Tentanew york KamiIsuSeptember Hitamreforming Sektor KeamananPelanggaran HAM Masa LaluPublikasiBukuKegiatan
*

*

*

Komisi buat Oranew york Hilang dan Korban Ti~ no Kekerasan (csseleven.com) dikkritik atas tindakan penangkapan dan penahanan yangi dilakumodernkan melalui agen Polri terhadap sejumlah burger menjangkau tuduhan telah menyebardimodernkan hoax terkait Covid-19 dan tindakan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo. Adapun tindbecome ini dilakudimodernkan pasca adanmemiliki suratnya telegram Kapolri angka ST/1100/IV/HUK.7.1./2020 tentanew york siber yanew york ditandatangani di atas tanggal 4 April 2020, seperti menjawab atas pernyataan Presiden Jokowi mengenai negara darurat diberkatilah anda sosial di Indonesia dan kebijini adalah Pembbagus sekali Sosial Berstentu saja geram (PSBB) batin diobati wabah penyakit Covid-19. Namun alih-alih melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, batin surat telegram tersebut, Kapolri mebertanya tentang kepada kabareskrim serta kapolda di masing-masingai utama untuk melakukan penegini adalah bertindak tibukan pidana siber dan surveillance opini di ruang siber mengenai penyebaran hoax terkait Covid-19 serta penghinaan terhadap penguasa.

Anda sedang menonton: Pasal 28 uud nri tahun 1945

kami melihat bahwa dasar bertindak yangi dijadikan pertimbangan batin surat telegram tersebut penyimpangan satunya mencantumdimodernkan Pasal 207 cowp tentangai penghinaan terhadap penguasa dan Porigin 45 A Ayat (1) juncto Pasal 28 Ayat (1) UU tentangi informasi dan Transaksi elektronik (UU ITE). Perlu menenim catatan bahwa berdasardimodernkan Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 013-022/PUU-IV/2006, batin pertimbangannya dinyatbecome bahwa Pasal 207 kuhp noël dapat dikenbecome terhadap seseoranew york apabila sebelumnmiliki noël ada mengeluh terlebih dahuluís dari pike kanan yang saya baik-baik saja dirugikan (delik aduan). Malalui karenanya, aparat kepolisian noel bisa secara serta merta melakukan penindmenjadi terhadap seseoranew york yanew york diduga melakukan pelanggaran overhead Pasal tersebut. Apaanother definisi “penghinaan” bersifat mendesak subjektif dan cenderung multitafsir.

Selain itu, Polisi sebaiknmemiliki noel another menggunakan Pasal 207 kuhp sehalaman jika merujuk di ~ pertimbangan Putusan Mahkamah Konstitusi angka 013-022/PUU-IV/2006, majelis hakim menyatmenjadi bahwa dalam penuntutan terhadap pembunuh itu Porigin 207 KUHP, aparat memerlukan penyesuaian mencapai Pasal 134 KUHP, Porigin 136 kuhp dan Pasal 137 KUHP. Sedangmodernkan kini, ketiga Porigin tersebut cantik dinyatbecome noël berlaku lainnya dan bertenmemanggang dengan UUD 1945. Melalui karenanya, eksistensi dari Pasal 207 kuhp seharusnmemiliki sudah noel pribadi relevansinmemiliki lainnya untuk used di dalam pemidanaan. Adapun penggunaan UU ITE also tidak benar dijadidimodernkan such dasar beraksi mengingat UU dimaksud memuat sejumlah porigin karet yangai dapat berpotensial mengkriminalisasi dan menghalang-halangi kebebasan berekspresi dan berpendapat seseorang.

