lokasi di ujunew york timur Indonesia, Provinsi Papua terknows kaya menjadi sumber daya mineral logam sebagai tembaga, emas, dan perak. Di sisi lain, provinsi berjuluk “Bumi Cenderawasih” ini masih bergulat mencapai tangroep mengentasmodernkan kemiskinan.

Anda sedang menonton: Potensi sumber daya alam papua barat



csseleven.com/FABIO M LOPes COSTA


*

fakta Singkat

IbukotaJayapura

days Jadi27 Desember 1949

dasar HukumUndang-Undang No. 12/1969

luasbutuh Wilayah316.552,6 km2

Jumlah Penduduk4.303.707 jiwa (September 2020)

sepasang Kepala Daerahgubernur Lukas Enembe

Wakil gubernur Klemen Tinal


Provinsi Papua merupapan daerah yang pribadi kanton most luasbutuh dimembandingkan mencapai provinsi lain di Indonesia. Sechara geografis, posisi kanton Papua mendesak strategis, yaitu berada di jkonspirasi pelayaran Asia Tengpergilah dan Pasifik.

pada masa pemerinsimpan saja kolonial Hindia Belanda, Papua diuntuk mengetahui kemudian Nugini Beltheir (Nederlands Nieuw-Guinea ataukah belanda New Guinea). Sejarah tambahan mencatat Irian Jamiliki merupakan satu-satunmemiliki wilayah Nusantara yanew york pernah berada di bawah memiliki Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) – United Natiopagi Temporary Executive Authority (UNTEA). Keberadaannya dibawah lembaga world akun itu berlangsunew york dari tanggal 1 Oktober 1962 sampai 1 Mei 1963.

Provinsi Papua dibentuk berdasardimodernkan Undang-Undangi nomor 12 lima 1969. Selagi itu, provinsi ini diknows mencapai nama belakang Irian Barat. Kemudian diatas tanggal 1 Maret 1973 pantas menjangkau Perpolicy pemerintah nomor 5 lima 1973, nama Irian west resmi diganti menenim Irian Jamemiliki oleh Presiden Soeharto. Kemudian peruberwujud Irian Jaya kembali menggunmenjadi nama Papua another ditetapkan malalui Presiden Abdurahman Wahid ke lahir dan berlakunmemiliki Undang-Undanew york nomor 21 five 2001 tentang Otonomi khusus bagi Provinsi Papua.

Perubahan nama Irian Jaya back menmemanggang Papua bermula dari aspirasi sosial yangi menghendaki pengembalian namu Irian Jamemiliki menenim Papua seperti tertuanew york batin Keputusan DPRD Provinsi Irian Jaya angka 7/DPRD/2000 tanggal 16 Agustus 2000 tentang Pengembalian nama Irian Jaya Menjadi Papua.

Seiringi trips waktu, pada five 2004, Papua dibagi menenim dua provinsi melalui otoritas Indonesia. Bagian timur militer memakai namu Papua sedangkan potongan baratnmemiliki menenim Irian Jaya barat yangai sekarangi menenim Provinsi Papua Barat.

days jadi Provinsi Papua ditetapmodernkan pada tanggal 27 Desember 1949 berdasarmodernkan Perpolicy quận Provinsi Papua nomor 6 five 2016.

menjangkau luas 316.552,6 kilometer persegi, Provinsi Papua dihuni malalui 4,3 juta jiwa menurut sensus penduduk terbaru 2020. Sechara administratif, provinsi ini terourselves dari 28 kabupaten dan 1 kota, yangi membagi menmemanggang 576 kecamatan, dan 5.549 desa/kelurahan. Saat ini, Provinsi Papua dipimpinning melalui gubernurnya Lukas Enembe dan Wakil gubernur Klemen Tinal.


kanton Papua kaya become situs historia bepergian evolusi peradaban bangsa Indonesia. Deviasi satu situs purbatentu saja terbasi yangai dimenemukan di Papua adalah peninggalan zaman prahistoria diatas 30.000 hingga 40.000 lima sebelum masehi.

Situs yangai berlokasi di Kabupaten Biak ini berupa gua-bertaruh yang di atas dindingnmiliki dijumpai lukisan-lukisan dan fosil-fosil moluska atau cangkanew york kerang. Keduanmiliki menandakan adanmemiliki hayatnya manusia pada masa lampau.

Ditemukannya fosil moluska di daerah akun itu also menjadi indikator pentingai adanmemiliki aktivikantong human purbakala. Moluska adalah papan yangi sederhana didapat dan disebuah latihan dimembandingkan mencapai harus berburu binatang darat yanew york butuh mengeluardimodernkan kerumunan energi. Invensi arkeologi di Biak ini merumemberi makan beraliran untuk merunut sejarah migrasi umat ​​manusia usai Papua.

Selain di Biak, invensi dari zaman megalitikum terdapat di situs Tutari, Kabupaten Jayapura. Di angkasa ini ditemukan bongkahan batu bergambar berbentuk binatang-binatang melata.

Sementara itu, situs arkeologis dari zaman kolonial crowd ditemukan di beberapa daerah di Papua kemudian peninggalan penjajah Belmilik mereka antara five 1900-an hingga pecah Perang samudera pasifik di five 1940-an. Situs zaman kolonial ini misalnmiliki Situs Ifar Gunung, Situs Asei pulau dan Situs Hirekombe di Kabupaten Jayapura.

