sudah ~ no chapter baru another jika Yogyakarta diknows menenim provinsi yanew york tebal menjadi nilai-cost kesenian dan kebudayaan. Bukan just secara spasial wisabertanya saja yang teruntuk mengetahui luas, budaya yang ha Yogyakarta juga selalouis memanggang sorotan misalnmemiliki saja pakaian adatnya.

Anda sedang menonton: Pakaian adat yogyakarta surjan dan kebaya

tipe pakaian adat Yogyakarta noël hanya didefinisikan untuk upacara adat saja, melainkan also dikenbecome dalam aktivitas sehari-days serta acara pernikahan. Buat mengetahui pembagian segenap pakaian adat Yogyakarta, mari simak penjelasannya berikut.


mengajukan Isi

1 Pakaian Adat tradisional Sehari-hari Yogyakarta2 Pakaian Upacara Adat Yogyakarta3 Pakaian Adat Pengantin Yogyakarta

Pakaian Adat secara tradisional Sehari-hari Yogyakarta

batin aktiviberpenaruh sehari-hari, social Yogyakarta juga kerap mengenbecome pakaian adat tradisionalnya. Nah, berikut ini ada 3 macam pakaian adat Yogyakarta yang khusus dipakai karena aktivitasnya sehari-hari.

dibaca juga: 15 alat Musik Yogyakarta

*
Sumber: lazada.co.id

Dari lukis pakaian adat Yogyakarta yanew york tercantum, pastinmiliki kerumunan masyarakat yang siap tak asinew york lainnya mencapai pakaian tersebut. Surjan, nama pakaian adat Yogyakarta ini telah lama dikaitkan menjangkau pakaian khas social Jawa Tengah. Namun, jika ditelussuri lebih dalam, surjan berorigin dari Yogyakarta.

dalam penggunaannya, surjan lebih kerumunan dipaksai melalui pria, tetapi asibe juga bisa dipaksai oleh banci batin bentuk kebaya. Ada beberapa macam surjan yanew york dibedmenjadi dari motifnmemiliki yamenemani itu surjan lurik, surjan jaguar, dan surjan ontokusumo.

Surjan lurik menenim types surjan yangi paling tersebar luas dan dikenalmodernkan oleh Sunan Kalijaga sebagai simbol kesederhanaan sosial Jawa. Sebagai pelengkap, pemakaian surjan terkadangi dilengkfire dengan bahan jarik seperti bawahan dan blangkon such penutup kepala.


kaya Yogyakarta

*
Sumber: id.pinterest.com

Bagi para feminin Yogyakarta, buat kegiatan sehari-days mereka juga mengenakan kebaya kemiripan such kanton Jawa di ~ umumnya. Mengenai ciri-cirinya, kaya yogya berupa blus tipis yanew york pemakaiannmemiliki dikenbecome nanti kemben.

Lalu, batin halaman simbol, pakaian adat Yogyakarta ini melambangmodernkan perilaku para wanita yangi lemah lembut. Untuk melengkapi penampilannya, para wanita Yogyakarta biasanya menjadi menggunakan konde kemudian tata rambutnya.

Pakaian Upacara Adat Yogyakarta

Di samping pakaian adat secara tradisional untuk kepentingan sehari-hari, Yogyakarta tambahan punmiliki pakaian adat yangai dikhususmodern untuk pemakaian saat upacara adat. Terdapat banyak macam dari pakaian karena upacara adat Yogyakarta dan beberapa di antaranmiliki adalah such berikut.

Sabukwala

*
Sumber: lionmag.net

di dalam biakan Yogyakarta, terdapat upacara adat tetesan yamenyertainya upacara sunat untuk anak perempuan. Batin upacara adat ini, anak banci akan mengenini adalah pakaian adat yangi disebut mencapai sabukwala.

bahan dari sabukwala ini terourselves dari bahan cindhe, lonthongi atau sabuk, ikat pinggang yangi dipanggilan kamus bludiran, dan slepe. Selanjutnya, dilengkapi tambahan menjangkau pemakaian aksesori di antaranmemiliki subang, gepanjang kana, dan kalunew york susun.

Pinjung

Di Yogyakarta, terdapat pula upacara adat tarapan yamenyertainya upacara adat unuk masa pubertas putri yangi baru mengalami haid pertama mereka. Namu pakaian adat Yogyakarta yanew york dikenbecome dalam upacara ini dijuluki mencapai pinjung. Bahan pakaian adat pinjung ini hampir kemiripannya menjangkau sabukwala yaakun itu terdiri dari kain cindhe, lhontongai ataukah sabuk, ikat pingganew york atau kamus bludiran, slepe, serta selendangi tritik.

Kemudian, dari segi aksesorinya, para pubertas putri Yogyakarta ini menjadi memaksai kalung, gepanjang kana, dan giwangi (anting-anting). Namun, perluís diketahui jika pinjung tak hanya digunakan diatas saat upacara tarapan saja, melaindimodernkan juga dikenbecome di ~ upacara agengi dan alit.

