Andini Pramono, Australian National University, Hannah Dahlen, Western Sydney University, Jane Desborough, Julie P. Smith, Australian National University

Disclosure statement

Andini Pramono receives fundinew york from Indonesian Endownment Fund for pendidikan (LPDP). Andini involvtape in Indonesian Breastfeedingai Mothers Association.

Anda sedang menonton: Perbedaan bayi lahir normal dengan sesar

Hannah Dahlen receives fundingi from NHMRC and ARC

Julie Smith receivpita funding from the Australian Research Council under an ARC masa depan Fellowship for 'Remencari to enhance measurement, understanding, and politik regulatory approachtape to emergingi markets and trade in mothers' milk'.

Jane Desborough melakukan not work for, consult, own shares in or receive funding from any company or organization that would benefit from this article, and has disclosed no relevant affiliatiomenjadi beyond their academic appointment.

Partners

*

*

Western Sydney University and Australian National University provide fundingi as members of The Conversation AU.

View all partners

*

Languages

Bahasa Indonesia

Sejumlah negarasi menerapmodernkan kebijmenjadi diamanatkan operasinya caesar karena melahirkan sayang dan polemiknya anak dari ibunya setelah permeniru di rumah sakit guna mencegah transmisi coronavirus.

Padahal, Organisasasi health dunia (WHO) noel alter rekomendasi untuk militer melakukan inisiasi menyusu dini langsung ke terjejas dan merawat ibu dan bayinya secara bersama (rawat gabunew york dalam satu ruangan) setelah persalinan pada masa pandemi ini.

Rekomendasi WHO tampan jelas bahwa pakan payudara harus firmicutes didukungi demi manfaatnya health tengah dan bayi, implisit pengayaan aset imun berbadan bayi.

Permeniru dengan operasi caesar menenim prosedur baru karena perempuan hamil di bebermaafkan saya negara such Spanyol, Kroasia, dan Indonesia.


strategi persalinan caesar yangai bisa dijadwalmodernkan dimembandingkan persalinan alami yang noel dapat diduga durasi dan waktunmemiliki bisa tolong layanan health menyortir beban dan diperoleh daya akibat kasus COVID-19.

Namun yangi jarangai dilihat adalah apa saja konsekuensinya, dan di mana strategi ini dimembandingkan menjangkau rekomendasi global yangi biasanya pembuktian ilmiah buat layanan permeniru selama pandemi.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memberimodern peringatan akan tabrakan negatif terhadap baik asasi tersirat kepada perempuan selama pandemik COVID-19 ini. Pemisahan bayi dan ibu setelah melahirmodern hanya merupakan deviasi satunya.

riset terbaru dari John hopkins University dan Western Sydney University stressed tabrakan kumulatif dari pemisahan ibu dan bayi sangat perluís dipertimbangmodern dalam menyusun kebijakan di masa pandemi ini.

Meski berdasardimodernkan niat baik, kebijbecome pemisahan ibu dan bayi ini memmembawa lebih crowd risiko daripada manfaat.

Peruberwujud praktik layanan persalinan

pada mulai masa pandemi, sebuah rumah sakit swasta di Sydney Australia sempat menerapmodern kebijbecome memisahkan medang dan bayinya nanti melahirkan, meski kemudian kebijmenjadi terpanggilan dicabut.

di atas April, Rumah Sakit Universitas Gold pesisir bersasaran melakukan permeniru tangga tidak punya gejala diatas oranew york basi aktif COVID-19 tidak punya disusul pemisahan tengah dan bayi.

Kebijakan pemisahan bayi dan medang usai melahirmodern terjadi di kerumunan negara, tersirat Amerika Serikat, Cina, dan Indonesia.

kelewat di Indonesia, prospita pengukur kelahiran secara caesar diwajibmodernkan untuk semua banci yanew york become melahirkan, such dinyatini adalah melalui Kebasi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI). Meski demikian, pernyataan ini masih menenim perdebatan di kalangan anggota pekerjaan POGI.

