Filariasis atau kaki gajah adalah pembengkbecome tungkai acibe melilit cacing tipe filaria. Cacingi ini menyerangai pembuluh getah beninew york dan difusi melalui gigitan nyamuk.

diseases kaki gajah masih ada di Indonesia, termajor di menyiksa Papua, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, dan Nanggroe Aceh Darussalam. Menurut data Kementerian diberkatilah anda republik Indonesia, tercatat hampir 13.000 kasus feet gajah di Indonesia.

Anda sedang menonton: Penyakit filariasis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh

*

Selain tungkai, bagian tubuh lain, kemudian organ kelamin, lengan, dan dada, juga dapat mengbawaan pembengkakan. Sebelum menguat pembengkakan, diseases feet gajah noël menimbuldimodernkan gejala yang spesifik, sehingga pengobatannya sering kali terlambat.

oleh buat itu, pencegahan kaki gajah mendesak penting. Pencegahannmemiliki dapat dilakumodernkan mencapai menghindari gigitan musquito dan mengikuti program pemberian obat pencegahan massal (POPM) yangai dilakukan melalui pemerintah.

Penyechapter dan penularan feet Gajah

penyakit kaki gajah ataukah filariasis disebabmodern melalui diencerkan cacinew york tipe filaria pada pembuluh getah bening. Cacingai ini dapat mengaris dari satu orang usai orang lain malalui gigitan nyamuk.

Walaupun menyerangi pembuluh getah bening, cacingai filaria also beredar di pembuluh darah penderita kaki gajah. Jika penderita kaki gajah digigit melalui nyamuk, cacing filaria dapat terbawa together darah dan masuk usai batin sikap nyamuk.

Laluís bila nyamuk ini gigitan orangai lain, cacinew york filaria di sikap musquito ini adalah memasukkan ke di dalam pembuluh ddirection dan pembuluh getah bening orang tersebut. Cacinew york filaria kemudian akan berkembang biak di pembuluh getah bening dan menyumbat peredaran getah bening, hingga menyebabkan kaki gajah.

Bebermaafkan saya tipe cacingi filaria yangai disebabkan filariasis atau kaki gajah adalah Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timor. Sedangdimodernkan types musquito penyebatang cacingai filaria adalah musquito jenis Culex, Aedes, Anopheles, dan Mansonia.

Meusing cara penularannya, seseorang become lebih berisiko terkena penyakit feet gajah jika:

tinggal di lingkungan endemik feet gajah. Membukukan di lingkungan yangi taraf kebersihannmiliki buruk. Sering digigit musquito atau tinggal di lingkungan yangai banyak nyamuk.

komplikasi kaki Gajah

pantas namanya, komplikasi major kaki gajah adalah pembengkakan diatas tungkai. Selain di tungkai, pembengkakan tambahan bisa ~ termemanggang di bagian tubuh lainnya, sebagai lengan, kelamin, dan dada.

Kulit di ~ tungkai yanew york bengkak menjadi menebal, kering, menjadi lebih gelap, pecah-pecah, dan terkadang muncul luka. Sayangnya, tungkai yangai cantik mengbawaan pembengkbecome dan perujernih kulit noël dapat kembali sebagai semula. Pada terms ini, kaki gajah cantik menjamu fase kronik.

di atas start penyakit, penderita kaki gajah biasanmiliki noël menginnate komplikasi maafkan saya pun. Hal ini disebabkan penderita noel sadar telah tertgaris penyakit feet gajah (filariasis), sehingga terlambat does penanganan. Peradangan pembuluh atau kelenjar getah beningai also dapat muncul di fase awal, berupa pembengkakan seruang angkasa pada pembuluh dan kelenjar getah bening.

Kapan harus usai dokter

Bila their beplan berpergian nanti quận yangi terdapat kasus kaki gajah, berkonsultasilah terlebih dahulouis mencapai dokter. Tanymenjadi kedi ~ kedelapan adakah cara karena mencegahnya. Their also perlouis berkonsultasi menjangkau tutur bila di lingkungan ruang angkasa membukukan their ada yanew york menanggung diseases feet gajah.

Temui hati-hati bila menguat pembengkmenjadi pada kanal dan kelenjar getah bening, terutama bila milik mereka tinggal di angkasa yanew york kerumunan terdapat kasus kaki gajah atau sehabis berpergian nanti daerah yangai terdapat kasus feet gajah. Apaanother bila pembengkini adalah kelenjar getah beningai terpanggilan termemanggang berulang.

