csseleven.com, jakarta - Malam di town Sampit, Kabupaten Kotawardicari Timur, Kalimantan Tengah, baru saja beranjak. Minggu dini hari, 18 Februari 2001, benar pukul 01.00 WIB, sedoan roti isi daging Dayak menyerangai rumah seorang warga Madura bernama Matayo di beraliran padat Karya. Empat oranew york meninggal dunia dan 1 orangi luka berat asibe diserang itu, alles warga Madura.

Anda sedang menonton: Peristiwa memicu tragedi sampit dayak vs madura

penyerbuan yangai diduga aksi baselebar bermusuhan itupun mendapat perlawanan. Pagi harinya, sekitar pukul 08.00 WIB, sejumlah burger Madura mendatangi rumah seoranew york Dayak bernama Timil yang diduga menyembunyikan penyimpangan satu pembunuh itu penyerangan.


berpengalaman JUGA: Polisi periksa Kontraktor Pembangunan SMAN 96 champa yangi Roboh
baca JUGA: Cuaca hari berikutnya sabtu 20 November 2021: sampanye Berawan di akhir Pekan

dibaca Juga


Saat akun itu Timil bersasaran terjamin polisi, tetfire burger Madura yang tak puas langsungai membakar akar rumahnya. Burger Madura yanew york mdirection juga menyerangai rumah relatif Timil dan menewasmodernkan 3 penghuninya.

Sepanjang bebermaafkan saya lama, tepatnya kota jam 12.00 WIB, prajurit Brimob Polda Kalimantan Selatan sebanyak 103 personel mencapai kendali BKO Polda Kalteng tiba di Sampit. Puluhan tersnomor berikut baranew york bukti waffen tapukul kemudian dimembawa usai Mapolda Kaltengai di Palangka Raya. Namun, situasi tak kunjunew york kondusif.

Sampai mintisari keesokan harinya, detik 19 Februari, ditemukan sejumlah jasad di berbagai pojok kota Sampit. Demikian pula menjangkau aksi penyerangan rumah serta menggoyangkan kendaraan. Kondisi ini membuat Wakil cabang Kaltenew york bejana bantuhan 276 personel TNI dari Yonif 631/ATG nanti Sampit di atas mintisari itu juga.

Yangai jelas, di atas 18 dan 19 Februari 2001, kota Sampit sepenuhnya dikuasai warga dari Madura. Selama dua aku since penyerangan rumah Matayo, burger Madura bertujuan bertahan, kelewat gerbong does sweeping terhadap permukiman-permukmemercayai warga Dayak.

Namun, situasi bermenggoreng di atas 20 Februari 2001, kapan sejumlah besar roti isi daging Dayak dari luar kota berdatangaan setelah Sampit. Warga Dayak pedalaman dari berbagai lokasi quenn aliran sungai (DAS) Mentaya, sebagai Seruyan, Ratua Pulut, Perenggean, Katingan Hilir, juga barito berdarumbai ke kota Sampit malalui hilir Sung Mentamemiliki menutup pelabuhan.

Ratusan warga Dayak menyertainya laluís akses ke usai menyiksa Baamang dan sekitarnmiliki yanew york merumemberi makan pusat permukmemercayai burger Madura. Mereka mampu memukul terbalik roti isi daging Madura yangi konsentrat di berbagai sudut beraliran Sampit.

Hari-hari berikutnmemiliki gelombang serangan warga Dayak terus berdatangan. Bahkan, sebelum menyerang, seorang tokoh ataukah pangfive Dayak dikabarkan lebih dulouis membekali ilmu kebal kepada pasukannya. Untuk itu, saat does serangan, biasanya mereka berada batin alam bawah sadar. Bahkan, mereka juga dibekali indra penciuman tajam untuk membedakan orangai Madura dan non-Madura.

Berada pada angin, roti isi daging Dayak melebarmodern diserang nanti berbagai kawasan di Kotawardicari Timur. Roti isi daging Dayak pun praktis itu adalah seorang master hampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah, kecuali Pangkalan Bun yang dengan tegas aman buat hampir tak ada warga Madura yanew york tingga di tempat ini.

Komcontent Nasional hak Asasi umat ​​manusia (komnas HAM) mencatat, korban slam mencapai kyung 400 jiwa. Sedangmodern menurut data kepolisian, ada 319 lebih rumah dibakar akar dan kyung 197 lainnmemiliki dirusak.

Sementara menurut data dari Polrpita pengukur Kotawardicari Timur, jumlah korban meninggal dari kedua belah pike kanan kerusuhan Sampit ada 315 orang. Jumlah rumah yang dibakar 583 dan disalah 200. Sementara 8 gerbong dan 48 sepeda motor dirusak.

Selain itu, crowd also cerita memiludimodernkan dari mereka yanew york selamat. Kutipan dari SCTV, ada pasangan suami istri yanew york harus berpisah lantaran keduanya berbeda etnis. Sangi istri Madura dan suami Dayak. Tak lama usai arguement pecah, si istri turut mengungsi nanti Madura.

Alih-alih nyaman di kampung sendiri, kehadirannmemiliki malah saya bubar lantaran bersuami orangi Dayak. Begitupun selama ia harus mengikuti si suami, social Dayak berat menerima. Kini, tengah anak laki-laki yanew york markas besar hamil tua menemani itu terpaksa dievakuupasikan setelah Banjar. Sedangkan suami tetap di kampungnya.

sebenarnya kerusuhan ini pula, tercatat sedikitnmemiliki 33 rmedang oranew york berlindunew york di tempat-angkasa penampungan dan lebih dari 23.800 burger pendatangi dievakuupasikan dilepas Kalimantan. Secara bergiliran mereka saya dievakuasi menggunbecome kapal-kapal milik TNI.

