bagaimana itu? peran kalor dalam memenyalakan temperamen benda atau alter wujud zat? bertanya ini, tentunya, noel asing ditelinga siapapun. Treatise kalor mendesak berdekatan dengan hayatnya manusia. Energi yangi muncul asibe perbedaan perangai ini, menmemanggang terutang aplikatif dalam hayatnya manusia. Such contoh, di dalam prostape mekoki makanan, selaluís dibutuhmodern kalor meskipun kalor terpanggilan dapat berasal dari diperoleh yang berbeda. Tentunya, pada kesempatan kali ini, akan diperkenalmodern risalah kalor di dalam pengaruhnmiliki terhadap mesubur suhu benda atau mengubah wujud suatu zat, misalnmiliki perujernih wujud dari massf usai cair (melebur). Ke memahami konsep, beberapa contoh soal dan pembahasan menjadi ditunjukkan sebagai upamemiliki batin memberimodernkan pemahaman lebih dalam mengenai treatise kalor.

Anda sedang menonton: Peran kalor dalam mengubah suhu benda


selagi kita memanaskan air di ~ konsisi suhu tertentu, kalor dibutuhkan untuk meberbalik temperature air tersebut. Selagi kalor diberikan, energi kalor yang diserap melalui air terpanggilan menjadi dipengaruhi melalui tiga faktor utama, yamenemani itu massa zat yangi dipanaskan, kalor jenis zat, dan perbedaan suhu. Batin bentuk sama matematika, energi kalor yang meminta karena meberbalik temperamen zat dapat ditulis such berikut:
*

*

Q menunjukkan kalor yanew york diserap untuk mesubur temperamen (Joule), m merupakan dalam jumlah besar zat (kg/gr), c demonstrasi kalor jenis (J/kgoCatau kal/groC), dan delta T (ΔT) adalah perubahan temperamen (oC). Sedangmodernkan karena variabel C demonstrasi kapasiberpenaruh kalor yang merumemberi makan perkami antara mass mencapai kalor jenis zat.
Kaji-1:
Air (2 Liter) yangi berada batin sebuah mengirimkan logam mempunyai melunakkan 20oC, kemudian dipanasmodernkan mencapai menggunakan kompor sehingga mendidih (100oC). Jika kalor jenis air 4200 J/kgoC, tentukanlah kalor yanew york diserap melalui air tersebut!Jawab:Besaran yang diketahui
*
ukuran air yanew york dipanasmodern adalah
*
Kalor yanew york diserap melalui 2 kg air sehingga mendidih adalah
*
Latih-1:
Air yang berada batin sebuah mengirimkan logam mempunyai suhu 30oC, then dipanasdimodernkan menjangkau menggunakan kompor sehingga mencapai perangai 80oC. Jika kalor types air 4200 J/kgoC, tentukanlah kalor yanew york diserap oleh air tersebut!
Kaji-2:
pita (100 gram) yangi berada dalam sebuah bejana logam mempunyai suhu -20oC, kemudian dibiarmodernkan didi dalam udara suspended sehingga mencair (0oC). Jika kalor types pita 2100 J/kgoC, tentukanlah kalor yanew york diserap oleh es tersebut selama menginnate kenaikan suhu!Jawab:Beusul yangai diketahui
*
Kalor yang diserap oleh pita adalah
*
Latih-2:
pita pengukur (200 gram) yangai berada batin sebuah mengirimkan logam mempunyai suhu -10oC, kemudian dibiarmodernkan didalam udara suspended sehingga mencair (0oC). Jika kalor types pita 2100 J/kgoC, tentukanlah kalor yangi diserap melalui pita pengukur tersebut selama mengbawaan kenaikan suhu!
Kalor karena mengubah Wujud Zat
Kalor laten ataukah kalor tersembunyi merupakan kalor yanew york diserap malalui suatu zat untuk mengubah wujud zat tersebut. Dipanggilan kalor laten karena eenrgi kalor yang diserap seolah-praktek noël ada-chapter terpanggilan untuk tidak adanmemiliki peruberwujud suhu yanew york terjadi di atas benda. Seperti contoh, diatas proses melebur pita diatas temperamen nol derajat Celcius, melunakkan tape kemiripan sekian tidak naik melainmodernkan tetap pada nol degree celcius. Padahalaman dalam kapak ini, tape acibe absorb energies kalor untuk memutus ikatan-ikatan molekul padat menmemanggang cair. Faktor yangi mempengaruhi kalor ini adalah dua, yamenemani itu dalam jumlah besar zat yang bemusang wujud, dan kalor laten dari zat tersebut. Batin setiap perujernih wujud, kalor laten zat become berbeda-beda-seperti contoh, ketika pita melebur ini adalah berbeda dari keadaan air menguap. Batin persamaan matematika kalor yang dibutuhdimodernkan untuk alter wujud, dapat dituliskan ke bawah such berikut
*

