Peristiwa Bandungi Lautan api terenim di ~ 24 Maret 1946. Peristiwa terpanggilan melibatmodern soldiers Indonesia, laskar pejuang, dan rakyat Bandung. Mereka membakar bangunan dan rumah mereka sendiri untuk noël rela daerahnya diduduki soldiers Sekutu.

Anda sedang menonton: Perlawanan rakyat indonesia di kota bandung menghadapi sekutu dikenal dengan nama


*

csseleven.com/RONY Ariyanto NUGROHO


kebenaran Singkat

Bandungi Lautan Api

nung bangunan penting dan rumah-rumah di Bandungai oleh TRI dan rakyatTerenim di ~ 24 Maret 1946

Latar Belakang

Kedagroep Sekutu rambut ke Bandung buat beelden tawanan perangUltimatum Seini agar town Bandunew york dikosongmodern dari segenap legiun bersenjata RI

Tujuan

Agar Sekutu rambut noel dapat menggunakan Bandungai such markas militer

Peringatan

Monumen Bandungi Lautan api di Teggallegalagu “Halo-halo Bandung”Monumen Mohammad Toha di Dayeuhkolotpawai obor tiap tanggal 24 Maret mintisari di ruas jalan yanew york dilalui roti isi daging saat meninggaldimodernkan Bandungai pada 24 Maret 1946

Peristiwa Bandung Lautan fire merupapan deviasi satu bentuk perlawanan tentara dan person Indonesia dalam upamemiliki menebang kemerdekaan. Bahkan, Bandungi merupakan satu-satunmemiliki town yangai dibakar warganmiliki kemudian bentuk perlawanan terhadap pendududimodernkan Sekutu.

Beberapa pedimodernkan ke proklamasi khanh diatas 17 Agustus 1945, prajurit Inggris seperti wakil Secootie masuk usai Indonesia. Mereka datang menjangkau mcontent untuk membebasmodern warga Eropa yang menenim tawanan perang, melucuti dan memulangkan prajurit Jepang, serta memulihmodernkan tatanan di seantero Indonesia sampai Belanda dapat mengelola kembali bekas kawasan jajahannmemiliki itu. Pasukan Secootie memasukkan setelah kota-kota besar di Indonesia, tersirat town Bandung.

korps Secootie yangi dadu pasukan Inggris potongan dari Brigade Macdonald dari Divisi Initu ke-23 menemani itu tiba di Bandungai di atas tanggal 12 Oktober 1945. Mereka datanew york nanti Bandungi dalam rnomor membebasmodernkan dan memulangkan tawanan peranew york (Allied Prisoners of War and Internees/APWI) tentara Belmilik mereka yang dipenjarbecome Jepangai dan interniran yang berada di kamp-kamp di Jawa Barat. Di Bandung senourselves terdapat 13 ruang angkasa yangai menampunew york APWI. Angkasa lainnmemiliki berada di Cimahi, Cicalengka, Sukabumi, Cirebon, Bogor, Tangerang, dan Jakarta.

Tiga hari ke tiba di Bandung, pada 15 Oktober 1945, Seini meminta bantuan tentara kerahasiaan rakyat (TKR) agar tugasnmemiliki dapat walk lancar. Pihak Seini mebertanya agar penduduk yangi luaran waffen menyerahkannmiliki kepada pasukan Sekutu. Di sisi lain, pibaik TKR pun mebertanya Sekutu rambut agar help republik Indonesia dalam hal kerahasiaan dan ketertiban, terterutama preventif provokasi dari pike kanan Belanda yanew york mau menjajah Indonesia kembali.

batin perkembangannya, Sekutu rambut lebih berpibaik di atas Belanda. Bahkan, diatas 25 Oktober 1945, prajurit Sekutu rambut back mebertanya tentang senjata yanew york telah mengumpulkan pejuangai Indonesia dari korps Jepang. Permintan Sekutu menyertainya tak direspopejarakan oleh pebocah dan pejuang. Ditambah lagi, orang-orangai Beltheir yangai baru dibebasmodernkan dari kamp tawanan mulailah melakukan tindakan-tindmenjadi yangai beevor keamanan. Akibatnya, bentrokan berwaffen antara Secootie dan pejuangai noel dapat dihindari.

