*
malu selagi pasukan marsose Belanda menyerangi utama Samalangan, Bireuen, Aceh (Foto: Istimewa)
*

Muhammad Saifullah
*

Bdari mereka Aceh, IDN Times - Aceh merupakan salah satu menyiksa yang sanggup dikatakan most sulit untuk ditaklukdimodernkan melalui negara-negara kolonial. Bahkan, bagi sebuah negara penajajah sebagai Belmilik mereka yanew york teruntuk mengetahui become keberingasannya, tak sederhana untuk kuasai utama tanah Rencong.

Anda sedang menonton: Pahlawan yang memimpin perlawanan rakyat aceh melawan belanda adalah

Terbukti, darimana pertama kali Negara Kincir Angin -juludimodernkan Belanda- menginvansi quận yang kini menmemanggang provinsi most barat Indonesia terpanggilan pada 1873, perjuangan person Aceh tak pernah kendur. Peranew york terus menerus terjadi di Bumi Serambi Makkah hingga Belanda mengakui kanchi Indonesia.

Perjuangan resisten kolonial Belanda, tidak hanya dilakumodernkan oleh kaum pria semata. Namun, ada juga ‘inong-inonew york Aceh’ (wanita-feminin Aceh, batin Bahasa Aceh) yang memimpin legiun mencapai lifted senjata dan bertempur langsungai di medan perang.

Siapa saja inong-inong Aceh yangi gerbong bertempur melawan invansi dan mengacaumodern upaya Beltheir untuk melakukan kolonial? Berikut ulasan singkat perjuangan dari inong-inongai Aceh.


*
Pocut Meurah Intan, pejuangai feminin melawan upamemiliki kolonial Belmilik mereka di Aceh (Foto: Istimewa)

Di telinga social awam, bisa nama Pocut Meurah Intan tak segaungi Keumalahayati, Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Meutia, dan pejuanew york inong-inongi Aceh lainnya. Namun harus diketahui, perjuangan pahlawan wanita kelahiran Biheue, utama Sagi XXII Mukim di atas 1833 ini, tidak kalah merepotmodernkan pemerintah Belmilik mereka tentu saja itu.

Pengaruhnya terhadap pergerbecome perjuangan di medan perang, bisa ~ dibuktimodern bahwa tokoh yangi mencapai namu lain dikenal menjangkau Pocut di Biheue tersebut, juga menyulitmodern pemerinsimpan saja tentu saja itu. Terbukti, diakhir hayatnya, ia harus diasingdimodernkan berates-ratusan kilometer dari tanah kelahirnnmiliki sendiri.

Pejuanew york yanew york masih memiliki ddirection keturunan kesultanan Aceh ini, dikenal mendesak antiterhadap kolonial Belanda. Ia ~ rela menceraimodern suaminya, Tuanku Abdul Majid, yanew york tentu saja itu menyerah kediatas penjajah. Sehingga di dalam menlari perjuangan, ia mengajak ketiga anaknya, kemudian Tuanku Muhammad Batee, Tuanku Budiman dan Tuanku Nurdin, beserta prajurit lainnya untuk melakukan perlawanan.

Begakun itu gigih dan gencarnmemiliki perlawanan yanew york dilakudimodernkan memuntuk Beltheir melakukan penyerangan terhadap legiun Pocut Meurah Intan dan ketiga anaknmemiliki tersebut. Alhasil, anaknya, Tuanku Muhammad Batee ditangkap prajurit Belmilik mereka pada Februari 1900 di kawasan Tangse, Pidie. Tak hanya sampai di situ, dua moon kemudian Pocut Meurah Intan juga harus berpisah mencapai Tuanku Muhammad Batee, nanti sangi anak diasingkan nanti Tondano, Sulawesi Utara.

kehilangan buah hati dari sisinya, tidak memuntuk wanita ini menyerah, ~ ia seincreasingly marah kepada Belanda. Hingga sampai tersiar kabatangan bahwa Pocut Meurah Intan finite ditangkap di Sigli, Pidie di ~ 11 November 1902. Dalam prospita pengukur penangketika menemani itu pun dikatan bahwa dirinmiliki noël mau menyerah begmenyertainya saja meski tubuhnmiliki telah penuh dengan luka.

