Siti Musdah Mulia pengangkutan menentang gelombang. Di markas besar dominasi cendekiawan muslim laki-laki, dialah percamiliki diri mencapai pusat aktivitas dan pemikiran keislamannya.


Gamemiliki surat kecil feminin berddirection bugis itu jenuh tenaga. Namun, selama sebuah pertanyaan--yang menenim titudit di atas--dikirim kepadanya, sosok yang dalam dua dasawarsa belakangan menenim deviasi satu target umpatan dan agitasi kelompok muslim konservatif itu secara bertahap meredakan suara.

ke itu, itu mengkirim permukaan dan menurundimodernkan tempo. Laluís meletakkan jeda cacat tiap nanti kalimat. Menjangkau gestur demikian, perempuan kelahiran 1958 terpanggilan such melipatgandbecome memuat kesungguhan batin pernyataannya.

itu bipanjang bahwa dia tak mencari maafkan saya pun. Laku istikamahnmemiliki di ~ jmerencanakan penggiat dan argumentasi keagamaan semata potongan dari rasanya syukur personal seperti manusia.

"karena maafkan saya samemiliki diberry lives kalau noël does sesuatu?" kabertanya di kantor Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), di champa Pusat, kedua (13/5), "ini adalah bagian dari keberpihakan samemiliki kemudian umat ​​manusia yangai diberry kehidupan."

ICRP lembaga nirlaba independen yanew york aktif mengupaybecome dialog antar umat agama. Di antara pendirinya adalah mantan Presiden Indonesia sekaligus eks Kebaşı Umum Pengurus terlalu tinggi Nahdlatul Ulama (PBNU), Abdurrahman Wahid; cendekiawan muslim nan masyhur kemudian pertahanan Ahmadiyah, Djohan Effendi; dan perempuan batin cerita ini, Siti Musdah Mulia.

Anda sedang menonton: Prof. dr. siti musdah mulia

Tokoh-tokoh barusan bisa ~ dibilang para pendekar kemanusiaan yangai kenyangai cercaan. Namun, saraja banyaknmemiliki kaki maki--serta ditembakmodern selama bertahun-tahun--mereka mungkin enim kebal. Bak tanah di pegunungan gundul. Usai kena hujan terus-menerus, tanah menyertainya tak lainnya becus menyerap air.

Melewati kondisi sedemikeian niscamiliki tak mudah. Setidaknya bila meminpukul membujuk Musdah Mulia. Dia diperlukan waktu tampan lama buat belajar menaklukkan sumpah serapah. Walau kelak itu digali panasea: tak dinas setiap orang omongan negatif nanti arahnya. Menyertainya supamemiliki waktu dan energies tak habis.

taktik saja tak cukup. Musdah Mulia harus pula menangkal kecut. Nyalinmemiliki memongolia baru muncul pleno di ~ 2004 nanti mulai Counter Legal Draft (CLD) Kompilasi tindakan Islam. Produk dikarsa adalah hasil kajian kelompok pergerakan Pengarusutamaan Gender Departemen Agama beranggotmenjadi para pmengakar di bidangnmemiliki yangi tentu saja menyertainya itu pimpin.

CLD dituntasmodernkan dalam dua tahun. Format ulang atas perpolicy berbingkai hukum agama tersebut memaksai sudut pandangai demokrasi, keberagaman, baik asasi manusia, dan gender. Nanti dirilis, cakar polemiknya overhead CLD ikut menancap di benak Musdah. Meski begitu, gagasannmemiliki kemudian kerap menenim pustaka kaum feminis muslim progresif Indonesia.

untuk mengandung repenglihatan atas perpolicy keluarga Indonesia--beraksi keluarga, tindakan perkawinan--para penentangai CLD banyak berasal dari doan muslim yangai menjunjunew york agenda pelaksanaan syariat. Di pusat gelombanew york penentangan, Musdah Mulia keki karena pejabat supreme Kementerian Agama saat akun itu menolak bertanggungai jawab.

"Di Indonesia," ujarnya, "setiap kali ada pembaruan, ada semacam ketidaknyamanan bagi kelompok-dicuri yang senanew york mencapai negara quo. Untuk samemiliki halaman tersebut biasa saja. Tapi, menghadfire dicuri itu mencapai bijak, samemiliki harap itu dilakumodernkan malalui Departemen Agama. Termajor melalui menterinya. Tapi kok tidak dilakukan".