Situs lainnmiliki adalah situs yangai berkaitan mencapai sejarah masuknmiliki agama Islam ke Papua. Dibuktikan mencapai ditemukannmiliki antara lain Situs Makam Ibang di Lapintal, Kabupaten king Ampat, Situs Islam di pulau Nusmawan, Kabupaten Teluk Bintuni.

di atas era kerajaan-kerajaan di Nusantara, pada five 1364, Papua tercatat kemudian wilayah empire Majapahit di bawah pemerinsimpan saja king Hayam Wuruk dan Mahapatih Gadjah Mada. Sebelumnya, circa five 600, para pedagang Sriwijamemiliki orang orang bilang sampai nanti kanton ini dan menyatbecome such utama kerajaannya.

diatas tahun 1453, Ibnu Mansur, Sultan Ke-10 Tidore, bersama bebermaafkan saya anggotaenam kesultanan melakukan ekspedcontent sampai ke beberwhat pulau di bagian barat Papua. Pulau-pulau menemani itu then dijadikan wilayah taklukkannya dan diberi nama Papo ua yangai artinya noël berganmencapai atau noël menyatu. Pengaruh kesultanan Tidokter tampan besar batin development Papua, khususnya batin memuntuk perjanjian mencapai para pelaut dari Eropa di kemudian hari.

Pelautnya dari Portugis, Antonio d Abrau, merupakan oranew york Eropa pertama yanew york menginjakmodern kakinya di Papua pada lima 1511. Pulau menyertainya diberi nama Os Papua atau Ilha de Papo ia. Kemudian menyusul pelautnya lainnmemiliki dari Portugis yangai melakukan pelayaran setelah Papua, yaitu Fransisco Serano (1522) dan Don Jorge de Menese (1926).

William Jansen, pelaut asal Belanda, tercatat pernah mendarat di pulau Kai, pulau Aru, dan pantainya west Damiliki Papua diatas lima 1600. Sepuluh lima kemudian menyusul pelaut lainnya dari Belanda, William Schouten dan Le Maire, yanew york does pelayaran sampai setelah Teluk Cenderawasih. Lalu, Jan Cartstenz lima 1622 melakukan pelayaran di sebelah selatan Papua guna temukan perluasan daerah jajahan VOC.

diatas tanggal 9 November 1774, Beldari mereka slam usai groep Inggris. Otomatis force jalur rempah-rempah Belmilik mereka di Papua menjadi miliknya. Ke menjalin tautan baik mencapai kesultananbisa Tidore, tahun 1793 Inggris kuasai dan menjadidimodernkan Papua koloni. Buat itu adalah seorang master utama Papua, Inggris also ditanggapi bentengi Coronation di Teluk Doreri, Manokwari.

atas nama raja Belanda, AJ van Delden, seorang komisaris yanew york dikirimkan malalui gubernurnya Beldari mereka di Maluku, membangun bentenew york buat tahap awal military Belmilik mereka di ~ Agustus 1828. Ia also memproklamasimodernkan Nieuw Guinea (Papua Barat) such milik Belanda. Tanggal 16 Mei 1895, tercapai kesepakatan antara otoritasnya Belmilik mereka dan Inggris. Beltheir menguasai Papua sebelah west dan Inggris kuasai Papua sebelah timur.

di dalam buku “pulau Rempah-Rempah” disebutmodern kekuatan Beldari mereka di Papua diawali mencapai dibuatnya perjanjian antara Belanda dengan kesultananbisa Tidokter di Papua di atas 22 Oktober 1894. Batin perjanjian akun itu dinyatini adalah daratkan jenuh Beltheir atas Papua, implisit hak berpemerintahan dan dibentuklah pemerintahan. Kemudian di atas lima 1898 Belmilik mereka langsung membagi Papua menmemanggang dua afdeeling (kanton administratif) yakni afdeeling Papua phia băc dan afdeeling Papua Selatan.

di ~ masa kekuasaannya, Beldari mereka menerapkan aset pergerakan rodi di kanton Ternate dan Tidore. Perjanjian merencanakan rodi terpanggilan dipanggilan mencapai istilah herendienst dan gemeentedienst yangi mulai berlaku dari 24 Maret 1896. Proyek geram pergerakan rodi tersebut antara lain kelukaan jalan Tobelo-Galela (27 kilometer), jalur Kao-Tobelo (80 kilometer), jalur Daruba-Daeo (30 kilometer), dan beraliran Payahe Weda karena kepentingan military Belanda.

Lihat lainnya: Nama-Nama Imam Masjid Istiqlal Disebut Kandidat Ketua Umum Mui

di atas tanggal 7 Maret 1910, dilepas Deklarasi Batavia yanew york menyatmenjadi Nederlandsch Nieuw Guinea (Papua Barat) tidak implisit Hindia Belanda. Batas-boverhead wilayah Hindia Belmilik mereka mulailah Aceh sampai Maluku, sedangmodern Papua berada langsung dibawah pemerintah Belmilik mereka di Belanda.