Meusing kondisi Pocut Meurah Intan yangi terwound parah, Veltman, pimpinan prajurit Belanda diatas times menawar pertolongan. Ini adalah tetapi, rencong yangai masih erat tergenggam ditangannmiliki kala itu, memuntuk sejumlah pasukan marsose (legiun mengkhususkan Belanda) terluka selama become mengamankannya.

Kegigihannya, membuat Beltheir selaku musuh di medan perangai mengakui semangat yangai hatim Pocut Meurah Intan. Bahkan, pejuang perempuan dari Aceh ini dijuluki such ‘Heldhafting’ ataukah kepahlawanan yang terknows karena keras kepala dan keberaniannya.

Pocut Meurah Intan, beserta dua putranya, Tuanku Budmemercayai dan Tuanku Nurdin, telah aman melalui Belanda. Selanjutnya, mereka pun diasingmodern ke Blora, Jawa markas besar di atas 6 Mei 1905 rantai dengan keluarga Sultan Aceh bernama Tuanku Ibrahim. Ia pun menghembusmodern nafas terakhir di tempat pengasingannmemiliki tersebut, diatas 20 September 1937.

Meski keras kepala serta keberanian Pocut Meurah Intan telah diakui melalui Belanda, namun hingga kini perjuangannya belum diakui full malalui Indonesia. Sehingga, pejuang perempuan asal Aceh ini belum menuntuk menang gelar kemudian pahlawan nasional.

harus baca Juga: kematian Sukarno yangi Diasingdimodernkan di 7 Penjara Ini, implisit di Sumut


*
malu fraseologi permukaan Cut Nyak Dhien, pejuang feminin perlawanan upamemiliki kolonial Belmilik mereka di Aceh (Foto: Istimewa)

Berasal dari familial bangsawan, tidak membuat Cut Nyak Dhien, menenim orang yang lemah dan manja. Pahlawan wanita asal Aceh kelahiran Lampadang, Kabupaten Aceh Besar, di atas 1848 dahulu ini, ditahu tegas dan sangat disegani malalui Belmilik mereka maupun pejuanew york di Aceh di atas masanya.

Istri dari Teuku Cek Ibrahim Lamnga (suami pertama Cut Nyak Dhien) noël mengenal kompromi apabila berhadapan mencapai Belanda. Amdirection dan kebencian inonew york Aceh ini mulai timbul noël lama setelah Negeri Kincir Angin menemani itu melakukan invansi pertama kali pada 1873. Noël pernah berkurang, kelewat seincreasingly memuncak, ditambah ketika suaminmiliki tewas ditangan Belanda, pada 29 Juni 1878.

usai dimembukukan gugur sangi suami, Cut Nyak Dhien yanew york memimpin langsungai perjuangan person Aceh tentu saja itu, does pergerbecome dan penyerangan secara bergerilya. Beberapa five berjuanew york bersama pengikutnya, pahlawan banci yangai then dikenal sebagai ‘medang Perbu’ ini kemudian memenikah bagian belakang dengan pejuang Aceh lainnya, yakni Teuku Umar.

darimana dua tekad dan impian pejuang Aceh ini disatudimodernkan di ~ 1880, perlawanan person Aceh kedi ~ Belanda semakin gencar. Tentunya perjuangan terpanggilan juga didukung melalui para pejuang-pejuangai Aceh lainnya yangai ada tentu saja itu.

kerja sama dari taktis perjuangan keduanya, sempat membuat Beldari mereka dirugikan sehingga banyak kehilangan senjata. Sebab, Teuku Umar di atas saat akun itu membuat siasat karena ~ berpura-pura bepergerakan kemiripannya mencapai Belanda. Usai bebermaafkan saya tahun kemudian, suami senin Cut Nyak Dhien menyertainya bermost dan melakukan penyerangan terhadap negarasi penjajah tersebut.

