csseleven.com.com, Jakarta penyakit yanew york disebabmodern melalui polusi udara didominasi malalui masalah pada organ pernapasan. Penelitian cantik menulis soal ancaman diseases buat polusi udara bagi paru dan saluran pernapasan. Polusi udara sanggup mesalah organ dalam tubuh manusia.

Anda sedang menonton: Penyakit yang disebabkan oleh polusi udara

Sumber-sumber mengotori such pabrik industri, kendaraan bermotor, dan polutan lainnmemiliki memuntuk membuat partikel terdispersi, ozon, karbon monoksida, nitrojenderal oksida, sulfur dioksida, dan timbal. Jika dilampiri ke batin tubuh, polutan mungkin berakibat intervensi kesehatan, yangai dapat beracibe fatal.


dibaca Juga


penyakit yanew york disebabmodernkan malalui kontaminasi udara dapat memperburuk dan mesalah organ tubuh. Pegang health dunia (WHO) mengungkap, sembilan dari 10 orang di dunia napas udara yanew york mengandungai polutan tingkat tinggi. Polutan tinggi berpengaruh diatas setiap organ dalam tubuh.

Jadi, mulai lebih wasdiatas terhadap kontaminasi udara yanew york ada di sekitar. Gunmenjadi masker saat beraktivikantong luarnya rumah. Terapmodernkan juga gaya lives sehat setiap days agar imuniberpenaruh militer terjaga. Apabila muncul komplikasi gangguan pernapasan, segeralah konsultasimodern mencapai dokter.


2 dari 5 halaman

diseases yanew york Disebabmodernkan malalui polusi Udara


*

Perbesar
ISPA
penyakit saluran Pernapasan

saluran pernapasan adalah organ kepala yanew york dapat dipengaruhi polusi udara. Kontaminasi udara menenim penyehalaman kematian lebih dari 800.000 orangai (diseases paru obstruktif kronis/COPD) dan 280.000 oranew york kena kanker paru-paru.

Sepotongan terlalu tinggi pasien mencapai penyakit pernapasan kronis yangi parah mengbawaan sesak napas. Ini dipengaruhi kontaminasi udara. Polutan udara ikut memengaruhi seluruh bagian sistem pernapasan.

mengotori yangi menyasar anak dikaitmodern mencapai mengai dan asma. Laju pertumbuhan fungsi paru-paru also bisa ~ berkuranew york akibat paparan polutan 89,90. Diatas orangi dewasa, paparan jnomor panjangi terhadap polusi udara berisiko menurunkan fungsional paru-paru, yanew york dipercepat mencapai penuaan. Anak-anak also berisiko asma.

Selain asma, polusi udara dikaitdimodernkan menjangkau risiko kanker paru-paru dan radang tenggorokan kronis. Kontaminasi udara rumah tangga mungkin lebih menyakiti daripada polusi udara luar untuk konsentrasi dan lamanmiliki paparan. Kapak ini merumemberi makan faktor risiko terutama COPD dan bronkitis kronis di negara-negara berpenghasilan rendah

penyakit Kardiovaskular

polusi udara terkait mencapai peningkatan risiko kematian acibe penyakit kardiovaskular, infark miokard, stroke, dan gagal jantungai kongestif. Diperkirakan 19 persen dari kematian untuk kardiovaskular, 23 persen kematian asibe penyakit jantung, dan 21 persen wafatnya karena stroke.

Studi digali menghubung polusi udara mencapai muka mortalitas infark miokard, stroke, rindu jantung, dan hipertensi. Peningkatan batin kadar karboksihemoglobin (di dalam kiusul 3 persen-6 persen) dapat terjadi ketika individu terpapar polusi dan memicu aritmia yang disertai penyakit jantungi koroner.

penyakit Kulit

Kualikantong kulit also dipengaruhi polusi udara, sebagai peruberwujud tingkat dan komposcontent kulit. Beberwhat penyakit kulit telah dikaitkan dengan polusi udara. Sebuah penelitian menemukan, polusi udara concern penyakit kulit atopik danurtikaria (eksim atopik) dan sebore (frekuensi ketombe yangai lebih rendah) .Urticaria (biduran) tambahan termemliki mencapai polusi udara.

Biduran dapat termemanggang saat seseorangi kena paparan lebih buruk selama 2 hingga 3 hari. Sejumlah penelitian menemukan, tautan active antara polusi udara dan prevalensi serta pembayaran di muka eksim, termajor pada anak-anak. Paparan polusi udara luar dan batin ruangan juga terkait menjangkau maju penuaan kulit.


Kanker

polusi udara telah diklasifikasimodern kemudian karsinogenesis bagi manusia melalui International Agency for Research on Cancer berdasarmodernkan membuktikan dari studi epidemiologi. Berbagai penelitian menunjukkan, menghubung antara paparan PM2.5 dan risiko kanker paru.

