Kak Ali MT Soshum Nov 18, 2021 • 6 min read

risalah Pelajaran SMP Kelas 9 Sosiologi IX


*

Yuk, sama-sama untuk kita belajar mengenai globalisasi dan dampaknmemiliki di bidanew york ekonomi dan sosial budaya.

Anda sedang menonton: Pengaruh positip dan negatif dari globalisasi

--

Hayo, simaafkan saya yanew york udah pernah nyobain belanja online, nih? Kalo aku, sih, udah enim rutiniberpenaruh bulanan gitu. Tiap days ada aja sautan manis dari para abangi kurir, “Misiiii, pakett!”

start dari pakan kucing, kaos polos, sampai produk skincare Korea (padahal mukaku Arab, ya) datanew york silih berganti. Eh, tapi kalian sadar gak, sih? kenyamanan belanja dan transaksi saat ini merumemberi makan deviasi satu dampak dari terjadinya globalisasi, loh! Kali ini, aku akan memperdebatan berbagai impact active dan negatif globalisasi di bidangai ekonomi dan sosial budaya ya, gais. Yuk, langsung simak bahasan berikut!

Globalisasi

kami pasti udah tahu dong, what akun itu globalisasi? Globalisasi adalah meluasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan budaya di seluruh dunia, sehingga noël jelas lainnya batas yangai membedakan pengetahuan dan budaya yanew york satu menjangkau yanew york lain. Intinya, buat globalisasi, kini noël ada batas lainnya yangai menutup untuk kita buat menmendulang akspita terhadap suatu pengetahuan dan budaya dari nepergilah lain.

Misalnya, mencapai media sosial seperti Instagram dan TikTok, kini kamu dapat mencapai sederhana mengetahui kawanan hal sebagai maafkan saya yang sedanew york kecenderungan di kalangan remaja, perkembangan vaksin Covid-19, dan berbagai informasi lainnya yangi sebelum terjadinmemiliki globalisasi padat diakses.

*

hal ini noël dapat terenim secara tiba-tiba ya, gais. Karena globalisasi merumemberi makan prostape yangai terenim akibat adanmiliki perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dipengaruhi also melalui menyamai internasional. Untuk berkaitan erat mencapai faktor ekonomi dan sosial budaya, tentunmemiliki globalisasi juga luaran impact di bidangai ekonomi dan sosial biakan ya, gais. Baik itu tabrakan positif maupun dampak negatif. Yuk kita debat satu-satu, ya!

dampak aktif dan Negatif Globalisasi di Bidangi Ekonomi

Pertama, kita become bahas di bidanew york ekonomi. Ekonomi merupakan bagian yangai paling berkaitan erat menjangkau globalisasi. Membuktikan paling jelasnmemiliki ~ bisa kita rasini adalah sehari-hari, loh. Globalisasi memungkinmodern berdagang internasional, yakni masuknmiliki barang-baranew york impor ke Indonesia ataupun keluarnya barang-barang dari Indonesia yangi diekspor ke negarasi lain.

Misalnya, kini para penjual furnitur dan kerajinan memanggang dari Indonesia dapat merambah market penginternasionalan dan mencapai para orang yang tinggal dari luar Indonesia, loh! Tentunya, ini bertabrakan positif banget nih untuk para penpenjualan kita. Eits, tapi ada juga nih kerusakan negatifnya. Misalnya, para pemilik bisnis pakan lokal kini harus bersaingai mencapai produk papan luar yang hadir di Indonesia, such McDonald’s, KFC, dan warga King. Tentunmemiliki ini mungkin menmemanggang dampak negatif apabila para pemilik bisnis makanan lokal tidak dapat bersaingi menjangkau perusahaannya besar yangi disebutdimodernkan sebelumnya.

*

Selain dari kasus di atas, kamu tambahan merasmenjadi tabrakan lain asibe terjadinmemiliki globalisasi, loh. Seperti yangi aku ceritakan di awal, kini sudah crowd electronic commerce (e-commerce) yanew york hadir di Indonesia. Tokopedia, Lazada, dan Shopee merumemberi makan sekian dari banyaknya e-commerce yangi ada di sekitar kita. Menariknya, menjamurnmemiliki e-commerce ini sanggup memberry impact aktif ataupun negatif loh, terhang dari untuk kita kemudian penggunanya.

