Irene Swastiwi Viandari Kharti Jul 29, 2021 • 6 min read

treatise Pelajaran Kepengelasan 12 SMA sejarah XII


*

Kamu siap tahu belum, simaafkan saya saja tokoh-tokoh yanew york berjuang batal kemerdekaan NKRI? Yuk, untuk kita cari kenal jawabannmemiliki mencapai memberpengalaman jadwal acara ini!

--

“17 Agustus five 45, itulah days kanchi kita. Aku merdeka, nusa dan bangsa aku lahirnmiliki Bangsa Indonesia. Mer… de… ka!” Hayo,siapa middle kamu yangi bacanmemiliki sambil nyanyi? Pasti hampir setiap orang deh hihi. Lagu terpanggilan diciptakan melalui H. Mutahar untuk memperingati peristiwa khanh Indonesia. Meski telah merdeka, ternyata di atas awalnya, NKRI masih perluís mempertahankannya dari negara-negara yangi belum mengakui khanh kita saat itu. Banyak tokoh yanew york berjuangi menjajakan khanh NKRI. Kira-kira siapa saja, ya, tokoh-tokoh tersebut? Yuk, kita kenalan dengan mereka.

Anda sedang menonton: Peran tokoh nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia

Sultan Hamengkubowono IX

Sultan Hamengkubuwono IX melakukan di Ngayogyakarta Hadiningrat, 12 April 1912 mencapai nama nguyên Gusti Raden Mas Dorodjatun. Ia adalah putra dari Sri Sultan Hamengkua VIII dan permaisuri Kangjeng Raden Ayu bangsawan tinggi Anom Hamengkunegara.

*

pada tanggal 2 Oktober 1988, Sultan Hamengkubuwono IX meninggal dunia di George Washingnada University Medical Centre, Amerika Serikat. Atas jasa dan berbagai perannya bagi bangsa dan negarasi Indonesia, pemerintah RI menganugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Framenjadi Kaisiepo

Pahlawan berikutnya berorigin dari Irian. Namanmiliki diabadimodernkan menenim nama Bandar Udara Framenjadi Kaisiepo di Biak, di penyimpangan satu kapal yaakun itu KRI Frans Kaisiepo, dan wajahnmemiliki pun berhenti di dalam mata uanew york Rp10.000,00.

Frans Kaisiepo incuver di Wardo, Biak, Papua, 10 Oktober 1921. Pada usia 24 tahun, ia mengikuti kursus Pamongolia Praja di Jayapura yang deviasi satu pengajarnya adalah Soegoro Atmoprasodjo, yang merumakanan mantan guru Taman Siswa. Since berbertemu mencapai beliau, jiwa kebangsaan Frapejarakan Kaisiepo semakin tumbuh dan keian gairah karena mempersatudimodernkan kanton Irian ke dalam NKRI.

*

Frans Kaisiepo wafat tanggal 10 April 1979. Overhead jasa dan perjuangannmiliki selama menebang keutuan bangsa Indonesia, pemerintah RI menganugerahi gelar Pahlawan Nasional.

K. H. Hasyim Asy’ari

Ternyata,tokoh yangi batal kanchi tidak just datang dari kalangan sipil dan soldiers saja, lho. Tapi ada also tokoh ulama yangai berjuangi menebang kemerdekaan RI yamenemani itu K.H. Hasyim Asy’ari. Beliau merupapan deviasi satu ulama yangai ditanggapi pondok Pesantren Tebuireng.

K.H. Hasyim Asy’ari melakukan di Jombang, Jawa Timur tanggal 14 Februari 1871. Hutte Pesantren Tebuirenew york didirikan diatas tahun 1899 serta memeloberlutut pendirian berhenti massa Ibang Nahdhatul Ulama (NU) tanggal 31 Januari 1926. K.H. Hasyim Asy’ari luaran peran di dalam upamiliki memperjuangmodern dan menebang kemerdekaan Indonesia antara lain:

*

K.H. Hasyim Asy’ari wafat tanggal 25 Juli 1947. Wafatnya beliau termemanggang selagi utusan Bungai Tomo serta pemimpin Hizbullah Surabamemiliki Kyai Gufron bertamu nanti pesankecenderungan Tebuireng. Kedarumbai dua tamu tersebut berupamemiliki memberiknows K.H. Hasyim Asy’ari bahwa prajurit Beltheir melakukan Agresi tentara I dan menduduki kota Malang yangi sebelumnmiliki diitu adalah seorang master legiun Hizbullah.