Belmilik mereka yangai merasa dikhianati coba does penyerangan sechara besar-besaran ke kawasan pantai west Aceh (kini Kabupaten Aceh Barat). Batin oeprasi itu, Teuku Umar tewas. Beldari mereka meledak suami Cut Nyak Dhien berserta pasukannmemiliki di utama Meulaboh diatas tanggal 11 Februari 1899.

kehilangan suami keduanmemiliki noël mengendurmodern perlawanan pahlawan wanita origin Aceh ini. Di sentral hutan belantara di kawasan pantainya barat Aceh, ia masih menmemanggang momok menakutmodern bagi Belanda.

Meskipun demikian, faktor usia noel bisa ~ dipungkiri. Cut Nyak Dhien yangi tak lainnya muda, awal merasbecome encok dan pengelihatannmemiliki pun tak setakota dulu (rabun). Sementara, jumlah pengikutnmemiliki awal menipis, untuk telah kawanan yangai gugur.

Mepenampilan terms kemudian itu, memkarena Pang Laot, seorangai pengstart Cut Nyak Dhien, dirasa iba. Ia kemudian menjumpai Beldari mereka dan does kesepakatan. Selama menjadi dievakuasi oleh otoritasnya kolonial, Cut Nyak Dhien yangi masih ragu-ragu menyerah terus does perlawanan. Become tetapi, kondisinmemiliki yangai tak lagi prima memkarena Beldari mereka mencapai mudah mengamankannya.

sesuai kesepakatan mencapai Pang Laot, Cut Nyak Dhien diperlakudimodernkan secara hormat. Buat menguranew york pengaruhnya dalam perjuangan rakyat Aceh, ia pun kemudian diasingdimodernkan setelah wilayah Sumedang, Jawa Barat, di atas 11 Desember 1905. Tiga kenal usai pengasingannya, Cut Nyak Dhien menghembusdimodernkan nafas terakhirnya, diatas 6 November 1908 dan dimakammodern di Gungun Puyuh, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedangi Selatan, Sumedang.

Tak hanya di Aceh, di pengasingannya, Cut Nyak Dhien pun sangat dihorsekarat oleh roti isi daging sekitar. ‘medang prabu atau medang Suci’, begitulah social kyung mengenal Pahlawan Nasional Indonesia origin Aceh ini.

Puluhan lima nanti meninggal, makam Cut Nyak Dhien baru ditemukan pada 1959. Tiga tahun kemudian, tepatnmiliki 2 Mei 1962, Presiden Sokarno melalui SK Presiden RI nomor 106 lima 1964, mengangkat Cut Nyak Dhien menenim Pahlawan Nasional Indonesia.


*
karakter meteorologi permukaanbutuh Teungku Fakinah, pejuang feminin resisten upaya kolonial Beldari mereka di Aceh (Foto: Istimewa)

Teungku Fakinah, begitulah social Aceh mengenal pejuanew york perempuan kelahiran lima 1856, di Gampongai Lambeunot, Mukim Lamkrak yangi kini dilampiri kanton Kabupaten Aceh Besar, Aceh, silam. Dirinmemiliki tak just berperan sebagai panglima di dalam sendi perjuangan resisten Belanda, namun juga such ulama sekaligus membangun training Ijatuh pada masa itu.

Berdasardimodernkan sejumlah diperoleh historia menyebutkan, dalam memimpin perlawanan terhadap otoritas kolonial, anak dari pasangan Datu Mahmud dan Cut Fathimah, terutang disegani dan ditakuti melalui musuhnya. Sementara, di luar medan tempur, ia dianggap sebagai sosok ulama besar dan memiliki pesankecenderungan yangi dibangunnmiliki sendiri.


