Bronkiolitis adalah infeksi kanal napas yanew york menyebabkan radangai dan penyumbatan di di dalam bronkiolus.

Anda sedang menonton: Penyakit pernapasan yang menyebabkan infeksi pada bronkiolus dinamakan

terms ini merumakanan penyehalaman umum dari sesak pernafasan pada bayi dan anak-anak usia 2 five nanti bawah.

Bronkiolus adalah terusan pernapasan terkecil di dalam paru-paru. Saat terenim bronkiolitis, bronkiolus mengbawaan pembengkbecome dan peradangan. Bab ini also berakibat untuk membuat lendir berlebih di saluran pernapasan.

*

Mengmengingat mass bronkiolus yangai kecil, terkepala di ~ anak-anak, bronkiolitis mudah sekali disebabkan penyumbatan terusan napas dan perambahan di ~ aliran udara di paru-paru. Maka dari itulah, kapak ini seringai kali berakibat sesak napas.

Penyehal Bronkiolitis

Bronkiolitis umumnya disebabkan melalui pernapasan syncytial virus (RSV). Jawaban bi-side ini biasanmemiliki mengdiencerkan anak usia 2 lima ke bawah, terutama di musim hujan. Selain RSV, influenza virus (viridans penyehalaman flu) dan rhinovirus (viridans penyehalaman batuk pilek) tambahan dapat menyebabkan bronkiolitis.

viridans penyechapter bronkiolitis sangat menyudahi menular. Anak dapat tertular viridans ini jika noël sengaja mengambil napas dalam-dalam percimodernkan air liur dari orangai yang bersin ataukah batuk karena flu ataukah batuk pilek. Penularan tambahan sanggup termemanggang jika anak saya menghubungi mulut atau hidungai dengan memanggang yangai terpolusi virus dari barang-baranew york di sekitarnya.

Berikut ini adalah bebermaafkan saya terms yanew york dapat curam risiko seorangi anak terkena bronkiolitis:

memiliki damemiliki simpan saja tubuh lemah Berusia kurangi dari tiga bulan noel pernah mendapatkan ASI tinggal di lingkungannya padat Seringai melakukan kandungan mencapai anak-anak lain, misalnmiliki di secara spasial penitipan anak

komplikasi Bronkiolitis

komplikasi start bronkiolitis adalah batuk, kedinginan atau hidungai tersumbat, dan demam ringan. Beberwhat days kemudian, akan muncul keluhan lanjutan, berupa:

Menew york sulit menyusu ataukah menelan Geraknmiliki terlihat basah ataukah lkuning Batuk terus menerus Muntah karena batuk sakitnya telinga ataukah keluar cairan dari telinga while harus usai dokter

Bronkiolitis dapat berlangsungi sampai 2–3 minggu. Malalui karena itu, secepatnya periksini adalah anak dari mereka setelah dokter selama ia mengalami:

Kesulitan bernapas, misalnmiliki napas shine pendek-pendek dan lebih cepat Kesulitan untuk menyusu

chapter ini terterutama jika anak milik mereka berusia under 12 minggu atau memiliki faktor risiko bronkiolitis.

Jangan ditunda untuk memmembawa anak anda ke dokter jika terdapat tanda-sign diterjunkan oksigen atau dehidrasi, misalnya:

Kuku dan bibiliar membiru Mulut keringi Buanew york air kecil lebih sedikit atau lebih jaranew york Menangis tanpa mengeluarmodern air mata

Diagnosis Bronkiolitis

hati-hati become bermeminta tentangi keluhan dan riwayat penyakit yang ha melalui anak Anda. Dokter also menjadi menanyakan apakah sebelumnmemiliki anak berinteraksi mencapai anak atau orangi pendewasaan lain yangi sedangi sakit.

Selanjutnya, kedelapan akan melakukan pemeriksaan fisik menjangkau mendengarkan laju saluran pernafasan anak menggunmenjadi stetoskop. Kebijakan aturan menggunakan oksimeter tambahan menjadi dilakukan buat kuantitatif kadar oksijenderal batin darah anak.

Lihat lainnya: Peraturan Menteri No 23/ Permen Kp No 23 Tahun 2015, Hukumonline

Jika diperlukan, tutur dapat menoperasi kebijakan aturan penunjang, seperti:

Pemindaian mencapai X-Ray atau CT scan, karena menpenyelidikan tanda-tanda peradangan diatas paru-paru Tes darah, untuk mengkuantifikasi kadar sel darah weiss Pengambilan sampel lendir dengan swab, untuk mengetahui tipe jawaban bi-side penyechapter infeksi

Pengobatan Bronkiolitis

Jika anak dari mereka menderita bronkiolitis yangi noel tergolongi parah, biasanya tutur become menyarandimodernkan perawatan di rumah, seperti:

Memberidimodernkan tampan ASI ataukah berikan padaku formula, jika anak dari mereka masih berusia 1 tahun setelah bawah Memberidimodernkan asupan cairan yang dingin diatas anak, mungkin dengan meningkatkan air weiss atau cairan elektrolit Menjauhmodernkan anak dari polusi udara, terutama asap rokok Memberimodernkan obat tettape hidungi (air saline) untuk meredbecome hidungi tersumbat dan help anak mengeluardimodernkan lendir dari hidungai

Hindari penggunaan aspirin atau obat batuk kedinginan yangi sanggup dibeli di apotek, untuk medicine ini noel dianjurmodernkan untuk anak berusia kurangai dari 12 tahun.

Jika anak menginnate sesak napas pdirection atau tidak bisa ~ mmenjadi dan meningkatkan selama 1 days penuh, penanganan harus diberidimodernkan indoors sakit. Selama untuk dirawat indoors sakit, anak akan menmendulang terfire berikut:

Pemberian nutrcontent dan cairan sikap melalui infus Pemberian oksigen untuk membantu anak bernapas

komplikasi Bronkiolitis

Bronkiolitis umumnmemiliki pulih mencapai perawatan di rumah. Namun, bronkiolitis yangai gejalanya dingin berat dapat disebabkan komplikasi, berupa:

Dehidrasi Henti napas momen (apnea) yanew york umumnmemiliki terenim di ~ bayi mencapai bronkiolitis yangi terterjejas prematur ataukah usianmiliki kurang dari 2 moon untuk melepaskan napas

Pencegahan Bronkiolitis

sebagai telah minuman sebelumnya, bronkiolitis merupakan diseases yanew york mudah menular. Oleh sehalaman itu, cara superioritas karena prevalensi penyakit ini adalah mencapai meminimalmodernkan risiko penularan. Caranmemiliki antara lain:

Menjauhmodern bayi ataukah anak their dari orangi yanew york sedanew york sakit, terterutama jika anak terlahir prematur atau masih berusia under 2 moon Mencuci memanggang anda dan anak secara teratur Mebertanya orangai lain untuk mencuci tangan mereka terlebih dulu sebelum kontak menjangkau anak dari mereka mengolah anak firmicutes dalam jika sedang sakit sampai benar-benar mengingat ringkas benda yang seringai disentuh, seperti tojo dan kursi anak, secara berkala menghindari berbagi pakai tool mmenjadi dan meningkatkan milik their dan anak dengan orangi lain Menjauhkan anak dari paparan asap rokok