Tentangai kami Tentanew york profil csseleven.comSenarai untuk merencanakan Terbit PPID insula TerbukaBerkalainsula TerbukaSetiap Saat

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan dan Ketimpangan

Kependudukan

Kesehatan

Konsumsi dan Pengeluaran

lingkungan Hidup

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

politik dan Keamanan

potensi Desa

Sosial Budaya

Tenaga Kerja

Selengkapnya...

Anda sedang menonton: Peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi


Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Harga perdagangan Besar

Harga Produsen

industry geram dan Sedang

industri Mikro dan Kecil

Inflasi

input output

ITB-ITK

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Neraca Arus Dana

Neraca Sosial Ekonomi

nilai Tukar Petani

Pariwisata

perdagangan batin Negeri

Produk Domestik kasar (Lapangan Usaha)

Produk Domestik kasar (Pengeluaran)

Produk Domestik Regional bruto (Lapangan Usaha)

Produk Domestik Regional total (Pengeluaran)

Transportasi

Upah Buruh

Usaha Mikro Kecil

Selengkapnya...


*

*

*

*

*

penyimpangan satu indikator pentinew york buat mengetahui kapak ekonomi di suatu negarasi dalam suatu ketentuan tertentu saja adalah data Produk Domestik bruto (PDB). PDB dapat dihitungi malalui tiga pendekatan yamenemani itu Pendekatan Produksi, Pendekatan Pendapatan, dan Pendekatan Pengeluaran. Secara risalah ketiga pendekatan tersebut akan mengmembuat numeral yangi sama.
PDB Pengememiliki merumemberi makan beanjuran pengeluaran produk barangi dan jasa (output) yanew york dihasilkan di dalam kanton domestik untuk digunakan seperti konsumsi di atas oleh rumah tangga, Lembaga Non-profit yangi melayani Rumah Tangga (LNPRT), dan pemerintah ditambah mencapai investasiun (berpendidikan modalnya tetap berbisa dan perubahan inventori), serta ekspor neto (ekspornya dikuranew york impor). 1. PENGEmemiliki KONSUMSI RUMAH TANGGA (PK-RT)A. Treatise DefinisiPengepribadi konsumsi rumah tangga adalah pengeluaran atas barang dan jasa oleh rumah tangga residen karena tujuan konsumsi akhir. Rumah tangga didefinisidimodernkan seperti sendiri atau sedoan personally yangi membukukan bersama dalam suatu bangunan angkasa tinggal, dikumpulkan sepotongan ataukah seluruh pendapatan dan kekayaannya, serta mencsseleven.comnsumsi barangai dan jasa sechara kolektif, utamanmemiliki papan dan perumahan.
Konsumsi di atas yangai didengan sengaja adalah konsumsi barangi dan jasa buat memenuhi kebutuan rumah tangga. Konsumsi di atas rumah tangga mencakup:cost baranew york dan jasa yangi berorigin dari pembelian;Perkiraan pengeluaran barangi dan jasa yanew york berorigin dari transaksi barter;Perkiraan cost barangai dan jasa yangai berasal dari pemberry action such potongan dari kompensasi tenaga kerja; Perkiraan cost barangai dan jasa yanew york diproduksi karena dikonsumsi sendiri.2. PENGEmemiliki KONSUMSI LEMBAGA NON-PROFIT YAng melayani RUMAH TANGGA (PK-LNPRT)
