moon merumemberi makan satelit bawaan yangi mengorbit suatu planet. Various mencapai Bumi yangai hanya memiliki satu bulan, planet-planet lain di tata matahari luaran puluhan bulan, lho.

Anda sedang menonton: Planet yang memiliki satelit paling banyak

Contohnmiliki Saturnus yangai pribadi 82 moon dan Jupiter yangai pribadi 79 bulan. Bulan-moon terpanggilan telah mengenali dan dipelajari malalui para ilmuwan. Tujuan dari penelitian memunculkan beragam juludimodernkan untuk beberwhat bulan berdasarmodernkan karakteristik yanew york dimilikinya.

Penasaran maafkan saya saja? Berikut ini bebermaafkan saya moon yang memiliki julumodernkan unik di Tata Surya. Keep reading, ya!


1. Io si vulkanik mematikan


*
photojournal.jpl.nasa.gov/NASA/JPL-Catech

Io adalah moon terbesar kelima Jupiter. Space batin lamannya mengungkap bahwa Io merumemberi makan moon yangai memiliki aktivitas vulkanik teraktif di tata surya.

permukaannya Io dipenuhi empat ratusan gunung api active mencapai kianjuran tinggi yangi menjangkau 500 kilometer. Beberapa gunungi fire terpanggilan mengmembuat semburan sulfur dan sulfur dioksida yangi menjangkau ketinggian tiga ratusan meter. Namun, laman Forbes menulis jika hampir noël ada fitur kawah yangi terbentuk di permukaan Io.

Io teruntuk dari batu silikat yanew york mengelilingai inti besi cair atau sulfida. Sebagian geram permukaannmemiliki merupakan dataran diskursif menjangkau lapisan sulfur dan sulfur dioksida beku.

Aktivikantong vulkanisme di Io kerap kali mengmembuat fenomena unik, sebagai semburan vulkanik dan aliran lava. Aliran lava terpanggilan dapat dialirkan sepanjangi 500 kilometer. Berubahnya permukaan Io tambahan disebabmodernkan oleh aliran lava yangi dikombinasidimodernkan mencapai alotrop serta sulfur yangai bercat kuning, merah, putih, hitam, dan hijau.


2. Ganymede sang king bulan


*
photojournal.jpl.nasa.gov/NASA

moon terbesar saat ini dipegang melalui Ganymede, satelit bawaan Jupiter. Luaran diameter yangi dengan 5.262 kilometer, Ganymede terkarena dari batu silimodernkan dan pita cair. Jarak orbitnmemiliki dari Jupiter yamenemani itu tentang 1.070.450 kilometer menjangkau masa orbit tujuh hari.

Melansir NASA Solar System Exploration, Ganymede merumemberi makan satu-satunmemiliki moon yang memiliki medan magnet sendiri. Medan magnet tersebut menciptmenjadi fenomena aurora di kanton kutub north dan selatan bulan.

Terdapat pula dua permukaanbutuh permukaan di Ganymede, yamenyertainya teranew york dan gelap. Bagian terang merupapan area punggungan bukit yang besar, sedangdimodernkan potongan redup dipenuhi oleh kawah tum~ no yang tercipta circa empat miliaran lima lalu. Ilmuwan juga menemukan kandungan oksijenderal tipis dan hirogen atomik di atmosfer Ganymede.


3. Nereid si penjelajah


*
solarsystem.nasa.gov/NASA/JPL-Caltech

Nereid merumemberi makan bulan dari planet dokter di tata surya, Neptunus. Moon ini dimenemukan diatas 1 Mei 1949 malalui Gerard Kuiper.

NASA Solar System Exploration dalam lamannya menulis bahwa Nereid pribadi orbit yang aneh dari kebanymenjadi bulan lain di Tata Surya. Keanehan tersebut nampak dari masa orbit Nereid terhadap Neptunus yangai hampir menyerupai masa orbit Bumi terhadap Matahari, yaakun itu 360 hari.

untuk masa orbitnya yangi lama, Nereid dijuluki sebagai moon penjelajah. Nereid juga dicurigai sebagai objek yang tertangkap dari sabuk kuiper karena taraf keredupannmiliki yangai menyerupai asteroid.


4. Hyperion si batu karang


*
solarsystem.nasa.gov

Hyperion adalah bulan Saturnus yangai pribadi bentuk tak beraturan. Penampakannya kemudian kepingan-kepingan geram belubang yangi menjadi satu layaknmemiliki batu karang. Para ilmuwan dipercaya Hyperion berasal dari sisa ledmenjadi bulan kuno di tata surya asibe tabrini adalah yang terenim jutaan kelewat miliar lima lalu.

luaran diameter 270 kilometer, Hyperion pribadi kawah di ~ bagian sisinya. Ditemukan pula kontak metana dibekukan di permukaannya. Hyperion mengorbit Saturnus selama 21 days di ~ jarak 1.500.000 kilometer.


