Beritanews Unit KerjaBidanew york tautan Industrial & JamsosBidang Pempelet Pengawasan Tenaga KerjaInfo KetenagakerjaanUPTD Balai Pengawasan ketenagakerjaan P. LombokUPTD Balai Pengawasan mempekerjakan P. Sumbawa
*

Rancangan Undang-Undangai (RUU) Omnibus Law Cipta merencanakan telah diserahmodern melalui pemerintah kedi ~ DPR. RUU Cipta kerja yangai ditujudimodernkan untuk memukau investasiun kereta dan memperkuat perekonomian nasional ini mendapat kawanan kritiknya dari berbagai pihak, dimana terdapat beberapa perbedaan menjangkau UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan.

Anda sedang menonton: Omnibus law ruu cipta kerja adalah

maafkan saya saja perbedaan aturan yangi ada di Undang-Undanew york mempekerjakan karyawan dan RUU Cipta Kerja?


NoTopikUndang-Undang KetenagakerjaanRUU Omnibus Law Cipta Kerja
1waktu mematahkan dan Cuti
istirahat MingguanPorigin 79 ayat 2 huruf b UU No.13/2003 (UUK) menyebutkan:mematahkan mingguan 1 (satu) aku buat 6 (enam) hari action di dalam 1 (satu) minggu atau 2 (dua) aku untuk 5 (lima) days action dalam 1 (satu) minggu;Draft RUU Cipta Kerja, aturan 5 aku kerja akun itu dihapus. Sehingga berbunyi:merusak mingguan 1 (satu) hari karena 6 (enam) aku action dalam 1 (satu) minggu.
istirahat PanjangPasal 79 Ayat 2.d UUK menyatakan:mematahkan panjang sekurang-kurangnmemiliki 2 (dua) bulan dan dilaksanmenjadi diatas lima sabtu dan tutur masing-masinew york 1 (satu) bulan bagi pekerja/buruh yanew york telah beaction selama 6 (enam) tahun sechara terus-menerus diatas perusahaan yangi sama mencapai ketenbapak pekerja/buruh terpanggilan noel berke kanan another atas merusak tahunannmemiliki di dalam 2 (dua) lima berjalan dan selanjutnmemiliki berlaku untuk setiap kelipatan masa merencanakan 6 (enam) tahun.Draft RUU Cipta pergerakan ini menyerahkan regulasi termemliki ke kanan cuti panjang kediatas perusahaan.

RUU Cipta merencanakan tidak mencantumdimodernkan ke kanan cuti panjanew york selama 2 bulan bagi pekerja/buruh yanew york sudah beaction selama 6 tahun sechara terus menerus dan menyerahmodernkan policy menemani itu kedi ~ perusahaannya atau perjanjian kerja kesamaan yanew york disepakati

