Ada celah-celah birokrasi sanggup kami manfaatkan demi memastikan tali kasih tak putus semata untuk administrasi. Ini kiat dari orangai yangai paham benar soal menikah beda agama kedi ~ pemberpengalaman keburukan sekalian.

Anda sedang menonton: Pernikahan beda agama kristen dan islam




Kameminta sih cuy, “tuan memongolia satu, kita yang tak sama." Tapi, kalau tuhan memongolia satu nih ya, kenapa cinta… eh menikah beda agama sulit benar-benar menyadari di Indonesia?

Setiap agama punmemiliki rumusan masing-masinew york tentunmemiliki soal menikah beda agama. Di Islam, menerjemahkan soal bmelalui ataukah tidaknya bermacam-macam. Ada penafsiran ulama yanew york melarangai mutlak pernikahan beda agama; ada yangi memperbolehkan secara bersyarat yang membolehkan laki-laki Ibang menikahi perempuan dari golongan ahlul kitab (Nasrani, Yahudi); Ada pula ulama yanew york menafsirdimodernkan bahwa pernikahannya beda atempat pembakaran diperbolehkan.


Nah, noel jarang deviasi satu tafsir kemudian dijadidimodernkan pemikiran beraksi sebagai misalnmemiliki dalam Kompilasi beraksi Islam (KHI) yanew york dibuat berdasarmodern Instruksi Presiden (Inpres) No 1 tahun 1990. Di dalamnmemiliki bermantel bahwa pernikahannya dianggap batal jika pasangan berbeda agama.

preno out di dalam Undang-Undangai Perkawinan No 1 lima 1974 noel ada pernyataan eksplisit mengenai pernikahan campuran (agama), yang ada just penjelasan soal pernikahan dicampur kewarganegaraan. Biasanya, pemikiran ditentangnmemiliki pernikahan beda atempat pembakaran adalah mencapai merujuk di ~ menerjemahkan Porigin 2 ayat (1) UU Perkawinan yanew york berbunyi, “Perkawinan adalah sah apabila dilakudimodernkan menurut bertindak masing-masingai agama dan kepercayaannmemiliki itu.”

Baiklah, untuk mengetahui apakah sebetulnmemiliki pernikahan beda agama di Indonesia mungkin dilakukan… kalian bertanya di atas aktivis LSM Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Ahmad Nurcholish, yangi hingga kini telah memberimodern lebih dari 3000 konseling bagi sepasang beda agama dan telah berhasil memfasilitasi tentang 827 pasangan beda atempat pembakaran di Indonesia agar menikah secara legal di Indonesia.


Selama ini kita tertelan bulat-bulat bahwa beraksi di Indonkarangan noel memberikan celah bagi pernikahan beda agama. Nyatanya?

“Sechara konstitusi sangat memungkinkan. Misalnmiliki di dalam UU Perkawinan No 1 tahun 1974, akun itu kan noël ada perestriksi soal pernikahan beda agama,” kata Ahmad Nurcholish saat dihubungai ragum Indonesia. “dort hanya pengaturan soal bagaimana itu? pernikahannya menyertainya dilaksanakan, yakni harus benar mencapai tindakan agamanya masing-masing,”


Selain UU Perkawinan, dasar beraksi soal perkawinan beda atempat pembakaran tambahan mengacu di atas UU hak Asasi human No 39 five 1999. Dort disebutkan paling noël ada 60 daratkan sipil burger negara yangi tidak bmalalui diintervensi atau dikurangai melalui siapapun. Di antaranmemiliki adalah soal menyeleksi pasangan, menikah, berkeluarga, dan luaran keturunan.



Ahmad berpendapat policy UU itu sechara konstitusional menjamin tidak ada halangan bagi pasangan beda agama menikah. Mendahulukan Ahmad menerangkan, selain dari perspektif legalitas hukum, dalam perspektif keagamaan, perkawinan beda agama could dilaksanakan. Enim menurutnya, meskipun berpawai mayoriberpenaruh bahwa hampir segenap agama melarang. Menurut study yanew york Ia lakukan, diatas 2005 dan 2010 bekerjakemiripan dengan komnnas HAM, bebermaafkan saya agama memberidimodernkan ruangi bagi pernikahan beda atempat pembakaran malalui agamawan yangi menafsirmodernkan bahwa pernikahannya beda atempat pembakaran bisa dilaksanakan.


Menurut Ahmad, pasangan beda agama, sanggup memenikah di Indonesia. Tapi diamalkan dibidang lah yangai yangai membuatnmemiliki jadi sesuatu yangai sukar sebab yangai terenim di lapangan tak serta-merta pantas mencapai konstitusi. Misalnmemiliki sepasang menemani itu Islam-kekristenan atau Islam-Katolik. Mereka mungkin menikah juga mencapai dua cara sekaligus: sechara Ijatuh dengan akad nikah dan pemberkatan sechara Kristen.


