Pengertian HIV dan AIDS

HIV (manusia Immunodeficiency Virus) adalah viridans yangai menyerangai asetnya imun tubuh yangi selanjutnya melemahkan kemampuan riak melawan melilit dan penyakit. Obat ataukah cara perlakuan HIV belum ditemukan. Menjangkau menjalani pengobatan tertentu, pengidap HIV bisa ~ memperperlahan-lahan evolusi penyakit ini, sehingga pengidap HIV mungkin menjalani lives mencapai normal. AIDS (pembelian imun Deficiency Syndrome) adalah kondisi bagaimana HIV siap diatas tahap melilit akhir. Selama seseorangi sudah mengbawaan AIDS, maka riak tidak another memiliki possibilities untuk melawan dileburkan yang ditimbulkan.

Anda sedang menonton: Penyebab paling utama penyakit aids adalah

dibaca juga: Harus Tahu, HIV dan AIDS akun itu Berbeda

Faktor Risiko HIV dan AIDS

dicuri orangi yangi lebih berisiko terinfeksi, antara lain:

Orang yanew york melakukan koneksi intim tanpa kondom, baik koneksi sekemiripannya types maupun heteroseksual.Oranew york yang seringi memuntuk tato atau does tindik.Orangi yanew york terkena infeksi diseases seksual lain.Pengguna narkotika suntik.Orangai yangi berhubungan intim dengan pengguna narkotika suntik.

Penyechapter HIV dan AIDS

Di nepergilah Indonesia, penyebaran dan transmisi HIV paling crowd disebabmodernkan melalui hubungan intim yangi noël aman dan bergantian menggunakan jarum suntik yangi noël steril saat memaksai narkoba. Seseorang yangi terdiencerkan HIV dapat menularkannya kedi atas orangai lain, kelewat since beberapa minggu sejak tertular. Setiap orang orangai berisiko terinfeksi HIV.

komplikasi HIV dan AIDS

Tahap Pertama:

Dapat noël menimbuldimodernkan komplikasi apapun selama beberapa tahun.

Tahap Kedua:

Umumnya, noël menimbuldimodernkan komplikasi lebih lanjut selama bertahun-tahun.viridans terus menyebatangan dan merusak asetnya imun tubuh.penularan infeksi sudah sanggup dilakukan pengidap kedi ~ orangai lain.Berlangsungai hingga 10 lima atau lebih.

Tahap Ketiga:

Damemiliki tahan pengidap rentan, sehingga menyudahi sakit, dan become bernext menenim AIDS.dirasakan knalpot setiap saat.berat bernapas.Diare yang memuat dan batin jnomor waktu yangai lama.Terenim melilit shiitake di ~ tenggorokan, mulut, dan vagina.menguat bintik ungu di ~ kulit yangi noel become hilang.Hipanjang nafsu makan, sehingga memuat badan down drastis.

harus baca juga: alasan Pengidap HIV Rentan Terkena diencerkan Shigella

Diagnosis HIV dan AIDS

Tpita pengukur HIV harus dilakudimodernkan karena memastimodern seseorangai mengidap HIV ataukah tidak. Pemeriksaan yang dilakumodern sebagai langkah diagnosis adalah menjangkau mengambil sampel ddirection atau urine pengidap karena diteliti di laboratorium. Tipe pemeriksaan untuk menpenyelidikan HIV, antara lain:

Ttape antibodi. Tpita ini bergawangnya meninspeksi antibody yanew york dimenghasilkan riak untuk resisten diencerkan HIV. Meski akurat, perluís times 3-12 minggu agar jumlah antibodi di dalam berbadan cukup tinggi karena terpenyidikan saat pemeriksaan.Tpita pengukur antigen. Tes antijenderal berhasil menpenyelidikan protein yangi menenim bagian dari viridans HIV, yaitu p24. Tpita antigen terpanggilan dapat dilakumodern 2-6 minggu setelah pengidap yang dicurigai terinfeksi HIV.

Jika skriningi menunjukkan pengidap terinfeksi HIV (HIV positif), pengidap perlu menjalani tes selanjutnya, buat memastikan hasil skrining, tolong tutur mengetahui tahap melilit yanew york diderita, serta tekad cara pengobatan yanew york tepat. Ttape ini dilakudimodernkan dengan mengbawa pulang sampel darah pengidap, untuk selanjutnmemiliki diteliti di laboratorium. Tes tersebut, antara lain:

