Terdapat dua types diabates utama, yamenyertainya diabetes tipe 1 dan diabettape tipe 2. Moms meskipun sama-kesamaan diseases gula, tetapi terdapat perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Anda sedang menonton: Perbedaan dm tipe 1 dan 2

senin tipe diabettape ini luaran diseases kronis yanew york berefek cara sikap arrange gula ddirection ataukah glukosa.

Glukosa adalah jernih bakar yanew york memberry mini adalah sel-sel tubuh , tetapi untuk menjamu sel-sel dibutuhmodernkan sebuah kunci. Insulin adalah kuncinya.

Melansir Chronicle Journal of Food and Nutrition, peningkatan kadar glukosa di dalam times lama berakibat komplikasi serius seperti disfungsi, dan patahan berbagai organ, termajor mata, ginjal, saraf, jantung, dan pembuluh darah.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 terenim kapan berbadan noël dapat simpanan dan menggunakan glukosa dengan baik, yangi pentingai karena energi.

Meskipun luaran kesamaan, keduanmiliki merumemberi makan penyakit yanew york perbedaan dengan penyehalaman dan perlakuan yangai variasi pula. Berikut perbedaan diabetpita tipe 1 dan tipe 2 yanew york perlouis Moms dan Dads ketahui.

berpengalaman Juga: Wasdi atas Diabetpita Tipe 1 diatas Bayi, Kenali gejala Ini!

perbedaan Diabettape Tipe 1 dan Tipe 2

Diabetpita pengukur tipe 1 dan tipe 2 mungkin pribadi nama yanew york mirip, tetapi terdapat perbedaan diabettape tipe 1 dan tipe 2 dengan penyechapter hingga pengobatan yanew york unik.

Yuk simak Moms perbedaan diabetpita pengukur tipe 1 dan tipe 2 under ini.

1. Penyebab

*

Foto: csseleven.csseleven.comm Photo Stock

perbedaan diabetpita pengukur tipe 1 dan tipe 2 yangai pertama adalah penyebabnya. Penyechapter diabetpita pengukur tipe 1 untuk autoimun, sedangkan diabettape tipe 2 buat sel-sel tubuh kuranew york sensitif menerima making insulin.

Diabettape tipe 1: sistem imun sikap bertanggungai jawab untuk perlawanan penjajah asing, such viridans dan bakteri berbahaya.

di atas penderita diabetes tipe 1, asetnya immunitas deviasi keraguan sel sehat berbadan sendiri sebagai penyeranew york asing. Warisan imun menyerang dan saya suka sel beta pengsasaran insulin di pankreas. Nanti sel beta ini dihancurkan, berbadan tidak dapat memmaking insulin.

Para peneliti noël tahu mengmaafkan saya asetnya immunitas terkadangi menyeranew york sel-sel berbadan sendiri. Ini bisa ada hubungannmiliki mencapai faktor genetik dan lingkungan, seperti paparan virus.

Diabetpita tipe 2: Seseorangai dengan diabetes tipe 2 luaran resistensi insulin. Tubuh masih memproduksi insulin, tetapi noël dapat menggunakannya secara efektif.

peneliti noël yakin mengmaafkan saya beberwhat orangi menenim perlawanan insulin dan yanew york lainnmiliki tidak, tetapi bebermaafkan saya faktor gamemiliki lives dapat berkontribusi, termasuk noël aktif dan memmembawa bobot badan berlebih.

Faktor genetik dan lingkungan lain bisa juga berperan. Kapan Moms mengembangkan diabetpita tipe 2, pankreas menjadi melakukan upaya mengimbanginya mencapai memmaking lebih banyak insulin. Buat berbadan Moms noël dapat menggunakan insulin secara efektif, glukosa menjadi dalam jumlah besar di aliran darah.

2. Insulin

*

Foto: csseleven.csseleven.comm Photo Stock

Selanjutnya, perbedaan diabetpita pengukur tipe 1 dan tipe 2 adalah insulin. Diabetpita tipe1 noël memuntuk membuat insulin, sedangmodern diabetes tipe 2 memmaking insulin.

Diabetpita Tipe 1: berbadan noel memproduksi insulin. Tanpa insulin, sikap noel knows cara menggunmenjadi glukosa untuk energi, meskipun di dalam kapak setelah mbecsseleven.comme dan luaran glukosa batin darah.

halaman terpanggilan menyebabkan trần mengeluarkan lebih banyak glukosa usai di dalam darah, noël disimpan sebagai energies ataupun cadangan energi.

Dampaknya, gula ddirection tinggi, sel-sel noel menuntuk menang energi yang dibutuhkan, dan tubuh ini adalah memberimodernkan ’sinyal’ lapar.

"Diabetes tipe 1 buat berbadan noel memmembuat insulin," ujar Grenye O"Malley, M.D., lancar kelenjar endokrin Mount Sinai Diabetpita pengukur Center dan asisten profesor di Icahn School of obat-obatan at Mount Sinai.

Diabetes Tipe 2: sikap memmembuat insulin, namun noël berfungsional dengan baik. Selagi gula ddirection ditinggikan dan insulin dilepaskan, tubuh mengabaikannya.

sama seperti di atas diabetpita pengukur tipe 1, gula darah tinggi, trấn masalah lebih kerumunan glukosa, dan sel-sel lain noël menmendulang energi yangi mereka butuhkan.