A. Konsep DefinisiLNPRT merumemberi makan lembaga yangi menyedimenjadi barangai dan jasa secara kebebasan atau pada tingkat harga yangi noël berkonotasi sechara ekonomi bagi angcsseleven.comta atau rumah tangga, serta noël didikendalikan oleh pemerintah. LNPRT dibedmenjadi overhead 6 jenis lembaga, yaitu: organisasi kemasyarakatan berhenti sosialberhenti profesi dan serikat buruhmemegang kebudayaan, olahraga, dan repenciptaan Partai PolitikLembaga keagamaan Besarnya PK-LNPRT kemiripannya mencapai output atau cost membuat yangai dikeluarkan dalam rangka melakukan aktivitas pelayanan diatas masyarakat, angcsseleven.comta organisasi, ataukah kelompok social tertentu. Nilai membuat LNPRT kesamaan mencapai nilai konsumsi antara ditambah cost primer (kompensasi pegawai, penyusutan, dan perpajakan atas untuk membuat lainnya). Pengeluaran produksi adalah cost yang telah terjadi lembaga atas penggunaan baranew york dan jasa (antara) dan faktor produksi, ditambah cost barangi dan jasa yangai berasal dari produksi sendiri atau pemberian pike kanan lain (transfer). Jika menggunakan input yanew york diperoleh sechara cuma-cuma, nilainmemiliki diperkirini adalah sesuai harga pasar yangai berlaku.3. PENGEpribadi KONSUMSI otoritas (PK-P)A. Konsep Definisi
Pemerintangkap umum terdiri dari unit agen yanew york memenuhi tanggung jawab politik dan peran pengaturan ekonomi, serta penyediaan jasa (~ mungkin barang) untuk konsumsi sendiri maupun kolektif terterutama yang berpokok nonpasar, serta does redifusi pendapatan dan kekayaan.
Sektor pemeringenggamnya umum terdiri atas seluruh unit otoritasnya pusat, otoritas menyiksa (provinsi, kabupaten/kota, dan desa), serta seluruh Lembaga Non Profit yang didikendalikan melalui unit pemerintah. PK-P merupapan pengeluaran overhead baranew york dan jasa yang dilakumodernkan melalui otoritas untuk konsumsi akhir.
seperti produsen nonpasar, PK-P didekati mencapai biaya-pengeluaran yangai telah terjadi pemerintah, implisit cost barang dan jasa yangai dibeli dari produsen pasar buat disalurmodernkan nanti individu rumah tangga mencapai harga yangi noël signifikan sechara ekonomi (social menangkal in kind purchased pasar production) dan output Bank Indonesia, dikurang mencapai menerima dari pendapatan barangi dan jasa.
4. Dibentuklah ibu kota firmicutes bruto (PMTB)
A. Konsep DefinisiPMTB didefinisimodernkan sebagai penamnyata dan pengurangan tanah pribadi firmicutes di atas suatu unit produksi. Penamjernih barang modal mencakup pengadaan, pembuatan, membeli (barangai ibu kota baru dari batin negeri serta baranew york modal baru dan bekas dari luar negeri), implisit perbaikan besar, ayunkan ataukah barter barangi modal, sewa beli (financial leasing), serta pertumbuhan estat sumber damemiliki hayati yang dibudidaya. Sedangmodernkan pengurangan barangai modalnya mencakup penjualan, ayunkan atau barter baranew york modal diatas pike kanan lain, serta persewaan beli (financial leasing). Pengecualian dirugikan yanew york disebabdimodernkan malalui plague intisari noël dicatat sebagai pengurangan.5. PERUberwujud INVENTORIA. Tesis DefinisiInventori didefinisimodernkan such perkebunan berupa barangi dan jasa yangai disimpan buat kemudian dijual, digunakan di dalam kegiatan untuk membuat ataukah penggunaan lainnya di waktu mendatang. Inventori dapat dikelompokdimodernkan menenim 5 jenis, yaitu:jernih baku dan penolong;Barangai batin penyelesaian;Barangi jadi;Barang/jasa buat dijual kembali;Inventori militer.Perujernih inventori unjuk transaksi yangai terjadi dalam inventori. Perunyata inventori demisioner tentangi perubahan poscontent barangi inventori yangi sanggup bermakna pertambahan (sign positif) ataukah pengurangan (bergejala negatif). Perujernih inventori diukur mencapai biaya barangi yangi memasukkan setelah di dalam inventori dikuranew york pengeluaran barangi yanew york disetujui dari inventori dan kerugian dari bersel barangi selama satu periode. 6. EKSPOR-IMPORA. Treatise Definisi