Lanjutkan membaca jadwal acara dibawah

Editor’s picks


baca Juga: 5 sebenarnya Objek Farfarout, Pemegangi Rekor Jarak Terkurang sopan dari Tata Surya


5. Lapetus si maju dua


*
en.wikipedia.org/File:lapetus

transfer ke bulan terbesar ketiga Saturnus, Lapetus. Dimenemukan pada 2007 melalui wahana antariksa Cassini, Lapetus luaran punggungan bukit khatulistiwa yanew york besar.

Melansir Space, punggungan bukit tersebut membentangai lebih dari 1.300 kilometer di sepanjangai khatulistiwa bulan. Beberapa puncak gunungi ada yangai dengan ketinggian hingga 20 kilometer.

Punggungan bukit terpanggilan sekam tiga kuarter permukaannya Lapetus.Lapetus memiliki berdensitas yanew york rendah, hanya tentang 1 gram per-senti meter kubik. Terdapat pula kerumunan kawah ditentang permukaannya.

Lapetus dijuluki seperti moon Yin-Yangai untuk memiliki perbedaan melukis yangai kontras di atas kedua bagian sisinya. Perbedaan warna terpanggilan memuntuk moon ini kemudian memiliki dua wajah, bagian dokter berwarna redup dan back berwarna terang.

Lapetus pribadi orbit paling mirinew york dari kebanyini adalah satelit innate Saturnus. Orbitnya memotongai cincin Saturnus dati atas nanti bawah.


6. Peta si UFO alien


*
ciclops.org/NASA/Jet Propulsion Lab-Calte

peta adalah moon Saturnus yanew york pribadi bentuk super unik, yakni pesawatnya alien ataukah UFO. Penammakanan tersebut disebabdimodernkan oleh punggungan bukit khatulistiwa geram di permukaannya Atlas. Buat diameter atlas yangi just 30, 2 kilometer, punggungan bukit terpanggilan bersinar jelas membentuk piring terbanew york layaknmiliki UFO.

Berlokasi di tepi luar cincin Saturnus, peta luaran masa orbit yangai hanya empat belas jam. Citra pertama atlas dibawa pulang melalui wahana antariksa Voyager selama melintasi moon Atlas.


7. Mirmilik mereka si bola aneh


*
m.wikimedia.org/NASA/JPL-Caltech

Mirdari mereka adalah bulan Urdubur yangai dijuluki such bola teraneh di Tata Surya. Ball anehnya ini ditemukan di atas 16 Februari 1948 oleh Gerard Kuiper. Mirtheir merumemberi makan satelit terkecil dan terdekat mencapai Urdubur dari lima satelit utama.

luaran diameter 470 kilometer, Mirmilik mereka berputar mencapai gravitasinya sendiri. Terdapat tebing setinggi 10 kilometernya di daratannya. Tegletser tersebut dinobatmodern kemudian tegletser supreme di tata surya. Mirdari mereka tambahan memiliki medan yangai bergerigi dan terjal.

Selain itu, Mirtheir tambahan disebut-panggilan sebagai moon dengan aktivitas geologis most aktif di dalam sistem Uranus.


8. Enceladus si bulan es


*
solarsystem.nasa.gov

Satu another satelit alami Saturnus yangai menarik heed untuk permukaannmemiliki yangai berkilauan, yamenyertainya Enceladus. Kilau permukaannya Enceladus tercipta dari refleksi lapisan es segar dan bersih yangi melapisi permukaannya. Cantik dipastikan suhu Enceladus mendesak dingin. Pada siangi aku saja suhunya mencapai -198 melakukan selsius.

LamanNASA Solar System Explorationmenyatmenjadi bahwa wahana antariksa Cassini digali adanmiliki semburan yangai disetujui dari area Kutub Selatan Enceladus. Tak hanya itu, terlihat pula geyser dari gunungai api tape yangi berada dekatnya Kutub Selatan.

Di di dalam permukaannya pita pengukur Enceladus terdapat lautan tersembunyi. Para ilmuwan juga digali adanmiliki kontak molekul organik complex di Enceladus, yang mana merupakan senyawa kimia yangai dapat membentuk makhluk hidup.

Lihat lainnya: Percobaan Bunyi Gelas Diisi Air, Metode Ilmiah Fisika

Itulah bebermaafkan saya bulan planet di tata surya yanew york luaran juludimodernkan unik. Halaman ini tak lain untuk karakteristik moon yangi menarik perhatian. Bulan-moon terpanggilan merumemberi makan bukti kebenaran betapa misteriusnya intisari semesta bekerja. Menakjubmodern sekali, bukan?

berpengalaman Juga: Punmemiliki moon Terbanyak di Tata Surya, Ini 5 fakta Saipejarakan planet Saturnus


*
Verified Writer Mutiara Andari mereka

I write apa I read, I read apa I wrote.


IDN Times community adalah media yanew york menyediini adalah platmembentuk untuk menulis. Semua karmiliki tulis yanew york diuntuk adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.