Asap knalpot mesin diesel telah diidentifikasikan WHO sebagai karsinogene berdasarkan bukti adanmemiliki menghubung dengan kanker paru. Paparan diesel knalpot atau polusi lalu lintas juga memicu terjadinmemiliki tumor paru jinak dan ganas.

Paparan polusi udara rupanmemiliki ikut terlibat di dalam wafatnya kanker kandunew york kemih. Studi di Spanyol melaporkan, hubungan antara emisi hidrokarbon aromatik polycyclic dan diesel exhaust serta kanker kandungi kemih di ~ penduduk sechara jnumeral panjangai di quenn yangi tercemar industri.

penyakit Mata

Iritasi mata dapat terenim sebagai menjawab terhadap kabut. Kondisi ini sering tidak dapat bagi pemaksai lensa kontak. Katarak pada banci yang terpapar kontaminasi udara rumah tangga di negara-negara berpenghasilan inferioritas implisit tinggi. Ini diaktifkan penurunan kelembaban termemliki diseases mata kering.

diseases Tulang

Faktor lingkungan berperan di dalam berdensitas tulang dan mineralisasi. Patah tupanjang terkait osteoporosis lebih umum di daerah konsentrasi kontaminasi udara PM2.5 yangi lebih tinggi. Efeknmemiliki lebih besar bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Paparan polusi udara jangka panjanew york dikaitdimodernkan mencapai mengurangai kepadatan mineral tulang dan patah tulang pada pria lanjut usia.


*

penyakit Autoimun

Paparan lingkungan dapat minum risiko penyakit autoimun. Paru-paru memiliki area permukaannya yangi mampu bersenbapak mencapai segudanew york antigen. Ini memiliki kepekaan dan aset antigene yangi dapat memkarena sendiri rentan terhadap intervensi autoimun.

polusi udara merumemberi makan faktor potensi yangai memicu penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis (radangai sendi) dan systemic lupus eri temis (lupus). Penelitian di Kanada menemukan, maju peluang penyakit rematik mencapai maju paparan polusi udara PM2.5. Mengotori udara tambahan dapat memicu ataukah memperburuk radang sendi idiopatik (penyakit reumatik) di ~ remaja.

penyakit Hati

Studi Taiwan terhadap 23.820 orangai digali paparan polusi udara PM2.5 perhatian pembayaran di muka risiko hepatoseluler (tumor agresif hati). Peneliti juga mencatat pembayaran di muka kadar aminotransferase (enzim di hati) menunjukkan, tumor dapat terjadi asibe peradangan kronis.

diseases Ginjal

Ginjal implisit organ yangai rentan terhadap gangguan pembuluh ddirection besar dan kecil. Tak ayal, memengaruhi inflamasi sistemik dari paparan kontaminasi udara mungkin menyasar ginjal.

Penelitian menunjukkan, menghirup uap asap diesel kian memperburuk rindu ginjal kronis. Bab ini minum peradangan dan menyakiti DNA. Ada tambahan hubungan penurunan fungsi ginjal mencapai pencemaran kontaminasi PM.84.


penyakit Neurologis

kontaminasi udara punmiliki memengaruhi merusak fungsi kognitif dan maju risiko demensia dan strousai di ~ oranew york kematangan yanew york lebih tua. Berangkasa tinggal dekatnya jalan ramiliki dapat mudah terpapar kontaminasi udara.

kontaminasi udara dapat mesalah otak yanew york sedang berkembang. Menyakiti ini dapat mebuyar fungsional kognitif di seluruh rentangai kehidupan. Penelitian menemukan, paparan anak usia dini untuk PM2.5 termemliki menjangkau keterlambatan perkembangan psikowajar dan kecerdasan anak yanew york lebih rendah.

Studi di Mexico City menemukan, anak-anak yanew york tinggal di quận yang lebih berpolusi punmemiliki kognitif yangi lebih buruk.

Diabetes, Obesitas, dan penyakit Endokrin

Bebermaafkan saya penelitian mengaitdimodernkan kontaminasi udara dan diabetpita mellitus tipe 2. Ada tambahan risiko sindrom metabolik di atas orang yangai terpapar polusi PM10.

Beberwhat perubahan garis berefek penumpumodern lemak terjadi karena paparan kontaminasi udara. Anak-anak also mudah menginnate resistensi insulin--kapak selama sel-sel riak tidak dapat menggunbecome gula darah dengan baik untuk terganggunmiliki reaksi sel sikap terhadap insulin.

penyakit Gastrointestinal

Meskipun kuranew york diselidiki, kontaminasi udara dikaitdimodernkan menjangkau bebermaafkan saya kondisi gastrointestinal (radangi kanal cerna), tersirat inflamasi bowel disease (radangi usus), tukak lambung, dan radangi usus buntu.

Lihat lainnya: Pertukaran Udara Pernapasan Pada Manusia Berlangsung Di Dalam

Studi kasus paparan polusi kronis di Inggris menemukan, oangai yangi lebih anak laki-laki berisiko kena penyakit Crohn jika mereka tinggal di quenn dengan tingkat pencemar tinggi.