Jakarta - Pernahkah csseleven.comers memdibaca cerita lucu namun sebenarnya mengandung kritikan ataukah sindiran yang bermakna? cerita ini biasa dipanggilan teks anekdot.

Anda sedang menonton: Percakapan merupakan ciri ciri dari bentuk teks

Teks anekdot adalah essay cerita cilt yangi menarik, lucu, dan mengesanmodern buat isinya berupa kritiknya atau sindiran terhadap kebijakan, layanan publik, basi penguasa, atau suatu fenomena.


di dalam teks anekdot, harus diketahui bahwa isinmiliki noel just kematian lucu semata, melainkan ada amanat, pesan moral, atau suatu ungketika kebenaran.

Makna di dalam teks anekdot bertujuan dikkritik atau untuk mengolok-olok sesuatu, yangi dipermelalui dari realita sosial dari kehidupan sehari-hari. Chapter ini disampaikan oleh lelucon sehingga noël terkesan menghakimi atau menyudutmodern pibaik tertentu.

cerita yangai dikkuning dalam lelucon berisi kritimodern ataukah sindiran ini serinew york melibatkan tokoh-tokoh yang dikenal masyarakat. Biasanmiliki berbentuk laporan cilt yangi mengandungai tokoh, alur, dan latar.

Anekkonstan also sanggup berupa gambar atau ilustrasi. Bentuknya such komik di media cetak, atau meme di media elektronik.

Teks anekdot memiliki dua macam isi, yaakun itu content yangi tersurat dan content yanew york tersirat.

isi tersurat adalah isi atau makna yangai tertulis secara harfiah dan langsungi dapat harus baca di di dalam teks anekdot. Sedangmodernkan isi implisit adalah makna teks anekdipote yangi tidak dapat bermantel langsung, namun umumnmemiliki berhubungan dengan situasi dan kondisi masyarakat

bagaimana ciri-ciri teks anekdot?

cited dari Modul Anekdot Bahasa Indonesia terbitan Kemendikbud, berikut bebermaafkan saya ciri anekdot:

Bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisimodern cerita lucu ataukah bualan.Bersifat menggelitik, artinmiliki teks anekdijebloskan ini adalah memuntuk pembacanmemiliki dirasakan terhibur mencapai kelucuan di di dalam teks.memiliki hasil tertentuBersifat menyindir ataukah mengkritik. Bisa jadi mengenai orangi penting. Saga cerita yang dikarena hampir menyerupai dongeng. Terkadangai menceritmenjadi tentangi malu hewan menjangkau umat ​​manusia yangi terhubung secara umum dan realistis.

Lalu, maafkan saya sasaran teks anekdot dibuat?

Beberapa tujuan dijepit pembuatan anekkonstan diantaranya adalah karena stimulasi linge para pembaca, karena sarana penghibur, dan sebagai sarana pengkritik.

Lihat lainnya: Posisi Rambut Yang Benar Saat Tidur, Agar Uang & Waktu Anda Tidak Sia


structure teks anekdot

Sechara ringkas, ini struktur umum cerita anekdot:

Abstrak: meringkas isi tentang objek atau hal yang hebukan disindir ataukah dikritikOrientasi: peninjauan untuk memutuskan sikap (arah, tempat, dan sebagainya.) yangi benar dan benar. Laluís tale dilanjutmodernkan dengan pengenalan pembunuh itu dan peristiwa.Krisis: saat yangai tentukan di dalam cerita selama situasi menenim harm dan keputusan harus diambilReaksi: menjawab atau respopagi terhadap aksiKoda: potongan last kemudian penutup, yangai memuat penegasan terhadap bab yangai kritik ataukah disindir

Contoh teks anekdot

SBI: Seksebuah latihan Bertarib Internasional

Suatu ketika, di sebuah sekolah negeri "siapa tahu Di mana", seorang Bapak guru memberi kenal kedi ~ anak didiknya bahwa sekolah mereka menjadi bemusang status menenim seksebuah latihan SBI."Anak-anak, ada kabar gembira buat kita semua. Noël lama lainnya Seklatihan untuk kita menjadi menmemanggang seklatihan SBI (Seksebuah latihan Bertingkat Internasional). Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau meminta maafkan saya yanew york akan kita siapkan?," meminta sanew york guru. "Joni, maafkan saya yangai akan kamu lakukan untuk menyambut ini?" meminta guru terpanggilan lebih lanjut. Dengan sigap si Joni pun anck usulnya guru, "Belajar bahasa Inggris agar mampu berbicara bahasa Inggris, Pak", jawab Joni. "Bagus sekali. Kalau kamu, Jono?" tanya guru kedi ~ Jono. "Harus siapkan uang, Pak" Jawab Jono. "Lho kok uang?" tanya guru lebih lanjut."memiliki Pak. Soalnmemiliki kalau seksebuah latihan itupenggunaan statusnmiliki siap SBI, pasti bayarnya lebih mahal. Masa sih bayarnmemiliki kemiripan kayak seksebuah latihan biasa? Udah gitu, pasti pada saat kemudian diuntuk bertanya iuran karena ini itu", jernih Jono lebih lanjut."Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah untuk kita bertingkat internasional, artinmemiliki seklatihan kita menyertainya parity mencapai seklatihan luar negeri. Jadi, kita seperti seklatihan di luar negeri", sangi guru rejang penjelasannya. "Tfire Pak, kalau menurut saya, SBI menyertainya ~ no Seksebuah latihan Bertingkat Internasional, tapi Sekpraktek Bertarib Internasional", Jono also rejang penjelasannya.

di mana makna termasuk dari teks anekdot ini? Ada beberapa pesan yangai mungkin ditake seperti:

Sekpraktek yanew york bagus pasti bayarannmemiliki mahal. Seklatihan yang bagus dan bayarannya mahal, hanya bisa diakses oleh orang-oranew york berduit saja. Kawanan industrialisasi dan kapitalisasi di dalam bidang pendidikan, dan lain-lain.menaiknya memiliki membaca teks anekdot? Kira-kira, pesan maafkan saya lainnya yang mungkin csseleven.comers temukan? (pal/pal)