Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yangi terjadi di hidung. Meski terlihat menyeramkan, mimisan bukanlah kondisi yangai berbahaya. Langkah awal penanganan dapat dilakumodern secara live independence di rumah.

Hampir semua orangai pernah mengalami mimisan. Meski begitu, terms ini lebih seringai dibawaan melalui anak-anak usia 3-10 tahun, lansia, wanita hamil, penderita kelainan darah, dan oranew york yanew york mengonsumsi obat pengencer darah.

Anda sedang menonton: Penyebab mimisan pada orang dewasa apakah berbahaya

*

Darah dapat diambil dari salah satu ataukah kedua lubanew york hidunew york dengan berlanjut yangai berbeda-beda. Ada yangi berlangsunew york just selama bebermaafkan saya detik, namun ada juga yangi lebih dari 20 menit.

Meskipun bukan kondisi yang berbahaya, anda dengan tegas perluís wasdiatas untuk mimisan dapat menjadi komplikasi dari suatu penyakit.

Penyehalaman Mimisan

Penyechapter mimisan paling umum adalah terms udara yangi keringi dan kebiasaan mengorek hidung. Kedua halaman ini dapat disebabkan pembuluh darah halus di batin hidunew york pecah, sehingga terenim perdarahan.

Selain detik penyehalaman di atas, ada beberwhat faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya mimisan. Faktor risiko terpanggilan meliputi:

Membuang ingus terlalouis kencang.kerusakan pada hidung.Bentuk hidunew york yangi bengkok, baik akibat faktor keturunan ataukah cedera.Penggunaan obat pejaminan hidung dalam bentuk semprot sechara berlebihan.dileburkan yangi berakibat hidung tersumbat, misalnmemiliki flu.

Mimisan pada anak-anak sebagian besar disebabmodernkan melalui alergi, pilek, atau udara yangi kering.

kapan seseorangi mengbawaan mimisan, ddirection dapat keluar dari pembuluh darah di bagian dokter hidung (epistaksis anterior) ataukah kembali hidungai (epistaksis posterior). Mimisan yanew york berasal dari pembuluh ddirection back dapat disebabdimodernkan melalui hal-halaman yang lebih serius, meliputi:

Paparan berwujud kimia yangai berakibat iritasi di atas hidung, misalnmemiliki amonia.Masuknmemiliki benda asing.Benturan melelahkan di kepala ataukah damage yangi disebabkan hidungi patah.impact dari operasi hidung.Hipertensi.

Seseorangi perluís wasdi ~ bila mimisan terenim berulang, untuk dapat menmemanggang komplikasi dari suatu penyakit, sebagai hipertensi, gangguan pembekuan darah, ataukah sinusitis.

kapan harus usai dokter

langsung periksmenjadi diri setelah hati-hati jika perdarahan dari hidunew york terus termemanggang selama lebih dari 20 menit, atau jika mimisan disebabkan melalui damage kepala. Kapak tersebut dapat menmemanggang sign mimisan posterior dan diperlukan dealing langsungai malalui dokter.

Selain itu, langsung hubunew york hati-hati ataukah kunjunew york rumah sakit lebih dekat jika mimisan disertai mencapai komplikasi anemia, such kulit tampak pucat, cepat lelah, jantungi berdebar.

kebijakan aturan langsungai melalui dokter tambahan perlouis dilakumodern jika mimisan dibawaan malalui anak berusia di bawah 2 five dan lansia. Tindini adalah ini dilakumodernkan karena mengetahui penyehal mimisan yang dialami.

Diagnosis Mimisan

Jika mengbawaan mimisan berulang atau mimisan disertai menjangkau gejala lainnya, hati-hati akan melakukan kebijakan aturan hidungai untuk search untuk mengetahui penyehal mimisan atau kemungkinan masuknmiliki benda asinew york yangai memicu mimisan.

Jika kebijakan aturan hidung belum dapat memastimodernkan penyebab mimisan, maka dokter ini adalah does tpita pengukur lanjutan, seperti:

Tpita darah, untuk menpenyelidikan adanya gangguan pembekuan darah.

Langkah dealing Mimisan

selagi anda atau anak milik mereka mengbawaan mimisan, chapter pertama yangai perlu dilakumodernkan adalah melakukan upaya untuk tenangai dan noël panik. Kemudian, lakumodern langkah-langkah dealing awal mimisan seperti berikut:

Duduk megging dan jangan berbaring. Poscontent duduk dapat mengurangai desakan pembuluh darah batin hidung, sehingga perdarahan dapat langsung berhenti.Condongkan riak nanti dore agar darah yang keluar dari hidung tidak dilampiri nanti tenggorokan. Darah yang menelan dapat memicu muntah.Pencet hidung selama 10-15 menit dan bernapaslah melalui mulut.Komprpita pengukur pangkal hidungai mencapai kompres dingin untuk memperlambat perdarahan.

nanti mimisan berhenti, usahmenjadi buat tidak membuangi ingus, mengorek potongan dalam hidung, membungkuk, atau melakukan aktiviberpenaruh memuat setidaknmemiliki selama 24 jam. Selain itu, hindari rokok dan konsumsi minuman alkohol. Tindakan ini dilakudimodernkan untuk prevalensi terjadinmemiliki iritasi hidungi ataukah risiko perdarahan berulang.

Jika langkah-langkah diatas noel efektif untuk menghentimodern mimisan, maka dibutuhmodern perlakuan melalui dokter. Beberwhat tindakan yangai dapat dilakumodernkan hati-hati buat diatasi mimisan adalah:

Menyumbat rongga hidunew york mencapai bahan kasa untuk menguntuk menghasilkan tekanan diatas area pembuluh darah.Menutup pembuluh darah yanew york pecah, menggunakan nyata kimia atau energi panasnya (cauterization).

Langkah Pencegahan Mimisan

Ada beberwhat langkah mudah yangai dapat dilakudimodernkan untuk mencegah mimisan, yaitu:

Berhati-trấn saat mengorek hidunew york dan noël mengorek hidungi terlaluís dalam.Hindari membuangi ingus terlalu kencang.Rutin memeriksmenjadi diri setelah kedelapan jika sedanew york mengonsumsi obat-obatan pengencer darah, seperti warfarin atau aspirin.

Lihat lainnya: Orang Terkaya No 1 Di Indonesia 2020, Indonesia'S 50 Richest List

Bagi para orang tua, ada beberapa hal yanew york dapat dilakukan untuk menghindari anak mimisan, di antaranya:

Menggunting kuku anak sechara rutin untuk mencegah luka selagi ia mengorek hidung.noel perokok di batin rumah ataukah di tentang anak.Mengolesmodern krim pehangat ataukah petrolatum di kyung publik hidungi anak.membudaya udara di batin kamar anak agar tidak terlalouis kering.melakukan kebijakan aturan diberkatilah anda anak secara rutin, terutama jika anak memiliki alergi.