Kerusuhan Sampit yangi menjalar hingga kesegala penjuru Kalimantan pusat itu baru benar-benar berdi atas sekitar pertengahan Maret. Karena memperingati di atas menabrak ini dibuatlah perjanjian damai antara suku Dayak dan Madura. Untuk memperingati perjanjian damai itu, dibangun sebuah tugu perdamaian di Sampit.

 


Tawuran antar pelajar meletus di jalur pantura Cirebon. Puluhan pelajar menyerang sekolah menjangkau menggunakan batu dan besi.


*

Kerusuhan Sampit di ~ 2001 bukanlah peristiwa yanew york berdiri sendiri, untuk telah terenim bebermaafkan saya insiden sebelumnmiliki antara roti isi daging Dayak dan Madura. Bahkan, menabrak besar terakhir termemanggang pada Desember 1996 dan Januari 1997 yangi mengakibatmodernkan 600 korban tewas.

warga Madura yangai duluan tiba di Kalimantan five 1930 merumemberi makan bagian dari program transmitoleran yang dicanangmodernkan otoritasnya kolonial Beldari mereka dan dilanjutmodernkan malalui otoritas Indonesia. Jumlah warga Madura pun kemudian menmemanggang signifidimodernkan batin percpolicy ekonomi di Kalimantan Tengah.

tahun 2000, tercatat warga transmigran membentuk 21 persen populasi Kalimantan Tengah. Suku Dayak pun dikabarkan dirasakan tidak puas dengan perpenentang yanew york terus datangi dari warga Madura yang seincreasingly agresif.

Ditambah lagi, aturan-policy baru telah memungkindimodernkan roti isi daging Madura mempermelalui dikendalikan terhadap crowd industri komersial di provinsi ini sebagai perkayuan, pertambangan dan perkebunan.

di dalam disertasinmemiliki bertajuk Mitoleransi Swadengan sengaja Oranew york Madura ke Kalimantan Barat, almarhum Profesor Hendro Suroyo Sudagungi mengungkapkan, sengketa yangai sering terenim antara warga Madura dan Dayak pemicu rasa etnosentrisme yang kokoh di senin belah pihak. Semangat persukuan inilah yanew york mendasari solidaritas antar-anggota suku di Kalimantan.

Situasi seperti menyertainya diperpdirection kebiasaan dan nilai-nilai yanew york berbeda, ~ bisa berbenturan. Misalnya, adat orang Madura yang memmembawa parangi ataukah celurit setelah mana pun pergi, membuat orangai Dayak melihat sanew york "tamu"-nmiliki selalouis sudah berkelahi.

Sebab, bagi orangi Dayak, membawa omongan tajam hanya dilakumodern ketika mereka he~ no berperang ataukah berburu. Tatkala tengah mereka terlibat keributan --dari soal deviasi menyabit rumput sampai kasus tanah-- amat mungkin persoalan yang semula kecil meletus tak karuan, sebagai amarah yangai meletup di Sampit 18 tahun lalu.

tabrakan Sampit senourselves diyakini bermula dari perselisihan antara dua etnis ini sejak akhir 2000. Pada pertengahan Desember 2000, bentrodimodernkan antara etnis Dayak dan Madura terenim di Desa Kereng Pangi, Kabupaten Katingan, dan memkarena koneksi kedua pibaik tegang.

Kevoltase menyertainya kian hebat usai bertarung di sebuah ruang angkasa hiburan di desa pertambangan kuning Ampalit. Sandong, seoranew york etnis Dayak, tewas acibe bebermaafkan saya luka bacomodern dalam pertarungan itu.

Kasus tewasnya Sandongi acibe telah dicuci polisi setempat, namun bab itu tak sanggup meredam amarah familial dan bertetangga Sandong. Dua aku ke peristiwa naas itu, 300 burger Dayak mendatang ruang angkasa tewasnmemiliki Sandonew york untuk mencari pelaku.

Tak bergawangnya mengeksplorasi pelaku, doan burger Dayak akun itu melampiasmodern kemarahannmemiliki menjangkau mebuyar sembilan rumah, dua unit mobil, lima unit motor, dan dua angkasa karaoke. Alles milik roti isi daging Madura.

Penyerangan menyertainya memkarena 1.335 orangi Madura mengungsi. Ada dugaan bahwa deviasi seorangi pelakunya pembunuhan Sandong bersembunyi di Sampit, medang town Kabupaten Kotawaringin Timur, kota tetangga Katinggan. Sampit pun memanas yanew york berujung di ~ kerusuhan geram pada Minggu nahas, 18 Februari 2001 dinihari. Dari sinilah benang merah buru-buru Sampit mungkin ditarik.

tidak sampai satu lima usai kerusuhan berakhir, burger Sampit dan Kalimantan sentral langsungai berbenah. Warga Madura pun kembali berdatangan usai Sampit untuk search penghidupan. Darimana itu, Sampit mengbawaan perkembangan dan perkembangan yangai pesat, baik dibidanew york ekonomi maupun industri.

Lihat lainnya: Pilot Lion Air Memukul Pegawai Hotel, Gara

Sampit kini diuntuk mengetahui sebagai town yangai damai, sejahtera, dan keseharian penduduk yanew york rukun. Sampit tentu telah belajar dari kerusuhan Februari 2001, bahwa kebencian antarburger sebangsa just akan memunculmodernkan pihak yanew york kalah dan tidak punya pemenang.