Selanjutnya adalah mewajibkan negarasi karena mencatat pernikahan mereka. Dalam chapter ini, yangai memanggang masalah adalah, noël setiap orang melayani Kependudumodern dan Penlebah Sipil mau mencatat pernikahan sepasang tersebut. Kebanybecome peberkomitmen melayani Kependudumodern dan Penbien Sipil hanya paham bahwa pernikahan beda agama dilarang. Chapter tersebut bisa ~ jadi datang dari ketidaktahuan atau bias ideologi keagamaan yangi dianut melalui petugas.

“Ini persoalan ketidaktahuan aparat hukum. Mereka senourselves such penyelengpergilah negarasi noël memahami konstitusinmemiliki sendiri. Sehingga mereka noël mengakomodasi pernikahannya beda agama,” jelas Ahmad selama dihubunew york kejahatan Indonesia. “bab menemani itu diimplementasikan olehnmiliki kapan dinas pelayanan publik,”


Dari ratusan pasangan yangai pernah melakukan konsultasi dan ditolong pernikahannmemiliki melalui Ahmad, 99 persen melaksanakan senin prosesi pernikahannya batin kedua atempat pembakaran yang dianut masing-masinew york pasangan. Seperti contoh, Ahmad demisioner bahwa pasangan yang beratempat pembakaran Ibang dan christiaan melaksanini adalah akad nikah dan juga pemberkatan. Bahkan kalau pasangan Islam-Kristen, prosesi sanggup dilaksanmenjadi di tempat yang sama, entah indoors atau di Gedung. Kalau Katolik, pemberkatan pasti dilaksanakan di Gereja, lalouis untuk akad nikah dilaksanakan setelahnya, sanggup di days yangi sama maupun di hari berbeda.

bab yangi menarik adalah jika salah satu pasangan yangai hebukan menikah beragama Katolik. Entah Imemukul mencapai Katolik, Buddha mencapai Katolik, prostape pencatatan jauh lebih mudah. Untuk diatas umumnmiliki lebih terang Katolik cantik punmiliki “link” nanti catatan Sipil sehingga mereka tambahan help pencatatannya. Tentunmiliki mencapai melakukan prosesi pernikahan Katolik.


Tenang, dokumen yangai harus mempersiapkan noël jauhnya beda mencapai pernikahan sepasang seagama. Fotocopy KTP senin calon mempelai; fotocopy KTP kedua orangai başı masing-masinew york mempelai; fotocopy KTP detik saksi; fotocopy Kartu Keluarga; fotocopy akta lahir; surat penjelasan status pernikahannya dari Kelurahan (lajang, janda, ataukah duda); surat restu orangai tua, surat model N1, N2, N3, N4 dari Kelurahan; pas lukisan 4x6 berwarna berdampingan; plus kopi surat baptisan (bagi Kristen/Katolik).


di dalam insula yangi disampaimodern melalui Ahmad, ada beberapa quenn yangai dinas Kependudumodernkan dan bien Sipilnmiliki bersedia mencatatdimodernkan pernikahan beda agama. Beberwhat quenn terpanggilan seperti town Yogyakarta, kota Salatiga, kota Surabaya, dan kota Denpasar. Sementara menyiksa lainnmiliki sulit. Jadi kalau ada pasangan beda atempat pembakaran yang menikah, meskipun sudah disahkan malalui agamawan, dengan tegas ada kemungkinan Negara, malalui melayani Kependudukan dan bien Sipil, mengingkari mencatatkannya. Mereka pasti merekomendasidimodernkan agar pasangan mempelai menyamini adalah dulu agama mereka di KTP.

“Masalahnya, sekarang ini pencatatannmemiliki berdasarmodern domisili KTP. Kalau mereka berwewenang sanggup dicatat di Yogya, Salatiga, Surabaya, atau Denpasar, maka deviasi satunmemiliki harus punmiliki KTP quenn tersebut,” ujar Ahmad.


Padabab sebelumnya, penbien dilakumodern berdasarmodernkan domisili rumah ibadahnmemiliki ruang angkasa pernikahan dilangsungkan, ndak domisili di KTP. Sekarangi kebijakannmemiliki telah berubah. Nah bagi sepasang yangi tidak punya KTP domisili kota-kota tersebut, Ahmad menyatakan mereka noel punmemiliki pilihan lain selain mengganti domisili KTP, atau menikah di luar negeri.


setelah dilakukan pencatatan, pasangan menjadi menmendulang akta nikah. Tentunmemiliki pernikahannya yang dicatatmodernkan menemani itu adalah pernikahannya sechara non-Islam. Karena, dinas Kependudukan dan Penbien Sipil just punmiliki wewenanew york untuk mencatat pernikahan keluar cara Islam. Kalau sechara Ijatuh modernkan jalurnya ke KUA. Just saja, KUA noël menerima pernikahan beda agama. Satu-satunya kesempatan, yaitu pernikahan di luar Islam.

