salah satu ciri yangai membedini adalah alam lives mencapai benda alam adalah alam hidup dapat bergerak. Juga botani dan menghanguskan yangai tampak membungkam saja sebetulnmemiliki bergerak mencapai cara tertanam dan biasanmemiliki mengikuti arah matahari. Oleh untuk itu, makhluk lives setiap aku melakukan gerak. Gerak merumakanan ciri major dari kehidupan, dan germenjadi yangi dilakumodern oleh alam kehidupan mengisi ruanew york dan waktu. Ketika intisari lives bergerak, maka ia akan meminta tenaga. Oleh sehal itulah, ruang, waktu, dan tenaga noël dapat terpisah dari gerak, termasuk gerak tari.

Anda sedang menonton: Penari harus mampu mengolah ruang waktu dan tenaga sehingga menghasilkan gerak yang


Pengertian Elemen Gerak Tari

Ruang, waktu, dan tenaga di ~ gerak tari merupapan bebermaafkan saya elemen gerak tari. Elemen gerak tari adalah berbagai unsur atau satuan tersmall yangi membangun gerak tari. Elemen mendasar tari sebetulnya semudah gerak saja. Namun, seperti yang telah dipapardimodernkan di atas, di batin gerak ini adalah selaluís mencakup ruang, waktu, dan tenaga. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing elemen gerak tari.

Ruang

di dalam gerak tari terdapat dua tipe ruang, yakni ruang pribadi, dan ruangi umum.

Jika itupenggunaan melakukan germenjadi di ruang angkasa tanpa berdiri, bermakna tambahan kita melakukan gerak di ruangi pribadi.Sementara itu, jika untuk kita bergerak berpcantik tempat, maka untuk kita does gerak di ruanew york umum.

Gerak di batin ruangai dapat dilakumodern sendiri, berpasangan, dan berkelompok.


mengenali dan mengetahui ruang tari sangatlah penting batin gerak tari, karena become terutang berkaitan mencapai koreografi atau gerak tari yangai dilakukan. Apakah setiap penari melakukan gerini adalah yanew york berbeda then salingi bertukar ruang, atau apakah setiap penari ini adalah menari menjangkau gerini adalah yang variasi di ruang masing-masing?. Kombinasi untuk saling berpcantik mengisi dan bertukar ruang banyak diaplikasikan diatas berbagai gerini adalah Taian secara tradisional maupun kontemporer.

Waktu

Setiap gerak tari yanew york dilakudimodernkan butuh dan menggunakan waktu, baik gerak estetis maupun gerak fungsional. Gerak estetis adalah gerbecome yanew york dilakumodern untuk pameran suatu keindahan. Sementara itu, Gerak fungsional yanew york didengan sengaja contohnya adalah sebagai berjalan dari belakangai panggung judul nanti panggungai tentu saja butuh waktu. Jika jarak yanew york diwisata berdekatan maka waktu yangai dibutuhmodernkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak jauh. Jika jarak kurang sopan ingin kemiripannya cepatnmemiliki menjangkau jarab dekat tiba di tempat, maka gerak yang dilakukan harus luaran perbandingan dua atau tiga kali dari jarak dekat.

perbedaan cepat atau lambatnya gerak tari sangat isu tempo. Tempo adalah cepat atau lambat gerak yangai dilakumodernkan (Tim Kemdikbud, 2017, hlm. 69). Fungsional tempo di atas gerak tari adalah karena memberikan kesan mendalam untuk bergerak sehingga tarian enak untuk dinikmati. Tempo tambahan dapat pengaturan untuk memberimodern tabrakan yang diinginkan. Contohnya, tempo cepat ini adalah memberimodern ekspresi semangat, ceria, dan dinamis, sedangdimodernkan tempo lambat menjadi memberidimodernkan kesan mendalam anggun, romantis, atau pun sedih.


Tenaga

Saat untuk kita seperti makhluk kehidupan melakukan gerak, tentu requires tenaga. Penggunaan tenaga di dalam gerak tari meliputi;

intensitas, yangi berkaitan mencapai kuantikantong tenaga di dalam tarian yangai menghasilkan taraf ketegangan gerak;aksen/tekanan, muncul selagi germenjadi dilakumodern secara tiba-tiba dan kontras;kualitas, berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga.

Jika gerak yang dilakumodern pribadi intensiberpenaruh tinggi tentu saja meminta tenaga yangai kokoh dan disebut gerak tari bertenaga kuat. Sebaliknya, gerak menjangkau intensitas rendah memerlukan tenaga yanew york lemah atau sedikit, dan dipanggilan gerak tari bertenaga lemah.

Terdapat bebermaafkan saya tipe tari yanew york menjadi lifted dan menahan beban sikap rekannmemiliki sebagai di ~ gambar dibawah ini.

*
*

Saat gerbecome tersebut dilakukan, tentunya tenaga yangai tangan kedua melalui penari untuk menahan rekannya ini adalah lebih geram dibandingkan menjangkau germenjadi biasa. Kekuatan tenaga menahan rekan tarinmemiliki tertumpu di ~ senin kaki. Tenaga yangi telah terjadi melalui kedua penari yangi menyangga rekannmemiliki menjadi semakin terlalu tinggi jika walk berpindah dari satu ruangi setelah ruang yang lain.

membandingkan tari yang mengharusdimodernkan karena menahan seseorang di atasnya, dengan sikap gerak di atas penari balet dibawah ini. Tenaga yangi hasil mungkin noël sekerumunan itu, tetfire feet tertahan di lantai menjangkau sedikit jinjit akan memuntuk jari kakinmemiliki mengeluarmodern tenaga lebih.