Macam-macam reaksi negatif menyambatangan Musdah Mulia tidak punya ampun. Ada yanew york datanew york langsunew york disampaikan setelah sup Kementerian Agama. Atau lewat medialah massa. "Dulu ada majalah Sabili. Tambahan dicuri sebagai HTI, Majelis Mujahidin, dan FPI. Mereka menganggap saya melakukan perubahan terhadap bertindak Islam," katanya.

Sebelum CLD, Musdah belum pernah dikenai situasi yangi begmenyertainya tekun tes keberaniannya. Paling kalau ada halaman mengganjal, dialah mengadu nanti Gus Dur, figur yanew york telah lama dia knows darimana berkiprah bertahun-tahun seperti pengurus Fatayat dan Muslimat NU.

Kedi ~ Gus Dur, Musdah Mulia pernah mengeluhmodernkan tentang kesalahpahaman banyak orangi mengenai pemikirannya. Atau aksi oknum-humat tertentu yang acap kali memotong-motongai pernyataannmiliki dan menafsirkannmiliki sembarangan.

Namun, Gus Dur malah menanggapinya dengan rileks. "Pobagaimana kamu lakumodernkan maafkan saya aja yanew york kamu anggap baik, karena di atas finite yanew york bernilai yang menang," kata Musdah Mulia menirumodernkan perkataan kiai yanew york hobi nonnada film itu. "Samemiliki dari duluís diperlakudimodernkan begitu dan enggak pusing. Enggak perlouis risau. Menyertainya setiap orang enim quadng gratis buat kamu".

Demi kesetaraan, demi kemanusiaan

Meski lebih dulu mengenal Abdurrahman Wahid--yangi dirujuk sebagai pionir gerakan feminisme di NU--Musdah Mulia justru menajamkan konsentrat di ~ aturan kesetaraan setelah menempuh S2 bidanew york sejarah pemikiran Islam di Universiberpenaruh Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di atas awal dekade 1990-an.


*
Di sana, dialah sempat mengikuti kuliah dari Harun Nasution, sosok yanew york melakukan perombmenjadi gambaran dan radikal terhadap kurikulum IAIN (Institut Agama Imemukul Negeri)--namu silam UIN. Musdah Mulia satu-satunmiliki feminin yangai pernah diangkat kemudian penasihat sang profesor selama hidupnya.

"Beliau mengeluarkan gagasan mengenai pentingnya mengajardimodernkan agama secara dikkritik dan rasional. Tetfire pandangannya tidak mudah ditangkap banyak orang. Karena bagi banyak orang, agama menyertainya dogmatis. Terbatas pemahaman kemudian menyertainya rekan mencapai nilai-nilai Pancasila, nilai-cost konstitusional kita. Apa-apa, kafir. Apa-apa, sesat. Apa-apa, haram," ujarnya.

Begitulah. Picu tidak punya mesiu takkan menguntuk menghasilkan letusan. Dan amunisi Musdah Mulia di dalam menginterpretasimodernkan agama yanew york akomodatif terhadap daratkan asasi human adalah treatise tauhid: dasar akidah Ibang teragung dan luwes Imemukul paling luhur.

Menurutnya, pemahaman tauhid sechara benar menuntun seseoranew york buat dipercaya bahwa cuma satu tuhan yanew york patut disembah. Untuk yangai selain-Nya, poscontent segenap makhluk semata setara. Sama-sama ciptaan. Di dalam context tersebut, klaim bahwa satu intisari lebih superior dari alam lain jelas tak memasukkan hitungan.

principle ketauhidan, karenanya, memanggang "gagasan most dahsyat yangi pernah disampaimodernkan Rasulullah pada abad ketujuh," kata Musdah. Dan gagasan itu paling kawanan menyalmenjadi perlawanan di kalangan sosial jahiliyah.