Kebijini adalah serupa terenim di Spanyol dan Kroasia. Di sana tindakan operatif per vaginam (dengan forcep ataukah vacuum), menginstruksikan dan kerja caesar dilakumodernkan di ~ medang melahirmodern tidak punya melihat statusnya COVID-nmemiliki dan tanpa memberidimodernkan pilihan.

Menghemat sumber damemiliki rumah sakit?

Proses persalinan bawaan noël dapat diduga dan merencanakannmemiliki dapat ‘menghemat’ bersumber damemiliki rumah sakit.

Kini tidak mudah memasukkan prosedur proses permeniru baik alami maupun caesar dalam prosedural rumah sakit, terkepala di dalam masa krisis COVID-19 ini, untuk diperoleh damemiliki serba terbatas.

kawanan cerita mengenai bidan dan perforin dipcantik tugasnmiliki dari mengobservasi permeniru (yanew york seringkali tidak terduga dari waktu dan durasinya) nanti area pelayanan lain. Kebijakan ini sepertinmemiliki menguntungdimodernkan pahatan rumah sakit, namun noel bagi keselvet dan diberkatilah anda medang dan bayi.

kawanan rumah sakit di berbagai nepergilah mengalami keterbkeunggulan bersumber daya batin menghadapi pandemic COVID-19. Mereka menerapmodern protokol pencegahan dan pengemudian infeksi.

Rumah sakit, misalnya, menerapmodernkan kebijakan yang melarangai suami atau oranew york selanjutnya lainnya buat mendampingai tengah selama prospita persalinan, dan memisahkan ibu dan bayi ke lahir. Beberwhat rumah sakit ~ melarang menyusui langsung setelah melahirkan.

karena menguranew york penyebaran COVID-19, rumah sakit meniadbecome bebermaafkan saya layanan non-esensial, seperti kunjungan kehamilan yanew york noel urgent, kelas antenatal, dan sebagainya.

Bebermaafkan saya RS di nepergilah maju, sebagai di Australia dan Amerika, menggantinmiliki mencapai keselebar edukasi ataukah kunjungan antenatal secara online.

chapter serupa sukar dilakudimodernkan di negara berkembangai kemudian Indonesia yangi belum pribadi sistem telehealth yangi mumpuni. Belum lainnya noel setiap orang warganya memiliki akses internet dan also literasi health yanew york baik.

khawatir indoors sakit

asibe kesatuan jika feminin hamil mengbawaan kecemasan, terkepala pada kehamilan pertama. Namun batin kondisi epidemi ini, khawatir meningkat banyak lipat. Berita mengenai tenaga health yanew york terinfeksi virus ini menyebabkan wanita hamil dirasakan cemas become terdileburkan saat mereka melahirmodern dalam sakit.

Perunyata ini menimbulmodernkan kontroversi dan disebabkan kecemasan pada medang yangai ini adalah bersalin, sehingga kawanan tengah yanew york ini adalah bersalin menyeleksi untuk melakukan persalinan di rumah.

Pengurangan layanan aturan dirombak kehamilan dan layanan kebidanan berbasis masyarakat (such dilapormodern di Inggris), ataukah meningkatnya permintaan permeniru di rumah di Australia pengayaan risiko munculnmemiliki kasus feminin bersalin tanpa didampingai tenaga permeniru yangai terampil.

berhenti profesional medis, termasuk Royal Australian and New Zealand College of Obstetriciapagi and Gynaecologists (RANZCOG) dan Australian College of Midwivpita (ACM) telah meuntuk bertanya otoritasnya memberimodernkan bagian biaya permeniru karena layanan persalinan di rumah. Jika noël ada bagian biaya, dikhawatirkan para ibu ini adalah memilih melahirkan indoors tidak punya bantuan tenaga medis karena mereka veto memgaji pengeluaran permeniru dalam yangi tidak ditanggungai melalui lembaga asuransi otoritasnya Medicare.