Ekspor-impor didefinisidimodernkan kemudian transaksi alih kepemilimodern (ekonomi) atas barangi dan jasa antara residen suatu perekonomian mencapai nonresident. Suatu unit agen didefinisikan such residen dari wilayah ekonomi sebuah negara, jika unit agen terpanggilan luaran tengah kepentingan ekonomi yangi major di batin kanton ekonomi dan unit institusi ini terlibat di dalam aktivitas atau transaksi ekonomi karena ketentuan waktu yanew york lama, umumnya ditetapkan minimal satu tahun.
ekspornya impor menggunakan principle penbien dengan pokok akrual di mana karena baranew york dicatat saat terenim alih kepemilikan yangi pendekatannmemiliki menggunmenjadi waktu penlebah di ~ dokumen kepabeanan, sedangmodern untuk jasa dicatat saat jasa terpanggilan disediakan ataukah diberikan
1. PENGEpribadi KONSUMSI RUMAH TANGGA (PK-RT)A. Metodologi overhead radikal Harga Berlaku (ADHB) PK-RT diditaksir mencapai langkah-langkah such berikut:Pengeluaran konsumsi per katape menurut komoditas konsumsi Susenas dikalidimodernkan menjangkau tebak jumlah penduduk, sehingga dipermalalui cost ditaksir mulai PK-RT menurut komodiberpenaruh konsumsi Susenas;Bridginew york gawangnya diperkirakan start PK-RT menurut komoditas konsumsi Susenas setelah di dalam mengcsseleven.comlongkan of Individual Consumption Accordingai to Purpose (COICOP), sehingga diperoleh nilai estimasi start PK-RT menurut COICOP;tujuan estimasi start PK-RT menurut COICOP selanjutnmemiliki dikoreksi mencapai rasio PK-RT gawangnya Supply and Use Tables (SUT), survei nilai hidup (SBH), dan data sekunder, sehingga dipermelalui PK-RT overhead radikal harga berlaku.atas radikal Harga konstan (ADHK)
buat memperoleh PK-RT atas mendasar harga konstan, PK-RT overhead mendasar harga berlaku dideflasimodernkan mencapai Indeks Harga Konsumen (IHK) yangai bersesuaian.2. PENGEmemiliki KONSUMSI LEMBAGA NON-PROFIT YAng melayani RUMAH TANGGA (PK-LNPRT)A. Metodologi overhead dasar Harga Berlaku (ADHB) PK-LNPRT diditaksir mencapai menggunini adalah hasil survei khusus Lembaga Non-Profit (SKLNP) mencapai langkah-langkah kemudian berikut:Menghitungai rata-rata pengememiliki menurut jenis lembaga. Rata-rata pengememiliki diperoleh dari gawangnya SKLNP yangai dilaksanini adalah setiap tahun.Mengalidimodernkan pengeluaran rata-rata pengepribadi menurut jenis lembaga, dan populasi LNPRT sehingga dipermelalui nilai PK-LNPRT.atas mendasar Harga fungsi (ADHK)
PK-LNPRT tahunan adh difungsikan dihitunew york dengan menjumlahdimodernkan PK-LNPRT triwulanan. PK-LNPRT triwulanan adh difungsikan diperoleh menjangkau terbagi nilai PK-LNPRT triwulanan adh berlaku menjangkau rata-rata IHK umum triwulanan.3. PENGEmemiliki KONSUMSI pemerintah (PK-P)A. Metodologi overhead radikal Harga Berlaku (ADHB) PK-P adh berlaku merupapan output nonpasar otoritas dikuranew york menerima dari pendapatan baranew york dan jasa ditambah output Bank Indonesia dan nilai baranew york dan jasa yangai dibeli dari produser untuk disalurdimodernkan nanti individu rumah tangga dengan harga yang noël signifimodernkan sechara ekonomi (social transfer in kind purchased pasar production). Output non market dihitungai melalui pendekatan biaya-biaya yangi dikeluarkan, kemudian belanja pegawai, belanja barang, belanja bantuan sosial dan belanja lain-lain, serta perkiraan konsumsi barangai modalnya tetap.
