Nicholas Herriman, La Trobe University, David R. M. Irving, The University of Melbourne, greg Acciaioli, The University of Western Australia, Monika Winarnita, La Trobe University, Trixie Tangit (aka Trixie Kinajil), Australian National University

Disclosure statement

Nichopengelasan Herrmemercayai menerima dana dari Australian Remencari Council DP140104482 'Seeraja the state: Incorporating the state on the cocos (Keeling) Islands'

David R. M. Irving menerima dana dari Australian Remencari Council untuk Discovery Project DP150103204: "Malay Music and Dance from the kelapa (Keeling) Islands"

greg Acciaioli has received funding from the Australian Retemukan Council for the projects ‘Revitalisation Movements in Contemporary Indonesia: Nativist Reworkings of Custom and Religion in Reaction to Decentralisation, Islamisation and Globalisation’, ‘Locating the Commonweal: Community, Environment and Local Governance Regimtape in Remembentuk Era Indonesia’ and `Custom, Resource Management and Identity Politics in Central Sulawesi, Indonesia'.

Anda sedang menonton: Penduduk asli benua australia adalah suku

Monika Winarnita and Trixie Tangit (aka Trixie Kinajil) do not work for, consult, own shares in or receive fundingai from any company or organization that would benefit from this article, and have disclosed no relevant affiliatiopejarakan beyond dari mereka academic appointment.

Partners

*

Lokasi islands Kokos di laut Hinida kanton Australia under Indonesia. Geoscience Australia

what dan siwhat ‘Oranew york Asli’?

banyak dicuri dipum di seluruh dunia memperjuangmodernkan statusnya kemudian “Orangi Asli”. Biasanmemiliki doan bergaul ini merupapan minorikantong yang kebudayaannmemiliki berhadapan mencapai mayoritas dalam sebuah negara. Status Orang asli merumemberi makan upaya buat melindungi hak-daratkan mereka. Tersirat batin hak-baik mereka adalah menjajakan lingkungan lives dan voice politik. Namun noël ada defincontent yangai diterima sechara universal mengenai simaafkan saya dan maafkan saya itu “Orang Asli”.


Terkadanew york tuntutan “Orangai Asli” berhasil berdasarmodernkan negara seperti penghuni pertama (such kelompok “First Nations” di Amerika). Ada juga yang adjuvan negara “Orangi Asli” berdasarmodern keadaan mereka seperti penghuni yangi lives terus menerus di quenn akun itu (contohnya, keturunan orang-orangai islands Pitcairn di pulau Norfolk).

karena mendapatkan statusnya “Orangi Asli”, dicuri bergaul biasanmiliki diperlukan menyedibecome pembuktian luaran bahasa dan tradisi budaya yangai unik dan bertahan lama. Perlu disebutmodern bahwa identikantong “Orangai Asli” biasanmemiliki muncul di tempat-ruang angkasa yang pernah atau sedanew york dijajah. Namun, setiap situasi berbeda-beda.

Menmendulang statusnya “Orangi Asli” dapat help sebuah doan untuk memperkuat legitimasi terhadap tuntutan mereka, terterutama selama perhatian pemerintah dan industri ekstraktif (industry kehutanan, penambangan, dll).

Orangi Kokos pun ingin diakui such Oranew york asli di Negeri Australia. Keinginan ini mengembangkan buat sejarah mereka.

sejarah Oranew york Kokos

Selama kehidupan di Dinasti Clunies Ross, Orangai Kokos memanen kelapa dan does pergerakan lainnya. Mereka dipembayaran mata uang buatan. Mata uangi ini dapat dipoxai untuk membeli nasi, tepung, gula dan lain-lain di membeli milik perusahaan Clunies Ross. Orang Kokos menambah basis pangan dengan penangkap imodern dan burung-burungai serta memelihara ayam. Dinasti Clunitape Ross noël turut campur urusan agama Oranew york Kokos. Dengan demikian Orangai Kokos batal budaya Ibang Melayu. Ini berkonotasi mereka komunitas Muslim terbaşı di Australia.


*

Anak-anak Kokos memperagmenjadi tari Skotlandia di upacara perayaan hari Ramemiliki idulfitri 2015 di pulau Kokos. David Irving dan Jenny McCallum

biakan dan bahasa Oranew york Kokos tambahan menyebatangan dari pulau tersebut. Emigrasi besar-beusul pada five 1940an membuat terjadinmemiliki sebuah komunitas Orang Kokos di Sabah, Malaysia, yanew york sekarangi diakui seperti salah satu doan etnis Malaysia. Orangai Kokos tambahan telah beremitoleran nanti pulau Christmas, Singapura dan beberwhat lokasi di Australia Barat. 

