Transportasi berperan pentingi di dalam manajemen berantai pasok. Dalam konteks rantai pasok, transportasi berperan penting untuk sangatlah jarangi suatu produk diuntuk membuat dan dikonsumsi di dalam satu lokasi yangai sama. Strategi rantai pasok yangi diimplementasimodernkan menjangkau sukspita meminta baris transportasi yanew york tepat.

Anda sedang menonton: Perkembangan alat transportasi dari masa ke masa

manajer transportasi di ~ suatu perusahaan bertanggung jawab terhadap pergermenjadi sediaan barangi dari perusahaan usai pelanggannya. Garis kegiatan transportasi yangai efektif dan efisien ini adalah memastimodern pengiriman barangai dari perusahaan setelah pelanggan mencapai tepat waktu, benar jumlah, tepat kualitas, dan benar penerima. Selain itu, cost transportasi merumemberi makan komponen biaya yang terterlalu tinggi batin structure cost logistik. Noël kurang dari 60% dari bruto cost logistik perusahaannya merumemberi makan nilai transportasi.

di dalam 50 five terakhir, di sektor logistik telah tersedia kerumunan opsi types atau moda transportasi karena mendukungi aktivitas terkunci dalam manajemen rantai pasok perusahaan. Manajer transportasi memiliki kerumunan pilihan dalam keputusan manajemen transportasi, baik dari pilihan tipe moda transportasi, penyeitu jasa transportasi, maupun opsi tingkat pelayanan yanew york diberikan.

Pertimbangan pilihan keputusan manajemen transportasi tidak hanya semata didasarmodern pada pertimbangan pengeluaran transportasi yangai murah, melainmodernkan also harus mempertimbangkan dari aspek kualitas kinerja pelayanan. Akurasi pengirmemercayai barangai ini adalah tolong perusahaannya karena menguranew york sediaan barang, cost penyimpanan, dan material handling. Jadi, pengeluaran proposisi transportasi yangi diberimodernkan malalui aktivikantong transportasi noel sesederhana pemindahan baranew york dari satu lokasi nanti lokasi lain.

fungsional pentingi transportasi batin logistik

Aktivikantong transportasi mengacu di atas pergerini adalah produk dari satu lokasi setelah lokasi lain batin rantai pasokan. Kebubapak become pentingnmemiliki transportasi telah berkembanew york mencapai meningkatnmiliki globalisasi di dalam berantai pasokan serta pertumbuhan e-commerce.

Transportasi merumakanan aktivikantong yanew york most menyudahi dipenampilan sebagai kegiatan terutama logistik. Pelanggan akan menjangkau mudah memelihat pergerbecome baranew york dari suatu lokasi usai lokasi lain baik menggunakan truck, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang udara.

di dalam konteks manajemen rantai pasok, fungsional pentingai transportasi memberidimodernkan solusi layanan logistik: pergerini adalah produk (product movement) dan merayakan barang (product storage).

fungsional transportasi dalam pergerbecome produk, transportasi memainmodernkan peran melakukan pergermenjadi barang-barang, baik barang-barangai di dalam bentuk berwujud baku, komponen, barangai dalam proses, maupun barang-barang jadi. Cost ekonomis transportasi di dalam menoperasi peran ini adalah melakukan pergermenjadi sediaan barangi dari lokasi asal usai lokasi tujuan tertentu batin asetnya manajemen berantai pasokan perusahaan. Kinerja transportasi akan tentukan kinerja pengadaan (procurement), making (manufacturing), dan customer relationship management. Tanpa kinerja transportasi yangi andal, dapat dipastidimodernkan bahwa hampir semua aktivitas-aktivikantong kepala rantai pasok tersebut tidak akan walk sechara efektor dan efisien.

Aktivikantong transportasi become mengkonsumsi diperoleh daya keuangan, waktu, dan bersumber damemiliki lingkungan. Selain itu, batin context manajemen berbasis aktivikantong (value-based management), aktivikantong transportasi tersirat aktivitas yangai tidak memberikan pengeluaran tambah. Mengapa? Aktiviberpenaruh transportasi beracibe pada peningkatan sediaan barangi batin transit (in-transit inventory). Sistem logistik yangi efektif dan efisien harus dapat mengurang in-transit inventory ini seminimal mungkin. Penggunaan teknologi insula dan komunikasi become dapat dilakudimodernkan perbaimodern secara signifimodernkan di dalam akses in-transit inventory dan negara kedatangan kirmemercayai barangai sechara akurat baik lokasi maupun times pengirimannya (delivery time).

