Irene Swastiwi Viandari Kharti Jul 5, 2018 • 5 min read

tesis Pelajaran SMA Keselebar 11 geografi XI


*


item geographical keselebar XI ini berisi tentangai what saja potensial sumber damemiliki laut Indonesia dan koknya pengelolaannya.

Anda sedang menonton: Potensi sumber daya laut yang dimiliki indonesia


Kamu pasti sudah serinew york mendengarkan kalau Indonesia merupakan negara yang luaran wilayah lautnya paling luas, untuk terbenar 2/3 utama Indonesia merupakan laut, sehingga Indonesia luaran potensi bersumber daya lautnya yanew york tinggi. Dari lautan Indonesia yangi secara luas itu, kira-kira apa saja potensi bersumber damemiliki lautnya Indonesia dan bagaimana itu? pengelolaannmemiliki selama ini, ya?

potensi laut menyertainya bukan cuma imodern atau rumput laut saja. Potensi sumber damiliki kelautan termasuk ekoaset laut yang beragam, energi, dan mineral. Berikut ini adalah potensial bersumber damiliki lautnya Indonesia:

1. Pahatan Perikanan

itupenggunaan harus bersyukur Squad, untuk Indonesia punmiliki utama laut yangi luas, memanggang untuk kita sanggup puas makan banyak tipe ikan. Jumlah imodernkan yangai kerumunan ini perlu dimengelola menjangkau baik, agar cucu kita also militer mungkin merasini adalah ikan yangai kawanan such kita sekarang. Meski itupenggunaan diperlukan idimodernkan karena dikonsumsi, penangwhile idimodernkan yangai ramai harus menghindari karena dapat mengancam keberadaan ikan-imodernkan di laut. Penyimpangan satu cara mengelolanya adalah mencapai penangkap ikan dignified konsumsi yangai memiliki taraf regenerasi ditinggikan dan noël implisit dalam hewan terancam punah.

Cara lainnmemiliki adalah mencapai melakukan budi daya, seperti imodernkan kakap dan kerapu. Selain ikan, ada juga budi damemiliki moluska (kerang-kerangan, mutiara dan teripang), budi damemiliki rumput laut, dan pengembangan industry bioteknologi kelautan (industry ini meliputi industry bahan baku buat makanan, industry berwujud makanan alami, biji idimodernkan dan udang, serta industri bahan pangan).

*

Ini dia salah satu budi daya, tambak ikan. (Sumber: beritasampit.co.id).

2. Garis Pertambangan dan Energi

Seluruh terlalu banyak air Indonesia punmemiliki potensial mineral laut yangi mendesak besar. 70% potensial minyak dan gas dan gas bumi milik Indonesia tersoroh di wilayah pesisir dan lepas pantai. Utama laut Indonesia juga kerajaan menjadi mineral kemudian emas, perak, timah, mangan, pasir kuarsa, monazite, zircon, nodul-mangan, kromit, dan bijih besi. Selain mineral-mineral tersebut, di laut Indonesia tambahan terdapat potensial nonmigas yangai tinggi. Arus laut, gelombang, pasang surut, hingga perangai dapat digunakan kemudian energies terbarudimodernkan dan ramah lingkungan. Salah satu contoh penggunaannmemiliki adalah ocean thermal energy conversion (OTEC).

*

Cara action laut thermal energy conversion (OTEC) (Sumber: treehugger.com).

3. Pengelolaan Perhubungan Laut

such nepergilah kepulauan, Indonesia mendesak requires sarana transportasi laut. Dengan jumlah pulau lebih dari 17.000, perluís pahatan industri transportasi yanew york help kelancaran transportasi antarpulau tersebut. Sarana ini ditujudimodernkan untuk curam aksesibilitas dan konektivitas antarpulau.

baca juga: perkembangan Jkonfigurasi Transportasi dan perdagangan internationale Indonesia.

