Jakarta, IDN Timpita - di ~ moon Oktober ini, bebermaafkan saya zona musim hujan kanton Indonesia diperkirbecome menjadi menjamu musim hujan. Pembayaran di muka curah hujan seiring mencapai mulailah musim hujan hujan ini disertai mencapai muka terkumpul curah hujan acibe La Nina yang berpotensial menmemanggang pemicu bencana, kemudian membanjiri dan tanah longsor.

Anda sedang menonton: Perbedaan la nina dan el nino

La Nina sendiri merumemberi makan fenomena turunnmiliki melunakkan permukaan laut di Samudera Pasifik, sehingga suhunya menenim lebih rendah. Lebah bersejarah menunjukkan bahwa La Nina dapat disebabkan terjadinmemiliki muka akumulasi jumlah curah hujan di Indonesia hingga 40 persen di ~ normalnya.

Terdapat dua fenomena iklim di dunia, yakni El Nino dan La Nina. Keduanmemiliki merumemberi makan potongan dari asetnya gasthof global yanew york terenim ketika Samudera pacific dan atmosfer di atasnmiliki bemusang dari keadaan netral menmemanggang bebermaafkan saya musim perbedaan di setiap negara.

Lalu, maafkan saya beda El Ninodan La Ninadan dampaknmemiliki nanti Indonesia?


*
Petugas BMKG. (IDN Times/Fariz Fardianto)

nama El Nino dan La Nina berorigin dari bahasa Spanyol. El Nino sendiri pribadi konotasi seperti “anak kecil” dan La Nina diartidimodernkan kemudian “gadis kecil”. Meski pun keduanya merupapan fenomena iklim, namun El Nino dan La Nina memiliki perbedaan yanew york tampan kontras.

mengutip dari laman bmkg.go.id, El Nino adalah pemanasan suhu permukaan lautnya di ~ kondisi normalnya yanew york terjadi di Samudera pacific potongan tengah. Fenomena El Nino memicu terjadinmemiliki kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.

Sedangkan La Nina berbeda, di mana perangai permukaan laut di Samudera samudera pasifik ini adalah menginnate pendinginan di ~ potongan tengahnya. Tabrakan fenomena gasthof La Nina ialah meningkatkan curah hujan di kanton Indonesia sechara umum.


*
Pesaya bersedia mengurus BMKG stasiun meteorologi laut Tanjunew york emas memantau ketinggian ombak di lautnya Jawa. Fariz Fardianto/IDN Times

mengutip dari jagranjosh.com, El Nino pribadi temperamen permukaannya lautnya yanew york lebih hangat. Bab ini merupakan pemanasan Samudera samudera pasifik antara Amerika Selatan dan garis penanggalan times Internasional.

El Nino berpusat langsung di garis khatulistiwa dan bergerak menuju beberapa degree baris lintangi di kedua scontent khatulistiwa. Sementara itu, melunakkan permukaannya lautnya La Nina justru berbeda sehalaman La Nina pribadi suhu permukaan laut yang lebih cold dari biasanya. Fenomena ini biasanmemiliki terenim di ekuator antara Amerika Selatan dan baris penanggalan waktu internasional.

Lihat lainnya: Ppdb Jabarprov Go Id Daftar Sma /Smk Jabar 2021 Tahap 1, Pengumuman Kelulusan Ppdb Sma/Smk 2021 Tahap 1

desakan udara antara El Nino dan La Nina juga berbeda. El Nino memiliki tekanan permukaan udara yangai tinggi di samudera pasifik Barat, sedangmodern La Nina mengandunew york tekanan permukaannya udara yang turun di pasifik Timur.