csseleven.com, sampanye - Wawancara merupapan sebuah kegiatan meminta jawab yangi dilakumodern dua sendiri atau lebih untuk menmendulang sebuah informasi, pendapat, data, dan keterangan.

Anda sedang menonton: Orang yang bertanya dalam wawancara disebut

Seseoranew york yang memberidimodernkan usulnya dipanggilan mencapai pewawancara. Adapun oranew york yangi anck bertanya atau memberimodern informasi dipanggilan mencapai narasumber.


Biasanya narasumber merupapan seseoranew york yangai menjadi saksi peristiwa, orangai yanew york luaran pengalaman tertentu, orang yanew york mempunyai teknologi khusus, serta orang yang luaran insula yanew york aktual.

di dalam menyusun karmiliki jurnalistik, wawancara merumemberi makan tahapan yangai tak bmelalui dilewatkan. Wawancara terutang pentinew york demi menuntuk menang bersumber data jurnalistik yangai valid.

Namun, wawancara tak just identik menjangkau world jurnalistik saja. Ada banyak kegiatan lain yanew york harus malalui prospita pengukur wawancara sebagai saat melamar pekerjaan.

Di scontent lain, wawancara pribadi beberapa jenis. Adapun jenis-tipe wawancara ini bisa ~ disesuaidimodernkan mencapai kebutuan masing-masing.


2 dari 4 halaman

Jenis-types Wawancara


*

malu interview kerja. Credit: pexels.com/Christina
tinjauan dari segi pelaksanaannya, wawancara dibagi menenim tiga jenis, yaitu:

1. Wawancara bebas

batin wawancara bebas, pewawancara bebasis menanyini adalah apa saja kedi ~ responden atau narasumber. Namun, yanew york perlouis diperhatikan bahwa usulnya menemani itu concern data-data yanew york diinginkan. Jika noël hati-hati, terkadangai direction usulnya noël terkendali.

2. Wawancara terpimpin

dalam wawancara terpimpin, pewawancara cantik dibekali mencapai daftar bertanya yangi penuh dan terinci.

3. Wawancara bebass terpimpin

dalam wawancara bebasis terpimpin, pewawancara mengombinasimodern wawancara bebasis mencapai wawancara terpimpin, yang dalam pelaksanaannmemiliki pewawancara siap memmembawa pedoman tentanew york apa-maafkan saya yangi become ditanyakan secara baris besar.


3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Wawancara


*

ilustrasi interview. (unsplash.com)
Jenis-jenis Wawancara dalam dunia Kerja

1. Wawancara standar

Wawancara standar atau tradsional merupapan jenis wawancara action yanew york paling seringai digunakan. Saat menjalani wawancara tersebut, umumnya akan diwawancarai melalui seorang pewawancara.

Orangi yang memanggang pewawancara terpanggilan sanggup seorangai staf personalia, manajer departemen, ataukah utusan departemen.

2. Wawancara perilaku

Wawancara perilaku (behaviour interview) konsentrat di ~ tua masa lalouis naradiperoleh untuk tebak perilaku masa depan. Sejumlah perusahaan ibarat types wawancara ini untuk mereka perhitungan başı terutang memengaruhi kinerja seseorang.

3. Wawancara situasional

variasi mencapai wawancara perilaku, wawancara situasional konsentrasi pada kinerja masa dokter narasumber. Umumnya, pewawancara pergerakan menjadi memberry narabersumber sebuah masalah dan bermeminta bagaimana itu? cara menyelesaikan masalah tersebut.

4. Wawancarakasus

Wawancara kasus umumnmemiliki used perusahaan konsultan. Wawancara ini konsentrat di ~ bagaimana itu? kamu menyelesaikan sebuah atau beberwhat isu bisnis yanew york spesifik.

bertanya yangi diajukan bisa berupa usulnya mengukur buat mengetahui bagaimana itu? kamu olahan kasus yanew york diberikan.

5. Wawancara via telepon

Wawancara ini biasanmemiliki dilakudimodernkan perusahaannya asing yangi lokasinya tidak berada di negara ataukah menyiksa si kandidat.

6. Wawancara presentasi

dalam wawancara presentasi, seorang yangai melamar panggilan ini adalah diberry sebuah rumor bisnis dan diminta mempresentasimodernkan solusi nanti satu atau lebih karyawan perusahaan.

waktu yangai diberidimodernkan kedi ~ kamu adalah 30 menit. Alokasinmemiliki adalah 15 menit untuk persiapan dan 15 menit untuk presentasi.

7. Wawancara panel

Biasanya, batin wawancara panel, kamu menjadi diwawancara melalui tahun pewawancara. Mereka become menanymenjadi beragam jenis pertanyaan.


*

Jenis-tipe wawancara yangi ada di dalam dunia jurnalistik, baik medialah cetak, online ataukah media audio-visual.

1. Wawancara mencapai janji terlebih dahulu

Wawancara dengan janji terlebih dahuluís seringi juga disebut interview by apoitment. Di dalam types wawancara ini yangai terpentinew york adalah does persiapan matangai terlebih dahulu, seperti mencari tahu latar belakang oranew york yangi akan diwawancarai. Selain itu, pokok-pokok yang akan diwawancarai juga harus memahami dengan matang.

2. Wawancara langsung

di dalam wawancara yangai disiarmodernkan sechara langsung, bagian yangi terpentinew york dapat catatan untuk tangan kedua kelak sebagai figure audio yanew york aktual.

Wawancara langsungai become lebih menghidupmodernkan sajian sebuah berita atau informasi karena pendengar dapat menerima langsungi informasi dari narasumber. Wawancara langsungi ini sendiri dapat menambah aspek manusia interest.

3. Wawancara di ruang angkasa kejadian

Wawancara di angkasa kejadian ini sering pula disebut such on the spot interview. Cara wawancara kemudian ini biasanya dilakumodernkan saat sedanew york ada peristiwa kecelakaan terlalu tinggi atau ada hama alam.

4. Jumpa pers

Jumpa pers seringai pula dipanggilan mencapai wawancara tipe berita coman. Wawancara tipe ini biasanmiliki bersifat rombongan. Artinya, ada kerumunan pewartawan yangi mewawancarai satu narabersumber atau lebih mencapai periode yanew york bersamaan.

5. Wawancara malalui telepon

types wawancara ini bukan yangi utama. Wawancara via telepon tangan kedua di ~ times yangai darurat saja.

Lihat lainnya: Nonton Film Sniper 2 Subtitle Indonesia, Download Film Sniper 3 Subtitle Indonesia

 

Sumber: Siswapedia, DuniaKaryawan


berita video bagian wawancara dalam rubrik "Lebih Dekat" Dayen Gentenaar, soal alasannmemiliki mau main buat Timnas Indonesia dan melakukan upaya berindustries di persatuan 1.