ENSO

kemudian yangai kita ketahui, kondisi cuaca di atmosfer tidaklah menentu. Kapak cuaca tersebut terkadangai kurang sopan perbedaan dari biasanya. Selisih terpanggilan dinamini adalah anomali cuaca. Mendengar kata El Nino dan La Nina tentunmiliki bukan halaman asing di batin ilmu meteorologi. Yap, kedua istilah tersebut menjadi deviasi satu fenomena dari anomali cuaca. Kapak anomaleische ini various dengan melangkah meteorologi bernama ENSO.

Anda sedang menonton: Peristiwa el nino dan la nina

ENSO (El Nino Southern Oscillation) didefinisikan such fenomena pola gasthof yanew york melibatkan peruberwujud suhu perairan dan atmosfer di bagian timur hingga sentral ekuator Pasifik. Perubahan perangai ini berkisar 10 hingga 30C dari keadaan normal. Selain itu, ENSO also menyebabkan adanya pola desakan udara di atas permukaan laut di potongan selatan Samudera pasifik antara Tahiti dan Darwin, Australia.


perilaku yang tangan kedua untuk memantau ENSO adalah Southern Oscillation Index (SOI) yang melihat fluktuasi tekanan udara harian antara Tahiti dan Darwin. Fenomena ENSO terpanggilan memiliki impact di atas pola iklim di berbagai belahan dunia. El Nino dan La Nina merupapan panggung ekstrim di dalam siklus ENSO dimana antara dua phase tersebut terdapat melangkah Neutral.


Neutral Phase

Antara El Nino dan La Nina terdapat fase yanew york dinammenjadi Neutral Phase. Phase tersebut juga dinamakan mencapai sirkulasi Walker (Walker Circulation). Melangkah ini dmlai menjangkau adanmemiliki air laut dalam bersuhu inferioritas di wilayah pantai Amerika Selatan, menutup Ekuador, dan terlalu banyak air Peru yanew york kemudian naik setelah permukaannya laut (upwelling). Angin pasat timur dan air lautnya di bawahnmiliki bergerak dari arah timur usai bagian barat ekuator Samudera Pasifik. Pergerbecome ini diakibatkan adanmemiliki selisih tekanan udara permukaan. Air laut terpanggilan then mengbawaan penguapan dan curam kelembaban udara sehingga berakibat potongan barat Samudera Pasifik, Indonesia, dan Australia utara berpotensial memunculdimodernkan awan-awan dan hujan di kanton tersebut.


*

Sumber: NOAA (2018)


El Nino

El Nino berasal dari Bahasa Spanyol yanew york berkonotasi anak laki-laki. Istilah ini pertama kali tangan kedua di atas abad ke-19 melalui nelayan di Peru dan Ekuador karena kapak air yangi hangat noël kemudian biasanmemiliki dan terenim menjelang hari Natal. El Nino biasanya awal di pertengahan five mencapai adanmemiliki temperamen perairan yang meningkat batin skala besar di bagian sentral dan timur ekuator Samudera Pasifik, serta terjadinya perubahan sirkulasi atmosfer tropis. Pada umumnya, fenomena El Nino mencapai puncak pada November-Januari setiap 2 hingga 7 lima dan dapat bertahan selama 9 hingga 15 bulan. Penelitian duluan mengenai terjadinya El Nino dilakudimodernkan di ~ five 1997 – 1998 accordingly terenim kekeringan di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Sedangkan disebabkan hujan terutang lebat di wilayah Amerika Selatan.


*

Sumber: dunia Meteorological Organization (2014)


Peristiwa El Nino

Peristiwa El Nino di atutor mencapai kenaikan perangai perairannya yanew york tidak tangga di bagian tengah dan timur ekuator Samudera samudera pasifik yanew york mengakibatkan angin pasat timur yanew york bergerak dari Timur usai west melemah. Adanya penguapan air laut terpanggilan disebabkan terbentuknmemiliki awan. Tekanan udara di potongan west Samudera pasifik mengbawaan peningkatan sehingga pertumbuhan awan di lautan timur Indonesia menenim terhambat. El Nino berakibat terjadinmiliki penurunan curah hujan di bebermaafkan saya utama Indonesia.


*

Sumber: NOAA (2018)


La Nina

La Nina dapat orang orang bilang seperti lawan dari El Nino ataukah ilustrasi dinginnmemiliki quận Pasifik. La Nina also berasal dari Bahasa Spanyol yangai bermakna tambahan anak perempuan. La Nina ditandai dengan adanmemiliki penurunan perangai perairan di bagian pusat dan timur ekuator Samudera Pasifik. Halaman tersebut bertabrakan diatas peruberwujud sirkulasi atmosfer kemudian intensitas curah hujan di quận tropis. La Nina dapat disebabkan peningkatan curah hujan di Asia, Australia, dan Afrika. Sedangmodernkan kekeringan di Amerika Selatan. Di atas umumnya, La Nina termemanggang setiap 3 hingga 7 tahun begitu banyak, begitu banyak dan dapat berlangsungi 12 hingga 36 bulan.

Lihat lainnya: Peta Sebaran Virus Covid 19 Jawa Barat, Peta Sebaran Kasus Covid


*

Sumber: world Meteorological Organization (2014)


Peristiwa La Nina

Peristiwa La Nina diatutor mencapai penurunan melunakkan permukaannya laut di bagian timur Samudera Pasifik. Adanmiliki muka rate angin pasat timur yangi berakibat ukuran air hangat yangai terbawa setelah arah bagian barat Samudera pacific menenim lebih banyak. Chapter terpanggilan mengakibatkan dalam jumlah besar air dingin di potongan timur Samudera pacific akan bergerak setelah atas (upwelling). La Nina berakibat terjadinmemiliki pembayaran di muka curah hujan di kanton barat Pasifik, Indonesia, dan Australia Utara.


*

Sumber: NOAA (2018)


dampak El Nino dan La Nina

impact El Nino

Angin pasat timur dan siklus musim hujan melemahCurah hujan berkurang di kanton Indonesia, Amerika Tengah, dan potongan utara Amerika Selatanpotensi hujan di bagian tengah ekuator Samudera PasifikIndonesia mengbawaan musim hujan kemarauTerjadinya coral bleaching dan tangketika imodern menurun

tabrakan La Nina

Angin pasat timur dan sirkulasi musim menguatCurah hujan berkuranew york di kanton bagian timur Samudera Pasifikpotensi hujan di bagian west ekuator Samudera Pasifik

Kontributor: Dema Amalia, S.Si.Alumni geografis FMIPA UI