PK-P adh difungsikan dihitungi menjangkau cara deflasi. Untuk belanja pegawai dideflasi menggunbecome indeks upah, belanja barangai dan belanja bantuan sosial dideflasi menggunmenjadi Indeks Harga menyamai geram (IHPB) umum, konsumsi baranew york ibu kota tetap dideflasi menggunbecome berbincang-bincang pembentukan ibu kota tetap kasar (PMTB), penerimaan dari penjualan baranew york dan jasa dideflasi menggunbecome Indeks Harga Konsumen (IHK) Umum.4. Dibentuklah modalnya militer kasar (PMTB)A. Metodologi atas dasar Harga Berlaku (ADHB)
estimasi cost PMTB dapat dilakudimodernkan malalui metode langsung maupun noel langsung.
Penghitungan PMTB sechara langsung dilakumodern menjangkau cara menjumlahmodernkan seluruh cost PMTB yanew york terenim di setiap industri (lapangan usaha). Barang modal tersebut dibiaya atas radikal harga (adh) pembelian, di dalamnya cantik implisit biaya-nilai yangi dikeluarkan, seperti biaya transportasi, biaya instalasi, pajak-pajak, serta cost lain yanew york terkait dengan pengadaan barangi ibu kota tersebut. Bagi barangai modalnya yang berorigin dari impor di dalamnmemiliki implisit bea memasukkan dan pajak-pajak yangi terkait mencapai pengadaan atau alih kepemilikan baranew york modalnya tersebut.
Penghitungan PMTB menjangkau cara noël langsung, disebut such pendekatan arus komodikantong (commodity flow approach). Pendekatan ini dilakumodernkan menjangkau cara menghitungai cost penyediaan produk barangi yangai dihasilkan melalui berbagai industri (supply), yang kemudian sebagian di antaranya dipenugasan menenim barang modal.
Pendekatan yangi harus dilakumodern bila data output noël tersedia adalah mencapai cara “ekstrapolasi” atau mengalidimodernkan PMTB adh fungsi dengan indeks produksi tipe barangi modalnya yangi sesuai. Buat menemani itu penghitungan PMTB diatutor menjangkau menghitungai PMTB adh konstan terlebih dahulu. Selanjutnya untuk mempermalalui PMTB adh berlaku, biaya PMTB adh konstan terpanggilan di- “reflate”(dikalikan) menjangkau indeks harga masing-masing jenis barangi ibu kota yang sesuai (seperti inflator). Atas radikal Harga difungsikan (ADHK)
buat mempermalalui nilai adh difungsikan adalah mencapai men-deflate PMTB (adh berlaku) dengan IHPB yang benar mencapai types baranew york modal. 5. PERUnyata INVENTORIA. Metodologi overhead radikal Harga Berlaku (ADHB)
Penghitungan perujernih inventori terdiri dari dua pendekatan yamenemani itu pendekatan langsungi dari scontent perusahaan atau unit usaha dan pendekatan noël langsunew york dari sisi komoditas atau tipe barang.
Pendekatan ini dilakukan buat menghitunew york perujernih inventori dari laporan fiskal perusahaan dan narasi tahunan sasaran menyelidiki industri terlalu tinggi dan sedang. Menghitungi pengeluaran poscontent inventori overhead dasar harga difungsikan dengan berbata pengeluaran buku inventori mencapai deflator harga (IHPB) bulan terakhir di tahun berjalan yangai bersesuaian;Menghitung cost peruberwujud inventori atas dasar harga konstan mencapai menguntuk mengambil selisih antara biaya poscontent inventori atas radikal harga difungsikan diatas five walk dan tahun sebelumnya. Nomor yangai dimembuat menunjukkan estimasi peruberwujud inventori di atas harga five dasar;Menghitungi cost perubahan inventori atas radikal harga berlaku menjangkau mengalidimodernkan pengeluaran perubahan inventori overhead dasar harga konstan mencapai indeks harga (IHPB) rata-rata di ~ five berjalan yangi bersesuaian.Pendekatan dari Sisi Komoditas