Semekan

*
Sumber: kratonjogja.id

Semedimodernkan merupapan namu pakaian adat Yogyakarta yangi berupa kain panjanew york mencapai massa 250 cm x 60 cm. Kain ini biasanmemiliki dikenbecome oleh para abdi dalem keparak. Semedimodernkan dikenmenjadi mencapai cara dililitmodernkan usai badan under ketiak sampai ke atas pinggul, dari arah kiri usai kanan.

Sebelum sememodern ini dikenbecome ubet-ubet, deviasi satu komponis dalam semekan dilipat nanti direction batin supamemiliki noël nampak dari luar. Lantas, buat mengikat potongan luar semekan, dikenakanlah udet atau tali yangai dipaksai mebulat di bawah dada sebagai gambar pakaian adat Yogyakarta sememodernkan yanew york tercantum.

Tirakatan

Baju tirakatan sesuai menjangkau namanmiliki adalah baju yangi dikenakan batin upacara tirakatan ataukah upacara tuguran malalui para pria. Komponis dari pakaian adat Yogyakarta ini terdiri dari sikepan, kendhit, kain batik yanew york bemotifmodern parangi barong, kamus timang (ikat pinggang), keris branggah, dan kuluk polos (penutup kepala).

Pranakan

*
Sumber: batikgiriloyo.com

nama belakang pakaian adat Yogyakarta pranbecome fungsi untuk dipaksai melalui para abdi dalem keravolume pria. Bisa ~ orang orang bilang jika pakaian ini implisit pakaian resmi para abdi dalem batin menoperasi saya bersedia mengurus di keranada maupun di luar keraton.

komponis pakaian adat pranini adalah terourselves dari bahan lurik menjangkau cat hitam atau biru tua dengan subjek mendayung telupat. Untuk penutup kepala, para abdi dalem pria penting mengenmenjadi blangkon ataukah dhestar ataukah udhengi pantas mencapai gamemiliki Yogyakarta. Kemudian, untuk potongan bawahannya, pakaian adat pranmenjadi menggunini adalah bahan jarik, bebed, sinjang, ataukah nyamping.

Basahan

Upacara adat lainnmemiliki yanew york ada di Yogyakarta yaakun itu upacara adat siraman. Pada upacara adat ini, para banci ini adalah mengenmenjadi pakaian adat Yogyakarta yangai bernama baju basahan. Pakaian basashu terdiri dari kain batik yangi just menutup dada, kemben, dan stagen.

Pakaian Adat Pengantin Yogyakarta

ndak hanya untuk aktivikantong sehari-days maupun upacara adat, masih ada jenis lain dari pakaian adat Yogyakarta yang dikenbecome untuk acara pernikahan. Untuk mengetahui maafkan saya saja namu pakaian adat Yogyakarta pengantin, simak pembagiannmemiliki berikut ini.

Kasatrian

*
Sumber: wolipop.detik.com

Menurut sejarahnya, pakaian adat pengantin kasatrian dulouis dipaksai oleh para putri dan putra sultan di dalam menghadiri suatu acara perjamuan. Namun, usai berkembangnmemiliki zaman, pakaian kasatrian dipaksai diatas upacara adat midodareni atau upacara menjelang hari pernikahan. Serta, dikenakan saat upacara panggih ataukah pertemuan senin mempelai pengantin.

Bagi para pria, pakaian kasatrian yang dikenakan berupa bahan batik (~ no prada) mencapai motif sidoasih, sidomukti, sidoluhur, parangkusuma, semen rama, udan riris ataukah truntum. Kemudian, dilengkapi menjangkau pemakaian lhontongai ataukah sabuk, kamus atau ikat pinggang, serta timag kreteb atau pengencangi kamus, keris, blangkon, dan surjan dari sutera mencapai motif polos atau bunga kembanew york batu. Karena alas kakinya, para pria menjadi menggunbecome selop polos.

Sementara itu, buat para wanita, types bahan yanew york dikenbecome kemiripan menjangkau pria, lalu menggunakan kebaya pendek cat biru tua, hijau tua, merah tua, ataukah warna hitam yangi keras sutra. Melukis kebaya yang dikenmenjadi become menyesuaikan menjangkau pakaian yangai dipaksai malalui para pria.

Lantas, para pengantin perempuan juga become menggunakan baju tidak punya kuthu baru ataukah penutup dada. Untuk aksesorisnmemiliki terdiri bros bunga sekerumunan 3 buah, kalung, giwang, gelang, dan cincin. Pemakaian selengkapnya dari baju kasatrian mungkin kamu melihat lewat lukisan pakaian adat Yogyakarta kasatrian di atas.

Kasatrian Ageng

Sebelum dikenini adalah sebagai pakaian adat pengantin, kasatrian agenew york dipergunini adalah batin upacara adat malam selikuran. Bahan dari pakaian ini buat para pria meliputi kain batik prada berbagai subjek such sidoluhur dan sidoasih.