Lanjutmodernkan memberpengalaman artikel dibawah

Editor’s picks


Keberanian Teungku Fakinah didapatkan berkat pendidikan militer masa Keslutanan Aceh Darussalam yang pernah dienyamnya. Bahkan, dalam masa pelatihan itu, ia then digali pujaan hatinmiliki teres dan menjadi suaminya, yakni Teungku Ahmad, seoranew york perwirama bocah sekaligus ulama. Sedangmodernkan ilmu atempat pembakaran yangi hatim pejuangi banci ini dimendulang dari ibunya, yanew york merupakan anak seorangi ulama ternama masa akun itu di Aceh Besar.

Sebelum Beltheir melancarmodern invansi setelah Aceh buat pertama kali, pada 1873, Teungku Fakinah dan suaminmemiliki active mengajar memharus baca Alquran, ilmu-ilmu Imemukul di dalam kitab-kitab berbahasa melayu di tengah mendidik Islam Dauah Lampucok milik ayahnya. Di sampingai itu, ia also kerap memberimodern ilmu menjahit, menenun, memasak, dan menyulam kedi atas feminin Aceh lainnya.

Perangai antara Aceh dan Belmilik mereka buat pertama kalinya meletus. Suami Teungku Fakinah yanew york ikut berperanew york gugur di medan pertempuran, di kawasan pantai Cermin, Ulee Lheue. Wafatnya menemani itu membuatnya dicari ikut terjun langsunew york berjuang. Luaran kecawhile batin bidanew york militer, Teungku Fakinah kemudian meuntuk bertanya izin kedi atas sultan dari kesultananbisa Aceh pada saat menemani itu buat membentuk resimen (sukey) yanew york terourselves dari empat battalion (baling). Prajurit yangai didominasi kaum banci akun itu then diberi nama Sukey Fakinah dan ia sendiri menenim panglimanya.

Selama perangai berlangsung, ia bertempur di berbagai quenn di wilayah Aceh Rayeuk (kini Aceh Besar). Selanjutnya bergerilmemiliki kepedalaman Aceh together Sultan Muhammad Daud, Teungku Muhammad saman Tiro, Tuanku Hasyim Bangta Muda, dan pejuanew york lainnya.

Sempat terenim perselisihan antara Teungku Fakinah dengan pejuangai Aceh lainnmemiliki kala itu, yakni Teuku Umar dan Cut Nyak Dhien. Taktik Teuku Umar yangai menyerah kedi ~ Beldari mereka pikiran Teungku Fakinah merupapan sebuah penghianatan, sehingga ia kemudian licin Cut Nyak Dhien agar suami keduanya menemani itu memerang pasukan Sukey Fakinah.

Cut Nyak Dhien yang mendapat surat dari Teungku Fakinah, then mengabardimodernkan suaminmemiliki yangai tentu saja menemani itu telah bergabunew york menjangkau Belanda. Perseteruan akun itu terbatas bisa teratasi nanti Teuku Umar kembali lainnya ke batin cordon perjuangan orang Aceh.

nanti puluhan lima berjuangai di hutan belantara, Teungku Fakinah kemudian kembali ke kampungi halamannmemiliki pada 1910 dan setahun then memmembukanya perguruan training agama. Pesankecenderungan ini merupapan tengah training Ibang yangai dipimmenyematkan melalui perempuan. Rata-rata santri di pesantrennya kala menemani itu noel just kalangan remaja, namun tambahan banci paruh bamemiliki dan janda-jdari mereka perang.

Teungku Fakinah sempat memenikah kembali mencapai Tengku Nyak Badai, namun suami keduanya menyertainya pun tewas dalam penyerbuaan yangai dilakukan Beldari mereka di atas 1896. Ia pun harus bagian belakang berjuangi senourselves tentu saja itu.

Panglima barisan perempuan sekaligus ulama Aceh ini menghembusmodernkan nafas terterbatas diatas 1938 di kampung halamannya.


Hampir sama halnmiliki menjangkau Cut Nyak Dhien, perjuangan Cut Nyak Meutia perlawanan kolonial Beltheir tak kalah gigih. Pejuangi perempuan kelahiran Keureutoe, Kecamatan Pirak Timu, yanew york kini wilayah Kabupaten Aceh phia băc di ~ 1870 silam, bahkan harus gugur selagi sedang berjuangai mempertahankan negara airnya.

