deviasi satu tuntutan buruh yaitu mebertanya tentang otoritasnya mencabut Omnibus Law UU Cipta action angka 11 lima 2020.

Anda sedang menonton: Pasal ruu cipta kerja yang bermasalah

darimana pembahasannmemiliki diawal DPR dan pemerintah di ~ tahun lalu, UU Cipta merencanakan memengharapkan menuai kritik, baik dari kalangan buruh maupun akademisi.

harus baca juga: Saat Buruh Jaga Jarak di dalam demo rasa Protes UU Cipta Kerja

Selain materinmemiliki yang dianggap merugimodern pekerja, prostape penyusunannmemiliki dianggap bermasalah.

Namun, pemerintah dan DPR bergeming. Pembahasan UU Cipta merencanakan terus dilanjutkan, hingga finite disahmodernkan diatas Oktober 2020.

setelah disahkan, crowd pidaratkan yanew york mengkirimkan pengujian formil dan bahan UU Cipta pergerakan usai Mahkamah Konstitusi (MK).


mendulang informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarmodern email


Mereka di antaranmemiliki Konfédération Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama Konfederasi Serikat Pemerencanakan Seluruh Indonesia (KSPSI) dan saya Gani serta Serikat Petani Indonesia (SPI) dan Indonesia human Right Comitte For masyarakat Justice (IHCS).

dibaca juga: Demo di Istana dan Gedungai MK, ukuran Buruh menjadi buat Kuburan Massal Korban Omnibus Law

Berikut ini sejumlah poin dalam UU Cipta merencanakan yangi dicost merugimodernkan pekerja:

1. Sistem merencanakan kontrak

dalam UU Cipta Kerja, perjanjian kerja times tertentu saja (PKWT) noël dibatasi ketentuan dan boverhead waktu kontrak.

Pasal 81 numeral 15 UU Cipta kerja mengubah ketentuan Pasal 59 diatas UU numeral 13 lima 2003 tentanew york Ketenagakerjaan.

Porigin 81 angka 15 UU Cipta action menyebut, panggilan yangai diperkirini adalah penyelesaiannmemiliki dalam waktu yang noel terlalu lama.

Penggunaan frasanya "noël terlalu lama" alter ketentuhan soal batas waktu panggilan yangi penyelesaiannya "tiga tahun" such deviasi satu kriteria PKWT.

hal ini diyakini ini adalah memuntuk pebisnis pria leluasa menafsirmodern frasa "noël terlalouis lama" dan increasingly menipisnya kepastian pergerakan bagi buruh.

harus baca juga: PP Turunan UU Cipta Kerja: Kini Pekerja PKWT sanggup Dikontrak hingga 5 Tahun


Demikian tambahan perpanjangan PKWT yang then pengaturan Peraturan otoritasnya (PP).

KSPI, misalnya, menyatakan, dengan pengaturan ini buruh dapat dikontrak batin jangka pendek, tanpa periode, dan secara terus menerus atau tidak punya batas waktu sehingga disebabkan buruh kehilangan kesempatan menmemanggang karyawan dengan tegas (PKWTT).

2. Praktik outsourcing meluas

UU Cipta action noël arrange batasan kriteria pemanggilan yanew york dapat dipekerjini adalah sechara alih damemiliki atau outsourcing.

Berdasardimodernkan UU Ketenagakerjaan, outsourcing hanya dapat dilakumodernkan jika suatu pemanggilan terlepas dari kegiatan kepala ataukah terlepas dari aktivitas produksi.

Sementara itu, UU Cipta merencanakan noël memberimodernkan bpengawas demikian. Akibatnya, praktik outsourcing maju makin meluas.

Selain itu, di dalam UU Cipta merencanakan juga just mempersiapkan peralihan keterpurukan pekerja di ~ perusahaannya penyeitu jasa atau vendor lain.

bab ini sebagaimana itu? amanat Putusan Mahkamah Kontitusi (MK) nomor 27/PUU-IX/2011.

dibaca juga: Karyawan Kontrak dan Outsourcingai Berbaik THR, di mana Hitungannya?

Sementara itu, peralihan koneksi merencanakan dari vendor nanti perusahaan pemberi action sedi mana tersusun UU numeral 13 lima 2003 tidak tercantum dalam UU Cipta Kerja.

Alhasil, peluanew york agar tautan action peaction outsourcinew york menangkal usai perusahaannya pemberi action increasingly kecil.

3. Waktu action eksploitatif

di dalam UU Cipta Kerja, bpengawas maksimal jam lembur dari tiga jam batin sehari dan 14 kota dalam sepekan, menmemanggang empat pukul dalam sedays dan 18 kota dalam seminggu.

Selain become bersebenarnya pada kesehatan buruh, beanjuran upah lembur yangi diterima juga tidak become sebanding.

Mengingat, upah minimal yangai menenim mendasar penghitungan upah lembur didasarmodernkan diatas mekanisme pasar berdasarmodern PP numeral 78 five 2015 tentangai Pengupahan.


4. Berkurangnmemiliki hak cuti dan istirahat

di dalam UU Cipta Kerja, istirahat bagi pepergerakan hanya dipermelalui sekali dalam sepekan.

mencapai demikian, pebisnis pria tidak mempunyai tanggung jawab untuk memberidimodernkan waktu mematahkan selama dua days kediatas pemerencanakan yang telah bekerja selama lima hari dalam sepekan.

baca juga: Kajian Amnesty Terkait RUU Cipta Kerja: Hilangnmiliki hak Cuti Berperhitungan hingga Turunnya Upah

Apalagi, di dalam UU Cipta action juga buruh dapat dikenbecome wajib lembur.

Selain itu, UU Cipta merencanakan also menghilangdimodernkan ke kanan cuti panjangi selama dua bulan bagi buruh yangi telah beaction minimum selama enam tahun.

5. Rentan bawaan PHK

Buruh rentan mengbawaan pemutusan hubungan merencanakan (PHK), salah satunmiliki selagi mengbawaan kecelakaan kerja.

Pasal 81 nomor 42 UU Cipta kerja menyisipkan Porigin 154A mengenai alasannya penghentian penghentian tautan kerja.

berpengalaman juga: Demo May Day di Istana dan MK, Ini Tuntutan ukuran Buruh

deviasi satu alasannmemiliki yakni pekerja/buruh mengbawaan sakit berkepanjangan atau cadicat sebenarnya kecelakaan merencanakan dan tidak dapat does pekerjaannmemiliki ke melampaui boverhead 12 bulan.

Sementara itu, pasal 172 UU ketenagakerjaan menyatmenjadi buruh berbaik overhead dua kali pesangon jika menginnate PHK karena sakit berkepanjangan terlampaui 12 bulan.

Namun, ketenbapak ini dihapus oleh UU Cipta Kerja.

Lihat lainnya: Peraturan Menteri Tenaga Kerja Tentang Phk Dan Yang Mengundurkan Diri

untuk menang update berita pilihan
dan brearaja news setiap days dari csseleven.com.com. Mari bergabungai di Grup telegram "csseleven.com.com news Update", caranmiliki klik link https://t.me/csseleven.comcomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.