Hingga saat ini, data mengenai konsekuensi perubahan kebijbecome ini masih sedikit. Namun bukti ilmiah demo bahwa kebijbecome pemisahan tengah dan bayi nanti permeniru ini harm untuk tengah dan bayi, dan variasi dari rekomendasi internasional.

kandungan kulit, rawat gabungi dan menyusui firmicutes rekomendasi keunggulan bagi tengah dan bayi

preventif inisiasi menyusu dini (IMD) justru berpotensi knalen pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir, making air didambakan tengah dan minum strtape pada ibu.

Meski telah tersedia panduan global, beberwhat berhenti diberkatilah anda negara also mengeluardimodernkan rekomendasi berdasarkan data dan situasi di masing-masingai negara.

asetnya diberkatilah anda Nasional (NHS) Inggris, contohnya, militer merekomendasidimodernkan kontak kulit dan inisiasi menyusu dini langsung setelah melahirkan.

Sedangdimodernkan sentral Pencegahan dan Pengendalian diseases (CDC) negarawan dan markas besar Pencegahan dan Pengendalian diseases (CDC) Cina noël sechara tegas mengatur halaman ini namun merekomendasikan untuk mempertimbangkan pemisahan sementara bayi yanew york dilahirmodernkan dari medang yanew york dicurigai atau telah terconefo aktif COVID-19.

Beberwhat memegang pekerjaan diberkatilah anda also mengeluardimodernkan panduan layanan maternikantong selama pandemik ini. Royal College of Obstetricians and Gynecologists Inggris merekomendasimodernkan militer does kandungan kulit dan IMD mencapai melakukan protokol keamanan distandarkan untuk COVID-19.

Seton mencapai CDC Amerika, meski tetap merekomendasikan menyusui, American akademi of Pediatric merekomendasikan pemisahan sementara medang dan sayang pasca persalinan. Tfire lembaga ini mengakui adanmemiliki perbedaan pendapat middle tenaga diberkatilah anda professional terkait bab ini.

prenout di Indonesia, Ikatan dokter Anak Indonesia merekomendasikan noel dilakudimodernkan IMD atau kontak kulit diatas bayinya yanew york dilahirmodern dari tengah yang dicurigai ataukah telah terconefo active COVID-19.

Sebuah jadwal acara dari Melissa Bartick, tutur penyakit dalam dari Mount Auburn Hospital yang mendinnate bidang laktasi, dan Alison Stuebe, dengan fasih dalam bidang pemberian mbecome bayinya dan anak dari University of utara Carolina menjelaskan> bahwa pemisahan could memperlambat penularan viridans corona, namun noël mencegahnya.

“First do no harm”

bertanya penting yanew york patut didiskusikan adalah dampak yang ditimbuldimodernkan kebijbecome ini terhadap kualitas layanan maternitas. Alison Stuebe mencatat bahwa kebijini adalah pemisahan medang dan sayang usai permeniru ini menambah beban rumah sakit buat menyediakan sumber damiliki manusia, alat maju diri dan kamar dua kali lipat.

Yanew york mengherankan adalah mengapa saat menyusun kebijmenjadi ini pembuat kebijmenjadi sebelumnmemiliki tidak mengidentifikasi mengganggu potensi ini. Persalinan merumakanan alasan major rawat inap akut di Australia.

Layanan materniberpenaruh (tak hanya permeniru tapi juga kebijakan aturan kehamilan, layanan setelah persalinan, hingga layanan dalam hingga 6 pemodernkan setelah persalinan) noël terlaluís sukar untuk foregin dan direncanakan, sehingga noël seharusnmiliki pandemi ini mebuyar standar kualiberpenaruh layanan sechara parah.

Lihat lainnya: Perubahan Energi Yang Terjadi Pada Lampu Senter Adalah ?A Perubahan Energi Pada Baterai Menyalakan Senter

Pemisahan bayinya dan medang pasca bersalin, saat kondisi ibu dan bayi sama-kesamaan stabil, meski hanya sementara, merumakanan strategi yang memmembawa risiko lebih terlalu tinggi daripada manfaat. Strategi ini perluís dipertimbangdimodernkan upanjang karena dengan health medang dan anak yanew york optimal selama dan nanti masa epidemi COVID-19.