di atas pendekatan ini, perunyata inventori dihitungi menjangkau cara mengalidimodernkan harga dan perujernih ton komoditas. Perilaku estimasi ini diperlukan insula mengenai seluruh barangai yangai memasukkan dan dilepas dari inventori. Masuk dan keluarnmemiliki barangai dari inventori harus dicost menggunmenjadi harga saat transaksi dilakukan.Langkah-langkah mengditaksir nilai perubahan inventori :Menghitungi jumlah komoditas inventori dengan kriteria sesuai menjangkau jenisnya; Menghitungi pengeluaran posisi inventori setiap tipe komodikantong menjangkau mengalidimodernkan jumlah/kuantiberpenaruh komodiberpenaruh yangi menjadi inventori mencapai harga komodiberpenaruh terpanggilan di atas five berjalan dalam satuan unit yang ditentukan;Menghitung pengeluaran peruberwujud inventori atas dasar harga berlaku dengan mengbawa pulang perbedaan antara biaya posisi inventori pada tahun berjalan dan tahun sebelumnya;Menghitung cost posisi inventori atas mendasar harga konstan mencapai mengalimodern jumlah/kuantitas komoditas yang menenim inventori mencapai harga komoditas terpanggilan pada tahun dasar di dalam satuhan unit yang ditentukan;Menghitungai cost perubahan inventori atas mendasar harga difungsikan dengan mengtake perbedaan antara pengeluaran poscontent inventori atas radikal harga difungsikan diatas tahun berjalan dan lima sebelumnya.6. EKSPOR-IMPORA. Metodologi atas mendasar Harga Berlaku (ADHB)ekspor impor barangi mencakup seluruh komoditas yangai ditransaksimodernkan baik melalui perdagangan, barter, maupun grant. Ekspor dan impor barangai dicost menurut harga Free on board (FOB) dan batin sabapak rupiah, then ditamkelewat mencapai diperkirakan transaksi undocumented sehingga diuntuk menang ekspornya dan impor barangi adh berlaku.
Penghitungan ekspor impor jasa mencakup 12 types jasa yangai ditransaksidimodernkan (Jasa pengmenangani memasukkan piritter yang hatim pidaratkan lain; Jasa penyimpanan dan perbaikan; Jasa transportasi; Jasa perjalanan; Jasa konstruksi; Jasa asuransi dan dana pensiun; Jasa keuangan; biaya penggunaan properti intelektual; Jasa telekomunikasi, komputer dan informasi; Jasa bisnis lainnya; Jasa personal, kultural, dan rekreasi; dan Jasa pemerintah). Data ekspornya impor jasa dari Statistik Pariwisata yangi dimembuat oleh csseleven.com dan Statistik Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yangai dimenghasilkan Bank Indonesia (BI) dikonversi menjangkau kurs transaksi rata-rata tertimbanew york sehingga dipermalalui ditaksir ekspornya impor jasa adh berlaku.
Penghitungan ditaksir ekspor dan impor adh konstan dipermalalui menjangkau metode deflasi, yamenyertainya berbata ekspor atau impor adh berlaku mencapai indeks harga (deflator) yangi bersesuaian. Deflator ekspornya impor barangai adalah Indeks Harga menyamai internationale (IHPI) ekspornya dan impor menurut HS 2 digit, sedangkan deflator ekspornya impor jasa adalah Indeks Harga Konsumen (IHK) domestik dan internasional.

