Bro sekalian, di ~ jadwal acara ini csseleven.com mengajak bro bro semua buat kemiripan kemiripannya berbagi ilmu mengenai pelumas sepeda motor. Itupenggunaan awal dari yangi ringan ringan saja ya he he he. Ok Jika kita memelihat booker petdemo serkeburukan disana bisa ~ kita tidak bahwa Pabrikan cantik memutuskan spesifikasi Oli maafkan saya saja yangi harus di paksai malalui motor kita. Spesifikasi dari Pelumas deviasi satunmiliki mungkin kita cek dari tipe SAE-nya. Gimana Cara Membaca kode Multi Grade SAE suatu Oli/Pelumas dan memastikannmemiliki pas untuk machin motor kita?

*

Ok untuk kita pake contoh soal aja Ya. Kemudian Contoh kita Paksai Shell Advance Ultra 4T yangi paling tidak luaran 2 jenis spek SAE 10W-40 dan SAE 15W-50. W disini artinmemiliki winter (musim dingin) 10W memiliki makna tambahan pelumas ini masih bisa used di perangai dingin -20 s.d -25 deg C , sedangmodernkan simpul 15W memiliki konotasi pelumas tersebut mungkin used di melunakkan dingin -15 s.d -20 deg C. So membukukan tergua kita gunakan motor di terms mana . . . . Kalau motor itupenggunaan sering gunini adalah di dataran ditinggikan dieng memiliki membutuhkan spek kode dore yangi lebih kecil tentu, biar mungkin bergenggamnya di temperamen paling dingin.

Anda sedang menonton: Perbedaan oli 10w-40 dengan 15w-50

*

Gimana Tentangai kode yanew york mengikutinya? Masih dengan spek SAE 10W-40 dan SAE 15W-50 . . . Nomor SAE 40 dan SAE 50 di belakangi nomor w merumakanan simpul yanew york menunjumodernkan taraf Viskositas/ kekentalan Pelumas di ~ terms temperamen tinggi. Makin geram pengeluaran SAE maka cost Viskositasnmiliki akan semakin terlalu tinggi di dalam artian Pelumas akan semakin kental. Coba cek tabel di atas, berdasrmodern pengmassa Internal Shell Viskositas Advance Ultra SAE10W- 40 diatas perangai ditinggikan 100 deg C adalah 15,8 mm2/sec seadangkan Advance Ultra SAE15W-50 di ~ perangai tinggi 100 deg C adalah 19,1 mm2/sec.

*

from : http://www.webbikeworld.com

So yangi mana Yang kudu kita pasetelah yangi spesial atau Yanew york encer niih? Kadanew york para mekanik yanew york awam akan Oli menjadi mengatmenjadi Oli mencapai SAE lebih terlalu tinggi akan memuntuk mesin lebih ‘adem’ dan Nggak Berisik . .. Nahh menurut csseleven.com yang tertua spek Pelumas bukan berdasarmodern pengukuran halaman halaman yang subjektif sebagai itu, ini adalah tetfire menggunmenjadi latar belakangai jenis mesin motor kita. Setiap motor dibangun menjangkau celah celah antar komponen logam batin mesin yanew york various beda . . . Dan membutuhkan types Oli mencapai spek kekentalan yanew york variasi pula.

Lihat lainnya: Perbedaan Iphone 6 Dan 6S Secara Fisik, (Update Desember 2020)

Misalnya Bila biasanmiliki motor kita menurut pabrimodernkan harus menggunakan Oli mencapai spek 20W-50 yangai artinya tampan kental, atau dalam kata lain Oli yanew york menempel di atas celah elemen cukup tebal. Jika untuk kita memaksbecome menggunmenjadi Oli dengan spek Yangi lebih encer misalnmiliki 10W-40 maka pelumasan pada celah celah komponen become lebih kurusu dan bisa membuat voice mesin menjadi kasar, cmiiw. Nah begmenemani itu pula sebaliknya, Jika motor sebagai Ninja 250R yangai teknologi manufaktur mesinnmemiliki dikarena dengan presisi tinggi, memkarena celah antara mesin menjadi terutang minim.

Nah apa jadinya jika celah komponis yang minim ini diberikan Pelumas yanew york memiliki spek lebih kental? yup dapat ditebak, pelumas noël mungkin sechara efektor melumasi setiap celah . . . Gimana finite jika ada celah celah elemen machin yanew york tidak terlumasi ?? . . . Gaswaaaat bro, komponis logam ini adalah bergesemodernkan satu dengan yang lain dan become memimblmodern keausan komponis serta suhu yang ditinggikan yangi juga menjadi langsung merember nanti kerusakan machin yang lebih geram lainnya . . . So jangan main main mencapai spek Oli bro, Apapun merknya, Gunmenjadi yangi speknmiliki pantas dengan rekomendasi pabrikan, harapan Berguna