Tahukah sobat segenap intisari hidup menginnate prostape berkesinambuangan yangi disebut pertumbuhan dan perkembangan noël terkecuali bagi untuk kita maunusia. Kemudian umat ​​manusia untuk kita mengbawaan pertumbuhan dan evolusi baik saat sebelum incuver dan saat ke kelahiran. Berikut ini tahapan pertumbuhan dan evolusi yangi dibawaan malalui manusia

1. Tahap pertumbuhan sebelum kelahiran

Masa sebelum kelahiran umat ​​manusia atau masa embrio human distart dengan adanya fertilisasi (pembuahan) ovum yangai dilakumodern melalui sel sperma. Dari prospita pembuahan ini then diuntuk menghasilkan yangai namanmemiliki zigot. Evolusi zigot menmemanggang embrio vertebrata mempunyai urutan tahapan kemudian berikut : (1) zigot, (2) melangkah morulla, (3) panggung blastula, (4) melangkah gastrula, (5) embrio/fetus (callon sendiri baru).

Anda sedang menonton: Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia beserta gambarnya

*

a. Balita (bawah tahun tahun, 0-5 tahun)

Masa balita merupapan mulailah pertumbuhan dan perkembangan umat ​​manusia ke dilahirkan. Ciri-ciri masa balita kemudian berikut:

perkembangan piritter mendesak pesat.evolusi motorik, kemudian tengkurap, merangkap, berjalan, kemudian berlari.perkembangan komunikasi, seperi tertawa, berteriak, mengucap satu kata then berbicara.
b. Anak-anak (usia 6-10 tahun)

Ciri-ciri masa anak-anak kemudian berikut:1) awal berpikir untuk adaptasi diri mencapai lingkungan sekitar.2) rasanya mau knows mendesak besar.3) Keinginan karena sesuatu mendesak besar4) Mengenal baik dan buruk5) Emosi masih berubah-ubah.

c. Masa pubertas (usia 11-18 tahun)

di atas masa puber terenim perubahan fisik dan psikologi yang pesat. Anak feminin lebih cepat mengalami masa puber daripada anak laki-laki.

1. Perujernih fisik

Peruberwujud fisika yangi terenim di ~ tahapan pertumbuhan dan perkembangan umat ​​manusia dipengaruhi oleh hormon-hormon reproduksi. Peruberwujud ini meliputi ciri-ciri seks primer dan sekunder.


a) Laki-laki

Masa puber seorangai laki-laki dimulai ketika organ-organ reuntuk membuat laki-laki telah berfungsi. Dalam jumlah besar puber ini ditandai menjangkau peristiwa mimpi basah, yamenemani itu keluarnya sperma dari tubuh. Sperma dihassilmodern melalui testis.

Ciri-ciri seks sekunder:a. Laki-laki1. Dada menmemanggang besar dan bidang2. Suara membesr dan berat.3. Ditanam haar di ~ ketiak dan kyung kemaluan.4. Jakuntabel membesar.


b) PerempuanMasa puber seorang feminin dimulailah selama organ-organ reuntuk membuat feminin telah berfungsi. Masa puber in ditandai menjangkau menstruasi (menstruasi), yamenemani itu keluarnmemiliki darah dari lubangai vagina acibe peluruhan ovum together lapisan dindingai rahim. Peristiwa pelepasan ovum dari ovarium dipanggilan ovulasi.

Lama siklus haid wanita berbeda-beda. Lama masa haid dipengaruhi melalui faktor makanan, perambahan emosional, stress, intervensi emosinal, stree, ataukah kapak kesehatan. Rata-rata siklus mentruasi 28 hari.

Ciri-ciri seks sekunder:1. Payudara dan pinggul membesar.2. Kulit menenim halus.3. Suara kecil dan lembut.4. Tertanam kerugian sebelumnya pada ketiak dan sekitar kemaluan.

Lihat lainnya: Nonton Kimetsu No Yaiba Movie Sub Indo Streaming Pics, Nonton Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba


d. Manula (manke lanjut usia, 50 lima usai atas)

Ciri-ciri manula sebagai berikut :1. Penururnan fungsional organ-organ tubuh, misalnya berkurangnmiliki pendengaran.2. Gerini adalah menmemanggang lambatnya untuk persendian positioner dan tulang keropos (osteoporosis).3. Sikap cepat letih dan damiliki simpan saja tubuh terhadap penyakit menurun.4. Pada banci mengalami menopause, tahapan pertumbuhan dan perkembangan umat ​​manusia ini ditandai mencapai berhebentinya haid karena organ reuntuk membuat noël mampu mengamenghasilkan ovum yangai matang.