Pakaian adat Sunda sangat beragam dan dikenbecome benar menjangkau statusnya sosial namun saat ini penggunaan pantas negara sosial siap noël relevan.

Anda sedang menonton: Pakaian adat sunda laki-laki


Sunda adalah deviasi satu suku yanew york ada di Indonesia. Seperti suku, Sunda memiliki adat istiadat yang bisa ~ membedakannmiliki mencapai kesukuan lainnya. Kesukuan Sunda sebagian geram bermukim di ~ bagian barat pulau Jawa yanew york mencakup Provinsi Jawa barat dan Banten. Batin setiap kesukuan pada suatu daerah, tentu saja ada adat yanew york meliputi tradisi/ritual sampai mencapai pakaian adat. Pakaian adat Sunda atau pakaian adat Jawa barat yangi dibedmenjadi berdasarmodernkan tingkatan sosialnya.

mengutip Lokadata.csseleven.com, pakaian adat Sunda bukan sekadar kebaya dan beskap. Dahulu, ada tiga jenis pakaian adat yangai dibagi berdasarkan tingkatan sosial kaum bangsawan, golongan menengah, dan orang jelata.

Ketiga types pakaian terpanggilan sudah ditahu sejak zaman dahulu dan masih dilesmemutar sampai sekarang. Namun, pengelompodimodernkan pakaian adat berdasarkan tingkatan sosial siap noel relevan lagi.

item terkait: Tak hanya Elegan, 6 Pakaian Adat Jawa markas besar Lambanew york kekayaan Khazanah Budaya

sejarah Pakaian Adat Sunda atau Pakaian Adat Jawa Barat


*

Dahulu, pakaian yangai digunakan malalui kaum bangsawan laki-laki dari kesukuan Sunda adalah jas yang bahannmiliki beludru dan celana panjang yangai berbahan beludru cat warna hitam berhiasmodern sulaman benangi emas. Mereka juga menggunakan bahan dodijebloskan motif parangai rusak, sabuk ataukah sabuk emas, iket buat tutup kepala, serta selop hitam karena alas kaki.

Sedangdimodernkan kaum aristokrasi feminin menggunakan kebaya beludru warna warna hitam berhiasmodernkan sulaman benangi kuning bahan kebat subjek rereng serta selop beludru berhiasmodernkan manik atau sulam emas. Selain itu, kaum bangsawan banci tambahan menggunini adalah jeumpa yangi bertahtini adalah berlian.

Ada juga pakaian resmi untuk seluruh lapisan masyarakat. Baju adat inilah yangai kerap digunakan di atas acara sulungnya duta paripariwisata Jawa Barat. Si lelaki/jejaka menggunakan jas tutup dengan melukis bebas, celana panjang bercat senada, bahan yanew york diikatmodernkan di pinggang, penutup kepala bendo, dan aselebar kaki menggunakan selop. Ada juga pukul berantai yang dijepitkan di atas saku jas.


cited dari Lokadata.csseleven.com, gadisnya menggunini adalah pakaian kaya polos mencapai hiasan sulam, kain kebat, selendang, kamisol, serta selop yang warnanmemiliki sevolume dengan melukis kebaya. Noël sampah sarap tambahan aksesoris berupa tusuk konde berhiaskan bunga, cincin, giwang, bros, peniti berantai dan jeumpa berantai yangi berbahan radikal emas dengan tahta berlian.

item terkait: menutup mencapai Alam, Mengenal Pakaian Adat suku Asmat yangi kerajaan Makna

namu dan Jenis-tipe Pakaian Adat Sunda

Berikut ini bebermaafkan saya tipe pakaian adat kesukuan Sunda, Jawa Barat:

1. Kebaya Sunda


*


kemiripannya sebagai kebaya dari Jawa sentral atau Jawa Timur, kebaya Sunda luaran bentuk seperti kebaya di atas umumnya. Yang menenim pembeda adalah subjek yangai ada di leher. Melukis kaya sunda biasanmemiliki cerah sedangdimodernkan bawahnya biasanmemiliki dipadumodern mencapai bahan jarik ataukah sinjang bundel di dalam Bahasa Sunda. Kebaya Sunda biasa dipakai melalui kaum menengah dan menggunbecome aksesoris such ikat pinggang, giwang, konde dan lainnya.

2. Pakaian Adat Jawa barat untuk Lelaki yangi disebut Pangsi


*

Instagram/

mengutip dari Kumparan.com, pangsi adalah baju adat Sunda yang biasa tangan kedua oleh laki-laki. Pakaian ini berupa suit baju kemeja polos mencapai celana black yang longgar sesuai panjangnmemiliki noel lebih dari mata kaki. Kaum biasa menggunbecome pakaian jenis ini kemudian para petani atau buruh dan orang jelata. Tetfire pangsi tambahan tangan kedua oleh sepotongan kalangan mencapai berbagai modifikasi.


Penggunaan pangsi juga disertai menjangkau sarunew york loreng yang disampingkan ke badan, apengelasan kaki berupa terompah woods dan penutup kepala berupa ikat logen.

item terkait: 12 Pott familic artis di dalam Balutan Busana Adat, Curi Perhatian!

3. Bedahan

*

Ini merumakanan pakaian adat yangai biasa tangan kedua melalui kalangan menengah kemudian saudagar dan kaum pedagang. Biasanya, pakaian ini disertai dengan manik-manik yangai menggantung. Pakaian ini umumnmemiliki digunakan melalui perempuan dan bermelukis cerah untuk atasannya. Bawahannya biasanmemiliki menggunakan bahan batik dengan corak khas sunda. Ada tambahan beberapa pelengkap lain berupa ikat pinggang, apengelasan kaki, karena itu, dan selendangi berwarna.

Kaum laki-laki menggunini adalah bedahan baju bercat putih atau jas takwa dan bawahan bahan kebat batik khas Sunda. Aksesori yangai tangan kedua yaakun itu aselebar kaki, ikat kepala, dan ikat pingganew york serta rantai kuning di saku baju.

Lihat lainnya: Nama Panggilan Untuk Sahabat Sejati Perempuan Yang Unik, 40 Nama Julukan Keren Untuk Sahabat Terdekat

4. Menak

*


Menak berupa jas bludru yangai disulam mencapai benangai emas. Types pakaian ini biasanmiliki dikenini adalah bangsawan. Tampilannya tampak mewah sekaligus elegan. Menak berbentuk jas dibalut menjangkau celana panjang yangi bercat hitam. Ada lilitan jarit dari pinggangi sampai dengan atas lutut. Sedangkan wanita menak menggunakan kebaya melelahkan beludru menjangkau manik-manik hitam. Bawahannmemiliki menggunini adalah kain jarik menjangkau motif rereng kemudian csseleven.comentikantong kebangsawanan. Penggunaan jeumpa kuning dan berlian tambahan mempercantik penampilan ini.