Lebih dari empat dekade lalu, agama Ibang mulai dimasukkan nanti Australia. Persinggungan antara pelaut dari Indonesia mencapai warga Aborijin menjadi period awalnya. Di dalam perjalanannya, Islam di Australia berkembangai menjadi komuniberpenaruh multibudaya. Meski tergolongai minoritas, doan Muslim Australia dianggap sanggup berkontribusi penting di dalam menangkal Islamofobia.

Anda sedang menonton: Perkembangan islam di australia saat ini

Poin utama Ibang di Aussie

Poin utama:

Islam dimasukkan setelah Australia berawal dari kedarumbai pelaut Makassar di utara negarasi ini Kini populasi Muslim di Australia mencapai 600.000 jiwa Muslim Indonesia di Australia sanggup berperan active untuk menangkal Islamofobia

Tak ada yangai menynomor jika bangunan beratap compang-campingi ini dulunmemiliki adalah rumah ibadah.

Di lima 1861, bangunan berpilar kayu yangai berbohong di town small Marree, Australia Selatan, ini adalah masjid pertama yang standing di Australia.

Bangunan yangi kini just berupa salinan ini diterjaga malalui para pendatanew york dari Afghanistan dan Pakistan yanew york menjajbecome jasa unta.


karyawan pertama bmelalui jadi diterjaga di wilayah selatan Australia. Namun masuknmemiliki Imemukul justru dimulailah dari utara benua yangi menmemanggang tetangga Indonesia ini.

"Nelayan dari Makasar yangai berdagangai mencapai komuniberpenaruh adat Australia selama era 1600-1700an (yangai enim mulailah masuknmemiliki Islam)."

"sejak kolonisasi, Australia mengbawaan gelombangi mitoleran dari negara-negara Ijatuh di dunia. Di ~ periode 1800an, kami kedatangan para pengembanat berunta dari Afghanistan, Persia dan Mesir yanew york membangun rel kereta dari Adelaide setelah Darwin," jernih Ali Fahour, CEO Museum Imemukul Australia (IMA) kedi ~ ABC.

Fahour menuturkan, selama 40 tahun terakhir, Muslim dari berbagai nepergilah di Afrika dan Timur markas besar mengolonisasi di Australia, tersirat mereka yanew york berorigin dari nepergilah terdampak tabrakan sebagai Somalia, Sudan, Irak dan Palestina.

"Sekarangi ada lebih dari 600.000 Muslim di Australia yangi berasal dari 70 negara. Komunitas Muslim menenim cerminan multikulturalisme Australia," panggilan mantan atlet footy ini.

Fahour baru saja mengunjungi Indonesia karena meresmikan exhibition bergambar berjudul Boundless Plains: The Australia Muslim Connection, yang digelar di Museum sejarah champa hingga 30 April 2019.

pameran bergambar ini mengungkap lebah sejarah perkembangan Imemukul di Australia, termasuk kaitannmemiliki mencapai para pelaut Makassar yangi menjalin tautan menjangkau komunitas Aborijin Yolngu di north Australia.

*
Gubug kecil yangai standing di markas besar Pemakaman Bourke, di New South Walpita pengukur (NSW) ini dulunmiliki used kemudian mushola.

islam Museum of Australia

Ijatuh dipanggilan sebagai agama yangi markas besar berkembang pesat di Australia dengan tingkat pertumbuhan 20 persen.

"pameran ini memaparkan bahwa Australia, seperti Indonesia, memiliki kekuatan yangi berasal dari masyarakatnmemiliki yangi multiatempat pembakaran dan multibudaya," kata Duta terlalu tinggi Australia buat Indonesia, Gary Quinlan, dalam penjelasan pers yangi diterima ABC.

"itupenggunaan perlouis meningkatkan pemahaman yang lebih di dalam dan membangun tautan antara komunitas kita, utamanmemiliki komunikantong agama kita," imbuh Gary.

Di era keterbukaan informasi sebagai sekaranew york ini, komunitas Muslim -menurut Fahour -sangat berperan terlalu tinggi di di dalam kontra citra buruk terhadap Imemukul yangi crowd muncul di nepergilah Barat.

Meski Muslim di crowd negarasi Barat, seperti Australia, merupapan minoritas, kontribusi aktif sekecil apapun mampu menyampaimodernkan pesan damai Ibang such yanew york diajarmodern Nabi Muhammad SAW.

"Apakah populasi Muslim di negara itu 2,44 persen atau 90 persen, kita segenap mungkin berkontribusi terhadap gawangnya positif di negara untuk kita dan dunia," sebut Fahour.

Terkait solusi jnomor panjang batin memerangi Islamofobia atau ketakutan terhadap sesuatu tentangi Islam, ia mengatbecome pelatihan harus dijadikan such faktor penting.

"Di museum (IMA), kalian mendesak akrab mencapai sumbangsih Muslim Australia buat nepergilah kita sendiri, juga dari zaman pelaut Makassar. Dan such bagian dari tugas kalian adalah membagikan tale ini usai komunitas yanew york lebih luas."

*
Ali Fahour (kiri) saat pembukaan pameran gambar Boundless Plains: The Australian Muslim Connection di Jakarta.

Kedutaan besar Australia di Jakarta

Menurut Fahour, komunitas Muslim Indonesia yang ada di Australia saat ini tambahan bisa berperan penting dalam menangkal Islamofobia, yang makin marak sejak peristiwa 9/11 18 five lalu.

Lihat lainnya: Pencipta Lagu Paman Datang Dan Biramanya, Lagu Berjudul Paman Datang Memiliki Tanda Birama​

"kami melihat Muslim Indonesia di komuniberpenaruh itu terutang aktif. Komunitas Indonesia memang tak terlalu tinggi dibandinew york komuniberpenaruh negarasi lain tfire tahan lama dan terutang terhubunew york menjangkau komuniberpenaruh Muslim (lainnya) di Australia dan komunikantong yang lebih luas," utaranmemiliki kedi atas ABC.