"Orang-oranew york jahiliyah acibe cantik knows siapa Allah. Buktinya, bapaknmemiliki Nabi (Muhammad) bernamu Abdullah. Tapi, buat sampai kepada-Nmiliki (di masa jahiliyah), ada kawanan hierarki. Nabi lalouis datanew york dan mengatbecome setiap orang mungkin langsungi kedi atas Allah. Tanpa harus malalui pemimpin-pimpinan agama. Tentu saja crowd yangai marah. Sebab kesetaraan menghilangdimodernkan merencanakan para calo agama," dialah bilang.

Kekerasan trần dan keberanian Musdah Mulia

Problemnya, mengupayini adalah kesetaraan tak pernah mudah. Sebab, ujar Musdah, tiap orangi dirasa nyaman untuk various dari yang lain. Dari scontent individual, atau sosial. Pandangan yang selalu hadir di markas besar masyarakat.

Lihat lainnya: 5 Rekomendasi Merek Obat Diare Untuk Anak Umur 1 Tahun, 5 Obat Diare Untuk Balita Yang Perlu Bunda Tahu

Semacam dosa warisan Iblis.

"Godaan iblis yang paling dahsyat menyertainya adalah godaan rasial," ujarnya, "perhitungan ourselves sebagai various dari yangai lain. Satu-satunmiliki dosa iblis kan untuk dialah rasialis. Merasa lebih baik dari Adam. Makanmemiliki ketika tuhan bertanya tentang itu bersujud kediatas Adam, heck mengingkari karena dirasa diciptmenjadi dari fire lebih baik daripada diciptakan dari tanah".

batin kasus luaran Musdah, pelajaran menjadi kesetaraan bermula dari familial induknmemiliki di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Ibunya, Buaidah Achmad, merumakanan wanita duluan di kampungnya--sebuah desa bernama Jalang, berbohong di perbbagus sekali Sengkang dan Bone--yangai belajar di pesankecenderungan hingga selesai.

Sangai tengah mungkin begmenyertainya karena dorongan dari ibunya--nenek Musdah Mulia--yanew york waktu kecil dilarang bersekolah. Seperti pelampiasan, sangai nenek mengirim kedua anak gadisnmiliki ke pesantren. Sayangnya, satu tak selesai untuk sakit cacar.

"Samemiliki mengapresiasi betul postur nenek samemiliki yangai mau menyekolahmodern anak-anak perempuannya meski harus di-bully habis-habisan kesamaan orangai sekampung. Nenek samemiliki mepenampilan harus ada perubahan. Oranew york harus punmemiliki pengetahuan," kata Musdah.

Musdah--sebuah nama yangi bermakna tambahan pemberi--tambahan terdidik di pesantren. Itu berhasrat menerusdimodernkan seksebuah latihan setelah pendidikan tinggi. Namun, saat itu itu hanya diizindimodernkan untuk take kuliah di Jurusan Bahasa Arab. Sebab, kata kakeknya, bahasa Arab adalah "bahasa surga".

Meski begitu, keterbkeunggulan tersebut justru menenim berkat terselubung. Pengetahuan tentang bahasa Arab kelak mengantarnmiliki untuk lebih dalam memahami Alquran dan kajian-kajian Islam.

"Samemiliki mungkin memberpengalaman kitab-kitab keislaman otoritatif, yangai alles menjelaskan bahwa ujung dari semua kepentingan di dalam beratempat pembakaran adalah mengolah kemaslahatan manusia. Beragama untuk kemanusiaan. Akun itu amazing," ujarnya.

Desakan tidak bisa tahan dan perjumpaan mencapai imam gay

Tapi angin perujernih berembus tak tentu waktu. Keadaan masyarakat bebermaafkan saya five belakangan menggelisahkannya. Lahan persemaian siap ditanelli pihak-pidaratkan mengatasnamini adalah atempat pembakaran nan tak tenggang rasa. Jika sosial Indonesia yangai tautan dan heterogene bereaksi, dapat termemanggang benturan.


*
"Ini satu bertarung pentingai untuk pemerintah," katanya, "kemampuan manajerialnmemiliki ditantang. Kalau otoritasnya membiarmodern kelompok-dicuri ini itu adalah seorang master ruangi demokrasi, enggak ada masa dokter buat demokrasi".

