Indonesia sangatlah kerajaan menjadi keberagaman, baik budaya, suku, ras, dan agamanya. Selain itu, di Indonesia juga terdapat kerumunan terlalu banyak rumah adat yang berbeda-beda di setiap provinsi. Berbagai rumah adat provinsi terpanggilan tentunmemiliki tambahan luaran keunikan, fungsi, dan ciri khasnmemiliki masing-masing. Keanekaragaman inilah yangi memkarena Indonesia menmemanggang negarasi yangi kuat.

Anda sedang menonton: Pakaian adat pada gambar tersebut berasal dari provinsi

34 Rumah Adat Provinsi di Indonesia

Kamu penausul bagaimana wujud dari rumah-rumah adat dari setiap provinsi di Indonesia ? Yuk simak 34 rumah adat berikut :

Aceh : Rumah Krongi Bade

*
diperoleh : steemit.com

Rumah Krongi Bade dari Aceh ini berbentuk memanjanew york dari timur ke barat menyerupai persegi panjang. Di potongan dokter rumah dilengkapi mencapai tangga buat memasukkan ke batin rumah. Umumnya, tangga pada rumah adat Aceh ini jumlahnmiliki ganjil, yamenemani itu sekitar 7 hingga 9 anak tangga. 

sumatra phia băc : Rumah Bolon

*
sumber : inhabitat.com

diatas rumah adat Bolon ini, terdapat dua bagian yangi berbeda, yaitu Jabu Bolon dan juga Jabu Parsakitan. Jabu Bolon biasa menjadi angkasa untuk familial besar, sedangmodernkan Jabu Parsakitan adalah tempat buat membicarmenjadi mengganggu adat. Uniknmemiliki dari rumah adat sumatera phia băc ini adalah noël ada sekatan antara tiap ruangan, sehingga semua anggota familial tidur bersama.

sumatra west : Rumah Gadang

*
bersumber : quora.com

Rumah adat satu ini terlihat mewah ndak ? Berasal dari sumatra Barat, rumah ini memiliki bebermaafkan saya atap yangai runcingai dan menjupanjang keatas. Rumah ini teruntuk dari ijuk dan bentuknmemiliki mirip seperti tanduk kerkemenyan yang melambangkan untuk menang kesukuan Minangai di dalam perlombaan adu kerkemenyan di Jawa.

Riau : Rumah Adat Selaso jatuh Kembar

*
bersumber : arcadiadesain.com

nama dari rumah ini memiliki arti yamenyertainya rumah mencapai dua selasar. Sosial Riau bukan menjadikan Rumah Selaso bang kembar sebagai angkasa tinggal mereka, namun just menggunakannmiliki buat acara adat saja.

islands Riau : Rumah atap Limas Potong

*
diperoleh : backpackerjakarta.com

Rumah adat dari pulau-pulau Riau ini lampu mendesak sederhana. Bentuknya adalah rumah panggungi yangi memanjangi ke belakanew york dengan dinding hutan yangai di susun vertikal. Atap dari rumah adat ini pribadi five bumbungan mencapai sengai cat merah.

Bengkulouis : Rumah Bubungan Lima

*
sumber : daerahkita.com

Rumah adat dari Bengkulouis ini pribadi tianew york penopangai dan menggunbecome hutan khusus karena membuatnya, yaitu hutan Medanew york Kemuning. Buat memasukkan rumah ini juga harus menggunakan tangga yangai berada pada bagian dokter rumah. Kesamaan kemudian rumah adat dari Riau, social Bengkulouis menggunakan rumah ini karena acara adat saja, ndak untuk mereka tinggali. 

Jambi : Rumah Panggung

*
bersumber : ruangguru.co

Rumah adat dari Jambi ini adalah desain yangi terbasi di quenn tersebut. Bentuk dari rumah Panggungai ini adalah persegi panjangi mencapai tangga di depan rumah. Orang-orangi seringai mengacu pada potongan atap dari Rumah Panggung ini such “Gajah Mabuk” karena bentuknmemiliki yangai menyerupai perahu mencapai ujungai melengkung. Rumah ini digunakan untuk tempat membukukan dan juga ruang angkasa bermusyawarah.