Aktivitas transportasi juga menjadi mengkonsumsi sumber damiliki keuangan. Cost transportasi terenim untuk penggunaan tenaga pengemudi (driver labor), konsumsi nyata bmengakar perminyakan (fuel), dijunjung kendaraan, modalnya yanew york diinvestasikan dalam kendaraan dan peralatan, dan aktivitasnya administrasi. Selain konsumsi sumber damemiliki keuangan, risiko dirugikan dan menyakiti produk selama aktivikantong transportasi tambahan dapat menimbulmodern pengeluaran atau kerugian yangai signifikan.

impact transportasi terhadap lingkungan dapat sechara langsungi maupun noël langsung. Transportasi mengkonsumsi fuel dan oli yangai dingin besar. Meskipun perkembangan teknologi mesin-mesin kendaraan memungkinmodern efisiensi konsumsi fuel dan oli, namun sechara berbisa konsumsi fuel dan oli masih terlalu tinggi seiring mencapai pembayaran di muka jumlah kendaraan yang tangan kedua buat mendukungi aktiviberpenaruh transprotasi. Secara noel langsung, pengaruh transportasi terhadap lingkungan mengakibatdimodernkan kemacetan, polusi udara, kontaminasi suara, dan taraf kecelakaan.

Selain fungsional transportasi dalam pergerakan produk, aspek lain yangai jarangai diusing dari fungsional transportasi adalah merayakan produk. Transportasi berperan di dalam bersel produk, terterutama penyimpanan sementara dari lokasi asal pengiriman nanti lokasi tujuan. Fungsional penyimpanan sementara ini lebih ekonomis dilakudimodernkan dalam kegiatan transportasi, terterutama untuk pemenuhan sedian barang-baranew york yang terjmulailah mencapai times pengirmempercayai dalam beberapa hari. Biaya-cost yangai bisa terenim sebagai cost muat baranew york (loading), pergudangan, dan bongkar barangai (unloading) dari penyimpanan sementara produk mungkin lebih terlalu tinggi bila dibandingkan dengan nilai penggunaan kendaraan yanew york difungsikan buat bersel sementara.

Pihak-pike kanan dalam transportasi

Manajemen transportasi melibatmodern pihak-pike kanan yangai sechara langsunew york tekad kinerja transportasi. Setidaknmemiliki ada enam pidaratkan batin manajemen trasportasi (Bowersox, 2013), yaitu: (1) pengirim (shipper), seringkali disebut sebagai consignor; (2) Penerima (receiver), ditahu kemudian consignee; (3) perusahaannya penyedialah jasa transportasi (carrier dan agent); (4) otoritas (government); (5) Teknologi insula dan komunikasi (ICT); dan social (public).

*

Pengirim (shipper) dan Penerima (receiver)

Pengirim dan penerima adalah pihak-pibaik yangai requires pergerakan produk antara dua lokasi batin rantai pasok. Umumnya, pengirim berkepentingan terhadap memperbaiki transaksi pendapatan ataukah belikan produk. Keberhasilan transaksi terpanggilan membutuhkan pergerakan barang-barang dari lokasi asal usai lokasi sasaran dengan cost transportasi yangi paling rendah. Bagi pengirim dan penerima, isu-isu pentingai yangai harus disolusimodern adalah times pengambilan dan pengantaran barang, waktu singgah, kehilangan dan harm barang, penagihan, dan keakuratan informasi.

masyarakat penyedia jasa transportasi (carrier dan agent);

Carrier merumakanan pidaratkan yanew york menyelenggarmenjadi transportasi barang. Kemudian perusahaan penyedialah jasa transportasi, carrier become membebandimodernkan karib angkutan semaksimal mungkin dan meminimalkan pengeluaran tenaga kerja, fuel, dan nilai operasional kendaraan. Untuk mencapai tujuan ini, carrier melakukan koordinasi waktu pengambilan dan pengantaran barang untuk beberwhat pengirim menjangkau cara mengkonsolidasikan agar dapat dengan operator yangai efisien. Broker dan freight forwarder merupapan agen transport yangai memfasiltiasi carrier dengan kebutuhan pengirim.