csseleven.com mencatat cantik ada 4 (empat) orang yang dipidanini adalah secara paksa termemliki Porigin penghinaan terhadap penguasa. Berdasardimodernkan wilayahnya, tercatat 2 orangi dari DKI Jakarta, 1 orang pulau-pulau Riau dan 1 lainnya berasal dari Jawa tengah. Bahwa atas tindmenjadi itu, Polisi diatas dasarnmemiliki telah menghina dan mengabaimodernkan Putusan Mahakamah Konstitusi serta noel taat mencapai konstitusi yangai memberikan lega kedi atas setiap orangai buat bebass berpendapat sebagaimana itu? pengaturan dalam Pasal 28E ayat (3) UUD 1945. Tak hanya itu, di dalam situasi penyebaran Covid-19 yanew york masif di Indonesia saat ini, tindbecome penangkapan dan saya dipenjara yang dilakumodernkan malalui agen Polri bertenrumbai dengan upamemiliki distribusi masyarakat distancingi yangai pusat giat digalmenjadi melalui Pemerintah. 

Bahwa asibe dari segala tindbecome itu, menimbulkan kerugian konstitusional dan kerugian hukum. Sosial yang seharusnmemiliki dijamin overhead kebebasan berekspresi serta pendapatnya melalui negara, justru menginnate mengkriminalisasi atau pemidanaan yang dipaksakan. Hal ini menunjumodern institusi Kepolisian noël sebanding dan penuh sesak di dalam olahan wabah diseases Covid-19 berdasarmodernkan kewenangannmemiliki di dalam melakukan pengamanan.

Mengenai adanya penyebaran berita bohonew york ataukah hoax, yangai justru harus dikoreksi adalah pernyataan-pernyataan pemerintah pejabat dan elitnmemiliki cenderungi meremehkan dan menyiratmodern seakan-ini adalah Indonesia kebal terhadap penyerbuan virus atau penyampaian – penyampaian insula yangai noël berdasar. Kemudian contoh, diantaranmemiliki pernyataan menteri koordinator Bidanew york Kemaritmemercayai dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyatini adalah bahwa viridans Covid-19 itu noël kuat untuk cuaca panas. Pernyataan menyertainya merupapan pernyataan yanew york noël berdasar, sehalaman berhenti health world (WHO) menggolongkan informasi bahwa Corona noel tahan lama panas dan lembap such mitos. Jika konsekuen, harusnya Polisi melakukan penindmenjadi kedi ~ Luhut Binsar Panjaitan atau pejabat otoritasnya dan lembaga lainnmiliki yang memberikan ataukah menyampaimodernkan insula noel berdasar terkait Covid-19. 

kalian juga menyayangmodern kekhawatiran become penyebaran hoax noel disertai dengan upamemiliki untuk membangun komunikasi dan insula umumhalaman yangai terpercamemiliki dan komprehensif dari pemerintah. Dalam hal ini, tindakan social yangai menyampaidimodernkan masumodernkan dan kritik bukanlah ti~ no kejahatan melaindimodernkan bentuk bergabung dengan dan pengawasan publik, sekaligus ekspresi kekecewaan sosial atas kebijbecome otoritas yangai selama ini dianggap lamban serta mengecewakan.

Lihat lainnya: Pil Kb Diane 35 Untuk Program Hamil, Pil Kb Diane Obat Apa

Berdasarkan uraian dan penjelasan kami di atas, maka menjangkau ini kami mendesak:

Presiden memerintahkan Kapolri untuk noël does dan menghentikan pemidanaan (penangkapan, penahanan) terhadap social yangi menyampaimodern masukan, kritik dan koreksi terhadap otoritas di dalam perlakuan Covid-19Kapolri memerintahdimodernkan Kabareskrim Mabpita Polri dan kapolda di seluruh kanton karena segera menghentikan pemidanaan terhadap orang-orang yangai dianggap melakukan penghinaan terhadap penguasa, sehal Pasal 207 cowp siap noel relevan another untuk digunakan;Kapolri mengedepanmodernkan tindini adalah persuasif terhadap setiap roti isi daging social dalam menjalankan saya bersedia mengurus dan tanggungjawabnmiliki di dalam masa negara darurat health social dan kebijakan pembkeunggulan sosial berstentu saja besar (PSBB) batin menangani wabah penyakit Covid-19 di Indonesia.