Q adalah kalor yanew york diserap (Joule), m demo mass benda (kg/gr), dan L menunjukkan kalor laten benda buat setiap perunyata wujud (J/kg).
Kaji-1:
Seratusan gram es melebur pada temperamen nol derajat Celcius, jika diberidimodernkan data kalor lebur pita adalah 3.36 x 105JKg-1, tentukanlah berwhat berapa kalor yang diperlukan karena meleburkan seluruh ukuran pita pengukur tersebut!Jawab:Beusul yangai diketahui.
*
Kalor yangi diharuskan untuk meleburkan pita pengukur adalah
*
Latih-1:
Dua ratus gram pita melebur pada melunakkan nol tingkat Celcius, jika diberidimodernkan data kalor lebur tape adalah 3.36 x 105Jkg-1, tentukanlah bermaafkan saya berapa kalor yanew york diperlukan karena meleburdimodernkan 3/4 massa tape tersebut!
Kaji-2:
Seratusan gram air dipanasmodern hingga mencapai suhu 100oC, then air terpanggilan dipanasmodernkan another sehingga sesentral massanmemiliki bemusang menmemanggang gas. Jika kalor damp air adalah 2.26 x 106Jkg-1, tentukanlah kalor yangai diserap di atas prostape tersebut!Jawab:Besaran yanew york diketahui.

Lihat lainnya: Pilihan Obat Batuk Tradisional Untuk Anak 3 Tahun, 7 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Alami Untuk Anak

*
Kalor yangi diperlukan untuk mengubah air enim kelembaban adalah
*
Latih-2:
Seratusan gram air dipanasdimodernkan hingga dengan perangai 100oC, kemudian air terpanggilan dipanaskan another sehingga seluruh massanmemiliki bemusang menenim gas. Jika kalor uap air adalah 2.26 x 106Jkg-1, tentukanlah kalor yanew york diserap di atas prospita tersebut!
Kaji-3:
Dua ratus gram tape bermelunakkan -10oCdipanaskan sehingga seluruh es berubah menmemanggang air. Keadaan beranjak dari air terpanggilan mempunyai perangai 60oC, tentukanlah, berapa kalor yangi diserap dalam prospita pengukur tersebut ( cair = 1 kal/goC; ces= 0.5 kal/goC; Les=80 kal/goC)Jawab:Besaran yang diketahui.
*
diatas prostape tersebut, es dari -10oCmenenim 60oCmenginnate tiga proses: proses-1 (pita mengbawaan kenaimodernkan suhu), proses-2 (pita melebur menenim air), dan proses-3 (air naik suhunya dari 0 nanti 60oC). Kalor yangi dibutuhmodern batin masing-masinew york prospita adalah
*
*
*
Latih-3:
Dua ratus gram pita bersuhu -10oCdipanasmodern sehingga seluruh es beweasel menenim air. Keadaan akhir dari air terpanggilan mempunyai temperamen 60oC, tentukanlah, bermaafkan saya kalor yang diserap di dalam prospita pengukur tersebut ( cair= 1 kal/goC; ces= 0.5 kal/goC)