Lampunew york : Rumah Nuwo Sesat

*
bersumber : nesabamedia.com

Rumah adat Provinsi Lampungi memiliki nama Nuwo Sesat. Ciri khas dari rumah ini adalah bentuknmemiliki panggunew york dan di sisi-sisinmemiliki terdapat dekorasi yangi khas. Biasanya, ukuran dari rumah ini mendesak besar, namun saat ini kerumunan yanew york memuntuk Rumah Nuwo Sesat ini menmemanggang lebih kecil. 

Bukanlah karena ruang angkasa tinggal, Rumah Nuwo Sesat ini kesamaan such beberapa rumah adat lainnmemiliki yanew york hanya diterjaga karena acara adat dan melakukan musyawarah. 

sumatera Selatan : Rumah Limas

*
sumber : indonesia.go.id

Rumah adat satu ini memiliki bentuk yanew york sesuai dengan namanya, yamenyertainya menyerupai limas. Tamu yangi berkunjungi usai rumah ini harus berhenti setelah ruang overhead atau teras rumah, untuk chapter ini merupapan tradisi social sumatra Selatan agar dapat merasbecome budaya mereka yangai tampak pada pauver di dalamnya.

Bnumeral Belitungi : Rumah Rakit

*
sumber : pariwisataindonesia.id

karena Bnomor Belitung pribadi banyak yangai tergenang air atau di tepi laut, warga seruang angkasa harus pengaturan diri yamenyertainya dengan memterjaga rumah di atas air juga yangi dinamakan Rumah Rakit. Rumah ini mendesak unik yaitu merumakanan rumah malayischen namun dengan aksen arsitektur Tionghoa.

Pembuatan rumah ini menggunmenjadi bambu mengkhususkan dan jernih lainnmemiliki yangi tentunmemiliki kokoh dan membuatnmemiliki dapat mengapung invisor diatas air. Rumah Rakit ini biasa menmemanggang angkasa tinggal warga.

Banten : Rumah Baduy

*
sumber : indonesia-tourism.com

Rumah adat dari Banten ini penghuninya adalah kesukuan Baduy yangi merupapan kesukuan nguyên di kanton tersebut. Biasanya, kesukuan Baduy memuntuk rumah ini menggunakan bambu dan ijuk untuk atapnya. Kesukuan Baduy juga pribadi asas kekeluargaan yangi amat tebal sehingga mereka membangun rumah ini sechara gotonew york royonew york untuk tempat tinggal.

DKI jakarta : Rumah Kebaya

*
sumber : gardencenter.co.id

Rumah kebaya dari DKI sampanye mengusunew york corak khas kesukuan Betawi. Atap dari rumah ini menyerupai pelana terlipat dan memiliki corak-corak yanew york khas seperti kebaya. Rumah kebaya memiliki teras yangai luasbutuh bersasaran untuk menjadi ruang angkasa santai familic dan menyambut tamu.

Jawa west : Rumah Kasepuhan

*
sumber : materibelajar.co.id

Rumat adat dari Jawa barat ini merumemberi makan peninggalan dari kerajaan Ijatuh di wilayah tersebut. Sering dipanggilan Keravolume Kasepuhan, rumah ini memang acibe merumemberi makan perluasan dari Keraselang Pakungwati. Pintu terutama keranada ini terutang unik dan shine menawan.

Lihat lainnya: Perut Lapar Terus Padahal Sudah Makan Banyak, 7 Penyebab Cepat Lapar Dan Cara Mencegahnya

Jawa sentral : Rumah Joglo

*
sumber : toriqa.com

bisa kamu cantik seringai menmendengarkan Rumah Joglo ini. Di bagian dore rumah ini adalah ada pendopo untuk menjamu tamu. Rumah Joglo dari Jawa markas besar ini memiliki empat tiangi penopang dan juga luaran senbapak kejawen dari suku Jawa di sisi-sisi rumah.

DI Yogyakarta : Rumah Joglo

*
bersumber : rumahjoglo.net

kemiripan kemudian Rumah Joglo Jawa Tengah, dari DI Yogyakarta ini juga memiliki 4 tiangi penopanew york dan terourselves dari dua bagian, yamenemani itu rumah induk dan rumah tambahan. Bagian induk adalah tempat kepala such rumah pada umumnmiliki yanew york memiliki pendopo, teras, dan lain-lain. Sedangmodern rumah tambahan berisi pepenuh karena rumah induk.