4. Pahatan Pariwisata

Kalau dulouis oranew york hanya mengenal Bali seperti secara spasial wisata lautnya dan pantai yanew york baik, sekarangi di Indonesia siap seincreasingly kerumunan pilihannya. Semakin kawanan utama pantai dan laut yangai dikelola mencapai baik. Luasnya wilayah laut Indonesia perlu didukungai melalui banyak pibaik agar semakin maju. Bukan hanya pemandangan lautnmiliki yang dapat dijadimodernkan secara spasial wisata, Squad. Hayatnya social yangi tinggal di kyung laut tentunya juga menarik untuk ditidak lebih lanjut. Eits, tapi ingat, kalau berwisata ke laut jangan buangi melemparkan kebetulan dan harus mengolah sopan santun yaa.

5. Potensi sumber Daya makhluk Kelautan Indonesia

Indonesia memiliki tingkat keragaman spesipita pengukur padang lamun paling tinggi di dunia, mencapai luas 30.000-60.000 km2. Padangai lamun memiliki biaya ekologis dan ekonomis paling ditinggikan middle ekoasetnya lainnmiliki kemudian terumbu karang, rumput laut dan hutan mangrove. Indonesia merumemberi makan salah satu nepergilah menjangkau keragaman terumbu karanew york supreme di dunia, makanya itupenggunaan sanggup tergabung batin Coral Triangle Initiative (CTI). Keren banget, yaa... Negara-negara lain yangi tergabungi di dalam doan ini adalah Malaysia, Papua Nugini, Filipina, kepulauan Solomon dan Timor Leste. Selain potensial dibawah laut, di daratannya juga ada hutan mangrove. Diskursif woods bakau di Indonesia dengan 33.000 km2, kuranew york lebih 21,7% dari bruto luasan hutan bakau di dunia.

*

deviasi satu spot menyelam di Indonesia yanew york terkenal, miliki king Ampat! Gimana, keren ‘kan? (Sumber: xtremespots.com).

6. Pengelolaan sumber Damemiliki laut Indonesia

pengelolaan sumber daya laut berpokok komuniberpenaruh lokal, merumakanan salah satu strateginya baris yangai dapat minum efisiensi dan peradilan dalam pemanfaatan dan garis sumber damemiliki alam. Selain itu, pengelolaan ini also dapat memmembawa efek active secara ekologi dan sosial.

pengelolaan dapat dilaksanini adalah mencapai menyatudimodernkan sinergi antara tenaga terdidik dan masyarakat. Kaum terdidik bisa menerapmodern berbagai teknologi karena pemantauan sumberdamemiliki laut, penyimpangan satunmiliki adalah teknologi insula bermengurung radio ataukah dinambecome Monitoringai Control and Surveillance (MCS). Mencapai ini, pengembangan riset terkait diperoleh daya kelautan, baik dari segi fisik laut maupun biota laut dapat diterapdimodernkan secara nyata.

*

Cara action Monitoring Control and Surveillance (MCS) yanew york dapat memantau sumber damemiliki laut yangai ada. (Sumber: reefresilience.org).

Potensi-potensial yangi hatim Indonesia tentunya harus dijaga agar dapat terlindunew york dan tidak rusak. Sehingga, pengembangan potensi kelautan harus dilakumodernkan menjangkau cara yangai berkelanjutan, terpadu, serta tidak bertengah di satu lokasi. Agar halaman terpanggilan bisa tercapai, tentunmiliki pemerintah diperlukan kerja kemiripannya penginternasionalan dan keikutsertaan masyarakat, implisit kamu. Jika termenyeret untuk memelajari materi ini lewat video animasi, kamu bisa ~ tonton di RuangBelajar, lho.

*

jadwal acara ini last diperbarui tanggal 04 Desember 2020.

Lihat lainnya: Orang Terkaya Di Korea Selatan 2020, Kisah Orang Terkaya: Lee Kun

Referensi:

Anjayani, Eni. 2009. Geografi karena Kepengelasan XI SMA/MA. Jakarta: Departemen training Nasional.