keterangan gambar,

Polcontent menahan salah satu pengdemonstrasi rasa saat demo menolak pengesahan Undang-Undangi Cipta merencanakan berlangsung ricuh di beraliran Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 8 Oktober 2020. Unjuk rasa tersebut berdi atas ricuh dan mengakibatdimodernkan sejumlah fasilitas umum rusak.

Anda sedang menonton: Omnibus law cipta lapangan kerja adalah


Yayasan Lembaga Bantuan hukum Indonesia (YLBHI) menyatbecome polisi "telah melakukan pelanggaran perpolicy Kapolri" saat menangani aksi dalam jumlah besar yangi menentang pengesahan Undang-Undangai Cipta Kerja, pada 6-8 Oktober 2020.


berhenti ini mencatat tindini adalah kekerasan oleh aparat polisi terjadi di 18 provinsi dan dibiaya melanggar Perpolitik Kapolri numeral 1 lima 2010 Tentang Penanggulangan Anarki.


Pernyataan ini timbulnya ketika ribuan orangi yang terourselves dari buruh, pelajar, dan murid di beberwhat kanton ditangkap selama tiga aku rangkaian aksi protes.


*

diperoleh gambar, ANTARAFOTO/Basri Marzuki


keterangan gambar,

belasan orangi yangai mayoriberpenaruh murid di Kabupaten Bekasi, Jawa west dan kota Parepare, Sulawesi Selatan juga dilapordimodernkan luka-luka.


Tapi Mabpita pengukur Polri berdalih maafkan saya yangi dilakumodernkan jajarannmiliki saat menghadfire pengdemo rasa "sudah benar aturan".


Direktur YLBHI, Asfinawati, mencatat tindmenjadi kekerasan yang dilakumodernkan kepolisian batin diproses aksi menunjukkan rasa membantah Undang-Undang Omnibus Law terenim di 18 provinsi di seluruh Indonesia, di mana, para pengdemonstrasi rasa dihalang-halang dengan cara ditangkap sebelum does aksi.


"maafkan saya yang terenim aku ini betul-betul melukiskan telegram Kapolri yangi akibatnmemiliki menimpa korban mendesak banyak," ujar Asfinawati batin jumpa pers daring, Kamis (08/10).


*

sumber gambar, Antara


penjelasan gambar,

Polisi di Surabamemiliki mengeluarmodern tembini adalah gas air mata usai direction demonstran yang menentanew york UU Cipta Kerja.


Asfin menyebut jika merujuk pada Peraturan Kapolri tentang Penanggulangan Anarki, kepolisian mungkin membubarmodern dalam jumlah besar jika termemanggang kericuhan.


Tapi yangi terjadi di lapangan, katanya, penembini adalah gas air mata dan meriam air dilakumodernkan selama ukuran sedang menyampaimodern pendapatnmemiliki ataukah berorasi.


*

sumber gambar, ANTARA FOTO/Galih Pradipta


deskripsi gambar,

ylbhi mebiaya kepolisian sebagai aparat negarasi siap menmemanggang "tool otoritasnya agar Omnibus Law diberlakukan."


Selain penangkapan, ylbhi tambahan menerima cerita adanya pemukulan dan penelanjangan terhadap pengdemo rasa yangi ditangkap. Hal itu, menurutnya, menunjukkan "brutalitas polisi".


Tak cuma itu, para pendampingai hukum di beberapa quenn tak diberi kesempatan karena melakukan pendampingan terhadap orang-oranew york yangai ditangkap.


*

sumber gambar, ANTARA FOTO/Fauzan


deskripsi gambar,

Di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, setidaknmemiliki enam mahasiswanya dari Universikantong Pelita Bangsa terluka saat berdemo membantah Undang-Undanew york Cipta kerja di kawasan industri Jababeka pada Rabu (07/10).


humas Universitas Pelita Bangsa, Nining Yuningsih, bercerita, dari enam anak didiknmiliki yangi dilarimodernkan usai Rumah Sakit Sentra Medika, dua di antara mereka menginnate luka serius.


"Kalau yangai empat oranew york cantik boleh pupanjang karena luka ringan di feet dan pelipis yangai harus dijahit," ujar Niningai Yuningsih kedi ~ Quin Pasarmedang yangi melapormodernkan untuk csseleven.com berita Indonesia, Kamis (08/10).


*

sumber gambar, ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah


keterangan gambar,

Sementara seorangi lagi bernamu Roy, terluka di potongan kiri kepala dan harus dijahit. Namun kondisinya, menurut Nining, tak sebobot Nasrul.


Hingga saat ini, ia tak kenal pasti apa penyechapter wound enam orangi itu. Sebab, penanggalan yangai dituturkan para saksi mata tak menjelaskan detail peristiwa di Rabu siang itu.


deskripsi gambar,

"Kalau menurut anak-anak itu, mereka diblokade oleh polcontent saat trete ke lokasi demonstrasi. Anak-anak ini harus putar terbalik lagi, tfire untuk kekuatan menerobos bisa di smenemani itu terjadinya," ujar Nining.


"Nasrul sendiri saat samiliki tanya kena apa, dialah bilang noël lihat untuk kejadian sangat cepat," sambungnya.


Pibaik universitas, kata Nining, mendesak menyesalkan peristiwa ini untuk what yangai dilakumodern mahasiswanmemiliki just menyampaimodern aspirasi. Catatannya, sekitar 300 mahasiswanya ikut aksi demonstrasi rasa.