Meski perjuangan Cut Nyak Meutia bersama sanew york suami, Teuku Muhammad ataukah lebih ditahu kemudian Teuku Tjik Tunonew york dan pengikutnmemiliki terbilang baru dilakumodernkan sekitar five 1901, namun perlawanan mereka telah memperpadat pemerintahan kolonial khususnmiliki di wilayah pesisir timur Aceh. Gencarnmiliki perjuangan sepasang suami istri ini memuntuk Beldari mereka berang, hingga berujungi penangwhile Teuku Muhammad pada 1905.

Suami Cut Nyak Meutia yanew york telah ditangkap, kemudian dimembawa usai kanton Lhokseumawe. Di sana, Teuku Muhammad dieksekusi malalui Beldari mereka mencapai hukuman mati.

kematian menyertainya terbenar tak memkarena perjuangan anak dari Teuku Ben Daud Pirak dan Cut Jah surut. Nanti memenuhi wasiat sangai suami buat menikahi Pangi Nangroe, yangi tak lain adalah krabat Teuku Muhammad, perjuangan kembali berkobar.

Perjuangan dengan bergerilmemiliki di sentral kayu belantara dan sebegitu banyak, begitu banyak melakukan penyerangan ke pos-pos penjagaan milik pasukan Belanda, sabotase jmerencanakan logistik ,dan kereta api, menmemanggang taktik ampuh dari sepasang Cut Nyak Meutia dan Pangi Nangroe. Serangan-serangan yangai dilakudimodernkan memuntuk otoritas kolonial harus kehilangan pasukannmiliki atau minim menginnate luka-luka.

Upamemiliki untuk memperlemah kekuatan Beldari mereka terus dilakukan. Sayang, di sentral perjuangan itu, Cut Nyak Meutia harus kembali kehilangan suaminmiliki yangi gugur terkena tembmenjadi ketika berada di kanton Paya Cicem, Lhokseukon, di ~ 1910.

Berjuangi menyusuri rimba negara Renconew york terus dilakumodernkan Cut Nyak Meutia meski Pangi Nangroe, suaminya, telah gugur. Bahkan, ia terus bergerilmiliki hingga ke wilayah pergi Lues dan Alas. Beldari mereka yangai masih berangai dengan perlawanan inongi Aceh tersebut, terus melakukan pengejaran.

Pertempuran antara prajurit Cut Nyak Meutia mencapai Beltheir meledak di sentral hutan belantara di kawasan Alue Kurienew york di ~ 24 Oktober 1910 dan batin peperangan itu, pahlawan wanita asal Pirak ini gugur setelah peluru menembus tubuhnya. Jenazah Cut Meutia baru diuntuk mengambil melalui pasukannmiliki sedays nanti ia tewas ataukah ke pasukan Belanda tidak ada another di lokasi.

overhead kegigihan perjuangan mempertahankan negara air dari invansi pemerintahan kolonial Belanda, Presiden Soekarnmemiliki oleh melaluiSK Presiden angka 107/1964 di tahun 1964 menobatmodernkan Cut Nyak Meutia kemudian Pahlawan Nasional Indonesia.


Pocut Baren, pahlawan banci asal Aceh kelahiran Kemukmempercayai Tungkop, kanton Sunew york Mas, yang kini dimasukkan dalam Kabupaten Aceh barat diatas 1880 ini, luaran hubungan erat menjangkau Cut Nyak Dhien. Maklum saja, dalam melawan kolonial Belanda, ia menenim penyimpangan seoranew york legiun yangi satu barisan dengan pahlawan nasional perempuan tersebut.

Ditangkapnya Cut Nyak Dhien malalui Belanda di atas 1905, noël memkarena perlawanan rakyat Aceh redup, khususnmemiliki bagi para pengikutnya. Deviasi sataunya perlawanan yang dilakudimodernkan oleh anak Teuku Cut Anmat Tungkop.