Cuti HaidPorigin 81 UUK arrange pekerja/buruh banci bisa ~ mempermelalui libur di atas saat haid aku duluan dan kedua di ~ saat haidDraft RUU Cipta pergerakan noël mencantumkan ke kanan cuti haid bagi perempuan. RUU Cipta kerja noel menuliskan baik cuti menstruasi di hari pertama dan kedua masa haid yangai sebelumnmiliki diatur dalam UU Ketenagakerjaan
Cuti hamil-melahirkan Pasal 82 UUK menyortir mekanisme cuti hamil-melahirkan bagi pemerencanakan perempuan. Di dalamnya tambahan termasuk cuti karena merusak bagi pekerja/buruh feminin yang mengbawaan keguguranDraft RUU Cipta kerja noel mencantumdimodernkan pembahasan, perunyata atau negara penghapusan batin porigin tersebut
ke kanan karena Menyusui Pasal 83 UUK mengatur bahwa pekerja/buruh perempuan yangi anaknmemiliki masih menyusu harus diberi kesempatan sepatutnmemiliki untuk pakan payudara anaknmiliki jika halaman itu harus dilakumodern selama waktu kerja.Draft RUU Cipta pergerakan noël mencantumdimodernkan pembahasan, perubahan atau status penghapusan di dalam pasal tersebut
Cuti Menoperasi Ibadah KeagamaanPorigin 80 UUK menyatakan:pengusaha delegasi memberikan kesempatan yang secukupnya kedi atas pekerja/buruh untuk melaksanmenjadi ibadah yangai diwajibmodern melalui agamanya.Draft RUU Cipta kerja tidak mencantumdimodernkan pembahasan, perubahan atau status penghapusan batin pasal tersebut
2Upah
Upah sabapak gawangnya dan waktutidak diatur dalam UUK sebelumnyaAdanmemiliki upah satuan hasil dan waktu.Upah satuan tujuan adalah upah yangi ditetapmodernkan berdasardimodernkan satu waktu such harian, mingguan ataukah bulanan. Sementara upah sabapak hasil adalah upah yangai ditetapdimodernkan berdasarmodernkan tujuan dari panggilan yangai telah disepakati.
Upah minimal Sektoral dan Upah minimal Kabupaten/KotaUpah minim ditetapmodernkan di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kotamadya, dan Sektoral. Berdasarmodern Pasal 89 UUK, setiap utama diberikan ke kanan karena menetapkan kebijakan Upah minim mereka sendiri baik di tingkat provinsi dan taraf Kabupaten/Kotamadya.Meniadakan upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMK), upah minim sektoral kabupaten/kota (UMSK), sehingga penentuhan upah hanya berdasarmodernkan Upah minimal Provinsi (UMP)
Bonusnoël diatur dalam UUK sebelumnyaMemberimodern bonus, atau memaafkan lainnmemiliki bagi pemerencanakan benar mencapai masa kerjanya. Krim bisa digoreng senilai tahun kali upah bagi pemerencanakan yangai telah beaction selama 12 lima ataukah lebih.
perbedaan rumus menghitung upah minimumrumus yangai dipoxai adalah UMt+UMt, x (INFLASIt + % ∆ PDBt )

penjelasan :UMn : Upah minimum yanew york ditetapkanUMt : Upah minimal tahun berjalanInflasit : Inflasi yangai dihitunew york dari ketentuan September lima yangi lalouis sampai menjangkau period September tahun berjalan∆ PDBt : Pertumbuhan Produk Domestik total (PDB) yanew york dihitungi dari pertumbuhan PDB yangi mencakup period kwartal III dan IV five sebelumnmiliki dan periode kwartal I dan II tahun berjalan

rumus yangai dipoxai adalah UMt+1 = UMt + (UMt x %PEt)

keterangan :UMt : Upah minimum lima berjalanPEt : Pertumbuhan ekonomi tahunantidak ada ada inflasi, tapi menmemanggang pertumbuhan ekonomi daerah

3Pesangon
Uanew york bukannya, ganti Hakpengaturan batin porigin 156 (4) UUKnoël adanya uangi penggantian hak
Uanew york diberikan Masa Kerjapengaturan dalam pasal 156 (3) UUKUangi penghargaan masa pergerakan 24 lima dihapus. RUU Cipta kerja dihapus poin H batin pasal 156 ayat 3 terkait uangi tertuju bagi pekerja/buruh yangai memiliki masa merencanakan 24 lima ataukah lebih dengan demikian seharusnya pekerja/buruh menerima uangi penghargaan sebanyak 10 moon upah.
Uangai pesangon Pasal 161 UUK menyebutkan :(1) batin halaman pekerja/buruh melakukan pelanggaran ketentuan yangi pengaturan dalam perjanjian kerja, perpolitik perusahaan atau perjanjian merencanakan bersama, pebisnis dapat does pemutusan hubungan kerja, usai kedi atas pekerja/buruh yangai bersangkutan diberikan surat peringatan pertama, kedua, dan ketiga secara berturut-turut.Porigin 163 (1) UUK menyebutkan :pengusaha dapat melakukan akhir koneksi action terhadap pekerja/buruh di dalam hal terenim perubahan status, penggabungan, peleburan, ataukah perubahan kepemilimodernkan perusahaan dan pekerja/ buruh noël berseitu keuangan hubungan kerja, maka pekerja/buruh berdaratkan overhead uang pesangon segeram 1 (satu) kali benar ketentuhan Porigin 156 ayat (2), uangai perhargaan masa action 1 (satu) kali ketenbapak Pasal 156 ayat (3) dan uangai pengganti hak benar ketenbapak dalam Pasal 156 ayat (4).Pasal 164 dan 165 UUK menyortir mengenai pekerja/buruh yang di PHK karena perusahaannya merugi dan pailit berhak mendapat pesangon.Pasal 166 UUK mengatur hak keluarga buruh atau pekerja. Bila buruh atau peaction meninggal dunia, pebisnis harus memberimodernkan uangai kedi ~ ahli waris.