Kemudian, dilengkfire menjangkau surjan sutra motif daun atau bunga, sabuk, ikat pinggang, timengharapkan kreteb, keris, dan kuluk kanipergilah hitam. Karena aksesoris yanew york dikenakan berupa bros, karset, rantai, oncen, dan kolang keris.

Sementara itu, para pengantin feminin mengenmenjadi kain batik prada mencapai motif kemiripannya such pengantin pria, laluís kebaya panjanew york nyata sutra, baju tidak punya kuthu baru, dan bros secrowd 3 buah. Untuk jeumpa yanew york dikenini adalah berupa giwang, kalung, cincin, dan gelang.

yogya Putri

Pakaian pengantin tahun putri dulunmemiliki diuntuk mengetahui mencapai pakaian agustusan dikarenmenjadi dipaksai oleh para putra dan putri Sultan buat menghadap gubernur saat bulan Agustus. Lambat laun, penggunaannmiliki pun berganti buat acara adat pernikahan.

elemen dari pakaian adat tahun putri bagi pria terourselves dari bahan batik prada mencapai berbagai varian subjek di antaranmiliki sidoluhur, sidomukti, sidoasih, dan lainnya. Kemudian, memakai sabuk, ikat pinggangi bordir, bara, timongolia kreteb, kuluk kanigara, serta keris. Aksesori pemaksimum yang dikenini adalah meliputi bros, karset, rantai jam, serta cincin.

Bagi para wanita, elemen yang dipaksai terdiri dari kain batik prada mencapai motif yang kesamaan mencapai pengantin pria dan kebaya blenggen ataukah kaya yang bersulammodernkan emas. Untuk aksesorinya, pengantin banci mengenakan kalung, cincin, dan gelang.

Paes Agengi Jangan Menir

nama pakaian adat Yogyakarta berikutnmiliki yangi dikenakan dalam upacara adat pernikahan adalah papita ageng jangan menir. Sebelumnya, pakaian adat ini dikenbecome batin acara boyong, suatu upacara adat dari kraton menuju ke kediaman pria. Tetapi, sekarangai pakaian adat ini dipakai dalam upacara adat panggih.

Pengantin pria yanew york menggunini adalah papita agengai jangan menir ini adalah mengenini adalah kain chinde kembaran, baju blenggen, ikat pinggang, kamus bludiran, timengharapkan kreteb, kuluk kanigara, serta keris branggah. Lalu, aksesoris yangi dipakai terdiri dari bros 3 buah, oncen, karset, kelat bahu subjek garis naga, gepanjang kana, cincin, dan kalung susun tiga.

untuk pengantin wanita, pakaian yang dikenakan adalah kain chinde karena kemben, kain biasa mencapai warna sevolume dengan kemben, baju blenggen beludru panjang, baju blenggene tidak punya kuthu baru, udhet, buntal, dan slepe. Jeumpa ataukah aksesorinmemiliki terdiri dari sengkangai royok, kalungi susun tiga, gepanjang kana, kelat bahu motif ular naga, serta cincin.

Patape Ageng Kebesaran

*
Sumber: weddingku.com

sama sebagai pakaian adat pengantin sebelumnya, papita ageng kebeanjuran juga punmemiliki sejarahnmiliki sendiri. Pakaian ini dikenmenjadi di ~ saat upacara adat panggih di kraton, tetapi sekarangi siap dikenakan batin upacara adat panggih malalui masyarakat Yogyakarta sechara luas.

Bagi para pengantin pria, bahan paes ageng kebeanjuran yanew york dipaksai meliputi kain kampuh yaakun itu sebuah batik motif sidomukti dengan panjanew york 4 meter, celana cindhe, sabuk atau lhontong, ikat pingganew york bordir atau kamus bludiran, timong kreteb, buntal, mogo, keris branggah, dan kuluk kanigara polos warna biru. Dilengkapi mencapai aksesori seperti subangai ronyok, karset, kalunew york susun tiga, gelang kana, kelat bahu, dan cincin.

Sedangkan, pengantin wanimeminta memaksai bahan kampuh, kain cindhe, slepe, serta udhet cindhe. Dilengkapi mencapai pemakaian aksesori di antaranmemiliki kalunew york susun tiga, sengkangi ronyok, gepanjang kana, kelat bahu, dan cincin.

Lihat lainnya: Pada Lari Estafet Pelari Nomor 2 Menggunakan Start, Start Lari Estafet

baca juga: 12 kesukuan di Jawa Serta Penjelasannya

Itulah aneka ragam pakaian adat Yogyakarta distart dari pakaian buat aktivitas sehari-aku sampai acara pernikahan. Meskipun zaman cantik beralih usai modern, namun mengpikiran Yogyakarta adalah provinsi istimewa yang masih memegang teguh adat istiadatnya, maka pakaian adat terpanggilan pun militer terus dikenmenjadi sesuai dengan acara adatnya.