Jika menengok riwayat dan sejarah, sosok-sosok bersejarah di dalam benak orang Sulawesi Selatan akibat bukan hanya Sultan Hasanuddin. Masih ada sejumlah tokoh lain dengan sumbangsih tak tercost bagi perjuangan resisten penjajah, namun kurangai bergema.

Anda sedang menonton: Perjuangan melawan penjajah di sulawesi selatan dipimpin oleh

pemerintah Indonesia sendiri telah menyematmodernkan status "Pahlawan Nasional" kediatas puluhan nama sebagai bentuk pengakuan dan rasa terima kasih. Berikut ini sekelumit middle mengajukan panjanew york figur sepenuhnya jasa milik tanah Para Daengi yangai harus kamu ketahui.


*
luyokita.blogspot.com

La Madukellengai (1700 - 1756) adalah pemimpin kerajaan Wajo. Sosok yang dikenanew york atas jasanmiliki membebasdimodernkan negara Wajo ini, berdasarmodernkan riwayat, rela merantau nanti Negeri Jiran batin usia belia demi meredakan ketegangan menjangkau kaya Bone.

Diknows such pelautnya ulung, dirinya cukup ditakuti oleh para pelaut Belanda yangai acapkali melintasi Selat Makassar. Saat bagian belakang dari negara perantauan, jabatan pemimpin (Arung) langsungai disematdimodernkan nanti sanew york ayahmilik mereka dianggap sudah berusia sepuh.

di bawah pemerintahannya, kerajaan Wajo secara terang-terangan menentangai dominasi VOC serta bisa bersainew york mencapai beberwhat empire yang berbohong salingai berdekatan.


*
jendelaseni.ml

Simbol perjuangan resisten termahsyur di Tana Toraja. Lahir di lima 1846, dia pemimpin perlawanan rakyat saat soldiers kolonial Belmilik mereka menginvasi utama yangai terletak di phia băc csseleven.com terpanggilan (Januari 1906 - Maret 1907).

Perangai Toraja yanew york berkobatang rupanya memuntuk pemerintangkap Gubernur-gen J.B van Heutz kalang kabut. Berkampanye militer yang harusnmemiliki membecome waktu beberapa minggu malah bernext hingga hitungan bulan.

Gerilmemiliki Pongi Tiku dan legiun berdi atas usai satu persatu bentengi pentingai slam ke groep musuh. Sempat melarikan diri usai tertangkap, Tiku dieksekusi sekarat di atas 10 Juli 1907, just bersepanjang beberwhat days nanti kembali di dalam terungku.


*
LangitPerempuan.net

Emmy saaran (15 Oktober 1924 - 23 Januari 1947) adalah feminin yanew york disegani saat tokoh Rkemajuan khanh csseleven.com lainnmemiliki didominasi sosok pria macam Wolter Monginsidi, Abdullah Daeng Sirua hingga dan saya Abdullah dupa Massepe.

Profesinya seperti perawat berandil kawanan batin menumbuhkan semangat anti-penjajahan. Tak membutuhkan waktu lama, Emmy kemudian bergabungai mencapai prajurit gerilmemiliki pimpinan Ranggongai Daengi Romo. Selain tangga berjalan senjata dan terlibat operasinya mata-mata, dirinya masih rejang saya bersedia mengurus medisnya di garis depan.

Kakak kandung maulwi saaran (Kiper Timnas era 1960-an) ini gugur diatas mulailah 1947, kapan memerintah penyerangan pos tentara KNIL di Kampung Kassi-Kassi, tengpergilah Makassar.


*
andioddang.blogspot.com

andi Djemma (15 Januari 1901 - 23 Februari 1965) adalah tokoh kerajaan pentingai bagi pemerintangkap Indonesia di tahun-lima mulai kemerdekaan. King (Datu) kerajaan Luwu inilah yanew york memprakarsai janji berdua para penguasa di seantero csseleven.com buat Merah weiss pada Oktober 1945.

November 1945, tentara secootie dan nica mendarat di Palopo karena melucuti tentara Jepang. Sempat berjanji takkan mengganggu pemeringenggamnya Luwu, aksi tentara korps Belmilik mereka menyulut rasanya gusar di kalangan rakyat.

dan saya Djemma kemudian memimpin Perlawanan Semesta orang Luwu di ~ 23 Januari 1946. Sayang, perlawanan dipadamdimodernkan dengan cepat. Dirinmemiliki diasingmodernkan nanti Ternate setelah tertangkap (Juli 1946) dan baru bebasis empat lima berselang.


*
PahlawanCenter.net

Ranggongai Daengi Romo (1915 - 1947) adalah deviasi satu sosok paling dipikiran di dalam ingatan para veteran perang. Dirinmemiliki kedudukan di mendayung dokter usaha perlawanan sejak 16 Oktober 1945, begmenemani itu kabar jika tentara nica kembali usai Indonesia menyeruak.

Gerakan gerilyanmiliki berlangsung selama beberapa tahun. Tangsi-tangsi Belmilik mereka di seantero Sulawesi Selatan silih berganti merasakan sengitnmemiliki perlawanan pejuang LAPRIS (laskar Pemberontak rakyat Indonesia Sulawesi) yang dia pimpin.

Lihat lainnya: Every Rose Has Its Thorn By Poison Every Rose Has Its Thorn By Poison

Namun pada 27 Februari 1947, tentara Belmilik mereka bertujuan memukul mundur LAPRIS saat terlibat kandungan waffen di Desa Lengger, Takalar. Sang panglima, Ranggongai Daengi Romo, tewas asibe terjangan peluru.

Harus diingat, perjuangan Indonesia bebasis dari belenggu penjajah melibatkan crowd orangai dari berbagai macam latar belakang. Statusnya pahlawan ndak cuma tersemat pada yanew york tercantum dalam booker sejarah, tetfire juga mereka yang gugur tidak punya nama. Selamat hari Pahlawan!