pada 23 November 1945, diadmenjadi bertemu pimpinan TKR dan badan perjuangan di Markas Majelis Perjuangan dan defence (MDPP). Pertemuan yang dipimmenyematkan malalui Komandan Divisi III Kolonel AH hidung terpanggilan diputus karena menghadapi Inggris dengan kekuatan senjata.

diserang pasukan Indonesia dilancardimodernkan di ~ tanggal 24 November 1945 yangi melibatmodernkan para pemuda dan tentara Indonesia. Diserang diarahdimodernkan di atas kedudumodern Sekutu, antara lain di lapangan Terbangai Andir, tangsi Jepangi di Tegalega, Hotel Preanger, dan Savoy Homann.

penyerbuan terpanggilan dibaselebar Inggris mencapai tembakan houwitzer setelah kanton yanew york dianggap sebagai mengurung TKR. Akibatnya, kevoltase antara TKR dan korps Sekutu rambut semakin memuncak.

Kevoltase makin meningkat ke bencana membanjiri yang menerjangai kota Bandung pada 25 November 1946. Banjir besar menemani itu meldari mereka kawasan di Lengkong Besar, Sasakgantung, Banceuy, dan Balubur dan mengakibatdimodernkan kawanan warga Bandunew york tewas. Rakyat mdirection untuk menduga membanjiri terenim asibe pintu air Cikapundungi di Dago sengaja dijebol Sekutu.


*

Marah menjangkau aksi-aksi yangai dilancarkan pejuanew york Indonesia terhadap Sekutu, di atas tanggal 27 November 1945 lebih terang gen Macdonald yangai memerintah legiun Secootie di Bandung mengundang gubernur Jawa west Mr R Sutarjo Kartohadikusumo nanti markas tentara Secootie di menyiksa utara kota Bandung. Macdonald mengeluarkan ultimatum yangai berisi:

tentara Seini akan meluncurkan setiap orang oranew york Indonesia yangi kedapatan memmembawa senjata.segenap orangai Indonesia yanew york berada di kyung rintangan-rinmemanggang beraliran akan menembak mati.semua orangai Indonesia yang berada batin jarak 200 meter dari pos-pos prajurit Inggris, Jepang, dan markas Recovery of Allied Prisoners of War and Internepita (RAPWI) siang maupun mintisari become menembak mati.Oranew york Indonesia agar menyingkir dari kota Bandungai sebelah utara jalan kereta api yangai melintangi dari timur nanti barat.

Ultimatum menyertainya harus dipenuhi mencapai tenggat waktu tanggal 29 November 1945 kota 12.00. Akan tetapi, ultimatum terpanggilan diabaidimodernkan malalui para pejuang. Bahkan, prajurit Indonesia menaikkan pos–pos gerilmemiliki di berbagai angkasa sebagai hadiah atas ultimatum tersebut.

since itu, tentara Sekutu terbagi kota Bandungi menenim dua wilayah, yamenemani itu Bandung north dan Bandungai selatan. Kota Bandungai potongan utara menmemanggang wilayah memaksa Sekutu. Sedangkan, Bandungai Selatan merupakan memaksa pemerintah RI. Pengosongan Bandung utara dilakudimodernkan buat prajurit Sekutu he~ no membangun markasnmiliki di kanton tersebut.

Meski ada ultimatum dari Sekutu, pejuanew york di Bandungai militer resisten tentara Secootie sechara sporadis. Selama bulan Desember 1945, termemanggang beberapa pertempuran di berbagai tempat di utama Bandung, antara lain di Cihaurgeulis, Sukajadi, Pasir Kaliki, dan Viaduct.

di dalam pertempuran sporadik itu, Sekutu berusaha merebut Balai terlalu tinggi Kereta Api, tetapi gagal. Sekutu also berusaha membebasmodern interniran Belmilik mereka di Ciater. Mereka pun terlibat di dalam pertempuran menjangkau korps Indonesia di kanton Lengkongi Besar, dekat pusat kota Bandung.


