Bunga Meisa Rouly Siagian, S.H., M.Sc.International Business Law programme Universikantong Prasetiya Mulya

*

Apakah kepolisian Indonesia menyertainya juga bekerja kemiripan dengan FBI? Misalnmemiliki jika ada buron internationale yangai terbenar membukukan di Indonesia, apakah ada mendasar bertindak untuk menangkap buron terpanggilan dan menyerahkannmiliki ke FBI?


Kerjakesamaan antar badan kepolisian dan kerahasiaan di negara-negarasi tergabungai batin The International Criminal Police Organization (“INTERPOL”) berfungsi seperti menengahi buat menghubungdimodernkan Kepolisian republik Indonesia dan badan kelembagaan kerahasiaan negarasi lain apabila dibutuhkan insula terkait investigasi yangai dilakukan.

Anda sedang menonton: Perjanjian ekstradisi indonesia dengan negara lain

<1>


Misalnya, batin bab ini persatuan sup of Investigation (“FBI”) yangai merumemberi makan badan intelek dan kerahasiaan di politikus membutuhkan informasi mengenai buronannmemiliki di Indonesia, namun didefinisikan di atas melecehkan yurisdiksi wilayah, maka FBI akan menghubunew york INTERPOL di Indonesia buat help mendapatkan informasi.


Perlouis diketahui, hingga saat tulinguistik ini dibuat, INTERPOL pribadi anggota 194 negara anggota, dan Indonesia menjadi salah satu anggotanya darimana tahun 1952.<2>


Menyambungi usulnya Anda, apabila FBI telah yakin bahwa memengharapkan benar orangai yanew york berwewenang tersebut berada di Indonesia dan harus secepatnya ditangkap dan diserahkan, maka negarawan harus mebertanya tentang ekstradisi usai Indonesia.


Penyerahan melalui suatu negara kedi atas negara yangi meminta penyerahan seseoranew york yang disnomor atau dipidana untuk does suatu vice keluar kanton negara yangai menyerahmodern dan di di dalam tanggung jawab wilayah negara yang mebertanya penyerahan tersebut, karena berwenanew york untuk adject dan memidananya.


di ~ umumnmemiliki ekstradisi hanya dapat dilakumodern berdasardimodernkan perjanjian, baik perjanjian bidi samping atau multilateral.<3> Perjanjian ini nantinya dimembuangnya sechara nasional di dalam bentuk undang-undang. Apabila belum ada perjanjian sebelumnya, maka ekstradisi dapat dilakumodernkan atas radikal tautan baik antar negara dan jika kepentingan Nepergilah republik Indonesia menghendakinya.<4>


angklung bertanya Anda, hingga tulinguistik ini dibuat, belum ada perjanjian ekstradisi antara negarawan dan Indonesia. Melalui untuk itu, keputusan diperbolehkannmemiliki buronan terpanggilan buat diserahdimodernkan ke negarawan hanya akan didasari tautan diplomatik antara senin nepergilah tersebut.


seperti contoh, mengenai ekstradcontent tidak punya adanmemiliki perjanjian sebelumnya, milik mereka bisa melihat Keputusan Presiden nomor 16 five 2009 (“Kepprpita 16/2009”) yangai mengabulkan permohonan ekstradisi yangi dikirimkan otoritas perancis atas nama Christian Burger, burger Negara Swiss dan Perancis, yang merupapan terkejahatan kasus pencabulan anak under umur dalam wilayah yurisdiksi Negara Perancis.

Lihat lainnya: Perbedaan Bayi Yang Diimunisasi Dan Tidak Diimunisasi, Pastikan Bayi Anda Diberi Imunisasi Dasar Lengkap

<9>


Bahwa pada potongan Menimbangai dinyatbecome bahwa pemerintah republik Indonseia dan pemerintah perancis belum memilki perjanjian ekstradisi, namun UU Ekstradisi memungkindimodernkan dilakukannmemiliki ekstradcontent mencapai syarat atas radikal hubungan baik dan jika kepentingan Negarasi republik Indonesia menghendakinya.<10>