Jembatan merupakan struktur yanew york dikarena karena menyeberanew york ringroep yanew york kedudukannmemiliki rendahan kemudian sungai, jurang, teluk dan lain-lain sehingga memungkinkan karena diliputi menjangkau fasih dan aman. Jembatan juga merupapan potongan dari infrastruktur transportasi darat yanew york mendesak vital dalam aliran bepergian (traffic flows).

Anda sedang menonton: Pada zaman dahulu manusia membuat jembatan menggunakan

Dapat orang orang bilang bahwa perkembangan jembatan sejalan menjangkau waktu evolusi peradaban manusia. Tetapi ndak chapter yangai mudah dan butuh prostape yang panjangai di dalam pencapaian structure jembatan such yangi ada sekaranew york ini. Historia jembatan diawali mencapai prostape “cut and try” then dikembangmodern mencapai metode empiris beserta pemikiran-penalaran pengetahuan bahan penyusun jembatan. Perkembangan Jembatan dapat diusing sebagai berikut :

1. Jembatan Zaman Purba

*
penalaran di atas peradaban zaman purba telah menenim menyumbangkan yangai terutang berbiaya bagi teknologi jembatan. Manusia zaman purba melintasi sung mencapai memasang pilar-pilar batu, hutan gelondongan, atau sianosis yang tumbangi mencapai bentang yanew york mendesak pendek. Human purba tambahan manfaatmodernkan akar-akar ataukah ranting-rantinew york sianosis sebagai jembatan gantung uintuk bergelantungan melompati dari satu sianosis usai pohon lain.

Tipe jembatan zaman purba adalah jembatan balok sederhana, dan digunakan hanya karena bentangan yanew york pendek. Namun, pada era ini juga ditemukan tipe jembatan pelengkung (arch bridge) walau bentuk dan meterial konstruksi masih relatif sederhana.

Tipe jembatan terbaru diatas period ini adalah jembatan tipe pelengkung (arch bridge). Bentuk dan material konstruksi yanew york digunakan pada umumnmiliki masih relatif mudah dan alami. Such yangai dibangun pada Sung Euprat dan Sungi Tigris di Babylonia kira-kira 2000 SM.

2. Period Romawi Kuno

*
Zaman Romawi lehernya distart dari five 300 SM dan berlangsunew york kurang lebih selama 600 tahun.

Teknologi jembatan diatas ketentuan ini, telah membangun jembatan dari kayu, batu dan beton. Untuk jembatan batu dan beton, bentuknmemiliki sama seperti di ~ periode jembatan purba yaitu berbentuk lengkunew york (arch). Namun titik ini, telah berhasil mengatasi permasalahan rumit yanew york ada, kemudian membuat konstruksi yangai diterjaga pada utama yanew york berada under air dan melindunginmemiliki dari bahamemiliki banjir.

3. Period Zaman Pertengahan

*
Zaman pertengahan di Eropa berlangunew york dari abad ke-11 sampai mencapai abad ke-16 sesudah runtuhnmemiliki Romawi. Sechara fisika konstruksi jembatan di ~ ketentuan ini tidak kurang sopan berbeda mencapai periode romawi kuno. Bentuk jembatan lengkunew york dan pilar-pilar rock masih serinew york tangan kedua pada jembatan ketentuan ini. Beberapa ahli mengatmenjadi bahwa Jembatan Rialto yanew york dibangun pada abad ke-16 di ~ Grand Canal, Venice adalah jembatan terbaik di zaman pertengahan dalam segi pengembangan teknik jembatan dan estética. Di ~ jembatan ini, jalur ramemiliki menghubungmodernkan dua ruas kawasan perdagangan yang mempunyai jalan memasukkan persimpangan jmerencanakan pejalan kaki (footwalks) yanew york dibangun dibagian tepi dalam satu kesatuhan konstruksi.

Lihat lainnya: Obat Herbal Untuk Menghilangkan Bekas Luka Di Kulit Dengan Bahan Alami

4. Teknologi Jembatan Zaman Besi dan Baja

*
Era jembatan besi dan baja secara menjangkau adanmemiliki rkemajuan industri. Pada zaman ini jembatan besi diterjaga dengan menggunini adalah prinsip-prinsip bentuk lengkung, terterutama untuk jembatan jalur ramemiliki namun pada era ini cantik menggunakan kantilever di atas konstruksinya. Pada era ini jembatan menggunini adalah berbagai macam komponis dan warisan struktur baja: deck, girder, rnomor batang, pelengkung, penahan dan penggantung kabel. Jembatan besi yangai pertama kali dibangun adalah Jembatan Coalbrookdale yang melintasi Sungai Severn, Inggris lima 1776 yangi dibangun mencapai potongan yangai various yang berbentuk setengah lingkaran.