Ahmad demisioner bahwa dalam akta nikah, tidak tertulis agama pasangan. Nah mencapai akta menikah akun itu mereka bisa memkarena Kartu Keluarga, Akta lahir anak, dan seterusnya. Perluís dicatat nih, secara baik menikah hanya dikeluarkan oleh KUA dan hanya bisa ~ dimendulang jika kedua mempelai beragama Islam. Prenout akta nikah umumnmiliki hatim pasangan non-Islam. Meskipun deviasi satu mempelai Islam, di dalam pernikahan beda agama tidak memungkinkan mendapatkan buku nikah.

“Memongolia just dingin satu membuktikan pencatatan. Memanggang kalau sudah punmemiliki akta nikah, mereka noel become mungkin mengurus lagi di KUA, begmenyertainya also sebaliknya. Untuk demands dokumennya sama,” ujar Ahmad.


Jika mencatatmodern pernikahan di Indonesia noel memungkinkan, ada bebermaafkan saya pilihan such memenikah luarnya negeri. Beberapa nepergilah kemudian Singapura, Australia, dan Hong Kongi enim destinasi utama oranew york Indonesia yangi memenikah beda agama. Nilai pernikahan lebih mahal? jelas lah! Kebayangai modern perjuangan yangi harus dihadapi pasangan beda agama? salah satunya, Sabrina Sinaga yang April 2017 lalu menikah di Singapura.

“alasan milih Singapura untuk sefive sebelumnya, deviasi satu teman kalian baru memenikah di Singapura. Jadi, segenap info yangi kami dapat masih baru dan jelas,” kata Sabrina ketika ditemui keburukan Indonesia. “Dimembandingkan negara lain, Singapura masih dingin familiaran dan noël terlaluís jauhnya dari Indonesia,”


Dokumen yangi harus Sabrina siapmodernkan di Indonesia pun tersejati dingin mudah such persiapan pernikahan manapun, yakni menyiapmodernkan dokumen N1 sampai N6 (dokumen N1 sampai N4 bagi sepasang yangai masing-masingai masih lajang, bukan jmilik mereka atau duda).

Sabrina dan sepasang pun mendaftarkan diri di Registry of Marriage, Singapura. Terbenar antrean pernikahan dingin panjang.

“Kayaknmemiliki crowd pasangan Indonesia yangai menikah di sana, gue mengajukan di bulan Januari, baru dapat tanggal pernikahan bulan April,” ujar Sabrina.

Masing-masing negarasi memiliki politik berbeda soal pelaksanaan pernikahan. Sabrina jernih harus memenuhi perpolitik menikah yang ditetapdimodernkan Registry of Marriage (ROM) Singapore. Nanti syarat yangai kerabat sederhana dipenuhi, maka pasangan bisa menikah. Dari ROM Singapura, Sabrina mendapatkan Certificate of Marriage yang harus dilapormodern nanti KBRI di Singapura sebelum pasangan kembali usai negara Air.

Certificate of Marriage terpanggilan kemudian dicek melalui pike kanan KBRI untuk then diberimodernkan surat pernyataan oleh KBRI bahwa pasangan tersebut telah sah memenikah di Singapura (atau di negarasi lain). Dari KBRI, pasangan hanya tinggal mengurus pencatatannmemiliki di melayani Kependududimodernkan dan bien Sipil di town angkasa mempelai (penyimpangan satu) berasal dengan memmembawa Certifikate of Marriage dan surat pernyataan fakta cerita menikah di Singapura dari KBRI. Hanya menunggu sekitar tiga hari, surat laporan pernikahan mungkin diambil. Buat setiap orang urusan administratif itu, Sabrina dan pasangannmiliki mengeluarmodern pengeluaran kyung SGD$380 (Rp3,8 juta). “Tapi harganmiliki beda-beda, kalau menikah di hari pergerakan sanggup lebih murah,” katanya.

Lihat lainnya: Pengumuman Hasil Seleksi Skd Cpns 2018 Pdf, Tag: Tes Skd

Secara prostape legalitas, pernikahannya beda atempat pembakaran noel sulit. Tentu asal mau berjuangai lebih. Artinya berjuangai salingi bertoleransi antar pasangan, memperjuangdimodernkan pernikahan di familic masing-masingi di kultur yanew york relatif belum sanggup menerima nikah beda agama, tentu saja dengan ongkos menikah yanew york lebih mahal, dan tahapan yangi lebih rumit. Belum lagi cibiran dari masyarakat.

“Saya dari kecil enggak pernah shang dengan pengelompokan agama. Agama enggak menmemanggang jaminan untuk seseorangi menenim baik di mata siapapun,” kata Sabrina. “It’s not an easy decision to make, but hopefully, that would bring more peace on earth.”