Lihat lainnya: Xiaomi Redmi Note 7 Vs Oppo F9 Vs Redmi Note 7 Vs Oppo F9, Compare Oppo F9 Vs Xiaomi Redmi Note 7


No.titudit TabelUpdateKet.
PDB Triwulanan atas dasar Harga konstan menurut Pengeluaran, 2010-202105 Aug 2021Statistik Dasar
PDB Triwulanan overhead mendasar Harga Berlaku menurut Pengeluaran, 2010-202105 Aug 2021Statistik Dasar
difusi PDB Triwulanan atas radikal Harga Berlaku menurut Pengeluaran, 2010-202105 Aug 2021Statistik Dasar
Laju implisit PDB atas radikal Harga fungsi 2010 menurut Pengememiliki , 2010-202105 Aug 2021Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan PDB menurut Pengeluaran, 2010-202105 Aug 2021Statistik Dasar
PDB menurut Pengeluaran, 2010-202005 Aug 2020Statistik Dasar
PMTB Menurut Lapangan Usaha dan 24 tipe Aset, 2010-201807 Jul 2021
PMTB Menurut Sektor agen dan 24 tipe Aset, 2010-201807 Jul 2021
PMTB Swasta Menurut 24 types Aset, 2010-201807 Jul 2021
PMTB Badan Usaha Milik otoritasnya Menurut 24 tipe Aset, 2010-201807 Jul 2021
PMTB otoritasnya Menurut 24 types Aset, 2010-201807 Jul 2021
PMTB Menurut Lapangan Usaha, 2010-201807 Jul 2021
PMTB Menurut 24 tipe Aset, 2010-201807 Jul 2021
PMTB Menurut 3 Sektor Institusi, 2010-201807 Jul 2021
PDB Triwulanan overhead dasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
PDB Triwulanan atas dasar Harga fungsi Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
sebaran PDB Triwulanan atas dasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan Q to Q PDB Triwulanan atas mendasar Harga konstan Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan Y on Y PDB Triwulanan overhead mendasar Harga fungsi Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan C to C PDB Triwulanan overhead radikal Harga fungsi Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
Laju implisit Q to Q PDB Triwulanan Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
Laju underhand Y on Y PDB Triwulanan Menurut Pengeluaran, 2000-201415 Jul 2020Statistik Dasar
PDB atas dasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1993-200015 Jul 2020Statistik Dasar
PDB atas dasar Harga difungsikan Menurut Pengeluaran, 1993-200015 Jul 2020Statistik Dasar
menyebarnya PDB atas radikal Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1993-200015 Jul 2020Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan Y on Y PDB atas radikal Harga difungsikan Menurut Pengeluaran, 1993-200015 Jul 2020Statistik Dasar
Laju underhand PDB Menurut Pengeluaran, 1993-200015 Jul 2020Statistik Dasar
PDB overhead mendasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1983-199315 Jul 2020Statistik Dasar
PDB atas dasar Harga konstan Menurut Pengeluaran, 1983-199315 Jul 2020Statistik Dasar
difusi PDB atas mendasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1983-199315 Jul 2020Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan Y on Y PDB atas radikal Harga konstan Menurut Pengeluaran, 1983-199315 Jul 2020Statistik Dasar
Laju implisit PDB Menurut Pengeluaran, 1983-199315 Jul 2020Statistik Dasar
PDB atas dasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1973-198315 Jul 2020Statistik Dasar
PDB overhead mendasar Harga difungsikan Menurut Pengeluaran, 1973-198315 Jul 2020Statistik Dasar
menyebarnya PDB overhead dasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1973-198315 Jul 2020Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan Y on Y PDB atas radikal Harga konstan Menurut Pengeluaran, 1973-198315 Jul 2020Statistik Dasar
Laju implisit PDB Menurut Pengeluaran, 1973-198315 Jul 2020Statistik Dasar
PDB overhead mendasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1960-197315 Jul 2020Statistik Dasar
PDB overhead mendasar Harga difungsikan Menurut Pengeluaran, 1960-197315 Jul 2020Statistik Dasar
menyebarnya PDB atas mendasar Harga Berlaku Menurut Pengeluaran, 1960-197315 Jul 2020Statistik Dasar
Laju Pertumbuhan Y on Y PDB overhead dasar Harga fungsi Menurut Pengeluaran, 1960-197315 Jul 2020Statistik Dasar
Laju di bawah PDB Menurut Pengeluaran, 1960-197315 Jul 2020Statistik Dasar