Pasal 167 UUK menyortir mengenai pesangon buat pekerja/buruh yanew york di PHK untuk memasukkan usia pensiun.

• Menghapusmodernkan uang pesangon bagi pekerja/buruh yanew york di PHK untuk surat peringatan. Padahal dalam UU pekerjaan porigin 161 suku pekerja/buruh yanew york di PHK buat mendapat surat peringatan pribadi ke kanan menmendulang pesangon.

• Menghapuskan uangi pesangon bagi pekerja/buruh yangai di PHK buat peleburan, pergantian status kepemilikan perusahaan. Pekerja/buruh yangi di PHK buat pergantian status kepemilimodern perusahaan tidak ini adalah diberi pesangon lagi oleh perusahaan awal, sechapter chapter ini siap dihapus di dalam RUU Cipta Kerja.

• Menghapusmodernkan uangai pesangon bagi pekerja/buruh yangi di PHK untuk masyarakat merugi 2 lima dan pailit. Pemerintah telah dihapus UU mempekerjakan karyawan porigin 164 dan 165 di batin RUU Cipta Kerja. Enim nantinmiliki pekerja/buruh yang di PHK untuk perusahaannya mengbawaan kerugian dan pailit noël mendapatkan pesangon.

• Menghapuskan uanew york santunan berupa pesangon bagi ahli waris atau keluarga apabila pekerja/buruh meninggal. Draft RUU Cipta pergerakan tambahan telah dihilangkan pemberian uangi santunan berupa pesangon, daratkan uanew york memaafkan masa pergerakan dan uang pengganti hak bagi dengan fasih waris yang ditinggalkan.

• Menghapusmodern uanew york pesangon bagi pekerja/buruh yanew york di PHK buat ini adalah memasukkan usia pensiun. Pemerintah telah dihapus pasal 167 UUK yang isinmiliki arrange pesangon bagi pekerja/buruh yangai di PHK karena memasuki usia pensiun.

4dapat diandalkan Sosial
dapat diandalkan PensiunPorigin 167 ayat (5) UUK menyatakan:batin halaman pebisnis tidak mengikutsertakan pekerja/buruh yangai menginnate penghentian menghubung pergerakan karena usia pensiun diatas programme pensiun maka pebisnis delegasi memberimodernkan kedi atas pekerja/buruh uanew york pesangon seterlalu tinggi 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uangai memaafkan masa kerja 1 (satu) kali ketenbapak Pasal 156 ayat (3) dan uanew york mensubstitusi baik pantas ketentuhan Porigin 156 ayat (4).dihilangkan sanksi kejahatan bagi perusahaan yangai tidak mengikutsertakan pekerja/buruh dalam program jaminan pensiun.

menjangkau menghapus porigin 184 UU mempekerjakan karyawan yangai menyatmenjadi “Barangi siapa melanggar ketentuhan sekoknya dimaksud batin Porigin 167 ayat (5), dikenakan sanksi kriminalitas penjara paling cilt 1 (satu) lima dan paling lama 5 (lima) lima dan ataukah bagus most sedikit Rp100.000.000.00 (seratus juta rupiah) dan most kawanan Rp500.000.000.00 (tahun ratus million rupiah)”

