*

Pencemaran merkuri memicu epidemi diseases minamata di Jepang. Ribuan menanggung seumur hidup. Maafkan saya yang terjadi? di mana di Indonesia? 

Seringkali, selagi untuk kita baru menyadari sesuatu yang buruk sedangi terjadi, setiap orang sudah terlambat. Itulah situasi di kota Minamata, Jepangi sekitar tahun 1956. Ratusan rmedang roti isi daging sechara misterius mengbawaan kelumpuhan, gangguan saraf, kanker, bahkan sampai berujungai kematian. Noël ada yangai menynomor kalau penyakit yanew york sekarangi dinamakan penyakit Minamata ini disebabmodernkan melalui satu zat racun bernama merkuri.

Anda sedang menonton: Penyakit minamata yang terjadi di jepang disebabkan oleh pencemaran

Teluk Minamata adalah saksi sejarah kelam dan bukti sejati dari dahsyatnmemiliki tabrakan kelalaian human batin menanggulang pencemaran merkuri. Kini Indonesia menghadapi ancaman pencemaran merkuri salah satunya dari aktivitasnya Pertambangan kuning Stentu saja kecil (PESK). 

PESK masih mengandalkan merkuri batin prostape mengeksploitasi emas. Lebih lanjut, buang merkuri yangai dimenghasilkan dari PESK lari nanti bersumber air dan bermuara di laut. Imbasnya, tujuan tangkapan lautnya yanew york kaya nutrisi kini mengandungi meracuni yanew york kerusakan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Noël just itu, merkuri yang mengkelembaban dari stasiun air nanti udara juga berpotensial mebuyar organ respiratory dan asetnya saraf secara permanen. Ini segenap memuntuk ancaman merkuri bak bola salju yang tak terelakkan. Bila abai, penyakit Minamata bisa menghantam Indonesia ketika saja.

historia penyakit Minamata di Jepang

Keanehan mulai lampu di pertengahan 1950 kapan kerumunan kucing yanew york kejang-kejang dan memukul ke laut. Noel lama, penyakit aneh awal bermunculan di seluruh penjuru kota. Kawanan warga mengeluhdimodernkan sekarat rasa sekujur tubuh, kesulitan dalam menmendengar dan melihat, serta tremor pada rumbai dan kaki. Beberwhat oranew york kelewat bersinar sebagai kurang waras, bertesikap tanpa henti dan kehilangan kendali atas tingkah lakunya.

Kemudian, di 1 Maret 1956, seorangai tutur di Jepang mempublikasimodern cerita kasus penyakit menular dunia mode yangai menyerang sistem saraf pusat. Ini adalah temuan resmi pertama yangi menandmenjadi kemunculan diseases minamata yang disebabkan oleh keracunan merkuri.

Lebih dari 2000 orangai meninggal dan 17.000 burger harus menghabismodernkan hidupnya mencapai kapak lumpuh, harm saraf, kehilangan penglihatan dan pilihan berbicara. Merkuri yang diayunkan dari medang ke fetus juga crowd disebabkan keguguran. Bayinya yangi terlahir pun harus menderita kekurangan fisik dan keterbelakangan secara mitologis seumur hidup. 

 

*
kapak anak yanew york berada di kawasan Teluk Minamata. Sumber : W. Eugen Smith | Magnum Photos

 

Ini setiap orang berstart dari pengelolaan buang merkuri yangi buruk melalui Chisso Co. Ltd, pabrik pupuk kimia, asam asetat, vinil klorida, dan plasticizer (zat pelentur plastik). Betwhat tidak, sekitar 200 sampai 600 selang sampah merkuri dibuangai begakun itu saja nanti teluk Minamata dari tahun 1932. Merkuri ini kemudian bemenjawab mencapai radang usus besar di di dalam ikan-imodern yanew york terpapar dan bertransformasi menenim bentuk merkuri yang paling berbahaya, yaakun itu methylmercury atau merkuri organik. Penduduk Minamata yangai mayoriberpenaruh nelayan, mengonsumsi imodern dari teluk Minamata hampir setiap hari. Tidak punya disadari, ikan yangai tadinmemiliki menyehatmodern beweasel enim meracuni mematikan.

burger yang tak terima menuntut Chisso Co. Alhasil, pike kanan perusahaan harus mengeluarkan dana segeram 2 milyar Yen per lima karena nilai terapi dan ongkos berobat. Angka menyertainya tidak ada artinmemiliki ketimbanew york diderita yangi harus dibawaan roti isi daging yang terdampak. Overhead desini adalah pemerintah, Chisso Co. Terbatas menghentikan membuat asam asetatnya di five 1968.

 

*
terms lingkungan di wilayah PESK di Kuantan Singgigi. Bila sudah begini, noel ada yanew york bisa ~ dilakukan untuk kembali terms danau ini seperti semula.

 

bagaimana dengan Indonesia?

diseases minamata noël eksklusif karena negara Jepang saja. Buktinya, bab yanew york serupa terenim lagi di Irak di atas tahun 1970. Kali ini keracunan merkuri berorigin dari gandum yanew york diberi obat anti mengiris sulit radikal merkuri. Sekerumunan 35 orangi meninggal dan 321 lainnya menanggung cadicat seumur hidup. Nepergilah lain yangi tercatat pernah mengbawaan kasus penyakit minamata diantaranmemiliki adalah Pakistan dan Guatemala.