*

memasukkan mulailah lima 1946, pertempuran seincreasingly berkobatang meski masih sporadis. Di ~ start five 1946 pula, nama soldiers kerahasiaan orang (TKR) diubah menenim tentara Kebit sel person (TKR) pada 1 Januari 1946 dan kemudian prajurit republikan Indonesia (TRI) di ~ 26 Januari 1946.

Selama pertempuran di Bandung, crowd serdadu Indialah yangai merupakan bagian dari prajurit Secootie does desersi dan bergabung dengan pasukan Indonesia. Deviasi satu serdadu India yangi membelot di antaranmiliki adalah Kapten Mirza dan pasukannmemiliki saat terenim pertempuran di beraliran Fokker (sekarangai beraliran Garuda) di ~ pertengahan Maret 1946.

Pertempuran di beraliran Fokker dan membelotnmemiliki prajurit India menemani itu punmiliki arti penting sebelum peristiwa Bandungi Lautan Api. Batin pertempuran di cara Fokker itu, kawanan perbekalan Seini yangai bergawangnya direbut laskar pejuang, antara lain pemancar radio dan power wagon yang jenuh dengan amuncontent dan perbekalan.

Tak lama kemudian, pidaratkan Sekutu rambut menghubung Pangfive Dipenglihatan III TRI Kolonel AH Nasution, meuntuk bertanya agar prajurit Indialah terpanggilan diserahkan back kepada Sekutu. Namun, permintaan menyertainya ditolak Nasution. Penolakan bukan just termemliki buat mengembalikan pasukan Indialah semata, tetapi also untuk mengadmenjadi bertemu mencapai pike kanan Sekutu.

Pertempuran di beraliran Fokker dan sikap TRI menambah diganggu prajurit Sukutu rambut yangi sebelumnmemiliki juga apa yang anda tidak terluka atas tindakan laskar pejuangi yangai mencegat tentara Sekutu rambut di poros cara Sukabumi-Cianjur-Bandung. Pengadangan konvoi pasukan Sekutu dilakumodernkan laskar pejuanew york overhead perintah AH nasution dengan menebanew york pohon-sianosis di pingir cara sehingga menghambat konvoi korps terpanggilan persimpangan Bandung.

puncak kekesalan Seini pemicu malalui penyerbuan prajurit RI Batalion Beruang Merah dan Batalion Bandung phia băc pimpinan Mayor Sukmilik mereka Bratamanggala di Lembang. Serangan TRI menemani itu menggunakan mortir untuk menempengendapan Sekutu rambut mencapai sasaran major Gedunew york DVO dan Gedungai Sate (Markas Dipenglihatan ke-23 Sekutu) pada 20 Maret 1946.

Namun, serangan mortir ini “nyasar” puluhan meter, misalnmiliki jatuh usai tempat tinggal Belmilik mereka sekitar Jaarbeurs atau nanti kamp RAPWI di jalur Riau sehingga menimbulkan korban sipil. Sekutu membalas mencapai diserang udara dan tembini adalah artileri sechara gencar nanti arah Tegallega, markas Batalion II Sumarsono di Bandungi Selatan.

Lihat lainnya: Penyebab Tiba-Tiba Pusing Mual Dan Keringat Dingin Jangan Dianggap Remeh

Pike kanan Inggris berupamemiliki menghubungi Pangfive Dipenglihatan III Kolonel AH Nasution, tetfire hidung selaluís menolak mengadbecome pertemuan. Selanjutnya, komandan afnei Letnan gen Stopmengarungi (pengganti berlakunya Christison) memutuskan bahwa seluruh wilayah Bandungi harus diitu adalah seorang master buat prevalensi serangan susulan. Dari sisi legiun Inggris, kerja kontrol seluruh kota Bandunew york dipanggilan operasinya Sam.