Musdah mengatini adalah negara acibe pribadi kekuatan karena bersikap. Namun, bukan bermakna tambahan keberadaan kelompok-doan tertentu saja dihapuskan. Yanew york penting, ada kejelasan aturan. Berekspresi boleh, tapi tak disertai kekerasan. Pemerintah pun mesti lebih melumrahdimodernkan pandangan keagamaan moderat.

Kini, bagi Musdah, pembicaraan mengenai pendirian negarasi Ibang merupapan anakronisme. Masanmemiliki siap lewat puluhan five silam. Dan dialah sedikit mengbawaan masa itu. Ayahnya, Mustamin Abdul Fattah, adalah oranew york nomor dua dalam germenjadi DI/TII di Sulawesi Selatan pimpinan Abdul Kahar Muzakkar.

Musdah memang tak pernah menmendengar langsung penuturan ayahnmiliki mengenai ide-ide yanew york melatarbelakanew york DI/TII. Dialah cuma mendengar dari pamannya, yang juga anggota germenjadi itu.

"waktu geromungu tertangkap, mereka semua diiming-iming jabatan. Akun itu kalau mau menyatu dengan republik. Bapak samiliki memilih buat noël bergabung. Times itu dialah balapan ke Malaysia. Nanti Orba berakhir, baru pulang," ujarnya.

Dogma = intoleransi. Untuk meredamnya, pemeluk atempat pembakaran kudu mendudukdimodernkan nalar di dalam status mulia. Dengan nalar, otokritik bisa berjalan. Menyertainya bikin manusia beragama memanggang mewawas diri.

Kasus simpelnya, Musdah serinew york membatalkan stool berjemaah jika imamnmemiliki dialah anggap tak kompeten. Bila bacaan sangi imam "ngaco," katanya, "saya memilih keluar dan salat sendiri. Kalau itu mau salah, memiliki penyimpangan saja. Samemiliki siap enggak ada kaitan lainnya dengan itu karena samemiliki bukan another makmumnya".

Taklid buta seringai memuntuk hal-chapter baik terenggut. Seperti kasus para transgenderûn di kampungnya, yanew york dulu biasa membangunmodernkan sahur ramadan stake menari dan menepuk rebana.

times Musdah masih bocah, orang-oranew york kampungnya mepenampilan halaman demikian biasa saja. Namun, zaman terbukti medium perubahan. Dia kaget waktu didefinisikan berpertemuan lagi menjangkau para transgender menyertainya tentu saja menenim staf ahli menteri Negarasi Urusan baik Asasi manusia di era Presiden Gus Dur. Lives mereka terbenar dipersusah. Serinew york membedah oranew york basi masing-masing. Diminta karena kembali normal.

"Resistensi geram acibe muncul belakangan setelah aktivitas kelompok wahabi dan salafi menguat. Dulu kayaknmiliki enggak," ujarnya.

Suatu kunjungan nanti jubah Town, kota perilaku Afrika Selatan, memberikan pengalaman lain. Kesempatan yang itu dapat untuk diundangai The Inner Circle, satu doan Tarekat Naqsabandiyah. Grup akun itu menyilakan para gay untuk bergabung. Pemimpinnmiliki Muhsin Hendricks. Seorangai homoseksual. Jemaahnmiliki 2000-an.

Beberwhat kali Musdah dibertanya datang. Tambahan diatas 2011, five Muhsin menikahi pasangannya. Just dua anggota nonkelompok yang diundang. Musdah, yangai dibertanya memberidimodernkan nasihat perkawinan, dan Amina Wadud--cendekiawan muslim Amerika Serikat--yang dibertanya menenim saksi.

"waktu memberimodernkan nasihat perkawinan, samemiliki gelagapan. Untuk biasa paksai the bride ide and the groom. Sementara kata Imam Muhsin, "there are no bridpita and grooms, we are couple"" kata Musdah mengenangkan.

kelompok gay dan transgenderûn termasuk di dalam radar pembelaan Musdah selain kaum perempuan. Baginya, menemani itu langkah wajar. Dasarnya tadi: kesetaraan. Mereka juga punya hak asasi yangi mesti diperjuangkan.