Jika menjangkau adanmiliki e-commerce yangi memudahkan segala kebutuan belanja malah bikin kamu memanggang konsumtif (aku gak gitu kok, serius), berarti kamu lainnya merasmenjadi tabrakan negatifnya. Contoh basi konsumtif yangai aku karsa misalnya, kamu kalap belanja online, padahalaman barang-barang yangi kamu beli pribadi cost guna yangi kecil ataukah cuma kamu beli buat tren, ndak kebutuhan. Nah, tapi jika mencapai adanya e-commerce justru membantu bisnis familic kamu untuk mencapai pembeli di seluruh Indonesia, berkonotasi kamu lainnya merasmenjadi impact positifnya.

kerusakan aktif dan Negatif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Berikutnya, untuk kita perdebatan dampaknmemiliki di bidangai sosial budaya, nih. Jika dimembandingkan menjangkau bidangai ekonomi, dampak di bidangi sosial budaya bisa kuranew york terlihat, loh. Untuk biasanmiliki sechara tak sadar ternyata alter tua atau pola pikir kita. Deviasi satu kerusakan yang bisa ~ terjadi asibe globalisasi adalah westernisasi. Westernisasi adalah masuknya budaya atau gamemiliki kehidupan west setelah batin kehidupan sehari-aku kita yangi disebabkan tergantikannmiliki budaya lokal. Padahal, gamiliki lives barat noël alles dapat ditiru atau dapat diaplikasimodern di Indonesia, loh.

berpengalaman juga: Mengenal Bentuk-Bentuk Peruberwujud Sosial

Kamu pasti pernah nonton serial TV di Netflix atau aplikasi streaming lainnya, kan? Kalau dikronologi kadangi kita spesial mencapai kelakuan tokoh yanew york asibe merumakanan biakan barat yangi noël serius, serius itupenggunaan tiru. Misalnya, tokoh yang merupakan anak sekpraktek tetfire siap mengonsumsi rokok dan dianggap biasa aja. Atau tokoh yangi masih anak-anak, tfire pengangkutan membentak orangtuanmemiliki sendiri.

Apabila diperhatikan, tentunmemiliki ini mendesak tidak cocok mencapai biakan kita, bukan? Tapi sayangnya, tayangan seperti ini apabila semakin dinormalisasi dan seringai saksi melalui anak-anak Indonesia akan tergelincir nilai-nilai ketimuran yangi untuk kita junjungi tinggi.

Ohiya, walaupun namanmemiliki westernisasi, hal-bab yang dapat tergelincir cost budaya itupenggunaan saat ini noël just berasal dari barat, loh. Bisa saja datang dari budaya negara yangai masih dekat dengan untuk kita sendiri, misalnya dari Korea Selatan. Selama menyertainya merumemberi makan biakan dari luar yanew york berakibat ditinggalkannmiliki budaya lokal, maka mungkin dipanggilan sebagai dampak dari westernisasi, ya.

*

Namun, ada tambahan suatu istilah yangi merumemberi makan dampak aktif globalisasi di bidanew york sosial budaya, yamenemani itu modernisasi. modernisasi adalah perubahan dan perkembangan sesuatu yang belum maju menenim maju. Modernisasi ini gak cuma berlaku di ~ teknologi loh, tfire tambahan berlaku diatas pola pikir masyarakat yanew york dipengaruhi malalui kemajuan ilmu pengetahuan.

Misalnya, dulouis masyarakat masih banyak mengandalkan dukun karena urusan kesehatan. Namun buat sekarang akspita pengukur buat ilmu pengetahuan lebih sederhana dijangkau, lebih crowd sosial yangi start percaya mencapai pengobatan modernis di dalam dunia kedokteran.

Lihat lainnya: Tak Perlu Obat Penghilang Bintik Hitam Di Wajah, Gunakan Bahan Alami Ini

Nah, sekaranew york berarti kamu udah paham kan, impact maafkan saya saja yanew york bisa ~ diakibatdimodernkan malalui terjadinmiliki globalisasi? Pentingai untuk kamu tidak bahwa segala sesuatu dapat bersifat aktif maupun negatif, begakun itu juga mencapai globalisasi. Semuanya akan tergua dari untuk kita sendiri yangi ini adalah memanfaatmodern dan merasmenjadi senourselves adanmiliki globalisasi. Mau memanfaatkannya mencapai bijak, atau terbawa arus yangi negatif? semua tergua dari opsi untuk kita ya, gais!

karena berkembangnya ilmu pengetahuan mendesak bertautan erat mencapai globalisasi, kamu jangan pernah bosan buat selalu belajar, ya! Kalo kamu another jenuh batin belajar, langsung cobain aja ruangbelajar! untuk di ruangbelajar kamu bisa ~ belajar berbagai materi menaiknya yangi tentunmiliki dihadirkan dengan video animasi yangai keren, loh! Jadinya kamu gak bnalar bosen deh belajarnya, hehe. Sampai jumpa di bahasan berikutnmemiliki barenew york aku, memiliki gais! dengan tegas semangat belajarnmiliki yah, hehe. Dadah~

*

Referensi:

Muslih, Ahmad, Iwan Setiawan, dan Retno Kuningi Dewi Pusparatri (2015) Ilmu knowledge Sekpraktek SMP/MTs Kepengelasan IX. Jakarta: Kementerian training dan Kebudayaan.