"mendesak menyesal terenim insiden begini, itupenggunaan also sesaldimodernkan dan kecewa. Tapi kalian noël sanggup disalahkan kedua pihak."


deskripsi gambar,

Polcontent mengamanmodern pelajar yang menjadi disusul aksi memahami Undang-Undangi Cipta merencanakan di depan kantor DPRD Provinsi sumatera Selatan, Palembang, Kamis (08/10).


Di Parepare, Sulawesi Selatan, 12 mahasiswa yanew york bernaungai dibawah pegang Pergerbecome mahasiswanya Ijatuh Indonesia (PMII), mengbawaan luka beragam kemudian bocor di kepala, lebam di dada, dan terpapar gas air mata.


Kebasi PKC PMII Sulawesi Selatan, Ahmad Sirajul Munir, 12 murid ini dilarikan ke RSUD dan saya Makkasau.


"memanggang mendesak kalian sayangdimodernkan bahwa tindbecome represif polisi," ujar Ahmad Sirajul Munir kedi atas csseleven.com news Indonesia.


penjelasan gambar,

"Kata polisi, korban kalau mau visum harus datangi setelah kantor polisi, tfire koknya modernkan mereka masih dalam sakit. Dimodernkan lucu," lanjutnya.


Selain ada korban luka, PMII juga menyebut ada puluhan anggotanya yangi ditangkap. Kendati malam harinmiliki dibebasmodern mencapai ancaman rumah noel melakukan aksi demonstrasi lagi.


diatas aksi demonstrasi rasa yanew york berlangsungai Rabu (07/10) setidaknmiliki ada 1.000 lebih orangi yanew york berkumpul di depan gedungi DPRD Parepare.


keterangan gambar,

Di Semarang, Tim Advokasi kebebasan Berpendapat Jawa Tengah, menyebut setidaknmemiliki ada 200an orangi yanew york terdiri dari pelajar, buruh, dan murid ditangkap kapan aksi unjuk membantah Undang-Undang Cipta pergerakan berlangsung di gedunew york gubernur Jawa Tengah.


Perwakilan dari Tim Advokasi, Etik Oktaviani, bercerita sebelum penangkap ratusan orangai itu, polisi menembakmodernkan gas air mata buat membubarmodern ukuran yangi mulai ricuh lantaran tak digubris pihak pemprov maupun DPRD.


"kota 16.00 WIB menyertainya massa siap mulailah panasnya dan akhirnya ada salingi lempar baru. ~ no cuma ukuran tfire polisi juga (melemparkan batu)," ujar Etik Oktaviani kepada csseleven.com berita Indonesia.


deskripsi gambar,

"Saat menembak gas air mata polisi mengejar-ngejar, sampai menyisir jalan-jalan. Kelewat ada orangai yangai lagi mmenjadi ikut ditangkap," sambungnya.


Dari pantauan tim, kata Etik, ratusan orangi yanew york ditangkap menyertainya dimembawa usai Polrestabes Semarang karena dimintai deskripsi mengenai "siwhat dalang aksi ricuh".


hanya saja, ketika pihaknmemiliki berwewenang melakukan pendampingan ditolak kepolisian menjangkau dalih masih mendata identiberpenaruh mereka.


Sepanjang pantauannya, penangketika dan dipenjara menyertainya berlangsungi delapan jam. Selama menyertainya pula, baik pendamping maupun familial noël diperbolehdimodernkan masuk.


penjelasan gambar,

"increasingly malam, keluarga orang-orangai yang ditangkap makin kawanan yang datanew york dan mulailah resah dan menangis buat noël bmalalui masuk."


"Baru kota 03.00 WIB esoknmemiliki sebagian yangi ditahan terbatas dilepas. Menyertainya jumlahnmemiliki kyung 170-an orang."


Hingga Kamis (08/10) sore, katanya, setidaknmemiliki ada 10 orangai yang masih digenggamnya di Polrestabpita Semarang.


Tim Advokasi pun saat ini masih mendata ulang korban aksi represif kepolisian untuk menyiapdimodernkan upamemiliki hukum.


penjelasan gambar,

Polda Metro Jamemiliki penangkap setidaknmemiliki 1.000 orangi batin aksi demonstrasi rasa mengingkari Undang-Undangai Cipta action yang berlangsungi hingga Kamis (08/10) malam.


Juru spratly Polda Metro Jaya, Yusri Yunus, mengatbecome ribuan yanew york ditangkap menemani itu berusia pubertas dan diduga melakukan tindbecome kericuhan di berbagai ruang angkasa di Jakarta.


"itu adalah 'anarko-anarko', perusuh-perusuh," ujar Yusri Yunus sebagai mengutip dari Tribunnews.com.


penjelasan gambar,

Sementara itu, Juru surat kecil Mabes Polri, Awi Setiyono, mengatbecome apa yanew york dilakudimodernkan anggota dibidang sudah sesuai Peraturan Kapolri angka 1 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan batin Tindmenjadi Kepolisian dan Perpolicy Kapolri numeral 1 five 2010 Tentangai Penanggulangan Anarki.


Ia mengklaim tindmenjadi penembakan gas air mata dan meriam air dilakudimodernkan untuk massa cantik berti~ no anarki sehingga harus dibubarkan.

Lihat lainnya: Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan Di Hari Senin Kamis? Ini Kata Ustaz Abdul Somad


"Selama demo walk damai, diusing senourselves mana ada polisi mukulin kalau damai. Tapi kalau polcontent dilemparin pastilah bergerak, pastilah menembakdimodernkan gas air mata untuk membubarkan," imbuh Awi Setiyono kepada csseleven.com.


penjelasan gambar,

dunia Pagi Ini csseleven.com Indonesia

csseleven.com Indonesia mengudara di ~ kota 05.00 dan 06.00 WIB, kedua sampai Jumat