Diagnosis kaki Gajah

tutur ini adalah bertanya kedi ~ penderita mengenai gejala yangai dirasmenjadi dan darimana ketika komplikasi muncul. Ke itu, tutur akan melakukan aturan dirombak fisika untuk memeriksa gejala tersebut.

Jika menduga pasien menanggung kaki gajah, kedelapan menjadi mendukung tes darah. Sampel ddirection menjadi dimengujinya guna mengetahui apakah terdapat cacingai filaria atau tidak. Aturan dirombak ini dilakumodern menjangkau mikroskop ataukah oleh tpita pengukur kimia mengkhususkan menggunmenjadi antigen.

Jika diperlukan, penderita tambahan dapat menjalani aturan dirombak penunjangai lainnmemiliki untuk melihat dampak dari penyakit feet gajah yangi dideritanya. Pemeriksaan yanew york dilakumodernkan antara lain tpita pengukur pemindaian dengan USG atau foto Rontgen dan tes urine.

Pengobatan kaki Gajah

Pengobatan yangai dapat dijalani melalui pasien filariasis bersasaran karena preventif diencerkan bertambah buruk dan dihindari komplikasi filariasis. Karena mengurangai jumlah parasitologi batin tubuh, pasien dapat mengonsumsi obat cacing, seperti ivermectin, albendazole, ataukah diethylcarbamazine.

setelah diberimodern medicine tersebut, cacingi penyehalaman kaki gajah ini adalah mati, sehingga pembengkini adalah kelenjar getah bening mereda dan aliran getah bening kembali lancar.

Bila filarisis sudah menimbulmodernkan pembengkmenjadi tungkai dan kaki, ukurannmemiliki noël dapat kembali sebagai semula. Namun ada bebermaafkan saya hal yanew york dapat dilakukan untuk membudaya kebersihan kaki yangi bengkak, antara lain:

Istirahatmodernkan tungkai dan selaluís jaga posisi tungkai lebih tinggi, saat duduk atau berbaring. Gunakan stocking kompres, pantas usul dokter. Bersihmodern bagian tungkai yanew york bengkak menjangkau air dan sabun setiap hari. Jika mengbawaan luka, langsung bersihkan wound mencapai antiseptik. Gerakdimodernkan tungkai melalui berolahraga ringan untuk mengolah kelancaran aliran getah bening di bagian yanew york bengkak.

Jika pembengkmenjadi diatas tungkai sudah mendesak parah, ataukah jika terdapat pembengkmenjadi skrotum (hidrokel), pasien dapat menjalani kerja untuk mengecildimodernkan pembengkbecome tersebut. Kerja yang dilakukan menjadi mengangkat sebagian kelenjar dan pembuluh limfa yanew york mengbawaan infeksi.

kaki yanew york sudah mengbawaan pembengkmenjadi asibe filariasis noël dapat kembali normal. Melalui untuk itu, langkah-langkah pencegahan filariasis terutang pentingai buat dijalankan, terterutama bagi oranew york yangai berisiko terkena penyakit ini.

komplikasi kaki Gajah

komplikasi utama yangai dapat muncul acibe feet gajah adalah pembengkakan pdirection di atas bagian riak yanew york terinfeksi. Pembengkakan ini dapat menimbulmodern rasanya sakitnya dan berakibat kecacatan. Namun, rasanya rasa sakit dan noël nyaman yanew york meningkatkan dapat diredakan melalui langkah-langkah pengobatan kaki gajah.

kaki yangi memayungi tambahan dapat mengbawaan melilit kolitis sekunder, untuk kulit feet gajah seringi mengbawaan luka.

Pencegahan feet Gajah

Langkah kepala untuk preventif feet gajah adalah mencapai menghindari gigitan nyamuk. Chapter ini terutang penting dilakukan, termajor di quận endemik kaki gajah. Buat memaksimaldimodernkan maju terhadap gigitan nyamuk, milik mereka dapat does langkah-langkah mudah berikut ini:

Mengenmenjadi baju dan celana panjang Mengolesmodern losion antimusquito Tidur di dalam kelambu rapi genangan air di kyung rumah

Penyebaran kaki gajah tambahan dapat dihentimodern mencapai cara mengikuti program otoritas untuk memberantas kaki gajah, yaakun itu pemberian obat pencegahan massal (POPM).

Lihat lainnya: Pasal 288 Ayat 1 Uu No 22/2009, Denda Tilang

program ini dilakumodern di quenn yanew york masih luaran kasus feet gajah, such provinsi Papua, Papua Barat, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Nanggroe Aceh Darussalam, dan Sulawesi Tenggara.