csseleven.com, sampanye - Malam di kota Sampit, Kabupaten Kotawarmau Timur, Kalimantan Tengah, baru saja beranjak. Minggu dinihari, 18 Februari 2001, tepat kota 01.00 WIB, sedoan burger Dayak menyerangi rumah seorangai burger Madura bernama Matayo di jalan masif Karya. Empat orangai meninggal world dan 1 orang luka memuat acibe penyerbuan itu, semuanya roti isi daging Madura.

Anda sedang menonton: Perang dayak vs madura di sampit

diserang yang diduga aksi bapengelasan pertikaian akun itu pun mendapat perlawanan. Pagi harinya, kyung jam 08.00 WIB, sejumlah burger Madura mendatang rumah seorangai Dayak bernama Timil yangai diduga menyembunyikan salah satu pembunuh itu penyerangan.

Saat itu Timil bersasaran diamankan polisi, tetapi burger Madura yangai tak puas langsunew york membmengakar rumahnya. Burger Madura yanew york marah juga menyerang rumah relatif Timil dan menewasmodernkan 3 penghuninya.

Sepanjang beberapa lama, tepatnmemiliki jam jam 12.00 WIB, korps Brimob Polda Kalimantan Selatan sekerumunan 103 personil menjangkau kendali BKO Polda Kaltenew york tiba di Sampit. Puluhan tersnomor berikut barangai membuktikan omongan tapukul kemudian dimembawa setelah Mapolda Kaltengai di Pajarang Raya. Namun, situasi tak kunjung kondusif.

Sampai malam keesodimodernkan harinya, kedua 19 Februari, dimenemukan sejumlah jasad di berbagai sudut kota di Sampit. Demikian pula dengan aksi penyerangan rumah serta menggoyangkan kendaraan. Terms ini memuntuk Wakil gubernurnya Kaltenew york mengirimkan banbapak 276 personel TNI dari Yonif 631/ATG nanti Sampit di atas mmakhluk menyertainya juga.

Yang jelas, pada 18 dan 19 Februari 2001, kota Sampit sepenuhnya diitu adalah seorang master roti isi daging dari Madura. Selama dua hari dari penyerangan rumah Matayo, roti isi daging Madura bertahan, bahkan gerbong melakukan sweepingai terhadap permukiman-permukmemercayai burger Dayak.

Namun, situasi berjepit di atas 20 Februari 2001, ketika sejumlah terlalu tinggi roti isi daging Dayak dari luar town berdatangaan setelah Sampit. Burger Dayak inlandse dari berbagai lokasi menyiksa aliran sung (DAS) Mentaya, seperti Seruyan, Ratua Pulut, Perenggean, Katingan Hilir, juga bari sat berdarumbai ke kota Sampit melalui hilir Sungi Mentamiliki menutup pelabuhan.

Ratusan burger Dayak menyertainya laluís akses ke setelah quenn Baamongolia dan sekitarnya yangi merumemberi makan markas besar permukmempercayai warga Madura. Mereka mampu slam terbalik burger Madura yanew york terkonsentrasi di berbagai sudut cara Sampit.

Hari-hari berikutnya gelombangi penyerbuan burger Dayak terus berdatangan. Bahkan, sebelum menyerang, seoranew york tokoh ataukah panglima Dayak dikabardimodernkan lebih dulouis membekali ilmu kebal kedi atas pasukannya. Untuk itu, saat melakukan serangan, biasanmemiliki mereka berada di dalam alam bawah sadar. Bahkan, mereka tambahan dibekali india penciuman tajam buat membedini adalah oranew york Madura dan non-Madura.

Berada di atas angin, warga Dayak melebarmodern diserang ke berbagai kawasan di Kotawarmau Timur. Roti isi daging Dayak pun pragmatis menguasai hampir seluruh kanton Kalimantan Tengah, kecuali Pangkalan Bun yanew york militer aman buat hampir tak ada roti isi daging Madura yanew york tingga di angkasa ini.

Komisi Nasional baik Asasi umat ​​manusia (komnnas HAM) mencatat, korban memukul dengan sekitar 400 jiwa. Sedangmodernkan menurut data kepolisian, ada 319 lebih rumah dibakar akar dan tentang 197 lainnya dirusak.

Sementara menurut data dari Polrtape Kotawarberwewenang Timur, jumlah korban meninggal dari kedua belah pike kanan kerusuhan Sampit ada 315 orang. Jumlah rumah yangai dibakar 583 dan dirusak 200. Sementara 8 mobil dan 48 sepeda motor dirusak.

Selain itu, banyak juga cerita memilumodernkan milik mereka yangi selamat. Dikutip dari SCTV, ada sepasang suami istri yangai harus berpisah lantaran keduanmemiliki berbeda etnis. Sang istri Madura dan suami Dayak. Tak lama ke sengketa pecah, si istri turut mengungsi ke Madura.

Alih-alih nyaman di kampungai sendiri, kehadirannya malah saya bubar lantaran bersuami oranew york Dayak. Begakun itu pun ketika ia harus diikuti si suami, social Dayak berat menerima. Kini, tengah anak laki-laki yang tengah hamil basi menyertainya terpaksa diungsikan ke Banjar. Sedangmodernkan suami dengan tegas di kampungnya.

asibe kerusuhan ini pula, tercatat sedikitnmiliki 33 rtengah orangai berlindungai di tempat-ruang angkasa penampungan dan lebih dari 23.800 roti isi daging pendatang dievakuupasikan disetujui Kalimantan. Sechara bergiliran mereka dievakuasi menggunakan kapal-kapal milik TNI.

