nanti melahirkan, Bunda tetap berpeluangai untuk langsung hamil lagi, lho. Peluanew york untuk hamil ini militer ada meski Bunda masih pakan payudara Si Kecil. Namun, Bunda tidak perlouis khawatir. Jika Bunda berwewenang menunda kehamilan, ada beberapa peluang jenis kontrasepsi yang aman untuk tengah menyusui.

Bagi tengah yang masih memberikan ASI eksklusif, tool kontrasepsi bisa awal used saat Si kecil berusia 6 minggu. Sementara, jika Bunda noel memberidimodernkan ASI eksklusif, maka penggunaan alat kontrasepsi siap bisa ~ dilakumodern sejak sayang berusia 3 minggu.

Anda sedang menonton: Pil kb yang bagus untuk ibu menyusui

*

types Kontrasepsi yangai Aman untuk ibu menyusui

Berikut ini adalah beberapa tipe kontrasepsi yanew york dapat digunakan malalui medang menyusui beserta risikonya:

1. Pil KB progestin

Pil KB yangai mengandungi hormon progestin mungkin menenim deviasi satu peluang kontrasepsi bagi ibu yangai masih memberimodern ASI eksklusif. Tipe KB ini memiliki efektivitas yang tinggi dalam menghindari kehamilan.

Meski demikian, Bunda penting untuk mengonsumsi pil KB terpanggilan pada kota yangi kemiripannya setiap harinya. Apabila melewati perencanaan konsumsi, maka Bunda sebaiknmiliki dihindari bertautan intim setidaknmiliki selama 2 hari.

2. Suntik KB progestin

tipe kontrasepsi ini mungkin Bunda gunakan 6 minggu nanti permeniru dan penggunaannmiliki harus diulangai setiap 12 minggu. Jika Bunda memutuskan buat berhenti menggunmenjadi suntik KB progestin, maka Bunda harus menunggu selama sefive atau lebih untuk mungkin hamil kembali.

Namun, suntik progestin kerap dikaitkan dengan penurunan kepadatan tulang jika tangan kedua batin jnomor waktu lama. Oleh sebab itu, Bunda noël dianjurmodern karena menggunbecome suntik progestin lebih dari 2 tahun. Meski demikian, chapter ini masih diharuskan penelitian lebih lanjut.

3. KB susuk ataukah imrencana progestin

tool kontrasepsi ini used mencapai cara pintu masuk imrencana atau susuk usai mempersenjatai bagian atas. Di di dalam imuntuk merencanakan ini, terkandungi hormon progestin yangi akan dilepaskan sedikit demi sedikit selama 3 tahun. Setelah itu, Bunda harus menggantinmiliki dengan imrencana baru.

Selama menggunbecome imrencana hormonal, siklus haid Bunda could sanggup menjadi noël teratur.

4. IUD (intrauterine device) progestin

tipe kontrasepsi ini dilakumodernkan menjangkau input tool berbentuk huruf ‘T’ usai di dalam rahim. Di dalam jnomor waktu 1-3 bulan usai pemasangan, Bunda perlouis does kebijakan aturan nanti kedelapan karena memastikan IUD masih terpasanew york di tempatnya.

IUD dengan progestin ini dapat used hingga 5 tahun. Namun, Bunda berisiko mengbawaan intervensi haid yangi ditandai mencapai darah menstruasi lebih sedikit atau ~ pegang kemiripannya sekali.

5. Kondom

Penggunaan kondom dapat orang orang bilang such perilaku kontrasepsi yangai most aman bagi tengah menyusui. Selain dapat prevalensi kehamilan, kondom also dapat menghindari penyakit mengaris seksual.

Saat menggunbecome kondom, pastimodernkan Bunda ataukah Ayah memilih kondom mencapai pelumas yanew york larut dalam air, sehal pelumas yang berbahan mendasar minyak sanggup memuntuk kondom menmemanggang lebih menyudahi rusak.

6. Kontrasepsi diafragma

tool kontrasepsi berbentuk kubah yanew york terbuat dari karet atau silikon ini laid di leher rahim. Mounting biasanmiliki dilakudimodernkan 6 minggu setelah persalinan.

tool kontrasepsi ini dingin efektif dalam menghindari kehamilan dan taraf efektivitasnmiliki become lebih besar jika digunakan rantai dengan jel spermisida (zat untuk mematimodernkan sel sperma).

7. Amenore laktasi

Selain menggunmenjadi alat ataukah obat, Bunda tambahan bisa ~ melakukan upaya metode kontrasepsi alami, such amenore laktasi. Tindini adalah yanew york perluís Bunda lakumodern hanyalah menyusui Si kecil secara eksklusif langsungi dari payudara tidak punya bantuhan pompa ataukah botol ASI.

Meski aman buat ibu menyusui, manner ini hanya efektor dilakumodern bila Bunda belum haid kembali ke melahirkan. Bunda harus memberimodernkan ASI setidaknmemiliki 3 hingga 4 pukul sekian pada sianew york hari dan 6 pukul terlalu banyak di atas malam hari.

Jika hebukan menggunakan kontrasepsi hormonal, ingatlah karena tidak menggunbecome kontrasepsi yanew york mengandungai hormon estrogen. Chapter ini karena hormon tersebut dapat menghambat untuk membuat ASI.

Lihat lainnya: 5 Rekomendasi Obat Tradisional Mencret Anak 1 Tahun 6 Bulan, 13 Obat Diare Bayi, Alami Dan Mudah Ditemukan

melalui untuk itu, sebelum Bunda memilih manner kontrasepsi yangai aman karena medang menyusui, sebaiknmiliki konsultasikan terlebih dahulouis mencapai hati-hati kandungan.