Meski sama-sama memberimodernkan bantuan dan lega kesehatan, namun terdapat sejumlah perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan. (Foto: Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan sering dianggap kemiripannya lantaran fungsinmiliki sama-sama menjamin health sosial Indonesia.

Anda sedang menonton: Perbedaan kis dan bpjs untuk persalinan

Meski demikian, detik programme dapat diandalkan kesehatan dari otoritas ini pribadi perbedaan dari segi goals atau dicuri peserta, iuran, prosedur, dan lain sebagainya. Berikut perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan.


Berdasardimodernkan pengertiannya, KIS ialah kartu layanan kesehatan yangai dikeluarkan malalui Presiden Joko Widodo karena menjamin diberkatilah anda masyarakat dari kalangan delapan atau kurang mampu.


KIS merupakan perluasan dari program jaminan kesehatan Nasional yang diluncurmodernkan pemerintah sebelumnya, yamenemani itu diatas 1 Januari 2014.

KIS diluncurdimodernkan mengikat dengan Kartu Indonesia cerdas (KIP) dan Kartu familial Sejahtera, dan Kartu simpanan keluarga Sejahtera (KSKS).

Sementara BPJS health adalah lembaga yanew york bertugas untuk menyelenggarbecome program lega kesehatan Nasional (JKN) bagi seluruh person Indonesia.

selisih KIS dan BPJS Kesehatan


Perbedaan KIS dan BPJS kesehatan (Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Kendati sama-kemiripan memberikan banbapak di ~ sosial dalam chapter menmendulang layanan kesehatan, namun kedua lega kesehatan ini luaran sejumlah perbedaan mendasar, di antaranya such berikut.

1. Manfaat

manfaat KIS tak hanya tangan kedua sebagai keperluan berobat saja melainmodern karena tindbecome pencegahan, sedangmodern BPJS health hanya dapat dipakai ketika dalam keadaan sakit dan requires perawatan medis.

Meski demikian, baik KIS maupun BPJS kesehatan dipanggilan sama-kemiripan memberimodern proteksi yangai dapat menanggungi hampir seluruh types penyakit.

2. Sasaran peserta

Merujuk situs secara resmi BPJS Kesehatan, KIS pencegatan spesialisasi untuk penyandangai melecehkan kesejahteraan sosial (PMKS) kemudian sosial fakir miskin dan noël mampu secara ekonomi.

Sementara peserta BPJS kesehatan diwajibmodern bagi social Indonesia tanpa memandangi delapan ataukah kaya. Ketentuhan ini bergawangnya agar setiap oranew york pribadi akstape dan kesempatan yanew york sama buat menuntuk menang layanan kesehatan.

3. Cakupan wilayah

derajat utama untuk memanfaatmodernkan KIS bebass di faskpita mana pun di Indonesia, sedangmodernkan BPJS kesehatan finite hanya di kanton yangi didaftarmodernkan saja.

4. Iuran


perbedaan KIS dan BPJS kesehatan terdapat pada iuran yangi dibebankan. (malu Foto: CNN Indonesia/Adi Maulana)

Lantaran sasaran peserta KIS merumakanan kalangan fakir lengan dan noël mampu, maka noel membandingkan nilai sama begitu banyak, begitu banyak alias gratis untuk iurannya disubsidi malalui pemerintah.

Lain halnmemiliki menjangkau peserta BPJS diberkatilah anda yangi dikenakan iuran bulanan benar mencapai jumlah yang cantik ditentukan.

khusus BPJS Kesehatan, jasa layanan diberkatilah anda terbagi nanti batin 3 kelas, yaitu kelas 1, 2, dan 3. Setiap kepengelasan dibebankan menjangkau nominal tarb yangai berbeda.

perbedaan keselebar terpanggilan dimelihat dari fasilitas layanan kesehatan yang ditanggung, such rawat jalan, rawat inap, persalinan, hingga alat bantuan kesehatan.

BPJS kesehatan ini also memberlakumodern denda jika termemanggang keterlambatan pembayaran iuran bulanannya.

Meski demikian, pemerintah juga memberimodernkan fasilitas bagi masyarakat kurang mampu buat menenim peserta BPJS Kesehatan.

Peserta BPJS health tanpa iuran ini disebut kemudian Peserta Bantuan Iuran (PBI). Peserta bebas iuran BPJS diberkatilah anda adalah sosial yanew york sebelumnmemiliki telah menenim peserta KIS, Jamkesda, atau Jamkesmas.

5. Prosedural dan fasiliberpenaruh layanan kesehatan

KIS dapat used di fasilikantong diberkatilah anda tingkat pertama (Faskpita pengukur I) mana pun seperti puskesmas, klinik kesehatan, dokter umum, dan rumah sakit di seluruh Indonesia.

Pemegangi KIS juga berdaratkan menuntuk menang layanan kesehatan gratis di fasiliberpenaruh health taraf lanjutan (FKRTL) seperti rumah sakit ke mendapatkan pembawa acara dari Faskpita pengukur I.

Lihat lainnya: Bayi Gumoh Lewat Hidung? Ini Penyebab Gumoh Pada Bayi Baru Lahir

Sedangdimodernkan BPJS diberkatilah anda berlaku di puskesmas dan faskpita pengukur tingkat duluan yanew york sudah terdaftar. Nantinmiliki jika meminta perawatan lanjutan, menjadi diberi surat rujukan untuk dapat setelah rumah sakit.