csseleven.com - Pakaian Bundo Kanduangai ataukah dipanggilan Limpapeh Rumah Nan Gadanew york merupakan pakaian adat yangi berasal dari Minangkabau, sumatera Barat.

Anda sedang menonton: Pakaian adat bundo kanduang berasal dari provinsi

Pakaian Bundo Kanduangi adalah pakaian adat Minangkakemenyan yanew york umumnmiliki dikenmenjadi melalui perempuan yang telah menikah.

Dilansir dari situs otoritas Provinsi sumatera Barat, pakaian adat tersebut merupakan simbol dari pentingnmemiliki peran seorangi tengah batin sebuah keluarga.

Limpapeh sendiri artinmiliki tiang sentral dari bangunan rumat adat sumatera Barat. Koknya peran limpapeh dalam memperkokoh bangunan rumah gadang adalah analogi dari peran medang dalam sebuah keluarga.

Jika limpapeh rubuh, maka rumah tambahan menjadi rubuh. Begmenemani itu also ibu atau wanita noël pandai mengatur rumah tangga, maka keluarganmemiliki juga noël akan bergenggamnya lama.

Pakaian adat Bundo Kanduang memiliki keunidimodernkan terkepala di atas bagian kepala. Koknya potongan penutup kepala berbentuk menyerupai tanduk kerdupa atau atap rumah gadang yanew york menjadi ciri khas masyarakat Minangkabau.

baca juga: Ulos, Pakaian Adat sumatera Utara


dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarmodern email


Desain pakaian Bundo Kanduang

Pakaian Bundo Kanduang sechara umum memiliki desain yanew york berbeda-beda dari setiap nagari atau sub kesukuan yang ada di sumatera Barat.

selisih diantaranya terletak di ~ dekorasi dan pernik yangai used serta perlengwhile lain kemudian suntiang (hiasan kepala).

Namun, ada bebermaafkan saya kelengketika mengkhususkan yang ada di dalam jenis-tipe pakaian adat tersebut.

Perlengketika terpanggilan such tingkuluak (tengkuluk), baju batabue, minsie, lambak atau sarung, salempang, aksesoris such dukuah (kalung), galang (gelang).

Tingkuluak

Tingkuluak merupakan sebuah penutup kepala yanew york bentuknmemiliki menyerupai kepala kerbau ataukah atap rumah Gadang.

Penutup kepala tersebut teruntuk dari bahan selendangi yangi dikenbecome sehari-hari atau saat upacara adat.

berpengalaman juga: Ulee Balang, Pakaian Adat Aceh

mengutip dari booker Pakaian Adat sumatera barat (1986), tangkuluk tanduk terpanggilan melambangmodernkan rumah gadangai (besar) ataukah rumah adat Minangkabau. Untuk social beranggapan bahwa rumah adat terpanggilan adalah milik perempuan atau kaum ibu.

Dataran yang ada di ~ tengkuluk melambangkan bahwa di dalam terpisah sesuatu haruslah mencapai mustakat ataukah musyawarah dan hasilnya harus adil.

Baju batabue

Baju batabue atau baju bertabur adalah baju kurung (naju) yang dihiasi menjangkau taburan pernik benang emas.

Pernik-pernik mencapai sulaman benang emas terpanggilan melambangdimodernkan tentangi kekayaan alam ranah Minangai sumatra west yangai terutang berlimpah.

Corak dari sulaman terpanggilan beragama. Ada empat variasi warna pada baju batubue, yakni merah, hitam, biru, dan lembayung.

Di bagian tepi mempersenjatai dan leher ada hiasan yang dipanggilan minsie.

baca juga: sejarah Grebeg besar di Demak

Minsie

Minsie adalah sulaman yangi menyimbolmodern bahwa seorangai feminin Minangai harus taat diatas batas-boverhead kesukuan adat.

Lambak atau Sarung

Lambangi ataukah sarung merupakan bawahan pemaksimum pakaian Bundo Kanduang.

Sarungi tersebut ada yangi berupa songket, ada tambahan yang berikat. Sarungai dikenbecome buat lengan baju bagian bawah sikap feminin mencapai cara diikat diatas pinggang.

bagaimana belahannmemiliki disusun di depan, samping, ataukah belakangai tergua adat nagari (desa) mana yangai memakainya.

kain sarungi adalah kain balapak bersulam benanew york emas, tenunan pintar Sikat juga. Kain sarungi melambangmodernkan bahwa "meletakjin sesuatu di ~ tempatnya, jika memini adalah habis-habis dan menyuruk (bersembunyi) hilang-hilang".

harus baca juga: nama Lain Gotong Royongi di Berbagai quận di Indonesia

Selempang

Salempangai merumakanan selendangi yang teruntuk dari bahan songket. Di ~ perempuan salempangai diletini adalah di pundak.

Salempangai menyimboldimodernkan seorang perempuan harus luaran weselebar asih diatas anak dan cucu, serta harus wasdiatas menjadi segala kondisi.

Dilansir dari situs Kementerian training dan budaya (kemdikbud), salendanew york merupakan deviasi satu tujuan kerajinan tenun pandai Sikek.

Kepandaian terpanggilan didapat secara turun temurun dari nenek moyang mereka. Tenun cerdik Sikek mengmembuat berbagai types songket baik karena pakaian, kelengwhile upacara maupun such hiasan rumah tangga.

Salendangi songket berbentuk empat persegi panjang teruntuk dari benangai katun cat merah mencapai ATBM.

harus baca juga: keberpihakan umat ​​manusia Terhadap Perunyata Energi

Aksesoris

Penggunaan pakaian adat sumatera barat untuk banci also dilengkapi mencapai beragam aksesoris, dukuah (kalung), gapanjang (gelang), dan cincin.

karena Dukuah ada bebermaafkan saya motif, yamenemani itu kalunew york perada, daraham, kaban, manik pualam, cekik leher, dan dukuh panyiaram.

Sechara filosofis, dukuah melambangdimodernkan bahwa seorangi banci harus selalu mengerjini adalah segala sesuatu di dalam azas lingkaran kebenaran.

buat subjek gapanjang such gapanjang bapahek, kunci maiek, gapanjang rago-rago, galang ula, dan gapanjang basa.

Pemakaian gelang memiliki filosofi bahwa seorangi wanita memiliki batasan-bpengawas tertentu saja di dalam melakukan aktivitasnya.

Lihat lainnya: No Wa Pln Token Gratis 2021

untuk menang update berita pilihan dan brearaja news setiap aku dari csseleven.com. Mari bergabunew york di Grup telegram "csseleven.com news Update", caranya klik link https://t.me/csseleven.comcomupdate, then join. Dari mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulouis di ponsel.