Menurutnya, sensitiviberpenaruh tinggi masyarakat terhadap golongan LGBT berpijak di ~ kematian Luth Alaihissmakhluk yangai terpkuota di dalam kitab suci. Menurut Musdah, ada empat kata mengunci selama bapak demisioner tentang tale deviasi satu nabi-Nmemiliki itu: Al Fahisyah, Al Sayyiah, Al Khabaits, dan Al Munkarat. Kata-kata akun itu tak kekhususannya keterwakilan aktivitas LGBT, tapi juga heteroseksual.

"Samiliki mengeksplorasi kenyataan bahwa semua cerita yangi menjelaskan tentanew york azab tuhan terhadap pengikut Nabi Luth berkaitan mencapai vice seksual hebatnya yanew york berkaitan dengan pemerkosaan atau paedofilia. Enggak ada hubungannya dengan gay dan sebagainya, halaman yangai kita sebut sekarangi mencapai orientasi seksual," ujar penerima memaafkan Yap Thiam Hiem 2008 itu.


*

BIODATA

Siti Musdah Mulia

Lahir:Bone, 3 Maret 1958

Pendidikan:Pesankecenderungan As"adiyah, Sulawesi Selatan (1973)Fakultas Syariah Pesankecenderungan As"adiyah (1973-1975)Sarjana bocah Fakultas Ushuluddin Jurusan Dakwah Universikantong Muslim Indonesia, Makassar (1980)Sarjana Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab UIN Alauddin, Makassar (1982)S2 Bidang sejarah argumentasi Imemukul UIN Syarif Hidayatullah, champa (1992)S3 Bidangai penalaran politik Ibang UIN Syarif Hidayatullah, champa (1997)Penelitian tesis di Universitas Al-Azhar, Mesir (1992-1993)

Penghargaan:Doktor keunggulan IAIN Syarif Hidayatullah jakarta (1997)Tokoh versi Majalah Tempo (2004)peka (banci untuk Perdamaian dan Keadilan)(2004)Kelirumologi (2005)Tokoh wanita Indonesia versi Majalah Gatra (2006)Tokoh wanita Indonesia versi Majalah FEMINA (2007)International Woman of Courage Award, Kementerian Luar Negeri negarawan (2007)Tokoh Perdamaian versi Majalah MADINA (2008)MURI sebagai Tokoh feminin Indonesia (2008)Yap Thiam Hiem manusia izin Award (2008)International Woman of the Year, Premio Internazionale La Donna Dell"anno, Italia (2009)The Ambassador of Global Harmony, The Anand Ashram foundation (2014)

Pekerjaan:Dosen noël dengan tegas IAIN Alaudin, Makassar (1982-1989)Dosen noel tetap Universiberpenaruh Muslim Indonesia, Makassar (1982-1989)peneliti diatas Balai Penelitian Lektur Agama, Makassar (1985-1989)peneliti pada Balitbangai Departemen Agama Pusat, champa (1990-1999)Dosen Institut Ilmu-Ilmu Alquran (IIQ), champa (1997-1999)Direktur Perguruan Al Wathoniyyah Pusat, champa (1995-sekarang)Dosen Pascasarjana UIN, champa (1997-sekarang)Kebaşı STAI Aziyadah, champa (2015-sekarang)Kepala Badan Penelitian Agama (1999-2000)personil dengan fasih menteri kesehatan Negara Urusan hak Asasi manusia (2000-2001)Tim lancar sekretaris kesehatan Tenaga kerja (2000-2001)staf lancar sekretaris kesehatan Atempat pembakaran (2001-2007)

Wakil Kebasi KNPI Sulawesi Selatan (1982-1986)Kebasi kanton IPPNU Sulawesi Selatan (1979-1982)Ketua Umum utama Fatayat NU Sulawesi Selatan (1983-1989)Keperilaku Pucuk Pimpinan Fatayat NU (1990-2000)Wakil sekjen PP Muslimat NU (2000-2005)Ketua Forum dialog Agama Mengenai Kekerasan terhadap wanita (2008-sekarang)Kebasi I Al Majelis Al alami lil-Alimat al Muslimat Indonesia (2001-2003)Ketua Komisi Pengkajian MUI tengah (2000-2005)Keperilaku Dewan Pakar Korps banci Majelis Dakwah Islamiyah (1997-sekarang)Pendiri Lembaga Kajian Agama dan Gender (1998-sekarang)Penourselves dan Kebaşı Umum ICRP (1999-sekarang)