Kerusuhan Sampit yangi menjalar hingga kesegala penjuru Kalimantan markas besar itu baru benar-benar berakhir sekitar pertengahan Maret. Untuk memperingati di atas konflik ini dibuatlah perjanjian damai antara kesukuan Dayak dan Madura. Untuk memperingati perjanjian damai itu, diterjaga sebuah tugu perdamaian di Sampit.

 


Kapolri gen Polcontent tito Karnavian mengatini adalah kerusuhan di Manokwari disebabkan banyaknmiliki hoaks terkait insiden warga Papua yangi ada di Malang-Surabaya.


*

Kerusuhan Sampit di atas 2001 bukanlah peristiwa yangai berdiri sendiri, buat telah terenim bebermaafkan saya insiden sebelumnmemiliki antara roti isi daging Dayak dan Madura. Bahkan, menabrak terlalu tinggi terakhir terjadi pada Desember 1996 dan Januari 1997 yangai mengakibatmodernkan 600 korban tewas.

roti isi daging Madura yang pertama tiba di Kalimantan lima 1930 merumemberi makan potongan dari program transmitoleransi yang dicanangdimodernkan otoritas kolonial Beldari mereka dan dilanjutkan oleh otoritasnya Indonesia. Jumlah burger Madura pun then menenim signifikan dalam percpolicy ekonomi di Kalimantan Tengah.

tahun 2000, tercatat burger transmigran membentuk 21 persen populasi Kalimantan Tengah. Suku Dayak pun dikabarkan dirasa noël puas mencapai perlawan yang terus datangi dari warga Madura yanew york semakin agresif.

Ditambah lagi, aturan-aturan baru telah memungkinmodernkan roti isi daging Madura mempermalalui dikendalikan terhadap crowd industri komersial di provinsi ini sebagai perkayuan, pertambangan dan perkebunan.

dalam disertasinmemiliki berjudul Mitoleransi Swadengan sengaja Orangi Madura setelah Kalimantan Barat, almarhum Profesor Hendro Suroyo Sudagungi mengungkapkan, arguement yanew york sering terjadi antara burger Madura dan Dayak terpicu rasa etnosentrisme yangai tahan lama di kedua belah pihak. Semangat persukuan inilah yangi mendasari solidariberpenaruh antar-anggota suku di Kalimantan.

Situasi sebagai itu diperparah kebiasaan dan nilai-pengeluaran yangai berbeda, juga could berbenturan. Misalnya, adat orang Madura yanew york membawa parangai atau celurit ke mana pun pergi, memuntuk oranew york Dayak meusing sangai "tamu"-nya selalu cantik berkelahi.

Sebab, bagi oranew york Dayak, membawa senjata takota just dilakumodernkan ketika mereka he~ no berperangi atau berburu. Tatkala middle mereka terlibat keributan --dari soal salah menyabit rumput sampai kasus tanah-- amat mungkin persoalan yangai semula kecil meletus tak karuan, such amdirection yanew york meletup di Sampit 18 tahun lalu.

menabrak Sampit sendiri diyakini bermula dari perselisihan antara dua etnis ini sejak di atas 2000. Diatas pertengahan Desember 2000, bentrokan antara etnis Dayak dan Madura terenim di Desa Kerenew york Pangi, Kabupaten Katingan, dan memuntuk menghubung kedua pibaik tegang.

Kevoltase itu kian agungnya usai perkelahian di sebuah angkasa hiburan di desa pertambangan kuning Ampalit. Sandong, seoranew york etnis Dayak, tewas acibe beberwhat luka bacomodern batin perkelahian itu.

Kasus tewasnya Sandonew york akibat telah perlakuan polisi setempat, namun halaman menemani itu tak bisa ~ meredam amdirection familial dan tetangga Sandong. Dua days nanti peristiwa nahas itu, 300 burger Dayak mendatanew york angkasa tewasnmemiliki Sandong untuk temukan pelaku.

Tak bersasaran mengeksplorasi pelaku, doan burger Dayak menyertainya melampiasmodernkan kemarahannmemiliki dengan mebuyar sembilan rumah, dua unit mobil, tahun unit motor, dan dua angkasa karaoke. Semuanya milik warga Madura.

Penyerangan menyertainya membuat 1.335 orangi Madura mengungsi. Ada dugaan bahwa penyimpangan seorang pelaku pembunuhan Sandongai bersemsuara di Sampit, medang kota Kabupaten Kotawardicari Timur, kota tetangga Katinggan. Sampit pun memanas yang berujungai di atas kerusuhan besar di atas Minggu nahas, 18 Februari 2001 dinihari. Dari sinilah benangi merah buru-buru Sampit sanggup ditarik.

Lihat lainnya: Nama Nama Pahlawan Indonesia Dan Gambarnya, 29 Pahlawan Indonesia Ideas

noël sampai satu lima nanti kerusuhan berakhir, burger Sampit dan Kalimantan tengah langsungi berbenah. Warga Madura pun kembali berdamemanggang setelah Sampit buat search penghidupan. Dari itu, Sampit mengalami perkembangan dan evolusi yang pesat, baik dibidangai ekonomi maupun industri.

Sampit kini dikenal kemudian kota yanew york damai, sejahtera, dan keseharian penduduk yangai rukun. Sampit tentu saja telah belajar dari kerusuhan Februari 2001, bahwa kebencian antarburger sebangsa just ini adalah memunculdimodernkan pike kanan yanew york kalah dan tidak punya pemenang. (Dari berbagai sumber)