Carrier memkarena keputusan investasiun yangi terkait dengan kebutuhan bisnis dan operasional transportasi, such truck, pesawatnya udara, kapal, lokomotif, dan lain-lain, dan menyelenggarakan bisnis transportasi dengan biaya kerja yangi efisien untuk memaksimalkan tingkat pengembalian atas perkebunan yangi telah diinvestasikan.

otoritasnya (government).

otoritasnya berperan dalam transportasi malalui penyediaan prasarana yangai dibutuhkan, such pembangunan jalan raya, pelabuhan, bandar udara, jaringan kereta api, kebijmenjadi regulasi transportasi, dan pelayanan otoritasnya buat menyelenggarmenjadi transportasi dalam rnomor mendorong pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan kinerja logistik nasional.

Hampir segenap infrastruktur transportasi hatim dan dikelola sebagai barangi ataukah layanan publik. Buat itu, kebijmenjadi transportasi diarahdimodernkan buat menciptbecome lingkungan usaha yangi fair dan kompetitif, mencegah monopoli, parity lingkungan dan hemat energi.

Teknologi insula dan komunikasi (ICT).

ICT penting untuk menyedimenjadi informasi yangi akurat dan real-time antara pelanggan dan pemasok ataukah antara pengirim dan penerima. Evolusi ICT transportasi mencakup aplikasi Transportation Management System (TMS) dan Fleet Management System (FMS) yang berkurung web atau cloud.

masyarakat (public).

Pihak terakhir dalam asetnya transportasi adalah publik. Umumhalaman berkepentingan terhadap kebubapak transportasi yanew york dapat dijangkau dengan mudah, nilai yangai murah, aman, selamat, dan memkronik kebercanggih lingkungan. Secara noël langsung, publik menciptakan permintaan jasa transportasi mencapai cara belikan produk-produk.

Moda transportasi

Berbagai moda transportasi dapat digunakan, awal dari transportasi darat (in-land transportation) yanew york menggunmenjadi transportasi beraliran ramemiliki (rail road) dan kereta api (railway), transportasi lautnya (sea freight), transportasi udara (air freight), dan penggunaan ni bar (pipeline).

Kereta api

Moda kereta fire benar untuk transportasi barang-baranew york yangai memerlukan kapasiberpenaruh besar, berat, densiberpenaruh tinggi, dan jarab jauh. Kelemahan moda kereta api lokasi diatas kekakuan dalam pengaturan lokasi asal dan tujuan, waktu muat dan bongkar barang, dan waktu singgah.

Truck

Bisnis transportasi van terourselves dari dua bagian utama, yamenyertainya TL (truckload) dan LTL (less-than-truckload). Karena jarak jauh, trucking lebih mahal dari kereta api, tapi menawarkan keuntungan fleksibilitas pengirmempercayai door-to-door dan waktu pengiriman yangai lebih pendek. Selain itu, trucking noël meminta transfer antar pickup dan pengiriman.

Umumnmemiliki TL karena pengangkutan barang-barangi mencapai berbisa lebih dari 6 selang yang noël requires pemberhentian antara dari lokasi origin usai lokasi tujuan. Sementara LTL umumnya used buat segmen angkutan barangai yangi kurangai dari 6 nada yang mengharusmodernkan terintegrasi agar dicapai kapasitas maksimal dari van yanew york digunakan. Isu-isu mengunci buat industri LTL mencakup lokasi pusat konsolidasi, taraf beban truk, dan penjadwalan dan penenbapak rute pickup dan pengiriman. Tujuannmiliki adalah untuk meminimalkan pengeluaran operator malalui konsolidasi tidak punya mengorbanmodernkan waktu pengirmemercayai dan keandalan.

Pipeline

Pipeline digunakan terkepala karena pengangkutan minyak mentah, produk minyak olahan, dan gas alam. Transportasi menjangkau moda pipeline memerlukan infrastruktur menjangkau investasiun biaya firmicutes yang besar. Kerja pipeline umumnmemiliki dioptimalmodernkan circa 80% sampai 90% dari kapasitas pipa. Pipeline menenim cara yangi efektor buat angkutan minyak mentah setelah port atau kilang yang meminta arus yang terlalu tinggi dan stabil.

