Kementerian PUPR mencatat dari total potensi bersumber damemiliki air 3,9 triliun meter kubik per tahun, Indonesia baru bisa ~ administrasi kyung 691,3 miliar meter kubik.


menteri kesehatan pekerjaan Umum dan residential rakyat basuki Hadimuljono mengungkapmodern menggunakan sumber damemiliki air di Indonesia masih rendah. Padabab air terutang dibutuhkan bagi kelangsungan hidup masyarakat.

Anda sedang menonton: Potensi sumber daya air di indonesia

itu menjelaskan Indonesia memiliki potensi diperoleh damiliki air yang mendesak besar, yakni dengan 3,9 triliun meter kubik per tahun. Potensial ini bisa ~ dimanfaatmodernkan buat menunjang sektor pertanian, air baku bagi social perkotaan dan industri, pemterbang listrik, hingga pariwisata.


untuk sektor energi saja, potensi sumber damemiliki air terpanggilan sanggup dimanfaatmodernkan karena pemterbang listrik tenaga air (PLTA) dengan bruto kapasitas 75 gigawatt (GW). Lebih dari diterjang program pembangunan pembangkit yang direncanbecsseleven.comme otoritas hingga 2019, yakni 35 GW.


Masalahnmiliki pemanfaatan air ini masih mendesak rendah. Dari total potensi 3,9 triliun meter kubik per tahun, Indonesia baru mungkin administrasi kyung 691,3 miliaran meter kubik. Artinmiliki masih terdapat 3,2 triliun meter kubik per lima atau circa 80 persen yangi belum dimanfaatkan.


(Baca:Jokowi: pemanfaatan 36,8 juta Hektare Lahan tanah pertanian belum Maksimal)

Selain itu, ada risiko yanew york cukup besar jika potensi sumber daya air ini noël dikelola. Beberwhat diantaranya, dapat mengakibatmodernkan membanjiri dan longsor pada saat musim hujan dan kekeringan saat terjadi musim kemarau.

"kita harus dengan tegas wasdi ~ dan siaga di dalam menghadfire berbagai bencana yangai terjadi. Batin hal ini, peran bendungan sebagai penampung air di atas monsoon penghujan dan menyuplai air diatas monsoon kemarau perluís dioptimalkan," kata basuki di dalam keterangannya, Kamis (18/5).

batin kurun times 2015-2019, Kementerian PUPR menargetdimodernkan pembangunan 65 bendungan buat mendukung kemenangkap air dan kemenangkap pangan. Proyek ini meliputi pembangunan lanjutan 16 bendungan yanew york belum selkarangan pada 2014 dan 49 bendungan baru.

Hingga beranjak five lalu, baru tujuh proyek bendungan tersebut yangai cantik selesai, yamenemani itu Rajui, Jatigede, Bajulmati, Nipah, Titab, Paya Seunara, danTeritib. Sementara untuk five ini ditargetmodern ekstra tiga bendungan yangi selesai yamenyertainya Raknamo, Tanju, dan Marangkayu.

Targetnya, hingga di atas 2019 sudah ada 29 bendungan yangi siap rampung pengerjaannya dan beroperasi. Dengan 29 bendungan terpanggilan ini adalah menambah tampungan air secrowd 2 miliaran meter kubik per tahun. (Baca:Lebih Cepat, proyek Bendungan pasangan di NTB Rampunew york lima Ini)


Pembangunan 65 bendungan yang sedang dilakukan ini adalah untuk curam secara luas lahan disiram yang mendapat suplai air dari bendungan menenim 19 persen sehingga pengayaan jumlah dan gawangnya panen sehingga mendukungai kepenawanan pangan nasional.

Lihat lainnya: Perkembangbiakan Generatif Dan Vegetatif Pada Tumbuhan, Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

(Baca:pemerintah Tawardimodernkan 4 proyek Waduk Senilai Rp 4,5 Triliun usai Tiongkok)

lima ini otoritas becsseleven.comme membangun sembilan bendungan baru, dengan bruto kebutuhan dana buat konstruksi dan superpenglihatan sebesar Rp 18,25 triliun. Sembilan bendungan itu adalah Bendungan Rukoh (Aceh), Way Apu (Maluku), Banyata (Papua), Lausimeme (sumatra Utara), Sidan (Bali), Pamukkulu dan Komerinew york II (Sulawesi Selatan), Bener (Jawa Tengah), serta Temef (Nusa Tenggara Timur/NTT). .