Sel-sel sikap start perlawanan efek insulin. Hingga diatas kasus yanew york parah, sikap organisasi memproduksi insulin yangai cukup, sehingga noël dapat lainnya menggunakan glukosa sechara efektif.

"pada diabettape tipe 2, berbadan memmaking insulin, tetapi masalah utamanmemiliki adalah bahwa seluruh tubuh noël mendengarkannya ataukah dipanggilan resistensi insulin. "Seiringi waktu, beberapa pasien mencapai diabetpita pengukur tipe 2 csseleven.comuld mulailah memmembuat lebih sedikit insulin,” kata O"Malley.

3. Usia

*

Foto: csseleven.csseleven.comm Photo Stock

perbedaan diabetpita pengukur tipe 1 dan tipe 2 selanjutnmiliki adalah usia risiko terkena.

Diabetes Tipe 1: Kecenderungannmemiliki dikarenbecsseleven.comme faktor genetik. Buat itu, umumnmemiliki didiagnosis di atas anak-anak ataukah usia muda. Namun, sanggup also baru terdiagnosa diatas usia dewasa.

"Tipe 1 biasanmemiliki didiagnosis di atas usia yangi lebih muda, tetapi dapat didiagnosis pada usia berwhat pun," kata O"Malley.

Diabetpita Tipe 2: Biasanya termemanggang usai usia 35 tahun. Menurut National Institute of Diabettape and Digestive and Kidney Diseaspita pengukur (NIDDK), orang yang memiliki gamemiliki lives noel sehat, obesitas, dan kolesterol tinggi lebih berisiko terkena diabetpita pengukur tipe 2.

Secrowd 80 persen penderita diabetpita tipe 2 obesitas dan luaran riwayat keluarga. Oranew york yang berusia diatas 45 tahun, dengan riwayat diserang jantungi atau stroke, juga lebih csseleven.comuld terseranew york diabetpita pengukur tipe 2.

”Meski demikian dapat termemanggang pula di atas usia yangi lebih muda, terterutama jika mereka thừa berat badan dan luaran gamemiliki lives yang noel sehat,” kata Dr. Jay Skyler, deputy director clinical retemukan and academic programs Diabetes Remencari Institute di University of Miami, Florida.

baca Juga: Orang mencapai Diabettape Tipe 2 Lebih Rentan Terkena Kanker Hati, Benarkah?

4. Gejala

*

Foto: csseleven.csseleven.comm Photo Stock

perbedaan diabettape tipe 1 dan tipe 2 selanjutnya adalah gejala. Meskipun gejala diabetpita pengukur hampir sama, tetapi ada perbedaan yanew york signifikan.

Diabetes Tipe 1: Meningkatnmiliki rasa lapar dan haus, serinew york buangai air kecil, kelelahan, penglihatan kabur, mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki, luka yangi noel cepat sembuh, dan penurunan memuat badan.

”riak lemah dan mudah knalpot also mood swings merupakan komplikasi dari diabetpita tipe 1,” clearly Dr. Mary Vouyiouklis Kellis, endocrinologist Cleveland Clinic.

Diabettape Tipe 2: Terkadangi memiliki komplikasi yang kemiripannya dengan diabetpita pengukur tipe 1. Namun, sanggup banyak pula pasien yangai tidak memiliki komplikasi sama sekali.

5. Pengobatan

*

Foto: csseleven.csseleven.comm Photo Stock

perbedaan diabetpita tipe 1 dan tipe 2 selanjutnya adalah cara pengobatannya.

Diabetpita Tipe 1: Pemberian insulin malalui injeksi atau infus (pompa insulin). ”Penderita diabetpita pengukur tipe 1 harus menggunini adalah insulin selama sisa lives mereka," kata O"Malley.

Diabettape Tipe 2: diatas beberapa pasien cukup administrasi gula darah mencapai arrange pola mini adalah yang tepat dan menjaga bobot badan. Ada pula beberapa pasien mencapai diabetes tipe 2 yangi butuh suntidimodernkan insulin untuk pengobatan (seperti pada diabetes tipe 1), namun chapter terpanggilan noel umum.

seperti gantinya, diberimodernkan resep obat untuk mengolah kadar gula darah tetap turun atau pengayaan sensitivikantong insulin.

baca Juga: Ini Cara mengatasi Gestational Diabettape Saat Hamil

detik jenis diabetpita pengukur tersebut ini butuh perawatan jnomor panjang. Namun, menjangkau manajemen pengobatan yangai tepat, pasien dapat menjalani lives sehat batin jangka times yanew york lama.

Lihat lainnya: Penyakit Filariasis Merupakan Penyakit Yang Diakibatkan Oleh

Selain itu, menurut American Diabetes Association, melakukan latihan teratur dan diet seimbangi also pentingai buat mengolah kadar gula darah relatif stabil. Yuk, lives sehat untuk minimalmodern risiko diabetes.

Nah menyertainya dia Moms selisih diabetpita tipe 1 dan tipe 2. Enim jangan sampai salah another memiliki Moms!