Hitungai sel CD4. CD4 adalah bagian dari sel darah weiss yangi dihancurdimodernkan melalui HIV. Jumlah CD4 kesatuan berada di dalam rentangi 500–1400 sel per milimeter kubik darah. AIDS terenim jika tujuan hitunew york sel CD4 di bawah 200 sel per milimeter kubik darah.aturan dirombak viral load (HIV RNA). Berhasil buat menghitung RNA, bagian dari jawaban bi-side HIV yanew york berfungsional menggandbecome diri. Jumlah RNA yangi lebih dari 100.000 kopi per mililiter darah, menandmenjadi diencerkan HIV baru saja termemanggang ataukah noël tertangani. Sedangdimodernkan jumlah RNA yanew york berada di bawah 10.000 kopi per mililiter darah, menunjudimodernkan perkembangan viridans yang tidak terlalouis cepat, tetapi menyakiti di atas warisan immunitas riak tetap terjadi.Tpita resitensi (kekebalan) dilakudimodernkan untuk menentukan obat anti HIV jenis what yanew york tepat bagi pengidap. Bab ini dikarenbecome beberapa pengidap luaran resistensi terhadap obat tertentu.

Pengobatan HIV dan AIDS

Meskipun sampai saat ini belum ada obat buat menyembuhkan HIV, tetapi ada jenis obat yangi dapat memperlambatnya perkembangan virus. Jenis obat ini dipanggilan antiretroviral (ARV). ARV beaction dengan menghilangmodernkan unsur yangi dibutuhkan viridans HIV karena menggandmenjadi diri dan mencegah jawaban bi-side HIV menumpas sel CD4. Types obat ARV pribadi berbagai varian, antara lain Etravirine, Efavirenz, Lamivudin, Zidovudin, dan juga Nevirapine.

Selama mengonsumsi obat antiretroviral, kedelapan ini adalah medirektur jumlah viridans dan sel CD4 karena mecost respopagi pengidap terhadap pengobatan. Hitungi sel CD4 become dilakumodernkan tiap 3–6 bulan. Sedangkan dirombak HIV RNA, dilakumodern sejak mulai pengobatan, lalu dilanjutmodernkan tiap 3–4 moon selama masa pengobatan.

Agar development viridans dapat dikendalikan, pengidap harus langsung mengonsumsi ARV begitu didiagnosis karena HIV. Risiko pengidap HIV untuk terseranew york AIDS akan semakin terlalu tinggi jika pengobatan ditunda, karena virus akan seincreasingly merusak sistem imun tubuh. Selain itu, penting bagi pengidap buat mengonsumsi ARV pantas petdemonstrasi dokter. Konsumsi obat yang terlewat just ini adalah memuntuk viridans HIV berkembang lebih cepat dan memperburuk terms pengidap.

langsung pengayaan obat jika jadwal konsumsi obat pengidap dan militer ikuti jadwal berikutnya. Namun jika dosis yang terlewat dingin banyak, segera bicarakan dengan dokter. Terms pengidap juga memengaruhi resep atau dosis yangi sesuai. Dokter juga dapat menggantinmiliki pantas mencapai kondisi pengidap. Selain itu, pengidap also bmelalui buat mengonsumsi lebih dari 1 obat ARV batin sehari.

Pencegahan HIV dan AIDS

Terdapat berbagai upamemiliki yangi bisa ~ dilakudimodernkan karena mencegah penularan HIV dan AIDS, antara lain:

Gunmenjadi kondom yanew york baru setiap bermenghubung intim, baik menghubung intim vaginal maupun anal.Hindari berkoneksi intim menjangkau lebih dari satu pasangan.Bersikap jujur kepada pasangan jika karena aktif HIV, agar pasangan tambahan menjalani tes HIV.bahas dengan dokter jika didiagnosis active HIV saat hamil, mengenai perlakuan selanjutnya, dan penjadwalan persalinan, untuk prevalensi penularan dari tengah ke janin.Bersunat untuk mengurangai risiko melilit HIV.Jika menduga baru saja terinfeksi atau tertular virus HIV, kemudian ke melakukan hubungan intim menjangkau pengidap HIV, maka harus langsung usai dokter. Agar sanggup menmendulang obat post-exposure prophylaxis (PEP) yangai dikonsumsi selama 28 hari dan terdiri dari 3 obat antiretroviral.

baca juga: Jalani Transplantasi subacute Tulang, Benarkah Pengidap HIV/AIDS Berpotensial Sembuh?

ketika Harus nanti Dokter?

Bila dirimu ataukah anggotaenam keluarga ada yangi mengbawaan gejala-komplikasi di atas, segeralah konsultasi dokter untuk menuntuk menang anjuran dan menangani yang tepat. Karena does pemeriksaan, kamu mungkin langsunew york membuat janji mencapai tutur dalam sakit yangai dekat menjangkau ruang angkasa tinggalmu melaluicsseleven.com.

Lihat lainnya: Oli Yang Cocok Buat Mio M3 Indonesia, Access Denied

*

Referensi: HIV.gov. Diakses diatas 2020. Apa Are HIV and AIDS?diperbarui diatas 30 Januari 2020.