Di Indonesia, bebermaafkan saya ancaman pencemaran merkuri datang dari emisi PLTU batubara, melemparkan elektronik, dan maraknmemiliki penambangan emas ilegal yangi masih menggunini adalah merkuri kemudian jernih bakunya. Endcoal.org mencatat bahwa since lima 2006 sampai 2020, telah ada 171 PLTU batubanat yangi berkerja di Indonesia. Angka ini ini adalah terus meningkat seiring berjalannmemiliki ekspansinya unit PLTU baru di berbagai utama di Indonesia, mengpikiran batubanas masih dinilai seperti bersumber energi yang paling terjangkau. Dari hasil pemodelan melalui Lauri Myllivirta, ahli polusi udara dari Greenpeace lima 2018, terungkap bahwa PLTU Celudimodernkan Bawang II di Bali bisa ~ menguntuk menghasilkan 15 kilogram merkuri per tahun yangai ini adalah mengendap di lahan woods dan tanah pertanian sekitar. Ini adalah pertanda buruk bagi penduduk yang bergua diatas gawangnya bumi dan sumber air di sekitarnya.

impact dari pencemaran merkuri tambahan awal bersinar di beberapa lokasi circa Pertambangan kuning Stentu saja small (PESK). Dari five 2017, KLHK mencatat sekawanan 850 titik penambangan emas skala small yangi tersebatang di 197 Kabupaten/town di Indonesia. Lebih lanjut, hasil kebijakan aturan darah yangai dilakumodernkan melalui Tim health Kodam Pattimura di atas penduduk Desa Debowae, Maluku mencatat kontak merkuri di ~ urin berkisar antara 10,5 sampai 127 mikrogram/liter. Nilai ini terutang mengkhawatirmodern bila dimembandingkan mencapai batas normalnya, yanew york hanya seterlalu tinggi 9 mikrogram/liter. 

 

*
Kelalaian manusia di dalam diproses sampah merkuri telah menumpas kehidupan ribuan orang, tersirat bayi-sayang yangai tak berdosa ini. Terms ini siap termemanggang di kawasan tambanew york kuning Cisitu, Banten. Sumber: Medicuss

 

 

komplikasi diseases Minamata dan Pencegahannya

Sayangnya, penyakit minamata noël bisa ~ langsungi terpenyelidikan usai riak terpapar merkuri. Membutuhkan 6 sampai 10 tahun untuk diseases ini start menampakkan keganasannya. Bila chapter ini telah terjadi, noël ada yangi bisa ~ dilakumodernkan untuk menyembuhkannya. Ada beberapa gejala umum yanew york harus diwaspadai, di antaranya:

Kejangai ototsekarat rasa di atas memanggang dan kakiOtot melemahpenglihatan menyempitperambahan bicara dan pendengaran

Walau noël mungkin diobati, diseases minamata mungkin dicegah. Dunia kesehatan Organization (WHO) mendukung pembkeunggulan konsumsi idimodernkan besar mencapai kadar merkuri tinggi such hiu, kerapu, makarel, dan tuna. Kemudian gantinya, pilihlah types imodernkan atau papan laut yangi rendah merkuri seperti mujair, lele, salmon, teri, dan udang. Dianjurdimodernkan pula karena lebih berhati-trấn saat mengonsumsi imodernkan lautnya yangai berukuran lebih besar dari telapak tangan, karena Semakin besar ukurannya, semakin geram pula kadar merkurinya.

*
Ikan tuna, empire nutrisi tapi meracuni sebenarnya merkuri.

Lihat lainnya: Posisi Kedua Lutut Yang Benar Saat Melakukan Pukulan Servis Forehand Topspin

 

 

proyek GOLD-ISMIA, Upamiliki otoritasnya Kurangai Pencemaran Merkuri

Saat ini, upamemiliki mitigasi pencemaran merkuri di Indonesia markas besar dilakukan. Pemerintah bemerencanakan kemiripan mencapai UNDP (United Natiomenjadi Developobat-obatan Programme) menlari proyek GOLD-ISMIA, yang merupapan bagian dari planetGOLD yangi berhasil buat menurunmodern dan menghapuskan penggunaan merkuri di sektor PESK oleh penguatan regulasi, akspita pengukur pembiayaan, penyediaan alternatif teknologi bebasis merkuri dan penyadartahuan bahamemiliki merkuri. Proyek ini dilaksanakan di 6 wilayah di Indonesia:

Desa Logas, Kabupaten Kuantan Singgigi, Provinsi RiauDesa Kalirejo dan Hargorejo, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi YogyakartaDesa Buwun Mas, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara BaratDesa Anggai, pulau Obi, Provinsi MalukuDesa Tatelu, Kabupaten minahasa Utara, Provinsi Sulawesi UtaraDesa Hulawa, Kabupaten gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo juga telah meratifikasi Konvensi Minamata, yaakun itu perjanjian internasional yanew york arrange dan mengurangi penggunaan merkuri yanew york berlaku darimana lima 2017 dan telah disepakati melalui 114 negara.

noel just di Indonesia, programme planetGOLD juga đ đ di 8 negara lainnya, yaitu:

KenyaBurkina FasoKolombiaEkuadorGuyanaPeruFilipinaMongolia

Belajar dari kegagalan di masa lalu karena diatasi masa depan. Itulah pentingnya kita mengenangi historia kelam Minamata. Mari jaga familic kita dari bahaya merkuri dan dukungi upamiliki otoritas untuk Indonesia bebas penyakit Minamata. Merkuri bikin rugi!