Dipublish tanggal: Feb 22, 2019Update terakhir: Nov 10, 2020Tinjau di atas Jun 13, 2019waktu baca: 4 menit
inventaris jadwal acara ini
*

*

Pembuluh Ddirection Vena

Karakteristik Struktur: such arteri, vena juga terdiri dari tiga lapisan. Namun di atas vena jaringan ikat dan otot kurangai tebal yangi membuatnmiliki lebih tipis dimembandingkan mencapai arteri. Vena bermassa sedanew york dan terlalu tinggi memiliki katup yangai menghindari kembalinmemiliki aliran ddirection untuk pengaruhtarikan gravitasi, terterutama di tangan dan kaki. Katup semilunar ini become membudaya darah agar persimpangan jantung. Diatas varispita pengukur halaman ini terganggu.

Anda sedang menonton: Pembuluh darah yang kaya oksigen adalah

fungsi Pembuluh Darah Vena: Memmembawa ddirection yanew york kerajaan karbondioksida (CO2) back ke jantung. Nanti darah terdeoksigenasi dilewatmodernkan pada kapiler, bergerak nanti vena terkecil yang dipanggilan venula kemudian setelah vena besar. Vena pulmonalis (paru) adalah satu-satunmemiliki vena yangi membawa darah yangai kaya oksigen, berfungsi memmembawa darah dari paru-paru nanti atrium kiri jantung.

Ingat!! Vena memmembawa darah dari jaringan tubuh ke jantung, sedangdimodernkan fungsional arteri memmembawa darah dari jantunew york ke seluruh tubuh. Memanggang jangan memegang principle bahwa arteri memmembawa darah yangai kaya oksigen dan vena membawa ddirection yangi empire karbondioksida. Karena Vena pulmondahi memmembawa ddirection yangi kaya oksigen.

*
Biru=kaya CO2, Merah=kerajaan Oksigen

Agar mudah mepenampilan perbandingannya, berikut kita sajimodernkan di dalam bentuk tabel.

StrukturFungsi
ArteriDinding arteri bangian markas besar terdiri dariserat otot polos.Membawa ddirection dari jantungi nanti seluruh tubuh.Darah kerajaan oksigen(kecuali padaarteri pulomanis/paru-paru yanew york kaya CO2).
ArteriolaMerumakanan cabanew york arteri yang ukurannmiliki lebih kecil sebelum menjadikapiler.struktur dan fungsinmemiliki kemiripannya such arteri just ukurannmiliki saja lebih kecil.Memmembawa darah dari arteri usai kapilerMenjadipengatur major aliran ddirection dan tekanan.

Kapiler

Pembuluh darah yang sangat kecil, menjangkau diameter5-20 mikrometer.Dindinew york kapiler juga langsing just terdiri dari satu lapissel sehingga memungkinmodern pertukaran materi antara content kapiler dan jaringan sekitarnya.ruang angkasa bertukarnmemiliki materi darah mencapai jaringan dan tambahan membuangai melemparkan dari sel-sel di sekitarnya.Pertukaran oksigen, karbon dioksida (oksigene nanti jaringan, CO2 usai darah), air, garam, dan lain-lain, antara darah dan jaringan tubuh di sekitarnya.

Venula

Pembuluh ddirection small yang mengalirdimodernkan darah dari kapiler nanti vena.bab ini identik menjangkau arteriola.Mengalirkan darah dari kapiler ke vena, kemudian vena ini adalah mengalirkannyabagian belakang setelah jantung.
VenaDindingi venaterdiri dari tiga lapisan kemudian arteri, namun lebih langsing dan kurangi elastis dibandingarteriVena terlalu tinggi memilikikatup yang membantu aliran darah resisten gravitasi.Memmembawa ddirection dari jaringan berbadan kembali nanti jantung.Memmembawa darah yangi kerajaan CO2 (kecuali padavena pulmonalis/paru-paru yanew york kerajaan O2).

Lihat lainnya: Pidato Hari Lahir Pancasila Di Sekolah, Cambridge Igcse® Bahasa Indonesia Coursebook

such potongan dari asetnya siklus darah, fungsi pembuluh darah adalah help dalam pertukaran gas. Oksigen (terikat hemoglobin di dalam sel darah merah) adalah nutrisi yang most pentinew york yangi dibawa melalui darah. Di dalam semua arteri, selain dari arteri pulmonalis, hemoglobin terutang jenuh (95-100%) menjangkau oksigen. Batin semua pembuluh ddirection vena, selain vena pulmonalis, hemoglobin kehilangan oksijenderal kyung 75%, untuk berikatan menjangkau karbon dioksida.