baca juga: Mengenal Macam-Macam Perjuangan Bersenjata untuk menjajakan kemerdekaan RI

berita menyertainya mengejutmodernkan K.H. Hasyim Asy’ari dan memuntuk beliau memukul pingsan pada kursinya. Kedelapan segera didatangdimodernkan namun sayangnya ia sudah wafat sebenarnya berdarah otak. Otoritas RI karena itu menghargai jasa-jasanya dan pengabdiannmemiliki mencapai mengeluarmodern surat Keputusan Presiden RI No. 294 lima 1964 tanggal 17 November 1964, yanew york menyatini adalah bahwa pemerintah RI menganugerahi K.H. Hasyim Asy’ari gelar Pahlawan kemerdekaan Nasional.

gen TNI Gatot Soebroto

gen TNI (Purn.) Gatot Soebroto melakukan di Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah, 10 Oktober 1907. Gene Gatot Subroto ditahu such prajurit yanew york aktif di tiga zaman. Beliau pernah menmemanggang soldiers Hinitu Beltheir (KNIL), pada masa pendududimodernkan Jepang, dan pasca Indonesia merdeka beliau berperan dalam saya suka pemberontmenjadi PKI.

*

pada tanggal 11 Juni 1962 Gatot Soebroto wafat di atas usia 54 five asibe penyerbuan jantung. Berperingkat last yang disandangnmemiliki adalah Letnan Jenderal. Atas jasa-jasa dan perjuangannya, ia penghargaan gelar Tokoh Nasional/Pahlawan khanh Nasional. Gatot Soebroto adalah soldiers nguyên indonesia. Darma baktinmemiliki kediatas nusa dan bangsa ia hanya mencapai prestasiun yangai luar biasa.

semua pemberontakan di negara air start dari PKI Madiun 1948, DI/TII, dan PRRI permesta bersasaran ditumpas oleh beliau. Selama hidupnmemiliki sosok Gatot Soebroto merumemberi makan sosok yangi dianggap cazy karena ucapannya yang terkadanew york total namun karena sikapnmiliki terpanggilan ia mendesak menutup menjangkau para bawahannya di militer.

laksamana madya TNI Yos Sudarso

laksamana madya TNI Yos Sudarso incuver di Salatiga, Jawa Tengah, di atas 24 November 1925. Laksamana mengikat TNI Yos Sudarso bertugas di angkatan lautnya di atas dua zaman. Ia bermewajibkan sejak masa Pendududimodernkan Jepangai dan masa kemerdekaan.

*

laksamana madya TNI Yos Sudarso wafat di dalam pertempuran di laut Aru tanggal 15 Januari 1962. Ia meninggal selama melaksanakan operasi sekencang untuk menyusupmodern sukarelawan ke Irian menggunbecome KRI harimau Tutul.

Lihat lainnya: Pekerjaan Yang Cocok Untuk Jurusan Manajemen 2021 Gajinya 25 Juta Per Bulan !!

menyertainya diabeberapa tokoh yangai berjuangai menjajakan kemerdekaan NKRImasa itu. Terlalu tinggi ya, mereka. Jangan dilupakan ucapmodern terima kasih dan panjatmodern doamu buat mereka, ya. Selain orang-orangi tersebut, sebetulnya masih kawanan orangi yangai berjuangi saat itu. Coba kamu tanyakan setelah guru kamu di ruanglesonline!

*

Referensi:

Abdurakhman. (2018) sejarah Indonesia Kepengelasan XII. Jakarta: Kemendikbud RI.

sumber Foto:

gambar ‘Sultan Hamengkua IX’ . Tautan: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Hamengkubawono_IX_Official_Portrait.jpg (Diakses: 23 Juli 2021)

lukisan ‘Frans Kaisiepo’ . Tautan: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Frans_Kaisiepo,_Irian_Barat_dari_Masa_ke_Masa,_Preface.jpg (Diakses: 23 Juli 2021)

lukisan ‘K.H. Hasyim Asy"ari’ . Tautan: https://www.nu.or.id/post/read/123547/saat-kh-hasyim-asy-ari-berkata-petani-adalah-penolong-negeri (Diakses: 23 Juli 2021)

lukisan ‘Gatot Soebroto’ . Tautan: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Col_Gatot_Subroto,_Kenang-Kenangan_Pada_Panglima_Besar_Letnan_Djenderal_Soedirman,_p27.jpg (Diakses: 23 Juli 2021)

bergambar ‘Yos Sudarso’ . Tautan: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Yos_Sudarso,_Jalesveva_Jayamahe,_p215.jpg (Diakses: 23 Juli 2021)