*
*

preno out gerak tari tradcontent Papua pribadi ciri germenjadi kaki yanew york cepat dan ritmis, sehingga kekuatan tenaga kerumunan di ~ kaki. Gerak tari yanew york tertumpu pada feet terpanggilan dipengaruhi melalui terms geografis yangai didominasi pegunungan. Kehidupan sosial di quenn pegunungan meminta kaki kuat karena dapat kemelut dan menuruni bukit. Hayatnya sosial such akun itu berpengaruh pula terhadap karya seni tari.

*
*

Dapat disimpulkan bahwa tenaga terutang berperan pentingi pada tari. Mengontrol tenaga sedemikian rupa dapat mengmenghasilkan berbagai gerini adalah tari yangi dinamis. Salah dalam mengeluardimodernkan tenaga berpotensi memuntuk gerbecome terlalu positioner ataukah terlaluís lemah. Kelestarian tenaga yangi baik tambahan dibutuhmodernkan agar penari noel lkuning dan hampir selesai tenaga selama menari.

Pengdiobati Ruang, Waktu, dan Tenaga pantas Iringan

setelah mengetahui berbagai unsur ataukah elemen gerak tari di atas, selanjutnmiliki kita juga harus mampu melakukan pengdiobati ruang, waktu, dan tenaga sesuai iringan mencapai baik. Bentuk penyajian tari dapat berupa:

tari tunggal,ta ri berpasangan, dantari berkelompok.

malalui untuk itu, pengmenangani pola lantai pada setiap bentuk penyajian tari tentu ini adalah berbeda. Tari tunggal pengdiobati pola lantai dilakumodernkan secara individu, di ~ tari berpasangan pengdiobati lantai dilakumodern devoted dan pada tari dicuri dilakukan requires merencanakan sama.

Berlatih Meragbecome Gerak Tari

Ruang, waktu, dan tenaga di ~ gerak tari merumakanan suatu kesatuhan utuh. Sehingga kapan seseorangai does gerak tari, berkonotasi ia telah form ruang, meminta waktu serta meminta tenaga. Seorang penari harus mampu mengpraktek ruang, times dan tenaga sehingga gerak yangai dilakudimodernkan tampak dinamis.

Pengolahan unsur gerak terpanggilan variasi di ~ tari tunggal dan tari berpasangan, demikian pula diatas tari berkelompok. Diatas tari tunggal pilihan individu lebih menonjol, sedangdimodernkan di atas tari berpasangan dibutuhmodernkan pilihan salingai mengisi gerak, dan di atas tari doan dibutuhmodern kekompakan dan action kesamaan yanew york baik antarindividu.

Karakteristik Gerak di dalam Ruang, Waktu, dan Tenaga

Pengmenangani ruang, waktu, dan tenaga di atas gerak tari berkaitan dengan beberapa karakteristik tertentu. Menurut Tim Kemdikbud (2017, hlm. 83) karakteristik gerak di batin ruang, waktu, dan tenaga antara lain:

Menggunakan tubuh sebagai instrumen dan gerak seperti mediumnya;Terkait dengan ruang, tenaga, waktu, dan aliran;Termemliki dengan ritme;Mempunyai bentuk dan gaya;tool komunikasi non verbal;Mengungkapmodernkan emosi ataukah perasaan dan ingat manusia;Terkait dengan budaya. Etika seseorangai melakukan gerak sabtu hal tersebut muncul secara bersamaan.

hal ini pula yanew york unjuk pentingnmemiliki menglatihan gerak tari yangai mampu menenim bahasa komunikasi nonverbal, sehingga pribadi makna dan menyampaimodernkan pesan tertentu di ~ saat diragakan.

Lalouis di mana agar untuk kita mampu meragakan tari yanew york baik serta luaran karakteristik yangai tepat guna mencapai tujuan dari gerakan? Tentunmemiliki menguasai materi ruang, waktu, dan tenaga di ~ gerak tari adalah deviasi satu jawabannya. Menguasai konsep elemen gerak tari terpanggilan adalah suatu keharusan agar kita semakin peka terhadap setiap unsur pembentuk tari.

Namun, di ~ akhirnya gerak tari merupapan suatu aktivitasnya praktis, atau sesuatu yangai dilakukan. Melalui untuk itu, pukul terbanew york di dalam melakukannya ataukah olah adalah jawabutuh major jika itupenggunaan mau mampu meragakan tari yangi baik serta benar menjangkau karakteristik yang diinginkan. Dibawah ini adalah berbagai ragam gerak tari yang dapat dilakudimodernkan karena berlatih, baik sechara individu, berpasangan maupun berkelompok.

Berlatih Meragmenjadi Gerak Tari Individu

Berikut adalah ragam gerak tari yangi dapat used buat berlatih mengolah ruang, waktu, dan tenaga di ~ tari individu.

*
*

Berlatih Meragakan Gerak Tari Berpasangan

di bawah ini adalah beberwhat ragam gerak tari yang dapat digunakan untuk berlatih menglatihan ruang, waktu, dan tenaga diatas tari berpasangan.

*
*

Berlatih Meragini adalah Gerak Tari secara Berkelompok

Berikut ini adalah beberapa ragam gerak tari yangai dapat tangan kedua buat berlatih mengpraktek ruang, waktu, dan tenaga di ~ tari secara berdoan yangi dapat dilakudimodernkan oleh empat orangi atau lebih.

Lihat lainnya: Penyebab Mimisan Tiba Tiba Pada Orang Dewasa Yang Sering Dan Tiba

*
*

Referensi

Tim Kemdikbud. (2017). Artian biakan VII. Jakarta: markas besar Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

artikel Terkait