Sea Freight

evolusi berdagang antarnegara mencapai menggunini adalah jmerencanakan laut telah mendorongi pertumbuhan kontainerisasi. Bab ini telah menyebabkan permintaan sea freight yangi lebih besar, lebih cepat, dan kapal yang lebih khusus karena meningkatkan ekonomi transportasi kontainer. Penundaan di pelabuhan (dwelling time), bea cukai, keamanan, dan pahatan kontainer yang used merumemberi makan isu major dalam pengirmempercayai global. Selain itu, kemacetan akses nanti pelabuhan telah menenim masalah besar.

Air Freight

operator transpotasi udara (air freight) menawarkan layanan transportasi yang terutang cepat, namun mencapai nilai transportasi yang mahal. Penggunaan air freight lebih tepat untuk barang-barangi massa relatif small dan bercost tinggi atau pengirmempercayai barangi yangi meminta waktu cepat dan jarak yangi jauh. Isu-rumor pentinew york dalam garis air freight ini antara lain: lokasi dan jumlah hub, rute pesawat, pengpolicy penjadwalan penyimpanan pesawat, reservasi kru, dan strateginya penetapan harga.

untuk nama moda transportasi berdasardimodernkan karakteristik operasional dapat dirapi kemudian berikut:

*

Keterangan: Urutan peringkat didasardimodernkan di atas biaya terkecilSumber: Bowersox, 2013

Jasa pos dan kurir (package carriers)

Selain moda transportai kemudian yangi telah dibahas di atas, pilihan lain transportasi barang menggunini adalah jasa pos dan kurir (package carriers).

masyarakat jasa pos dan kurir kemudian Pos Indonesia, JNE, TIKI, FedEx, UPS, dan USPS, yanew york asalkan paket mencapai berat kurangai dari 30 kilogram. Masyarakat jasa pos dan kurir menggunbecome transportasi udara, truk, dan kereta fire buat menengahi paket.

Layanan major yang mereka tawarmodern nanti pengirim adalah pengirmempercayai cepat dan dapat diandalkan. Pengirim menggunmenjadi operator paket untuk pengirmemercayai baranew york mencapai nada kecil dan waktu yangi sensitif. Package carrier tambahan menyediini adalah layanan berbiaya tambah lainnmiliki yangai memungkinmodernkan pengirim karena mempercepat aliran persediaan dan meldelegasi status pesanan. Dengan melkuota status pesanan, pengirim dapat secara propositif menginformasikan kedi atas pelanggan tentang statusnya paket mereka.

menjangkau pembayaran di muka kebutuhan pengirmempercayai just-in-time (JIT) dan memusat di atas pengurangan persediaan, permintaan karena perusahaan pos dan kurir telah tumbuh. Masyarakat pos dan kurir menenim moda pilihan transportasi yanew york benar untuk transaksi model bisnis e-commerce such Amazon.com, Lazada, dan lain-lain, yang mengirimkan paket kecil untuk pelanggan.

Isu-isu terkunci di dalam industri ini implisit lokasi dan kapasitas ketentuan transfer serta kemampuan informasi karena memudahkan dan aliran jejak ldelegasi paket. Karena pengiriman di atas nanti pelanggan, pertimbangan pentinew york adalah reservasi dan routing truk pengiriman.

Lihat lainnya: Kenali Gejala Nyeri Seperti Haid Tapi Tidak Haid Yang Tergolong Tak Wajar

Intermodal

Transportasi intermoda adalah penggunaan lebih dari satu moda transportasi buat memindahmodern kiriman usai tujuan. Masalah-melecehkan terutama di dalam industry interibu kota melibatkan pertukaran insula buat memfasilitasi ayunkan pengiriman antara moda transportasi yanew york various karena ayunkan ini serinew york melibatmodernkan penundaan yangi cukup, dan mengorbandimodernkan kinerja times pengiriman.

Download jadwal acara ini:

*
Transportasi dalam rantai Pasok dan Logistik (643.9 KiB, 6,836 hits)