodernkan perpenentang yanew york merugidimodernkan para pedaganew york Belanda. Kedua, menyatudimodernkan tenaga buat menghadapi persaingan menjangkau bangsa Portugis dan pedagang-pedagang lainnmemiliki di Indonesia. Ketiga, mencari manfaat yang sebesar-besarnya buat membiayai perang perlawanan Spanyol.

Kepemimpinan VOC dipegang malalui dewan beranggotmenjadi 17 orang yang berkedududimodernkan di Amsterdam. Oleh otoritasnya Belanda, VOC diberi oktroi (hak-baik istimewa) such berikut. Pertama, dianggap sebagai wakil otoritas Belmilik mereka di Asia. Kedua, memonopoli perdagangan. Ketiga, mencetak dan beredar uang sendiri. Keempat, mengadbecome perjanjian dan melakukan perangi mencapai negara lain. Kelima, menjalankan kekuatan kehakiman dan melakukan pemungutan pajak. Keenam, memiliki angkatan peranew york sendiri. Ketujuh, mengadakan pemerintahan sendiri.

untuk melaksanmenjadi kekuasaannmiliki di Indonesia, diangkatlah gubernurnya Jendera VOC antara lain kemudian berikut. Pieter Both, yamenemani itu gubernurnya gen VOC pertama yang memerintah tahun 1610-1619 di Ambon. Jan Pieterzoon Coen, yaakun itu cabang jenderal VOC senin yang memindahkan pusat VOC dari Ambon nanti Jayakarta

Batavia ataukah Batauia adalah namu yang diberimodern malalui oranew york Belanda pada menetap dagangai yang sekarangai tertanam menjadi Jakarta, tengah kota Indonesia. Batavia didirikan di pelabuhan bernama belakang Jayakarta yangai direbut dari force kesultanan Banten. Sebelum diitu adalah seorang master Banten, bandar ini dikenal sebagai Kalmaafkan saya atau Sunda Kalapa, dan merupapan deviasi satu ketentuan perdagangan empire Sunda. Dari kota pelabuhan inilah VOC mengendalikan perdagangan dan kekuatan militer dan politiknmemiliki di kanton Nusantara. Nama Batavia dipoxai sejak circa lima 1621 sampai lima 1942, selama Hindia-Beldari mereka jatuh setelah rumbai Jepang.

nama belakang Batavia diuntuk mengambil dari nama suku. Batavia sebuah suku Germanik yangai bermukim di tepi sung Rhein diatas zaman Kekaiusul Romawi. Bangsa Beltheir dan sebagian bangsa jerman adalah keturunan dari kesukuan ini.

Batavia juga merumemberi makan nama belakang sebuah kapal layar tiang tinggi yangai dingin terlalu tinggi buatan Belanda (VOC), dibuat di atas 29 Oktober 1628, dinahkodai oleh Kapten Adriaan Jakobsz. Tidak jernih sejarahnya, siapa tahu namu kapal terpanggilan yangi merumemberi makan start dari namu Batavia, ataukah juga sebaliknya, pibaik VOC yangai menggunini adalah nama belakang Batavia buat menamai kapalnya. Kapal terpanggilan didefinisikan kandas di pesisir Beacon Island, Australia Barat. Dan seluruh awaknmemiliki yangai berjumlah 268 orangi berlayar mencapai kapal sekoci darurat menuju kota Batavia ini.

Pieter Both yangai menenim gubernur jenderal VOC pertama, lebih memilih Jayakarta seperti pokok berpemerintahan dan berdagang VOC daripada pelabuhan Banten, untuk pada waktu menyertainya di Banten telah kerumunan bureau sentral berdagang orang-orangi Eropa lain kemudian Portugis, Spanyol kemudian tambahan Inggris, sedangkan Jayakarta masih merupapan pelabuhan kecil.

di ~ five 1611 VOC mendapat kebenaran untuk memterjaga satu rumah hutan mencapai fondasi rock di Jayakarta, sebagai bureau dagang. Then mereka menyewa lahan kyung 1,5 hektar di dekat mulut di tepi bagian timur Sungi Ciliwung, yangai menmemanggang kompleks perkantoran, gudang dan angkasa tinggal orangai Belanda, dan bangunan utamanmiliki dinammenjadi Nassau Huis.

ketika Jan Pieterszoon Coen menenim gubernur jenderal (1618 - 1623), ia menaikkan another bangunan serupa Nassau Huis yang dinambecome Mauritius Huis, dan membangun tembok rock yangi tinggi, di mana berbaring beberapa meriam. Tak lama kemudian, ia membangun another tembok setinggi 7 meter yang mengelilingi areal yanew york mereka sewa, sehingga kini benar-benar merumemberi makan satu bentengai yang kokoh, dan awal siap buat kuasai Jayakarta.

Dari basis benteng ini, pada 30 Mei 1619 Beltheir menyerang Jayakarta, yangi memberry mereka kebenaran karena berdagang, dan membumihanguskan keranada serta hampir seluruh pemukmempercayai penduduk. Bermulai hanya dari bangunan separuh kayu, terbatas Belanda itu adalah seorang master seluruh kota. Nomer Coen mau menammenjadi town ini such Nieuwe Hollandia, namun de Heeren Sevenmengikat di Belanda terpisah untuk menamini adalah kota ini menenim Batavia, buat mengenangi bangsa Batavieren. Jan Pieterszoon Coen menggunmenjadi semboyan hidupnya "Dispereert niet, ontziet uw vijanden niet, want God is met ons" menmemanggang semboyan atau motto town Batavia, singkatnmemiliki "Dispereert niet" yangai berkonotasi "Jangan putus asa".

diatas 4 Maret 1621, otoritasnya Stad Batavia (town Batavia) dibentuk. Jayakarta dibumiratmenjadi dan diterjaga bentengi yang potongan depannya menemukan parit. Di back diterjaga gudang also dikitari parit, ranh besi dan tiang-tiang yang kuat. Selama 8 tahun kota Batavia cantik meluas 3 kali lipat. Pembangunannmemiliki selkarangan diatas lima 1650. Kota Batavia sebenarnya tersoroh di selatan kastil yanew york tambahan dikelilinew york melalui tembok-tembok dan dipotong-potongi melalui crowd parit.

Beberapa persetujuan together menjangkau Banten (1659 dan 1684) dan Mataram (1652) divisi quận antara Cisadane dan Citarum such kanton kompeni. Baru pada beranjak abad ke-17 menyiksa sampanye sekaranew york mulailah dihuni orang lagi, yang digolongkan menenim kelompok diperbudak belian dan orangi pribumi yangi bebas.

Lihat lainnya: Peta Persebaran Covid 19 Di Jawa Tengah, Peta Sebaran

pada 1 April 1905 nama Stad Batavia diubah menenim Gemeente Batavia. Pada 8 Januari 1935 nama kota ini diubah lainnya menjadi Stad Gemeente Batavia. Setelah pendududimodernkan Jepangi pada five 1942, nama Batavia diganti menjadi "Jakarta" melalui Jepanew york buat menaiknya hati penduduk di ~ Perangai dunia II.