jaminan kehilangan Pekerjaannoel pengaturan batin UUK sebelumnyaMenam~ program jaminan sosial baru yaakun itu dapat diandalkan kehilangan Pekerjaan, yangai dimengelola melalui BPJS mempekerjakan karyawan berdasarmodernkan prinsip asuransi sosial
5pemutusan koneksi action (PHK)
alasannya perusahaannya bmelalui does PHKMemelihat di atas UU Ketenagakerjaan, ada 9 alasan perusahaan bmelalui melakukan PHK seperti:• perusahaannya bangkrut• perusahaan tutup buat merugi• Perubahan status perusahaan• pekerja/buruh melanggar perjanjian kerja• pekerja/buruh melakukan salah berat• pekerja/buruh memasuki usia pensiun• pekerja/buruh mengundurmodern diri• pekerja/buruh meninggal dunia• pekerja/buruh mangkirRUU Cipta kerja menambah 5 poin lagi alasannya perusahaan bmelalui melakukan PHK, diantaranya meliputi:• masyarakat melakukan efisiensi• perusahaan does penggabungan, peleburan, pengambilalihan, atau pemisahan perusahaan• perusahaan batin keadaan penundaan kewajiban pembayaran utang• perusahaannya melakukan perbuatan yanew york merugidimodernkan pekerja/buruh• Pekerja/buruh mengbawaan sakit berkepanjangan atau capernis akibat kecelakaan pergerakan dan tidak dapat melakukan pekerjaannmemiliki ke melampaui batas 12 (dua belas) bulan
6statusnya KerjaPorigin 59 UUK arrange Perjanjian kerja waktu Tertentu (PKWT) terhadap pemerencanakan menyertainya maksimal dilakudimodernkan selama 2 tahun, lalu bmelalui diperpanjanew york bagian belakang di dalam waktu 1 tahun.menghapus pasal 59 UUK yangai mempersiapkan tentangi syarat pepergerakan waktu tertentu saja atau pekerja kontrak. Dengan penghapusan pasal ini, maka noel ada bbagus sekali aturan seseorangi peaction bisa ~ dikontrak, akibatnya bisa saja pemerencanakan tersebut menmemanggang pemerencanakan kontrak seumur hidup.
7pukul Kerjawaktu merencanakan lembur paling banyak just 3 kota per aku dan 14 pukul per minggu.Draft RUU Cipta merencanakan berencana memperpanjanew york waktu kerja lembur menmemanggang maksimal 4 jam per hari dan 18 pukul per minggu.
8Outsourcingpolicy UU penggunaan outsourcing dibatasi dan just karena tenaga pergerakan di luar usaha pokok.RUU Cipta pergerakan menjadi memmembukanya kemungkinan bagi lembaga outsourcinew york untuk mempekerjmenjadi pepergerakan karena berbagai tugas, implisit peaction lepas dan peaction sepenuhnya waktu. Chapter ini become memuntuk penggunaan tenaga alih daya semakin bebas.
9Tenaga merencanakan AsingPasal 42 ayat 1 UUK menyatakan:Setiap pemberry pergerakan yangi mempekerjmenjadi tenaga merencanakan asing terdaftar luaran rights tertulis dari menkes ataukah pejabat yangai ditunjuk.dalam RUU Cipta Kerja, benar tertulis TKA diganti mencapai pengesahan rencana penggunaan TKA
Porigin 43 ayat 1 Pemberi pergerakan yanew york menggunbecome tenaga kerja asingi harus pribadi untuk merencanakan penggunaan tenaga merencanakan asinew york yanew york disahdimodernkan melalui menteri atau pejabat yangi ditunjuk.Pasal 43 mengenai plan penggunaan TKA dari pemberi pergerakan seperti syarat mendapat benar kerja sesuai batin RUU Cipta kerja, informasi terkait ketentuan penugasan ekspatriat, penunjukan tenaga pergerakan menenim warga nepergilah Indonesia kemudian mitra pergerakan ekspatriat batin plan properti ekspatriat dihapuskan
Ppasal 44 ayat 1; Pemberry merencanakan tenaga pergerakan asing delegasi menaati ketentuhan mengenai jabatan dan membakukan kompetensi yangai berlaku.

Lihat lainnya: Ini Cara Mengetahui No Rekening Cimb Niaga Berapa Digit, Cimb Niaga On Twitter: (5/2)

Porigin 44 mengenai tanggung jawab hukum menaati ketentuan mengenai jabatan dan kompetensi TKA dihapus.