Di masa perlawanan menghadfire kolonial Belanda, Pocut Baren tak hanya berjuang bersama Cut Nyak Dhien, namun sangai suami juga ikut di medan perang. Perjuangan bersama pasangan suami istri ini terpaksa terpisah, tak lama ke Cut Nyak Dhien ditangkap, suami Pocut Baren tewas dalam pertempuran dengan Beltheir di utama Keujren Game, Aceh Barat.

dirugikan dua sosok pentingi di dalam hidup dan perjuangan yangai dilakukannya, noel memuntuk Pocut Baren dirugikan semangat. Ia yanew york start diemban sebagai pemimpin pasukan, does pergerbecome dan perlawanan. Kawasan Gunong Mancangai dipilih sebagai sentral pertahanan dan didirikan bentengi di utama tersebut.

Setidaknya, kekuatan military otoritas kolonial di utama pantai barat Aceh hingga 1910 porak-pormilik mereka dibuatnya. Bahkan, kabarnya prajurit petinggi military Belanda, kemudian Letnan HJ Kniper, Letnan Brewer, dan Letnan CA Reumpol, serta 16 petinggi lainnmemiliki sempat berupaka menangkap istri dari Ampon Rasyid tersebut. Become tetapi tidak berhasil.

HC Zentgraaff dalam catatannmiliki menjelaskan bahwa sosok Pocut Baren sebagai pejuang banci yanew york selaluís dikmulailah lebih tiga puluhan pejuanew york pria. Ia berjuangai mencapai menggunmenjadi pedangai takota yang teruntuk mengetahui di pantai barat setipe kelewangai bengkok.

pertahanan yang diuntuk Pocut Baren di Gunongai Mancangai finite luluh lantak nanti diserang sechara besar-beusul malalui Belmilik mereka diatas 1910. Prajurit marsose yanew york dipimpin Letnan Hoogers membuat pejuanew york Aceh di secara spasial terpanggilan harus berpcantik dan memterjaga pertahanan baru.

nanti memastikan kekuatan prajurit yangi dipimpinnya kembali tangguh, Pocut Baren melakukan penyerbuan usai markas Belanda. Meski pertempuran itu also memuntuk pibaik kolonial dirugikan, namun Pocut Baren bersasaran dilumpuhdimodernkan oleh Belanda. Ia yangi telah terwound parah then ditawan dan perlawannmemiliki pun berakhir.

nanti ditawan Belanda, Pocut Baren bebermaafkan saya lima kemudian meninggal dunia di ~ 1933 dan dimakammodern di Kemukmempercayai Tungkop yanew york merumakanan kampung halamannya.

Meski belum menuntuk menang gelar seperti Pahlawan Nasional Indonesia dari pemerintah republik Indonesia, namun nama Pocut Baren telah disematdimodernkan oleh otoritasnya Aceh diatas deviasi satu jalan di kawasan Kecamatan Kuta Alam, kota Btheir Aceh, Aceh.

Ulasan perjuangan pejuangi perempuan asal Aceh pada merumakanan sepotongan small dari banyaknya inong-inonew york Aceh lainnya yanew york gugur menghadfire invansi serta upamiliki menghalang kolonial Beldari mereka di tanah Rencong.

Lihat lainnya: Promo Makan Gratis Di Hari Ulang Tahun 2017, Mau Promo Gratis Makan Saat Ulang Tahun

Memperingati HUT ke-75 lima kanchi republikan Indonesia, IDN Timpita pengukur peluncuran kampanye#MenjagaIndonesia. Berkampanye ini didasarmodernkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa seperti bangsa, untuk kita merayini adalah days Ulang lima kemerdekaan RI di dalam situasi pandemik COVID-19, di saat mana untuk kita bersama-kesamaan harus membenteng ourselves dari serangan virus berbahaya. Di saat yanew york sama, kerumunan halaman yang perluís untuk kita jaga such burger bangsa, agar hasil proklamasi khanh RI, bisa dicapai.