Di pulau-pulau Kokos sendiri, catatan internasional yangai meningkat terhadap nasib Orangai Kokos menghasilkan tuduhan adanmiliki perbudakan. PBB kemudian does investigasi di pulau Kokos.

diatas tahun 1955, Inggris menyerahdimodernkan kedaulatan pulau-pulau terpanggilan usai Australia, mencapai ratifikasi Undang-Undang pulau-pulau Kokos (covos (Keeling) Islands). Since menangkal kedaulatan ini, otoritasnya Australia seincreasingly menyoroti situasi ketidakadilan di “kerajaan” Kokos, dan purchas sebagian geram pulau terpanggilan secara paksa dari dinasti Clunitape Ross di ~ 1978.

Lihat lainnya: Peta Jalur Kedatangan Nenek Moyang Bangsa Indonesia, Attention Required!


Oranew york Kokos memperagbecome silat untuk pemeliharaan Inggris yang sedangi berkunjung (1954)

batin sebuah pemungutan voice yang diawasi PBB pada lima 1984, mayorikantong pengharry pulau-pulau terpanggilan memilih intetoleran mencapai Australia. Mencapai pemungutan voice ini Orang Kokos berhasil tien nasibnmemiliki mencapai negara Australia untuk kepentingan Kokos sendiri. Neiarkhos bebermaafkan saya Orang Kokos berusaha mendapat meyakinkan dari otoritas Australia bahwa mereka adalah Oranew york nguyên pulau-pulau tersebut.

Oranew york nguyên Australia

Di Australia, since lima 1990an, istilah “Indigenous” (Orangi Asli) seincreasingly digunakan untuk memperdebatan ragum kolonialisme.

Pengharry pertama di Australia (diberi istilah “Australo-Melanesians”) tiba lebih dari 50.000 five lalu. Keturunan mereka kekurangan hak-haknmemiliki dan kehilangan angkasa membukukan mereka, darimana 1788, melalui kolonialis Eropa.

Di samping berbagai sebutan yangi merendahkan, istilah “native”, “Aborigine”, dan “Aboriginal” muncul buat menggambarkan doan ini.

Bebermaafkan saya orangai menolak istilah ini. Mereka memilih istilah sebagai “Koori” atau “Nyungar”, yangi merupapan tentang bahasa mereka sendiri karena merdemo di atas diri mereka.

aktivis juga mendoronew york penggunaan istilah yanew york inklusif such “Aboriginal and Torres Strait Islanders” serta “First Nations” (baca “Pernyataan Uluru dari trấn tahun 2017”).

become tetapi, di masa kini kawanan yangi sudah mengidentifikasi diri such “Orangi Asli” (Indigenous). Bagi mereka, istilah ini menghubungmodernkan aspirasi diri mencapai perjuangan global “Orangai Asli”. Sesungguhnya istilah “Oranew york Asli” lebih dari sekadar alat politis; bagi mereka menemani itu adalah suatu identitas.

Tuntutan “Orangi Asli” Kokos

Oranew york Kokos dapat memperkokoh tuntutan mereka sebagai “Orangai Asli” Australia mencapai merujuk pada beberwhat fakta. Pulau-pulau terpanggilan noël dihuni manusia sebelum kedarumbai Orangi Kokos dan penguasa mereka dari Eropa. Lebih dari itu, Oranew york Kokos menebang tradisi budaya yang panjang; ada yangai dirasa dikolonisasi; dan ada yangai merasa dilupapan malalui nepergilah Australia.

Beberapa doan lain di utama Australia bergawangnya adjuvan kemudian Orang asli melalui prinsip-aturan ini –penghuni pertama, kolonisasi, tradcontent yang berlanjut, dan peminggiran (marjinalisasi).

Jika Orangai Kokos tidak bergawangnya dalam jangka kekurangan mencapai tuntutan, mereka bisa ~ mencoba cara lain. Misalnya, dalam Undang-Undanew york pulau-pulau Kokos tersebut ada porigin penting:

“Cara lives dan adat istiadat penghuni malayischen di dalam kanton dapat, berdasardimodernkan perpolicy di dalam wilayah dari times nanti waktu, diizinkan terus hidup.”

Satu halaman yangi pasti, Orangi Kokos menghargai dan terus mempertahankan dan mengpengaturan adat istiadat mereka. Menmendulang negara “Orangai Asli” dapat mendoronew york membujuk official buat keberlangsungan budaya sendiri.